Translate

Tersenyum dan Tertawa Sendiri Tanda Orang Jenius




Nirwana Tunggal - Setiap orang mempunyai tingkat kecerdasan yang berbeda-beda, namun untuk tahu bahwa seseorang tersebut termasuk jenius atau tidak bisa dilihat dari cara memahami sesuatu hal dengan cepat dan mudah. Maka untuk mengetahui dan memahami ciri-ciri orang jenius, langkah paling sederhana yang bisa dilakukan tidak lain adalah dengan mengenalnya dengan kesamaan dari ciri-ciri pada orang cerdas itu sendiri.

Secara umum menurut penelitian dari Dr. Linda Silverman direktur Giftted Development Center di Canada (Sumber : Wikipedia). Membuktikan bahwa orang jenius memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Mempunyai penalaran yang bagus
  2. Bisa belajar dengan cepat
  3. Memiliki perbendaharaan kata yang luas
  4. Memiliki kemampuan mengingat yang baik
  5. Dapat berkonsentrasi pada hal-hal menarik bagi dirinya
  6. Sensitif perasaannya dan mudah tersinggung
  7. Cepat menunjukkan sifat peduli
Jenius (Genius) tidak lain sebutan untuk orang-orang yang memiliki kapasitas kecerdasan diatas rata-rata khususnya dalam segi intelektualnya. Hal tersebut bisa dilihat dengan kemampuan kreativitas, imajinasi, dan keunikan seseorang. Untuk melihat orang jenius bisa dilakukan dengan melihat kebiasaan atau tingkah laku dalam aktivitas sehari-hari.

Semua tahu bahwa dalam mengukur kecerdasan intelektual seseorang yaitu dengan melihat suatu nilai IQ (Intelligence Qoutient), semakin tinggi nilai IQ, akan semakin mewakili tingkat kecerdasan seseorang. Setelah tahu, ternyata orang yang mempunyai banyak prestasi disekolah tidak dijadikan pedoman dasar untuk menilai tingkat kecerdasannya. Banyak orang dengan nilai tinggi suatu mata pelajaran disekolah juga tidak terlalu berpengaruh dalam nilai sebuah IQ.

Walaupun nilai sebuah mata pelajaran tinggi selalu dikaitkan dengan nilai sebuah IQ, namun pada kenyataannya orang jenius juga tidak banyak mendapat nilai yang bagus untuk sebuah mata pelajaran atau beberapa mata pelajaran. Mungkin menyembunyikan diri, malas atau jenuh dengan kegiatan tersebut.

Harus diakui bahwa mereka yang memiliki IQ rendah dan memiliki keterbelakangan mental akan mengalami kesulitan dalam berbagai hal seperti melakukan kegiatan belajar atau bekerja secara langsung. Namun harus diingat bahwa hal itu tidak bisa menjadi penentu apakah seseorang bisa disebut cerdas (Genius) atau tidak.

Orang Genius (Jenius) akan lebih mudah dipahami/dikenali dengan melihat kebiasaan, tingkah laku, dan keanehannya. Selain itu untuk mengetahui orang jenius akan lebih baik dengan melihat hasil kerjanya yang begitu Kreatif, Inovatif, dan Orisinil (Tanpa meniru ciptaan orang lain). Seorang jenius selalu menunjukan individualitas dan imajinasi yang kuat.

Hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari (Tingkah laku) ternyata bisa menjadi tanda-tanda bahwa seseorang itu jenius, berikut tanda-tandanya.

1. Orangnya Aneh/Berbeda Dengan Orang Lain
2. Sering Tersenyum dan Tertawa Sendiri
3. Susah Tidur di Malam Hari
4. Cepat Bosan Setiap Kali Mempelajari Suatu Hal
5. Sering Lupa
6. Selalu Ingin Tahu (skeptis)
7. Orang Jenius Memilih Merendahkan Diri
8. Sering Menunda-Nunda Sesuatu
9. Merasa Selalu Bodoh
10. Suka Mambaca
11. Teliti
12. Menutup Diri dari Dunia Luar (Open minded)
13. Berantakan

Penjelasan Tanda atau Perilaku Orang Jenius ( Tingkah Laku Orang Jenius)

1. Orangnya Aneh / Berbeda Dengan Orang Lain
Yang pertama prilaku orang jenius (Tingkah laku orang jenius) adalah orangnya aneh. Aneh disini dalam cara pandang yang berbeda. Aneh tidak selalu dikaitkan dengan gangguan mental, ada juga orang aneh disebabkan karena cara berpikir mereka atau pemikiran-pemikiran yang begitu berlian.

Mungkin punya sahabat atau siapapun disekitar kita yang terlihat aneh, seperti jarang terlihat aktivitas sehari-hari. Lebih sering dirumah (Introvert), bisa saja mereka adalah orang jenius yang cenderung bodoh dalam menilai situasi keadaan. Mereka tidak akan bicara sebelum menemukan jawaban yang sempurna, dan memilih diam daripada berbicara sekiranya hal itu tidak terlalu penting atau sia-sia.

2. Sering Tersenyum dan Tertawa Sendiri
Tersenyum bukan saja terlihat aneh bahkan ada juga yang menganggap hal seperti itu adalah hal "gila". Namun orang jenius tersenyum sendiri bukan karna gila ataupun mengingat kekasih yang jauh disana, tapi tersenyumnya orang jenius adalah disebabkan ide yang cemerlang yang melintas didalam pikirannya, dan sekaligus suatu cara untuk mengapresiasi ide cemerlang yang muncul di dalam otaknya. Berbeda dengan orang gila, orang jenius bisa kembali sadar pada realitas yang ada.

3. Susah Tidur di Malam Hari
Tingkah laku orang jenius yang paling mudah dikenali adalah orang tersebut cenderung memilih melakukan aktivitas di malam hari, daripada melakukan aktivitas di siang hari. Jenius memilih untuk membaca buku dan hal-hal lain di malam hari ketika semua orang tertidur lelap dan bahagia dengan mimpi-mimpi indah mereka.

Selain itu, orang jenius memiliki area otak yang selalu aktif untuk memikirkan sesuatu, sehingga seringnya berpikir membuatnya sulit untuk tidur. Setiap kali mereka mencoba untuk menutup mata akan selalu ada ide yang muncul, mereka akan tertidur dikarenakan otak yang sudah lelah dan puas dalam memikirkannya.

4. Cepat Bosan Setiap Kali Mempelajari Suatu Hal
Tingkah laku Orang jenius akan cepat memahami tantang sesuatu, seperti memecahkan masalah yang sulit dan lainnya. Tidak jarang orang jenius akan mencari sesuatu hal baru untuk mencoba dan mempelajarinya. Untuk itu orang jenius/ber-IQ tinggi tidak tertarik dengan hal-hal yang sudah dikuasainya sebab hal tersebut sudah berhasil dikuasainya.

5. Sering Lupa
Perilaku orang jenius akan cenderung melupakan hal-hal sepele, itu karena otak mereka dipenuhi dengan banyak pikiran yang baginya lebih penting daripada memikirkan hal-hal kecil seperti lupa meletakkan kunci, lupa mengangkat jemuran, dan lain-lain yang tidak terlalu penting.

Tapi lupa di sini, karena ada banyak pikiran yang lebih penting di otaknya, bukan lupa karena memikirkan begitu banyaknya hutang. Sampai disini udah paham kan, takut nantinya gagal paham. Untuk itu jangan heran jika seseorang atau siapapun melupakan hal-hal sepele, positif saja, mungkin saja dia orang banyak hutangnya.. hehe. Bukan orang jenius loh ya.

6. Selalu Ingin Tahu
Perilaku orang jenius adalah rasa ingin tahu yang sangat tinggi, berpikir kritis, mendalam, dan tak tanggung-tanggung mencari informasi dengan cara apapun hanya untuk menemukan suatu kebenaran. Orang dengan IQ tinggi selalu memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Meski banyak orang yang menganggap hal ini sebagai sesuatu yang dianggap “gila”, namun orang cerdas (Jenius) tidak memperdulikan hal tersebut. Sudah menjadi takdirnya untuk selalu "Kepo".

Di sisi lain, mereka juga menjauhi hal-hal yang tidak penting seperti masalah percintaan (Asmara) dan hal-hal umum lainnya. Ia selalu mencari hal-hal unik dan terkini yang tidak pernah terpikirkan oleh kebanyakan orang. Bahkan orang seperti itu biasanya akan lupa bahwa pernikahan itu penting. Ya seperti itu tingkah laku orang jenius, unik dan aneh.

7. Orang Jenius Memilih Merendahkan Diri
Tingkah laku Orang jenius akan lebih memahami kelemahan dan ketidaktahuan diri sendiri, mereka ketika ditanya sesuatu yang memang dia belum tahu, jawaban akan selalu "saya tidak tahu". Bahkan kebiasaan orang seperti ini sering ditertawakan oleh teman-temannya. Padahal bukan berarti tidak tahu, mereka memilih menjawab seperti itu dengan banyak alasan.

Disamping mereka sibuk mencari informasi, mereka sebenarnya lebih tahu daripada yang bertanya. Orang jenius tidak akan menjawab secara detail tentang sebuah pertanyaan yang kiranya percuma jika dijelaskan. Semacam berbicara dengan seseorang yang hanya bisa mendengarkan tapi tidak bisa mengerti gitu.

Seperti contoh orang tersebut ditanya tentang politik yang sedang memanas, orang jenius biasanya akan menjawab "saya tidak tahu", sebenarnya mereka tahu sumber dan cabang-cabangnya secara detail tentang sebuah konflik. Mereka akan berbicara panjang lebar jika dihadapkan dengan seseorang yang mungkin bisa memahaminya.

8. Sering Menunda-Nunda Sesuatu
Tingkah laku orang jenius akan sering menunda-nunda sesuatu yang dianggap tidak terlalu penting baginya. Ya, meski egois terkadang berlebihan, orang cerdas (Jenius) cenderung memutuskan untuk menunda aktivitas lain karena melakukan hal lain, mencoba sesuatu yang baru yang dia anggap lebih penting dan teramat penting baginya.

Tidak seperti orang biasa, mereka menunda-nunda bukan karena ada hal yang lebih penting tetapi karena sifat malas mereka. Bahkan para psikolog menjelaskan bahwa penundaan sang jenius disengaja sebagai kunci inovasi sekaligus langkah strategis yang sedang dia lakukan/persiapkan.

9. Merasa Selalu Bodoh
Ciri-cirinya, tingkah laku (behavior) seorang jenius akan terlihat seperti orang bodoh yang selalu penuh percaya diri, seorang jenius selalu penuh dengan keraguan. Orang jenius selalu merasa tidak tahu apa-apa, apalagi merasa pintar. Mereka selalu mencari dan terus mencari ilmu.

Ia selalu belajar dan belajar dan selalu haus akan ilmu. Tidak seperti orang biasa, mereka cenderung percaya bahwa mereka sudah mengetahui sesuatu sehingga tidak perlu belajar lagi. Di sinilah akan melihat sebuah perbedaan mudah dalam memahami antara orang jenius dan orang biasa.

10. Suka Membaca
Tingkah laku para orang genius (Jenius) mereka lebih sukai membaca. Menghabiskan banyak waktu hanya untuk membaca. Membaca bagi seorang jenius adalah hiburan paling istimewa dari hiburan lain yang ada. Mereka cenderung baik di rumah ataupun dalam perjalanan, tidak ketinggalan membaca buku atau membelinya saat bepergian.

Bagi orang jenius membaca adalah cara belajar tanpa harus pergi ke sekolah, tanpa harus keluar keringat, rekreasi tanpa harus keluar rumah, sekaligus tempat pelarian dari dunia nyata yang tidak menyenangkan. Hubungannya dengan buku lebih romantis, melebihi dari dua kekasih yang terikat dengan cinta.

11. Teliti
Perilaku dan ciri orang jenius selain menunjukkan sikap skeptis (Selalu ingin tahu), orang jenius juga biasanya akan lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu yang dipilihnya. Bedanya dengan orang biasa akan cenderung angkat bicara untuk membuktikan siapa dirinya, tapi orang cerdas justru akan melakukan hal sebaliknya.

Alih-alih membual tentang pencapaian mereka atau memberi tahu orang lain betapa benar pendapat mereka, orang yang cerdas dan jenius biasanya pendiam dan jeli. Mereka juga bisa sangat jeli dan menarik kesimpulan yang tepat sasaran.

12. Menutup Diri dari Dunia Luar (Open minded)
Ciri-ciri orang jenius juga umumnya dengan melihat cara dalam ia berpikir yang selalu terbuka. Meskipun orang cerdas menutup diri dari dunia luar, mereka cenderung tidak menutup diri terhadap ide atau peluang baru. Mereka akan lebih mau menerima dan mempertimbangkan pandangan lain dengan nilai dan pemikiran yang berbeda namun luas.

Orang yang berpikiran terbuka akan mencari sudut pandang alternatif dan menimbang bukti secara adil. Dalam keadaan apapun atau situasi serupa, para genius (Jenius) akan berhati-hati tentang ide dan perspektif mana yang mereka adopsi atau sampaikan di ruang percakapan.

13. Berantakan
Tanda atau perilaku orang jenius yang terakhir adalah selalu berantakan, seperti buku-buku berserakan dan akan terlihat seperti orang yang tidak punya jiwa kebersihan. Hal itu bisa dilihat seperti sesuatu barang tidak pada tempatnya, sepatu dirak buku, baju dijendela, kaos kaki nyangkut dikursi, dan lainnya. Mereka melakukan hal tersebut dikarenakan sedang asyiknya belajar apa yang mereka sukai. Mengesampingkan hal-hal kecil yang sekiranya ia anggap tidak terlalu penting dan teramat sangat tidak berguna.

Tingkah laku seorang jenius memang akan terlihat kotor atau jorok, tapi tahukah kamu bahwa dia sebenarnya sedang mempelajari sesuatu yang jika kamu melakukannya kamu tidak akan sanggup mengikutinya. Karena cara berpikir mereka berlipat ganda jauh lebih maju daripada yang dipikirkan kebanyakan orang. Termasuk Kau, ingat itu.😁

Baca juga :

2 komentar

  1. Josssssss
  2. Terima Kasih kawan atas suport yang diberikan, maaf ya sudah kesasar di situs kurang terawat ini