Translate

Cara Pintar Mendapatkan Ide Menulis



Nirwana Tunggal
Berbicara tentang menulis tentunya juga akan membahas tentang tips atau cara mendapatkan ide menulis. Karena setiap orang, terutama bagi seorang penulis, menginginkan ide-ide cemerlang untuk membangun tulisan. Ada banyak cara untuk menghasilkan ide bagus yang bisa dimunculkan oleh seorang penulis. Cara atau tips mendapatkan ide menulis adalah dengan kembali ke problem ide dan inspirasi. Ide & Inspirasi menjadi poin dan tolak ukur akan seberapa bagus sebuah tulisan (Karya).

Ide dan inspirasi seharusnya seperti sahabat setia bagi setiap penulis, namun pada kenyataannya ide terkadang hilang tanpa diketahui penyebabnya. Meskipun pada waktu yang berbeda ia muncul dengan sendirinya.

Ide merupakan bagian penting dan bermakna dari seseorang membuat karya dan banyak karya bahkan tidak hanya sekedar untuk tulisan. Bayangkan saja jika seorang penulis tidak mendapatkan ide dan inspirasi sebagai bahan tulisannya. Maka hal buruk yang akan dialami adalah kesulitan dalam menciptakan dan mewujudkan kreativitasnya. Sebuah ide atau inspirasi akan menjadi sangat istimewa yang tidak dapat dipisahkan. Terlebih bagi penulis kreatif pemula seperti blog (Blogger) dan penulis kreatif lainnya.

Kehilangan ide atau tidak mendapatkan ide sebenarnya tidak hanya dialami oleh seorang penulis saja, tetapi juga dialami oleh semua orang. Selama ini masih ada juga orang yang salah mengartikan sebuah ide, dengan beranggapan bahwa ide dan inspirasi hanya dibutuhkan oleh orang-orang yang berkecimpung di bidang kreatif atau artistik saja, seperti pelukis, penulis, dan lain-lain.

Inspirasi atau ide dasarnya sudah ada disetiap jiwa seseorang, namun seoalah seperti tak terlihat atau tersembunyi didalam jiwa yang paling dalam. Mendapatkan ide sangat dibutuhkan Rangsangan/Stimulus, supaya muncul dan terlihat maupun tergambar dengan jelas.

Dalam menggairahkan ide sebagai bahan tulisan, perlu adanya apa yang disebut dengan “Usaha mendapatkan ide”, jika seseorang kekurangan ide sebagai bahan karyanya, tidak duduk-duduk melamun dan berharap ide akan datang dengan sendirinya, walaupun bisa saja terjadi. Namun, harus sadar bahwa ide atau inspirasi tidak jatuh begitu saja dari pohon, tetapi harus disertai dengan usaha untuk mendapatkannya.

Kita tahu bahwa sebuah ide atau inspirasi adalah hal yang paling berharga bagi setiap orang, terutama bagi seorang penulis yang terkadang tidak muncul untuk sementara waktu atau bahkan untuk waktu yang lama jika tidak disertai dengan usaha. Mungkin ide tidak datang atau muncul karena banyak faktor penghambat. Faktor utamanya adalah ketika hati dan pikiran sedang gelisah, bingung, atau dari berbagai masalah yang sedang dihadapi.

Dalam mendapatkan ide, tidak perlu dipaksa untuk berpikir keras, karena bisa saja bukan ide yang didapat tetapi otak akan mengalami stres berkepanjangan.

Namun jangan khawatir, ada kabar gembira untuk bisa memunculkan ide-ide yang sudah ada dalam diri kamu. Untuk mendapatkan ide atau inspirasi "Nirwana Tunggal", berbagai "Tips cara pintar mendapatkan ide menulis", dengan mudah dan menyenangkan. Berikut ulasannya.

Beberapa Cara Mendapatkan Ide dan Inspirasi Menulis
  1. Santai dan Menentukam Tempat yang Tepat
  2. Berimajinasi & Berimprovisasi
  3. Berbicara/Ngobrol Dengan Diri Sendiri
  4. Nongkrong Ditolilet/Kamar Mandi
  5. Merenung Sebelum Tidur
  6. Halan-Halan/Jalan-Jalan
  7. Naik Ketinggian
  8. Membaca Postingan/Artikel Sendiri yang Lampau
  9. Memandang Sesuatu yang Hijau & Biru
  10. Mendengarkan Lagu Favorit
  11. Berbagi Cerita Dengan Orang Lain
  12. Perbanyak Membaca
  13. Melihat Bulan yang Indah/Bulan yang Redup
  14. Ngobrol Dengan Orang yang Kita Kagumi/Mengingat Orang yang Sangat Kita Sayangi
  15. Bersosialisasi
  16. Nongkrong Sambil Minum Kopi
  17. Berdo'a Pada Tuhannya Masing-Masing
Penjelasan

1. Santai dan Menentukan Tempat yang Tepat


Di nomor 1 cara mendapatkan ide menulis adalah dengan sebuah ketenangan jiwa. Dalam mengasah kreativitas seseorang dituntut dalam kondisi tubuh yang natural/jernih. Dengan keadaan pikiran yang rileks, meregangkan otot dan saraf, nikmati udara segar di sekitar kamu. Dalam kondisi seperti itu, akan sangat membantu untuk mendapatkan ide atau inspirasi sebagai bahan karya.

Dalam bersantai terserah kamu di mana tempatnya, juga ingin berada dalam situasi seperti apa? Silahkan tentukan dan pilih sendiri, tidak ada yang tahu kecuali kamu sendiri. Setiap orang berbeda dalam menenangkan pikiran dan hati. Mulai dari hal yang sepele hingga yang sedikit berbahaya. Sebagai contoh untuk menenangkan pikiran bisa seperti pergi ke suatu tempat untuk menemukan kedamaian. Ada banyak cara untuk bersantai seperti tidur, jalan-jalan, mendengarkan musik dan lain sebagainya.

2. Berimajinasi dan Berimprovisasi
Cara mendapatkan ide menulis dilanjut dengan kekuatan imajinasimu. Coba kamu bayangkan dan kembangkan serta bebaskan pikiran kamu dari keterbatasan yang ada. Berimajinasi/fantasi tentu bukanlah hal yang buruk, dengan berimajinasi bisa bebas berekreasi, berpetualang bebas dalam pikiran sendiri tanpa ada yang mengaturnya seperti pada dunia nyata.

Berimajinasi dan berfantasi juga akan menemukan hal-hal baru yang bahkan masyarakat umum menganggapnya hal itu sebagai sesuatu yang tidak bermanfaat. Berimajinasi & khayal adalah cara terbaik untuk mendapatkan ide & inspirasi menulis.

3. Berbicara/Ngobrol Dengan Diri Sendiri
Cara mendapatkan ide menulis selanjutnya adalah dengan melakukan hal-hal konyol pada diri sendiri. Pernahkah kamu melihat orang lain/diri kamu berbicara kepada diri sendiri? Kondisi ini adalah sesuatu yang menyebabkan banyak persepsi aneh atau mungkin terlihat "gila", dan canggung bahkan gangguan mental. Tetapi ada juga yang mengartikan jika kondisinya sedang tertekan, klaim tersebut mungkin benar.

Padahal berbicara sendiri memiliki banyak manfaat antara lain menimbulkan perasaan bahagia, mengekspresikan emosi, mengatasi kecemasan, dan meningkatkan daya ingat. Setelah mengetahui manfaat mengobrol/berbicara dengan diri sendiri, itu adalah keputusan yang baik. Dengan berbicara pada diri sendiri, tentunya ini adalah kondisi yang bisa mendapatkan ide untuk menulis.

4. Nongkrong di Toilet/Kamar Mandi
Cara unik untuk mendapatkan ide menulis adalah di kamar mandi atau toilet. Mencari ide menulis di toilet/shower adalah sesuatu yang lucu dan sedikit aneh. Setiap orang membutuhkan sedikit waktu untuk menenangkan diri dan meledakkan suasana, dan sepertinya ini adalah tempat khusus yang perlu dipopulerkan mulai sekarang.

Nongkrong di toilet/kamar mandi adalah salah satu tempat favorit di mana seseorang dapat memisahkan diri dari dunia luar. Kegiatan ini merupakan cara pintar untuk mendapatkan ide & inspirasi menulis dan dikenal sangat efektif dan penuh misteri. Karena nongkrong di tempat itu adalah momen dimana seseorang benar-benar memiliki waktu menyenangkan dengan nuansa yang sangat berbeda.

Bahkan diambil dari beberapa sumber informasi yang ada, salah satunya ditemukan bahwa aktivitas tersebut menurut para ahli memicu daya kreativitas seseorang. Jadi jika bingung mencari ide sebagai bahan tulisan, cobalah nongkrong di toilet/kamar mandi sambil merenung atau membaca buku. Percayalah hal itu akan memunculkan ide yang sangat menarik, atau bisa juga dengan menyalakan sebatang rokok di toilet untuk membuat ide cemerlang itu muncul.

5. Merenung Sebelum Tidur
Cara mendapatkan ide menulis juga bisa sangat mudah hanya dengan termenung. Usahakan sebelum tidur kamu berpikir sejenak tentang apa saja yang ingin kamu pikirkan dan renungkan, yang penting kamu harus memikirkan segala sesuatunya secara positif. Jangan memikirkan hal-hal yang kotor atau jorok, bukannya mendapatkan ide untuk bahan tulisan, kamu malah berdosa. 😁

Saat tubuh dibaringkan di tempat tidur, biasanya pikiran sudah mulai rileks dari ketegangan aktivitas sehari-hari, biasanya saat kondisi seperti itu tiba-tiba muncul ide-ide tak terduga. Untuk itu, bagi seorang penulis atau calon penulis, jika sedang buntu karena kekurangan ide untuk bahan tulisan, coba renungkan/merenung sebelum tidur, istilah lain yang digunakan adalah "Termenung😊".

6. Halan-Halan/Jalan-Jalan
Selanjutnya untuk mendapatkan ide atau inspirasi menulis, kamu bisa jalan-jalan sebentar ke tempat-tempat rekreasi yang kamu sukai, mungkin seperti wisata pantai dan wisata lainnya di daerah sekitar kamu.

Atau memilih untuk pergi keluar kota selama satu hingga dua hari untuk melepaskan penat dan stres. Banyak pelajaran yang didapat dari perjalanan ini. Kegiatan tersebut dapat membuka kembali pikiran yang jauh lebih luas dan biasanya kaya akan ide-ide baru yang bermunculan setelahnya.

7. Naik Ketinggian
Untuk yang satu ini, jangan salah paham dulu, hanya karena “Naik ketinggian” tiang listrik malah dipanjat, bukan ide tapi kamu akan mendapatkan kejutan maut yang berujung di surga atau neraka. Artinya naik sesuatu yang tinggi, bisa dari naik gunung, gedung tinggi, atau mungkin rumah yang berlantai-lantai dengan melihat sesuatu disekitarnya dari ketinggian.

Hal ini tidak hanya untuk mendapatkan ketenangan & was-was, tetapi juga seolah mengundang ide-ide baru yang datang secara alami. Namun cara ini sebaiknya tidak diprioritaskan, lebih baik menggunakan cara lain.

8. Membaca Postingan Sendiri yang Lampau
Cara mendapatkan ide menulis juga bisa terjadi dengan membaca kembali artikel-artikel yang sudah kamu tulis sebelumnya. Coba baca kembali artikel yang sudah lama beredar, biasanya kamu akan menemukan beberapa kalimat dan paragraf yang tidak tertata dengan baik. Inilah yang akan menemukan ide dan inspirasi baru untuk menulis karya tulis lainnya.

Cobalah membaca ulang artikel lama sebagai cara untuk mendapatkan ide baru menulis. Menjaga pikiran tetap kreatif terkadang begitu sulit, walaupun sudah membaca buku, belum juga mendapatkan ide dan inspirasi sebuah tulisan. Jika mengalami hal ini, cobalah untuk rileks dan melepaskan diri dari pekerjaan yang membuat stres. keluar. Biarkan hati dan pikiran bebas dari aturan yang mengekang.

9. Memandang Sesuatu yang Biru dan Hijau
 
Cara cerdas lainnya untuk mendapatkan ide menulis adalah dengan melihat 2 warna yang bagi peneliti akan sangat membantu daya kreativitas yaitu biru dan hijau yang telah dipelajari di dunia medis selain membuat kesehatan mata, warna-warna tersebut dianggap dapat mendamaikan dan juga membuat seseorang menjadi nyaman. Sangat direkomendasikan untuk dilihat oleh orang-orang yang sedang tegang atau perlu menyeimbangkan emosi dan menciptakan keterbukaan antara kamu dan orang lain.

Warna hijau juga dianggap sebagai cakra jantung, sehingga dipercaya dapat membantu masalah emosional, seperti masalah kepercayaan dan kasih sayang. Untuk itu, bagi yang kekurangan ide & inspirasi untuk menulis, cobalah keluar sejenak untuk melihat langit dan pepohonan di sekitarnya.

10. Mendengarkan Lagu Favorit
Cara baru untuk mendapatkan ide menulis adalah dengan mendengarkan musik yang kamu sukai, mendengarkan musik tidak hanya membuat seseorang terhibur, musik juga dapat menghilangkan stres.

Menurut penelitian, mendengarkan musik secara tidak sadar mengubah suasana hati seseorang. Apalagi musik sudah menjadi karya seni yang sulit dipisahkan dari kehidupan manusia. Tanpa musik hidup akan terasa hampa. Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan ide menulis, bisa mencoba cara baru ini, mainkan musik apa saja yang menurut kamu enak untuk didengarkan dan nyaman.

11. Berbagi Cerita Dengan Orang Lain
Cara mendapatkan ide menulis yang baik adalah dengan berbagi cerita pada orang lain atau sebaliknya mendengarkan cerita orang lain untuk mendapatkan informasi baru. Dengan cara ini keterampilan mendongeng akan meningkat dan juga meningkatkan dampak permainan kata dan kalimat.

Tidak jarang setelah berbagi cerita atau mendengarkan cerita orang lain, ide akan muncul setelah seseorang melakukan percakapan. Untuk itu, bagi seorang penulis atau calon penulis, jangan malu untuk berbagi cerita sesama.

12. Perbanyak membaca
Cara umum untuk mendapatkan ide menulis adalah dengan membaca. Membaca adalah suatu kegiatan dimana seseorang dapat mengambil ide dari setelah apa yang dibacanya. Jadi jika ingin mendapatkan ide untuk menulis, perbanyaklah membaca. Membaca disini bisa membaca apa saja yang bermanfaat, bisa membaca buku, majalah, koran, dan artikel di internet. Selain itu coba baca buku-buku sebagai referensi untuk mendukung daya kreatif menulis.

Semakin tinggi pengetahuan seseorang maka semakin banyak referensi yang dimilikinya. Untuk itu, di sela-sela kesibukan pekerjaan, usahakan punya waktu untuk membaca buku.

13. Melihat Bulan yang Indah/Bulan yang Redup

Cara mendapatkan ide sebagai bahan tulisan bisa dengan melihat bulan yang indah. Dengan duduk dan melihat bulan yang indah di atas sana, engkau akan merasa sensasi yang sangat berbeda. Ketenangan dan kisah-kisah cerita yang telah lama akan muncul kembali. Dari ketenangan dan mengingat cerita masa lampau disitulah biasanya akan muncul ide-ide yang sangat indah untuk dituliskan.

Bahkan untuk mendapatkan ide itu muncul tidak hanya terjadi ketika bulan dengan cahaya yang terang, pada saat bulan yang redup mungkin disebabkan mendung dan lainnya. Hal itu bisa secara tiba-tiba ada sebuah ide yang masuk dalam pikiran kamu, mungkin ide muncul disebabkan bertolaknya pikiran kita dari apa yang sebelumnya kita harapkan.

14. Ngobrol Dengan Orang yang Kita Kagumi/Mengingat Orang yang Sangat Kita Sayangi
Dengan ngobrol dengan orang yang kita kagumi atau orang yang menjadi idola ataupun mengingat seseorang yang sangat kita sayangi akan memberikan sebuah inspirasi yang benar-benar baru.

Bahkan inspirasi dan ide itu sama sekali tidak terlintas dalam pikiran kita. Hal seperti itu akan memberikan dan mempengaruhi nuansa yang sangat istimewa. Jadi cobalah untuk ngobrol maupun mengingat orang yang kita sayangi sebagai jalan untuk mendapatkan ide menulis.

15. Bersosialisasi
Manusia tidak akan lepas dari bersosialisasi, itu adalah garis yang harus dijalani manusia dengan bersosialisasi untuk saling membantu. Dengan jiwa sosial yang tinggi kamu akan mendapatkan banyak informasi dan teman. Hal itu akan berperan penting dalam memicu kreativitasmu yang luar biasa. Yang jelas ide akan mengalir begitu saja ketika kamu berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang yang bahkan berbeda dengan kamu.

16. Minum kopi
Pernahkah kamu mendengar bahwa minum kopi dapat memberikan ide atau inspirasi? diambil dari beberapa sumber informasi yang ada, dimana penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli ternyata minum kopi akan membawa ide & inspirasi. Jadi, bagi seorang penulis/calon penulis, jika pikiran sedang buntu, cobalah nongkrong sambil minum kopi di tempat yang santai dengan semilir angin yang segar.

Dan yang perlu diingat adalah dalam membuat kopi, pastikan menggunakan air mendidih/panas karena itu faktor penentu suksesnya mendapatkan ide menulis😁.

17. Berdo'a pada Tuhan
Nah ini untuk yang terakhir bagi seorang penulis/calon penulis jika cara-cara diatas tidak bereffect/tidak membawa hasil jangan putus asa dulu, cobalah berdo'a pada tuhannya masing-masing.

Berdo'alah "ya Tuhanku, berikanlah aku ini sebuah ide dan inspirasi sebagai bahan tulisan", berikanlah ya Tuhanku". Cobalah sambil merengek dengan kesedihan yang penuh sebuah harapan..☺

Itulah beberapa tips dan cara mendapatkan ide atau inspirasi untuk menulis dengan cerdas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang kesulitan mendapatkan ide menulis, dari semua cara tersebut pilihlah yang paling nyaman. Selamat mencoba dan terima kasih.

Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca juga : 

Posting Komentar