Translate

Kabar Baik Untuk Kamu Yang Suka Berkhayal




Nirwana Tunggal - Mengkhayal (berkhayal) adalah kegiatan memikirkan, memimpikan, membayangkan, mengharapkan, ingin memiliki, ingin menjadi, ingin seperti, yang sebenarnya semua itu hanyalah ilusi atau tidak terjadi pada kenyataannya.

Berkhayal adalah aktivitas seseorang menciptakan cerita, harapan, keinginan, didalam dunia bayang-bayang di dalam fikirannya, dalam keadaan sendiri maupun ditengah keramaian. Berkhayal juga sangat akrab dengan mimpi, mimpi yang terjadi ditengah tertidur adalah mimpi yang benar-benar ilusi, tapi mimpi ditengah kehidupan adalah harapan, yang kesemuanya itu belum pernah terjadi.

Hampir semua orang pernah berkhayal, malah ada yang menjadikan kegiatan tersebut menjadi sebuah hobi tanpa sepengetahuannya. Berkhayal dalam seringnya waktu tanpa mereka sadari, dan merasa acuh dari apa yang mereka lakukan. Berkhayal bisa menjadi kebiasaan yang spontan atau memang sudah direncanakan.

Mungkin kalian pernah kan mengkhayal? atau membayangkan sesuatu perjalanan cerita dalam fikiran? Mungkin seperti kalian yang suka menonton televisi film drama klasik korea, pernah tidak membayangkan menjadi tokoh utama dalam film tersebut? biasa aja, ngaku aja..

Atau membayangkan menjadi presiden yang berhak atas aturan-aturannya, atau mungkin menjadi mentri kelautan dan perikanan yang sekarang dipegang oleh Bpk. Sakti Wahyu Trenggono. Atau membayangkan hal-hal sepele seperti membuat sebuah perjalanan cerita special didalam fikirannya sendiri.

Pernah tidak kalian membayangkan pergi camping disuatu tempat dimana tempat tersebut penuh dengan salju dan beberapa pohon besar disekitarnya, dengan 6 kawan kita saling berkerjasama dalam setiap kesulitan yang menimpa bersama.

Membangun dua buah tenda diantara dua pohon besar yang tak lagi mempunyai banyak daun, belum lama setelah tenda berdiri, tiba-tiba salju turun, memberikan hawa sekitar semakin dingin, lantas setelah beberapa detik salju turun kita saling berkumpul dan menyalakan api dari kompor mini dan membakar beberapa kayu kering yang sudah dipersiapkan sebelumnya, sakadar untuk mencari kehangatan. Dilengkapi dengan ngobrol tanpa arah yang membuat suasana semakin ceria dan hangat, asyiknya bercerita membuatnya hidup terasa tiadanya beban yang harus difikirkan maupun dipermasalahkan, semua terasa bahagia dan baik-baik saja. lanjutkan sendiri,,,ya,,

Atau berkhayal yang sedikit lucu seperti membayangkan suatu ketika ditengah kota sendirian berjalan bebas menggunakan sepeda motor retro klasik tanpa takut menjumpai kemacetan jalan dan selama perjalanan mengelilingi kota yang sepi, melihat seseorang yang begitu anggun dan enak untuk dipandang, mungkinkah dia jodohku? Haha. Dan mengkhayal lain seperti apa yang akan kamu bangun dalam cerita khayalmu. Sebagainya sesuatu itu menjadi kebutuhan dan keinginan lain seperti yang kamu harapkan itu.

Mengkhayal (berkhayal) sebenarnya aktivitas yang tidak salah, asalkan dalam mengkhayalnya yang berfaedah, mungkin seperti mengkhayal membayangkan Indonesia terbebas dari kemacetan jalan, membayangkan Indonesia bebas dari kemiskinan, dan mengkhayal sesuatu yang positif. Apalagi berkhayal dibarengi usaha untuk menggapai tujuannya, tidak ada yang tahu khayalan itu akan menjadi sebuah kenyataan. Bisa saja apa yang selama ini kamu khayalkan bagian rutinitas keseharianmu berubah menjadi sebuah kenyataan.

Walaupun mengkhayal banyak orang yang membencinya namun ada kabar baiknya, yaitu dengan melihat manfaat dari mengkhayal itu sendiri. Walaupun dan walau bagaimanapun terlalu banyak mengkhayal juga kurang bagus ya, tapi tak apalah mungkin itu salah-satu cara yang membuatmu nyaman juga menjadi bagian dari hidupmu yang membuatmu bisa tersenyum bahagia ditempat special-specialmu.

Dibawah ini ada beberapa sumber informasi yang terpercaya, bahwa mengkhayal/berkhayal memiliki begitu banyak manfaat, antara lain :

1. Lebih Kreatif
2. Pereda Stress/Penghilang Stress
3. Lebih Produktif
4. Memotivasi
5. Olahraga Mental
6. Pandai Menulis
7. Menggambar


1. Lebih Kreatif
Berkhayal setelah diteliti ternyata kegiatan tersebut tidak serta merta selalu membuang waktu saja. Sudah menjdi fakta ilmiah oleh penelitian bahwa berkhayal sebenarnya membuat seseorang lebih kreatif. Dengan berkhayal, seseorang akan berangan-angan tentang sesuatu hal yang di senanginya, dan tak tanggung untuk berkreasi seunik mungkin didalam angan-angannya sendiri.

Hal itu tak jarang membuat seseorang itu menjadi lebih bahagia, dan memunculkan effect yang menjadikan seseorang akan lebih kreatif dalam beberapa hal.

Disamping itu diambil dari beberapa informasi lain bahwa sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, tepatnya di University of  Wisconsin-Medison, membuktikan peserta yang sering berkhayal memiliki nilai lebih terutama dalam daya ingat yang lebih baik daripada mereka yang jarang berkhayal.

2. Pereda Stress/Penghilang Stress
Mungkin kamu pernah menjadikan dunia khayal menjadi sebuah obat tersendiri ketika sedang mengalami stress. Hal itu wajar, sebab banyak orang juga beranggapan seperti itu bahwa mengkhayal dijadikan sebagai obat stress yang alami tanpa mengandung unsur kimia yang berbahaya bagi tubuh. Seperti contoh setelah bertengkar dengan orang dekat, atau mengalami stress karna pekerjaan, atau malah setelah mengalami trauma.

Berkhayal menjadi alternatif yang banyak dipilih pada kondisi seperti itu, berkhayal membuat pikiran melupakan masalah yang sedang dihadapi meski hanya beberapa saat saja. Setelah berkhayal, pikiran dan hati akan lebih segar, tenang, dan terasa tidak terbebani dari masalah yang ada.

3. Lebih Produktif
Berkhayal juga menjadi teknik yang efektif untuk meningkatkan produktivitas. Seperti ketika sedang menghadapi masalah, cobalah kamu meluangkan sedikit waktu istimewamu seperti sebelum tidur dimalam hari, hal tersebut sebenarnya melatih kemampuan memecahkan masalah yang sedang dihadapi.

4. Memotivasi
Berkhayal disamping membuat daya ingat semakin baik dan menjadikan seseorang lebih kreatif. Berkhayal juga dapat dijadikan sebagai motivasi diri untuk mencapai tujuan.

Untuk itu jadikanlah mengkhayalmu itu mengkhayal yang dapat memotivasi sehingga lebih menguntungkan diri sendiri. Hal tersebut jika dilakukan secara efisien dan tidak berlebihan tentunya, berkhayalmu itu mungkin saja dapat menjadi salah-satu cara yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai harapan kamu.

5. Olahraga Mental
Berkhayal juga ternyata dapat berfungsi sebagai "Latihan" otak untuk melahirkan pemikiran-pemikiran yang berlian, tajam, dan jernih. Penelitian dari Max Planck Institute for Human Cognitive and Brain Science, yang bernama Jonathan Smallwood, melakukan penelitian yang menemukan bahwa orang hobi mengkhayal memiliki kemampuan daya ingat yang jauh lebih tinggi.

Dalam studinya tersebut Jonathan Smallwood memberikan tugas-tugas sederhana yang harus dikerjakan dengan fokus dan perhatian tag konstan, seperti menyuruh menekan tombol tertentu pada setiap kali bernafas atau sesuatu untuk merespon sesuatu huruf yang nampak pada layar komputer setiap kali tanda tersebut muncul. Dan dilanjutkan meminta mereka mengingat huruf-huruf sambil mengerjakan soal matematika.

Dan hasil tes tersebut menghasilkan bahwa orang yang suka berkhayal dapat menyelesaikan tugas-tugasnya dan lebih banyak mengingat huruf yang muncul.

6. Pandai Menulis
Orang yang suka berkhayal memiliki keistimewaan yang lebih untuk menciptakan karya tulis, khususnya dalam bidang menulis karya fiksi. Mereka yang suka berkhayal dapat menciptakan sebuah cerita didunia khayalnya dengan tokoh-tokoh lengkap dengan sifat dan karakternya masing-masing untuk membangun sebuah cerita didunia khayalnya mereka sendiri. 

Seandainya orang tersebut menuangkan cerita khayalannya diatas kertas atau media lain yang lebih modern, mungkin orang tersebut bisa menjadi seorang karya fiksi yang luar biasa hebat. Mereka para Novelis dan pembuat cerpen atau dunia anime, mereka adalah orang-orang yang dapat mengendalikan dunia khayalnya menjadi lebih produktif dan profesional.

Walaupun dunia fiksi, khususnya dunia anime tidak semuanya berasal dari dunia khayal belaka ada juga sebagian maupun seutuhnya diambil dari kisah nyata, tapi sebagian besar adalah dunia khayal belaka (ilusi).

7. Menggambar
Menggambar juga ternyata masuk dalam daftar kabar baik untuk kamu wahai para pengkhayal. Aktivitas tersebut atau aktivitas apapun yang dibutuhkan daya kreativitas tinggi, sangat dibutuhkan sebuah imajinasi maupun khayalannya untuk menciptakan sebuah karya yang keren, unik, menarik dan juga menyimpan banyak simbol maupun makna tersendiri.

Dan dalam menggambar untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dibutuhkan seseorang yang salah-satunya mempunyai daya khayal yang tinggi. Apalagi menggambar adalah suatu aktivitas yang diperlukan ketenangan jiwa dan fikiran untuk bisa mencurahkan apa dan meneteskannya beberapa warna di atas kertas tentunya sesuai apa yang ada didalam fikirannya itu.

Demikianlah beberapa manfaat yang timbul dari sesorang yang suka mengkhayal, lalu? apa kamu juga masuk dalam daftar bagian orang yang suka berkhayal?

Salam sahabat Nirwana Tunggal