Translate

Tahap Awal Menjadi Penulis Blog (Blogger)


Langkah & Tahap Awal Penulis Blog (Blogger)

Nirwana Tunggal - Dari dulu sampai sekarang tidak ada surutnya membahas salah-satu media internet terbesar di dunia yaitu Blogger. Dan anehnya masih banyak membahas suatu pembahasan yang serupa apalagi terkait cara membangun sebuah blog pribadi maupun blog bisnis. Sebelum lebih jauh, sedikit informasi tentang blog (Blogger), apa sih Blogger? Sederhananya Blogger adalah layanan publikasi atau Situs Website.

Blogger di buat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh perusahaan Google pada tahun 2003. Blog (Blogger) tidak lain layanan berbagi pendapat dan ide yang tertuang dalam bentuk tulisan yang terpublikasi untuk siapa saja jauh maupun dekat, dari tetangga sampai teruntuk mereka jauh di mata berbeda ruang dan waktu, pada suatu belahan Dunia.

Blogger tidak lain adalah layanan yang bisa membantu seseorang mengasah bakat & keterampilan menulis. Dunia Blogger tidak lain adalah bagi mereka yang benar-benar ingin terjun ke dunia tulis-menulis istilah kerennya menjadi seorang Jurnalisme (Jurnalistik). Walaupun istilah Jurnalistik tidak melulu dengan hal kepenulisan. Jurnalistik juga identik dengan suatu pekerjaan kewartawanan, media masa dan komunikasi media. Seorang Jurnalistik juga menulis berbagai macam jenis tulisan seperti menulis berita, opini, tokoh inspirasi dan artikel ilmiah lainnya.

Bagi para peminat Blog (Blogger) atau ingin terjun kedunia Blogger, tentunya itu bukan hal yang aneh, kamu bisa belajar banyak dari terjun kedunia Blogger. Tapi sebelumnya ada beberapa tuntutan untuk menjadi seorang penulis Blog (Blogger), tidak lain adalah tuntutan untuk selalu belajar menulis, menulis & menulis.

Blogger atau seorang penulis blog tentunya manaruh harapan besar agar blognya menjadi terkenal dan menghasilkan pemasukan dari segi materi. Walaupun kadang ada yang sekadar ngeblog hanya untuk hiburan semata. Tapi yang perlu dipertanyakan kenapa hiburan/hobi menulis tersebut tidak dijadikan sebuah peluang usaha yang bisa menjadikan sukses dengan ngeblog, menjadikan situs blog kamu sebagai rujukan bagi banyak orang dalam mengambil informasi yang dibutuhkan baik dari sekadar informasi umum, hiburan maupun mencari sesuatu yang lain, mungkin di blog kamu disediakan beberapa produk yang dijual.

Dengan kamu menulis di blog yang sekiranya akan bermanfaat bagi banyak orang terlebih bagi dirimu sendiri, akan mendapatkan banyak nilai-nilai keuntungan baik secara intelektual maupun dalam bentuk materi. Dengan kamu menulis berbagai informasi akan menambah wawasan kamu dari berbagai ilmu pengetahuan yang mungkin tidak akan kamu dapatkan wawasan itu selain dari kamu menulis.

Apalagi menulis adalah suatu aktivitas yang jarang dilakukan oleh banyak orang dengan berbagai alasan unik juga konyol. Dengan kamu menulis menjadi bagian orang-orang yang membuka pintu-pintu menyadarkan betapa pentingnya membaca yang selalu dipromosikan dengan ungkapan "Membaca adalah jendela dunia". Disisi lain menjadikan ladang usaha kamu mendapatkan penghasilan lain dari kamu bekerja. Bahkan melihat dari berbagai infomasi yang tersebar didunia internet bukan sedikit orang yang bisa mencapai kesuksesan melalui jalur menulis.

Walaupun menulis dibutuhkan keterampilan supaya tulisan yang kamu buat menarik untuk dibaca, mudah dimengerti & dipahami, namun kesemuanya itu membutuhkan sebuah proses yang bisa dibilang cepat maupun lambat untuk kamu terampil membuat tulisan, tergantung dari diri kamu sendiri seberapa kuat keinginan menjadi seorang penulis yang terampil juga profesional.

Untuk itu tetap konsisten dengan terus belajar menulis yang akan meningkatkan skill kamu dalam membuat sebuah tulisan yang bagus dari waktu ke-waktu. Pada intinya kuatkan mental diri yang seolah tak akan pernah tergerus dan teralihkan oleh warna-warni kehidupan yang pasti akan kamu temui dikemudian hari khususnya dunia percintaan yang sering menjadi musuh utamanya. Tidak jarang seorang penulis Blogger mengundurkan diri disebabkan masalah putus hubungan dari dua orang yang sebelumnya saling menyayangi. mbell gedes.

Untuk itu dalam langkah & tahap awal jika ingin menjadi seorang penulis Blog (Blogger) jangan sedikitpun tujuan kamu itu digagalkan disebabkan hanya karna sebuah permasalahan sepele semacam itu. Padahal yang lebih penting dan jauh sangat penting adalah tujuan kamu untuk masa depan dengan selalu belajar memperbaiki diri semakin berkualitas dari segi apapun khususnya dalam hal intelaktual yang akan sangat diperlukan dalam menjalani aktivitas menyesuaikan segala kebutuhan yang akan datang.

Lebih Lanjut mengenai langkah & tahap awal menjadi seorang penulis Blog (Blogger) mungkin bagi kalian pasti sudah banyak yang tahu cara membuat situs blog pribadi sebagai tempat kamu menaruh karya-karya tulisanmu itu. Modalnya cuma dengan email Google pribadi untuk pendaftaran, kamu bisa langsung membuat blog dengan sangat simpelnya, hanya butuh beberapa menit saja kamu sudah punya blog pribadi. Caranya dengan mengetik pada pencarian google dengan kata kunci "Blogger". Kalau masih bingung klik disini

A. Langkah Awal Menjadi Seorang Penulis Blog (Blogger)

Untuk menjadi seorang penulis Blogger tentunya yang pertama adalah harus punya situs Blog (Blogger) dan dilanjutkan dengan mengisi blogmu dengan semua karya-karya tulismu dengan berbagai ragam topik pembahasan. Namun dalam langkah awal menulis pilihlah salah-satu topik tertentu yang sekiranya akan lebih mudah dalam kamu menulisnya, mulailah dari sebuah konten tulisan yang ringan & mudah, seperti aktivitas sehari-hari, Pengalamanan masa lalu atau pengalaman ketika perjalanan (Refresing) pada suatu objek wisata selama ini.

Nah ada beberapa syarat & langkah awal menjadi seorang penulis Blog (Blogger) yang syarat ini wajib tidak boleh diabaikan supaya tujuan kamu itu bisa terlaksana sesuai harapan, bak sinar harapan untuk terang dimasa depan untuk kamu, orang terdekat kamu bahkan teruntuk mereka yang berbeda tempat nan jauh.

Dibawah Ini Beberapa Syarat atau Tuntutan Langkah Awal Menjadi Penulis Blog (Blogger)
  1. Niat
  2. Waktu
  3. Rajin Membaca
  4. Rajin Praktek Membuat Tulisan
  5. Sabar
》Penjelasan & Pembahasan

1. Niat

Langkah & tahap awal untuk menjadi seorang penulis Blog (Blogger) tentunya harus diawali dengan niat. Walaupun niat itu tidak hanya ketika awal mau menjadi penulis Blogger. Niat bisa dilakukan ketika setiap kali akan melakukan sesuatu yang yang baik. Niat yang serius itu sebagai daya dorong utama dalam melakukan sesuatu.

2. Waktu

Menjadi penulis Blog harus punya waktu istimewa, tanpa adanya waktu kemungkinan untuk menjadi seorang blogger akan begitu jauh. Kamu bisa meluangkan waktu satu sampai dua jam perhari untuk belajar membuat tulisan, sebagai pengisi blog. Didalam waktu istimewamu kamu bisa belajar membuat tulisan, kamu bisa menulis apa yang sekiranya bermanfaat bagi orang lain. Untuk tahap awal kamu bisa menulis topik yang kiranya kamu menguasainya, dan pada langkah ini jangan terlalu memaksakan diri untuk menulis sesuatu yang sulit. Mulailah dengan topik yang ringan dan mudah atau menulis cerita pengalaman pribadi.

3. Rajin Membaca

Untuk menjadi seorang Blogger langkah selanjutnya adalah harus sering-sering membaca, kamu bisa membaca buku, surat kabar ataupun membaca artikel di internet. Seorang penulis blog tanpa diiringi dengan sering membaca kamu akan kesulitan membuat artikel. Dengan kamu membaca disamping mendapatkan ilmu serta wawasan yang baru, hal itu juga sangat membantu dalam kamu membuat tulisan, dengan membaca kamu akan mendapatkan ide-ide baru yang bisa kamu ungkapkan didalamnya.

4. Rajin Praktek Membuat Tulisan

Nah disini point pentingnya seorang blogger harus sering belajar/praktek membuat tulisan, ini adalah sumbu utama "Langkah & tahap awal menjadi seorang penulis Blog (Blogger)", tanpa adanya praktek langsung kamu tidak tahu seberapa jauh kemampuanmu bisa membuat sebuah tulisan. Menulis itu terlihat hal yang begitu sepele, namun tanpa adanya praktek langsung, hal yang dianggapnya "Sepele" tersebut akan terasa sedikit berbeda bahkan akan terasa lebih sulit & ruwet dari berbagai masalah yang sebelumnya kamu ditemui.

Banyak orang diluar sana mengatakan bahwa menulis itu mudah dan menyenangkan, tapi dari sekian banyaknya orang yang berani menyebut bahwa menulis itu mudah dan menyenangkan adalah bagi mereka yang sudah melakukan praktek langsung dengan terus menerus belajar menulis atau menjadi seorang penulis profesional. Maka dengan begitu kamu juga harus belajar dengan praktek menulis setiap hari, kita memang tidak tahu tulisan kita nanti akan menjadi sebuah kenangan masa lampau ataupun menjadi aset yang berharga bagi dirimu dan juga banyak orang.

5. Sabar

Menjadi seorang penulis Blog (Blogger) setelah melalui tahapan diatas, yang tidak kalah pentingnya adalah bersabar, jangan terlalu ambisi untuk memenuhi target yang diharapkan. Tidak ada cara instan untuk menjadikan situs Blog (Blogger) yang banyak pembacanya, semua itu melalui dengan banyak proses. Jangan mengeluh ketika tulisanmu sama sekali tidak ada yang membacanya dan situs belum ada pengunjungnya sama sekali. Bersabarlah, tetap yakin dan konsisten dengan pendirianmu diawal, tetap berdiri tegak dengan rasa percaya diri. Pada suatu saatnya hal tersebut akan berbalik dengan yang kamu harapkan, seperti impianmu itu.

Itulah beberapa persyaratan untuk menjadi seorang penulis Blog (Blogger), lima hal tersebutlah yang menjadi patokan/poros utama menjadi seorang penulis Blogger.

B. Bagaimana Cara Memulai Membuat Tulisan yang Bagus, Berkualitas & Menarik?

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenali dirimu sendiri, lah kok mengenali diri kita sih? Iya, sebenarnya yang dimaksud mengenali diri kita dalam hal penulisan atau kecenderungan kitalah. Karna itu yang akan membawa dalam penjiwaan penulisan kamu nantinya, tahulah penjiwaan itu apa, gampangnya ketika kamu membuat artikel didalamnya terasa hidup, dibaca menyenangkan dan tetap tersampaikan point pentingnya. Tulisan seperti apa yang disebut "berkualitas", berkualitasnya sebuah tulisan dilihat dari penyampaiannya yang begitu nyaman dan enak untuk dibaca.

Setiap orang punya skill & keahlian sendiri dalam hal menulis ada yang lebih cenderung kearah puisi, berita, sastra, opini, feature, cerpen, inspirasi, motivasi, maupun artikel lainnya. Saya tidak mengatakan bahwa seorang penulis puisi tidak bisa membuat jenis tulisan opini maupun yang lainnya, maksudnya adalah ibaratkan sedang mencari jatidiri dulu. Nantinya juga akan bisa membuat berbagai macam jenis tulisan, tapi mulailah terlebih dahulu dengan pada kapasitasnya, menulis hal-hal yang simple dan ringan.

Jangan sampai kalian bilang "ah aku tidak bisa menulis", Ingin Menulis Tapi Bingung Mau Menulis Apa? tapi nyatanya kalian sering membuat curhatan yang berupa tulisan dimedia sosial pribadi. Coba kalian renungkan? Bisa saja kamu membuat curhatan tersebut dibuat alur cerita yang tertata dari segi kalimatnya. Bisa juga memulai menulis dari pengalaman pribadi sendiri, pandangan pada suatu keadaan ataupun menulis tentang tips & tutorial tentang melakukan/membuat sesuatu.

Tapi menulis itu kan butuh inspirasi? Menulis memang dibutuhkan sebuah inspirasi tapi sejatinya kitalah yang membuat inspirasi itu sendiri, inspirasi bisa diciptakan dengan merenungi realitas keadaan, ketidakadilan kekuasaan dan lain sebagainya. Inspirasi itu misterius kita tidak tahu dari mana dia datang, tidak pula kita mengerti wujud inspirasi itu. Inspirasi sebenarnya sudah ada didalam diri setiap orang. Namun memang adakalanya saat menulis mengalami suatu kebuntuan istilahnya writer block yaitu kondisi dimana seorang penulis tidak mampu menulis dan mendapatkan ide maupun inspirasi.

Maka jika mengalami kasus tersebut bisa melakukan membaca berulang-ulang pada artikel lain yang berhubungan satu sama lain. Atau dengan cara tetap fokus pada tulisan kamu itu yang belum terselesaikan dengan membacanya berulang-ulang sampai pada titik kamu mengalami kebuntuan. Namun jika hal itu tidak merubah apapun bisa melakukan cara lain yaitu dengan melakukan aktivitas yang membuatmu nyaman.

Aktivitas yang lain yang dimaksud adalah mencari ketenangan diri pada suatu tempat yang kamu suka dengan didominasi warna hijau & biru, seperti sekadar pergi kepantai dengan gulung ombak yang tinggi, atau dengan pergi ke gunung dengan banyaknya suatu pemandangan indah. Diambil dari beberapa sumber terpercaya bahwa warna hijau & biru oleh kedokteran disamping membuat kesehatan mata juga sebuah warna yang dapat menenangkan diri.
Warna hijau juga dianggap sebagai cakra jantung yang dapat membantu masalah emosinonal seseorang, seperti masalah kepercayaan dan kasih sayang, maka saat kamu mengalami kebuntuan dalam menulis pergilah pada tempat-tempat tersebut yang akan akan kembali membawamu mendapatkan ide dan inspirasi sebagai bahan tulisan. Sekian pembahasan mengenai langkah & tahap awal bagi yang ingin menjadi penulis Blog (Blogger) dan selamat mencoba.

Salam sahabat Nirwana Tunggal

Baca juga :