Translate

Tips Dasar Memelihara Hewan Peliharaan Bagi Pemula


Nirwana Tunggal - Ingin memiliki hewan peliharaan di rumah? Sebelum membawanya ke rumah, sebaiknya cari tahu dulu bagaimana tips dasar memelihara hewan peliharaan bagi pemula. Mengetahui cara memelihara hewan kesayangan di rumah itu sangat penting karena jika tidak dirawat dengan benar bisa-bisa terserang penyakit.

Jika terawat dengan baik maka hewan peliharaan akan sayang kepada Anda dan mau menurut apa yang Anda perintahkan. 

Memang, cara ini tidak mudah dilakukan jika Anda adalah seorang pemula atau belum pernah sama sekali memelihara hewan peliharaan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena bisa mencobanya dengan tips-tips di bawah ini.

Tips Dasar Memelihara Hewan Peliharaan

Memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan harus menyiapkan banyak hal. Selain itu sebagai pemula, sebaiknya pelihara hewan yang mudah dijinakkan seperti kucing, anjing, dan kelinci. Hal ini dikarenakan hewan-hewan buas itu habitatnya ada di alam bebas.

Jika sudah menentukan hewan apa yang ingin dipelihara, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan selama merawat Pet atau hewan kesayangan:

1. Memberi Makan dan Minum Secara Teratur

Cara memelihara hewan di rumah yang paling penting adalah dengan memberinya makan dan minum secara teratur. Hewan juga sama seperti manusia membutuhkan asupan nutrisi setiap hari dan jika telat hewan kesayangan juga bisa sakit.

Oleh karena itu Anda bisa mengatur jadwal khusus, kapan hewan makan dan minum. Umumnya hewan peliharaan seperti kelinci, anjing, dan kucing itu bisa diberi makan 3x sehari, kemudian diberi minum dan pastikan airnya bersih ya!

Untuk air minum hewan peliharaan, Anda dapat menggantinya setiap hari agar binatang kesayangan bisa minum air bersih sehingga tidak mudah terjangkit penyakit.

2. Membuat Pagar Khusus Binatang Kesayangan

Tips memelihara hewan atau binatang kesayangan lainnya adalah dengan membuat pagar pembatas. Hal ini karena tidak mungkin meletakkan mereka terus menerus di dalam kandang, oleh karena itu fungsi pagar pembatas agar hewan tidak keluar dari area rumah.

Beberapa hewan seperti kelinci membutuhkan pagar khusus agar mereka merasa aman dan nyaman saat bermain di luar. Buatlah pagar pembatas yang ukurannya sesuai dengan hewan peliharaan agar tidak mudah kabur.

3. Rutin Memandikan Hewan

Ini adalah tips dasar yang tidak kalah penting ketika memiliki binatang peliharaan. Dengan rajin membersihkan hewan peliharaan maka mereka bisa hidup lebih lama dan tidak mudah sakit. Memandikan mereka secara rutin akan mengurangi kotoran dan kutu.

Setelah itu Anda bisa membersihkan rumah serta kandang hewan peliharaan agar selalu dalam kondisi bersih. Khawatirnya kutu dan kotoran yang menempel pada hewan akan tersebar di rumah jika tidak rutin dibersihkan.

Namun perlu diperhatikan memandikan hewan peliharaan tidak cukup bagus dilakukan setiap hari, mungkin Anda bisa memandikannya seminggu 1 sampai 2 kali saja.

4. Mengecek Kondisi Binatang Secara Rutin

Jika Anda memelihara seekor anjing ikuti tips memelihara anjing untuk pemula berikut ini. Perawatan anjing dengan hewan peliharaan lainnya itu berbeda bahkan terkadang anjing lebih liar. Oleh karena itu penting untuk memeriksa sekat pembatas agar anjing tidak kabur.

Anjing dan hewan lainnya juga memiliki rasa penasaran seperti manusia sehingga terkadang mereka berkeliaran di luar rumah, jika tidak dalam pengawasan yang tepat hewan kesayangan Anda bisa hilang.

Mengecek kondisi kesehatan hewan juga tidak kalah penting karena Anda akan tahu apakah hewan tersebut sakit atau tidak. Apabila sakit, Anda bisa segera membawanya ke dokter hewan untuk segera diatasi.

Biasanya tanda-tanda binatang peliharaan sakit itu adalah tampak lemas, muntah, dan mudah lelah jadi harus segera diobati agar kondisinya tidak memburuk.

5. Mempersiapkan Kandang

Sebenarnya ini adalah tips memelihara kelinci untuk pemula yang utama. Tidak hanya kelinci, hewan lain seperti anjing dan kucing kadang juga membutuhkan tempat khusus agar mereka bisa makan dan tidur dengan nyaman.

Kandang sama dengan rumah untuk hewan, setelah menyiapkan kandang Anda bisa menyiapkan tempat makan, tempat minum, dan tempat untuk membuang kotoran agar tidak berserakan. Selain itu pastikan juga bahwa binatang peliharaan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Jika Anda pencinta kucing, mempersiapkan kandang terdengar aneh. Sebab biasanya kucing oleh pemilik dianggap bagian keluarga, tempat tidur dan barang lainnya yang ada dirumah dirasa milik mereka. 

Meski demikian Anda juga tetap menyediakan tempat mereka makan, minum dan tempat khusus untuk mereka membuang kotoran.

6. Rutin Membersihkan Kotoran Hewan

Ada tempat khusus hewan untuk membuang kotoran dan tempat tersebut harus selalu dalam kondisi bersih. Apabila Anda melihat kotoran hewan peliharaan yang sudah menumpuk, maka segera buang dan cuci sampai bersih.

Tumpukan kotoran yang dibiarkan terus menerus akan menjadi sumber penyakit bagi hewan atau Anda sendiri. Selain itu untuk ukuran tempat kotoran hewan usahakan yang besar agar kotoran tidak tercecer ke mana-mana.

7. Memberikan Vaksinasi

Tips memelihara hewan peliharaan lainnya adalah dengan memberikan vaksinasi. Pemberian vaksinasi bisa menjadi tambahan selain mencukupi asupan nutrisinya. Anda bisa datang ke klinik dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan dan mendeteksi penyakit secara dini.

Pemberian vaksin kepada hewan peliharaan juga berfungsi untuk mencegah binatang terkena penyakit mematikan dari virus atau bakteri, karena kita sendiri tidak tahu kapan dan darimana virus itu datang, sehingga vaksinasi adalah bentuk pencegahan yang tepat.

8. Interaksi Aktif

Jika ingin semakin dekat dengan binatang peliharaan maka lakukan interaksi secara aktif. Anda mungkin pernah melihat hewan peliharaan yang sangat nurut dan dekat dengan pemiliknya? Hal itu dimulai dari adanya interaksi dengan hewan peliharaan.

Anda dapat menyentuhnya, menggendongnya atau mengajaknya bicara secara rutin, membicarakan hal-hal konyol dan jangan lupa katakan padanya "Kamu kenapa sayang?".

Cara ini cukup efektif untuk mendekatkan Anda dengan hewan tersebut. Apalagi jika ingin curhat, katanya hewan selain bisa menjadi pendengar yang baik juga membuat diri kita tanang loh.

9. Menyediakan Tempat di Luar Kandang

Terakhir, jika hewan disediakan kandang khusus, seperti pada kelinci dan anjing, jangan lupa sediakan juga tempat di luar kandang. Hewan tidak akan suka dikurung dalam kandang terlalu lama, oleh karena itu sebagai pemilik Anda bisa menyediakan tempat di luar kandang.

Apabila dibiarkan terus menerus di dalam kandang, hewan bisa merasa stress sehingga mudah sakit. Anda bisa menyediakan tempat khusus untuk bermain misalnya di halaman belakang rumah. Dan sekali-kali mengajaknya jalan-jalan seperti pergi mall, pantai atau sekadar keliling komplek.

Bagaimana, sudah siap punya hewan peliharaan di rumah? Pastikan tips diatas sudah Anda pahami ya. Karena dengan mengetahui tips dasar memelihara hewan peliharaan akan memudahkan Anda dalam merawatnya dan mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Posting Komentar