Translate

Apa Sih Manfaat Air Lemon Hangat? Ini Penjelasannya!

Apa Sih Manfaat Air Lemon Hangat? Ini Penjelasannya!

Nirwana Tunggal
- Apa sih manfaat air lemon hangat? Ternyata ada banyak sekali apalagi jika dikonsumsinya di pagi atau malam hari. Air lemon memiliki kandungan yang menyehatkan tubuh walaupun Anda hanya minum satu gelas air lemon hangat.

Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin agar tubuh menjadi sehat sehingga tidak mudah sakit. Kesehatan tubuh adalah prioritas utama karena jika sakit Anda akan kesulitan untuk produktif. Oleh karena itu menjaga kesehatan tubuh bisa dengan air lemon hangat yang banyak manfaatnya.

Beberapa Manfaat Air Lemon Hangat

Menjaga kebugaran tubuh tidak hanya dengan minum air lemon hangat saja tetapi juga harus tetap diimbangi dengan pola hidup sehat seperti menjaga pola makan, pola tidur, dan rajin berolahraga. Berikut ini beberapa khasiat dari air lemon hangat yang jarang diketahui.

  1. Menjaga Tubuh Agar Tetap Terhidrasi

Saat sedang istirahat, kerap kali tubuh kehilangan banyak cairan oleh karena itu biasanya setelah bangun tidur Anda akan merasa haus. Apabila Anda tidak ingin kehilangan banyak cairan bisa mengkonsumsi air lemon hangat sebelum tidur.

Rasa dahaga setelah bangun tidur akan hilang jika minum air lemon hangat karena mengandung vitamin C yang tinggi sehingga menjaga cairan tubuh. Tidak perlu minum banyak-banyak, cukup satu gelas air saja.

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ penting oleh karena itu kesehatannya perlu dijaga. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi air lemon yang masih hangat. Air lemon akan membuat ginjal bisa bekerja lebih sedikit ketika Anda sedang tidur.

Maka dari itu risiko terkena penyakit batu ginjal juga akan berkurang. Lemon memiliki kandungan berupa asam sitrat yang bermanfaat untuk memecah berbagai penyebab penyakit batu ginjal di saluran kemih.

  1. Untuk Mencerahkan Kulit

Kegunaan air lemon hangat yang berikutnya adalah sebagai pencerah kulit. Biasanya khasiatnya akan langsung terasa apabila rutin diminum saat pagi hari sebab lemon hangat memiliki kandungan vitamin C yang dapat berperan sebagai antioksidan.

Antioksidan ini berfungsi untuk membuat kulit tampak menjadi lebih cerah, berkilau, dan bersih. Jika Anda tidak sempat mengkonsumsi di pagi hari, maka bisa mengkonsumsinya sebelum tidur agar hasilnya lebih cepat terlihat.

  1. Meminimalisir Stress

Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit, air lemon hangat juga memiliki manfaat bagi kesehatan mental yaitu meminimalisir stress. Ketika Anda sedang penat dan tertekan akibat pekerjaan atau tugas sekolah, cobalah untuk meminum air lemon hangat agar perasaan menjadi lebih tenang.

Fungsinya juga sama dengan cokelat yaitu untuk meningkatkan mood sehingga stress pun berkurang. Sembari minum air lemon hangat, Anda juga bisa menerapkan habit baik agar tidak mudah stress seperti meditasi atau yoga.

  1. Mengurangi Kadar Inflamasi

Khasiat air lemon hangat yang berikutnya adalah mengurangi kadar inflamasi. Rasa asam pada air lemon hangat apabila terus dikonsumsi saat malam hari bisa meredakan inflamasi. Apalagi jika sedang demam atau flu, air lemon hangat bisa menjadi solusi yang tepat untuk pengobatan.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Tidak hanya kesehatan kulit saja yang perlu diperhatikan tetapi juga kesehatan mata. Selama ini mungkin Anda hanya tahu bahwa wortel yang bisa menjaga kesehatan mata, ternyata air lemon hangat juga bisa.

Adanya vitamin C dapat mencegah terjadinya gangguan pada mata asal diminum secara rutin ya! Akan tetapi manfaat air lemon hangat untuk kesehatan mata ini masih jarang diketahui orang.
  1. Meredakan Gejala Flu

Manfaat air lemon hangat untuk kesehatan berikutnya adalah meredakan gejala flu. Flu bisa menyerang siapa saja dan banyak penyebabnya apalagi jika memasuki musim hujan. Dengan bantuan air lemon hangat bisa meredakan sakit pada tenggorokan dan hidung tersumbat.

  1. Detoksifikasi Secara Alami

Manfaat yang berikutnya adalah detoksifikasi alami karena kandungan pada air lemon hangat bisa menghancurkan racun yang masuk ke dalam tubuh sehingga Anda tetap sehat. Selain itu air lemon juga akan membantu kinerja ginjal.

  1. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C memang dinilai mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena memiliki sifat antioksidan. Apabila mengkonsumsi vitamin C secara rutin maka tubuh akan terhindar dari penyakit seperti batuk, pilek, atau demam karena sistem imun sudah kuat.

Tidak hanya itu, manfaat berikutnya adalah terhindar dari penyakit-penyakit parah seperti stroke, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Cara membuat air lemon hangat juga mudah yaitu tinggal memeras buah lemon lalu dihidangkan dengan air hangat.

  1. Menjaga Badan Agar Tetap Ideal

Manfaat air lemon panas yang terakhir adalah menjaga bentuk tubuh agar tetap proporsional. Tentunya semua orang ingin memiliki berat badan ideal dan salah satu caranya adalah dengan rajin mengkonsumsi air lemon hangat ini.

Anda dapat meminumnya di pagi hari sebelum beraktivitas tetapi jangan lupa juga diselingi dengan olahraga ya! Air lemon hangat dipercaya dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh sehingga bobot akan berkurang juga.

Hal ini juga dijelaskan lebih lanjut dalam sebuah penelitian bahwa sifat dari vitamin C yaitu antioksidan polifenol pada lemon bisa menurunkan berat badan. Penelitian ini dilakukan terlebih dahulu pada tikus.

Akan tetapi apabila Anda memiliki masalah pada lambung, sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi air lemon. Khawatirnya lambung Anda akan semakin sakit sehingga menimbulkan masalah baru.

Pertanyaan mengenai apa sih manfaat air lemon hangat sudah terjawab. Air lemon hangat terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin baik di pagi hari atau malam hari sebelum tidur.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Posting Komentar