Translate

Cara Pintar Merangsang Ide dan Inspirasi Menulis



Nirwana Tunggal - Apakah kamu seorang penulis? atau yang ingin menjadi seorang penulis? nah jika kamu seorang penulis atau yang ingin menjadi seorang penulis tentunya sangat membutuhkan yang namanya inspirasi, sebenarnya apa sih inspirasi itu? dan bagaimana merangsang ide dan Inspirasi supaya muncul sebagai bahan tulisan? Berikut pembahasannya.

Inspirasi tidak lain adalah ide-ide yang muncul karena adanya rangsangan dari luar, dan kamu tahu inspirasi tidak bisa dipaksakan untuk muncul, perlu adanya rangsangan untuk mendapatkannya. Inspirasi juga sangat unik dan begitu misterius. Jadi ketika pikiran sedang galau atau hati resah yang disebabkan hal tertentu. Hal itu berkaitan dengan tiada kebahagiaan pada hati jangan terlalu berharap untuk mendapatkan inspirasi sebagai bahan tulisan. Mungkin kamu pernah mengalami ingin menulis tapi bingung mau menulis apa, tidak punya ide sebagai modalnya.

Percaya atau tidak, ide konten artikel tidak jatuh begitu saja dari awan, semuanya membutuhkan apa yang disebut "Usaha Inspirasi", yang sebenarnya sudah ada dalam diri kamu dan bahkan pada setiap orang. Ketika tidak ada ide, jangan hanya duduk dan berharap Inspirasi datang dengan sapaan ramah dan lembutnya, meskipun ha itu bisa saja terjadi. Namun setidaknya mencoba sesuatu dengan sesuatu yang baru, berupa upaya untuk merangsang ide-ide tertentu yang dapat memunculkannya.

Bagi seorang penulis, terutama yang baru belajar menulis artikel atau karya ilmiah lainnya, sangat dibutuhkan ide. Tanpa ide tidak mungkin tercipta sebuah karya tulis yang bagus & baik. Coba bayangkan apa yang akan terjadi, dengan melihat keadaan kertas atau lembaran yang masih kosong merupakan hal yang sangat menakutkan apalagi bagi seorang penulis.

Ide sangat penting bagi seorang penulis, apalagi bagi penulis kreatif seperti situs-situs tertentu (website). Sebenarnya ide sangat mudah ditemukan dengan seiring berjalannya waktu, ide akan muncul secara misterius. Ketika sebuah ide muncul, jangan biarkan ide itu pergi begitu saja, tuliskan ide tersebut sebagai referensi dalam mencari sumber referensi lain.

Hal tersebut sangat penting, tanpa mencatat ide yang muncul sama saja kamu membiarkannya dia pergi dan mungkin saja ide tersebut akan menjadi bagian karya penulis orang lain. Usahakan jangan biarkan hal itu terjadi lagi didalam kehidupanmu , terlebih kamu mempunyai keinginan untuk menjadi seorang penulis sejati dan profesional.

Maka untuk itu "Nirwana Tunggal" akan membagikan tips "Cara Pintar Merangsang ide/Inspirasi Sebagai Bahan Tulisan ".

Cara Merangsang Ide dan Inspirasi Menulis
  1. Hiburan yang Membuat Nyaman
  2. Petualangan Alam
  3. Membaca
  4. Mimpi
  5. Memberi & Bersyukur
  6. Meditasi/Tenangkan Pikiran
  7. Mengingat Masa Lalu
  8. Menulis Lepas/Bebas
  9. Melihat Hal Baru
  10. Penelitian
  11. Berbicara dengan Teman yang Pandai Berbicara
  12. Mendengar Cerita Kehidupan Orang lain
  13. Merenung/Bertafakur
Penjelasan

1. Hiburan yang Membuat Nyaman (Entertainment That Makes Comfort)

Dalam merangsang ide dan inspirasi menulis yang pertama adalah dengan "hiburan yang membuat nyaman", hiburan ini bisa dari hiburan yang sepele maupun dengan hiburan yang penuh dengan atraksi yang lumayan berbahaya, tapi jangan yang terlalu berbahaya ya..

Hiburan sederhana dapat diperoleh hanya dengan kegiatan sehari-hari, seperti mendengarkan musik, menonton acara televisi, mendengarkan radio, atau mungkin bagi perokok untuk menyalakan sebatang rokok dan disandingkan dengan secangkir kopi atau teh. Dan ada juga hiburan fisik lainnya seperti sepak bola, voli, bulu tangkis, atau olahraga menantang lainnya.

Pokoknya hiburan yang bikin nyaman dan santai, dengan hiburan yang bikin nyaman, akan seperti mengundang inspirasi untuk datang menemuimu.

2. Petualangan Alam (Nature Adventure)

Cara kedua untuk merangsang ide & inspirasi menulis adalah dengan refreshing dengan petualangan alam, bagi yang suka mendaki gunung sangat baik untuk merangsang munculnya ide dan inspirasi. Mungkin saat mencapai puncak dengan melihat pemandangan alam dari ketinggian berhiaskan awan yang begitu tebal dan terkadang lucu, bisa merangsang munculnya ide & inspirasi tulisan.

Petualangan alam tidak harus mendaki gunung yang terlalu tinggi, bahkan dengan anak gunung bisa merangsang inspirasi untuk muncul (bukit maksudnya). Atau mungkin yang hobi dengan pantai, bisa pergi ke pantai yang indah dan duduk di antara bebatuan pantai yang besar dan melihat gulungan ombak yang dahsyat. Itu benar-benar dapat merangsang ide & inspirasi untuk muncul.

Selain itu, dari beberapa sumber informasi terpercaya, bagaimana merangsang ide & inspirasi untuk menulis dengan melihat warna hijau dan biru. Dari berbagai penelitian dapat membuat seseorang merasa nyaman dan tenang yang akan mempengaruhi kreativitas seseorang. Luangkan waktu sebentar untuk melihat langit dan pepohonan di sekitar Anda.

3. Membaca (Reading on the Internet and Books)

Cara ketiga untuk merangsang ide dan inspirasi adalah dengan membaca atau banyak membaca baik dari internet maupun buku, itu adalah sumber utama untuk merangsang munculnya ide dan inspirasi.

Dengan membaca buku-buku dari orang-orang terkenal, itu adalah kegiatan di mana kamu dapat menambah wawasan yang sama sekali baru untuk diri kamu sendiri, seperti kata-kata unik dan kalimat jenius, disadari atau tidak, membaca buku bukan hanya hiburan, membaca buku akan menemukan banyak hal. hal-hal baru seperti apa yang kamu inginkan dalam membuat artikel atau konten.

Merangsang ide menulis sebenarnya tidak hanya dengan membaca buku-buku orang terkenal, kamu juga bisa membaca tulisan-tulisan lain yang banyak bertebaran di koran, namun cara yang paling efektif untuk merangsang munculnya inspirasi adalah dengan membaca sesuai dengan jenis tulisan yang kamu sukai.

4. Mimpi (Sweet Dreams)

Mungkin terkesan aneh dan canggung untuk merangsang ide menulis melalui mimpi, tapi jangan salah, tidur dan bermimpi indah akan memunculkan pemikiran unik dan cemerlang saat mengingat mimpi saat bangun dan akan sangat membantu seseorang saat akan menulis.

Mimpi adalah sumber inspirasi yang datang secara tak terduga. Mereka (mimpi) sangat menarik karena memungkinkan seseorang untuk menjelajahi dunia yang berbeda tanpa adanya aturan seperti yang berlaku di dunia nyata. Tuliskan apa yang kamu ingat dari mimpi itu.

5. Memberi dan Bersyukur (Giving to others and being grateful)

Memberi dan bersyukur adalah cara tersembunyi untuk merangsang ide & inspirasi. Memberikan sesuatu kepada orang lain dapat berdampak besar pada orang yang menerimanya. Hal-hal seperti itu dapat merangsang ide dan menginspirasi seorang penulis untuk membuat artikel.

Memberi, juga bisa mengajari kita untuk tetap bersyukur. Kita akan menyadari bahwa banyak hal yang harus kita syukuri dalam hidup ini, dengan kita mensyukuri sesuatu yang besar, kita juga akan mudah untuk mensyukuri hal-hal yang sepele atau kecil.

6. Meditasi atau Tenangkan Pikiran (Meditation or Calming the Mind)

Meditasi adalah pelepasan pikiran dari hal-hal yang membebani hidup, seseorang terkadang membutuhkan waktu yang sangat sunyi dalam kesendirian. Ini adalah salah satu cara paling efektif untuk merangsang ide menulis.

Dengan bermeditasi diri akan terasa jauh dari hiruk pikuk manusia, seperti memperbaharui otak untuk kembali ke keadaan semula dan jernih. Dengan hati dan pikiran yang jernih kamu akan takjub melihat begitu banyak ide yang muncul di benak kamu, saat itulah kamu akan menyadari bahwa ide tersebut bersembunyi di kegelapan dan akan terlihat saat membuka hati dan pikiran kita dengan pikiran yang terfokus.

7. Mengingat Masa Lalu (Remembering the past full of love and insults)


Ini mungkin cara yang aneh untuk merangsang ide dan inspirasi menulis dengan mengingat masa lalu. Meski banyak orang menganggap masa lalu tidak pantas untuk dikenang, namun masa lalu harus dilupakan. Namun jangan salah, dengan mengingat masa lalu, setiap orang memiliki kisahnya masing-masing, baik senang maupun sedih.

Mengingat apa yang telah kamu lalui dalam hidup dan mengingat orang-orang yang menjadi bagian dari hidupnya akan membantu merangsang inspirasi dan ide. Bisa jadi dengan ini bisa lebih mudah menuangkan kisah masa lalunya dalam bentuk tulisan yang luar biasa.

Meski masa lalu begitu kelam, menghina dan menjijikkan untuk dibicarakan. Namun dengan masa lalu yang demikian akan melahirkan sebuah tulisan yang penuh dengan beribu makna. Jadikan masa lalu yang kelam itu tertulis dalam ayunan lembut jemarimu yang memiliki banyak arti untuk sekaligus menjaga semangatmu tetap terfokus pada sesuatu yang jauh lebih penting, yaitu tujuan hidupmu untuk masa depan.

8. Menulis Lepas/Bebas (Freelance)

Cara merangsang ide menulis selanjutnya adalah menulis lepas, yang sangat membantu dalam mencari inspirasi & ide serta cara terbaik untuk merangsang imajinasi pikiran dalam menciptakan tulisan.

Dengan menulis tanpa memikirkan kalimat yang benar menurut KBBI kamu akan menulis apa saja yang ada di pikiran kamu. Saat ketika seseorang menulis biasanya mereka akan menemukan kata atau kalimat yang selama ini mereka cari.

Sesuatu yang sudah ada di pikirannya, hanya saja karena terlalu banyak pikiran negatif, kalimat inspiratif itu tidak terlihat, dipikirkan, atau tergambarkan dengan jelas.

9. Melihat Hal Baru (
Check out what's new and unique)

Cara merangsang ide menulis bisa dengan melihat hal-hal baru. Menjadi cara tersendiri untuk memprovokasi munculnya ide, cara melihat hal baru adalah dengan merangsang ide dan inspirasi secara spontan dan kasar (out loud).

Ini masih sangat berguna bagi seseorang yang kesulitan menemukan ide. Seseorang dapat melihat hasil tulisan orang lain dan menarik kesimpulan dari tulisan tersebut untuk dijadikan inspirasi bahan tulisan baru.

Bisa jadi dengan melihat tulisan penulis/blogger pada situs baru (pemula) akan menjadi alasan seseorang dalam membuat artikel terkait. Biasanya mereka (pemula) tidak terlalu memperdulikan orang membaca tulisannya atau tidak, karena mereka lebih mementingkan belajar menulis yang berkualitas dan berusaha membuat tulisannya berkualitas. menarik untuk dibaca.

10. Penelitian (Learn to understand things in detail)

Cara lain untuk merangsang ide menulis adalah dengan melakukan penelitian tentang hal-hal yang berkaitan satu sama lain. Ada banyak hal di luar sana yang dapat merangsang ide dan menginspirasi mereka untuk mencoba, jika kamu benar-benar memperhatikannya. Ada banyak di sekitar kamu yang dapat merangsang munculnya inspirasi dengan melakukan riset dan analisis. Dan itu akan mendapatkan banyak ide sebagai garis besar atau bahan tulisan.

11. Mencari Teman Yang Pandai Berbicara (Looking for a Good Talking Friend)

Untuk yang satu ini bisa dikatakan bahwa cara termudah untuk merangsang ide adalah dengan mengobrol dengan orang yang pandai berbicara.

Orang yang pandai berbicara akan memiliki kalimat dan kata-kata keren yang terkadang belum pernah kamu dengar. Dan tanpa disadari, kamu akan terinspirasi dan terpengaruh oleh sebuah kata (ekspresi) atau kalimat yang diucapkan saat duduk bersama yang nantinya bisa dijadikan bahan tulisan.

12. Mendengar Cerita Kehidupan Orang Lain (Listen to Life Story)

Merangsang ide menulis juga bisa dilakukan dengan mendengarkan kisah hidup orang lain, seperti mendengar langsung dari seseorang atau dengan menonton film, ketika menonton film atau mendapatkan cerita langsung dari teman atau keluarga, pasti ada jalan cerita yang bisa menginspirasi kamu.

Tentu tidak ada bedanya dengan mendengarkan cerita hidup orang dengan curhat atau bertukar pengalaman. Jangan malu-malu untuk meminta berbagi kisah hidup, diantara keduanya pasti akan mendapatkan sesuatu yang positif sekaligus mendapatkan inspirasi & ide-ide baru. Mendengar cerita hidup orang lain juga akan membantu kita untuk hidup lebih bijaksana.

13. Merenung/Bertafakur (Think about what God created)

Hal terakhir untuk merangsang ide dan inspirasi seorang penulis adalah dengan merenung (refleksi), tetapi bukan melamun. Merenung di sini lebih ke arah bermeditasi/berpikir dari sesuatu ketika melihat atau mendengar, merasakan sesuatu dalam kesendirian.

Misalnya, ketika kamu melihat pemandangan yang begitu indah di langit, seseorang akan merenungkan dan bertanya-tanya dalam hati, mengapa langit begitu indah? Siapa yang menciptakannya? Untuk apa itu diciptakan? Dengan satu perenungan, seringkali merupakan cara paling tajam untuk merangsang munculnya Inspirasi baik untuk menulis dan lainnya.

Bingung mau menulis apa? Coba baca ini

Itulah beberapa tips & cara merangsang ide & inspirasi menulis dari "Nirwana Tunggal", cara cerdas untuk merangsang ide dan inspirasi, khususnya bagi seorang penulis. Sedikit dorongan dari sekian banyak tips dan cara yang bisa merangsang ide dan inspirasi untuk muncul.

Tapi ingat, dari sekian banyak cara merangsang ide menulis yang sudah disebutkan, tidak semuanya harus dilakukan, tinggal sesuaikan saja dengan kepribadian masing-masing individu.

Lakukan saja satu atau lebih hal yang dapat membantu kamu dalam aktivitas menulis. Jika masih belum ada perubahan sama sekali dalam membuat artikel. Dan tidak percaya? bisa datang dalam hidupku. oke, silakan coba! dan ingat jangan pernah mengundurkan diri lakukan dengan keyakinan yang kuat.

Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca juga :

Posting Komentar