Translate

Mengetahui Tips dan Pertimbangan dari Investasi Properti

Mengetahui Tips dan Pertimbangan dari Investasi Properti


Nirwana Tunggal
- Memiliki sebuah investasi untuk jangka waktu panjang memang sangat penting. Terlebih saat kondisi ekonomi sulit diprediksi seperti saat ini. Terdapat berbagai jenis produk investasi yang bisa Anda pilih, salah satunya investasi properti.

Meski terdapat banyak Pilihan Produk Investasi, namun investasi properti masih cukup digemari di berbagai kalangan masyarakat. Tentu hal tersebut tidak bisa dipungkiri mengingat harga properti cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya.
 
Selain itu, sebagian orang beranggapan bahwa investasi properti lebih minim risiko dibandingkan dengan investasi yang lainnya. Meski demikian, untuk memulai investasi properti tidak selalu mudah, Anda harus mempersiapkan dana atau modal untuk membeli properti tersebut.

Sebelum memutuskan untuk melakukan investasi properti, berikut Nirwana Tunggal akan membahas secara lengkap tentang pengertian, tips dan pertimbangan investasi properti, serta tentang keunggulan dan kekurangan dari investasi properti.

Pengertian Investasi Properti

Sebelum membahas lebih jauh tentang investasi properti, tentu Anda harus mengetahui pengertian dari investasi properti itu sendiri. Investasi properti adalah sebuah aktivitas penanaman modal yang berhubungan dengan pembelian, penyewaan, kepemilikan, pengelolaan dan penjualan sebuah aset berbentuk tanah, bangunan dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Secara mudah investasi properti diartikan sebagai kegiatan membeli aset yang berupa properti (tanah atau bangunan) dengan tujuan mendapatkan keuntungan dengan cara menyewakan atau menjualnya kembali.
 
Menurut jangka waktunya, investasi properti termasuk investasi yang fleksibel. Anda bisa menentukan sendiri apakah akan dijadikan sebagai investasi jangka panjang atau jangka pendek. Namun, pada prinsip dasarnya investasi properti akan memberikan profit lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih panjang.

Keunggulan Investasi Properti

Terdapat beberapa keunggulan dari investasi properti dibandingkan dengan jenis produk investasi lainnya. Keunggulan ini bisa menjadi sebuah pertimbangan bagi Anda yang ingin melakukan investasi properti, berikut diantaranya:

  1. Capital Gain Tinggi

Keunggulan pertama yang bisa didapatkan oleh investor yang memilih investasi properti adalah nilai capital gain yang cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui capital gain merupakan keuntungan yang akan diperoleh seorang investor saat menjual kembali asetnya.

Banyak faktor yang menyebabkan sebuah aset memiliki nilai jual yang tinggi seperti lokasi yang strategis, infrastruktur di lingkungan sekitar, dan masih banyak faktor lainnya.

  1. Harga Properti Cenderung Naik

Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki kepadatan jumlah penduduk tertinggi di dunia. Tentu hal ini akan berpengaruh terhadap ketersediaan lahan sebagai tempat tinggal. Maka, tidak heran jika harga sebuah properti baik tanah atau bangunan cenderung mengalami kenaikan.

Faktor pendukung lainnya adalah harga bahan bangunan yang selalu mengalami kenaikan. Sehingga secara otomatis harga jual properti juga akan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Kenaikan harga tersebut, merupakan sebuah keuntungan bagi Anda yang memiliki aset dalam bentuk properti.

  1. Passive Income

Keunggulan investasi properti dibandingkan dengan jenis investasi lainnya adalah dapat memberikan Anda passive income. Anda bisa mendapatkan passive income setiap bulan jika properti tersebut disewa atau dikontrakkan. 

  1. Menjadi Agunan Saat Dibutuhkan 

Berbeda dengan investasi lainnya, investasi properti bisa Anda jadikan sebagai sebuah agunan saat dibutuhkan. Saat Anda mengajukan pinjaman pada bank dengan agunan properti maka, proses pengajuan pinjaman akan lebih cepat.

Hal ini disebabkan, pihak bank menilai jika sebuah properti lebih terjamin legalitasnya berdasarkan undang - undang yang berlaku. Selain itu, nilai jual properti untuk turun kemungkinannya sangat kecil.

  1. Memiliki Hak Sepenuhnya

Keunggulan terakhir dari investasi properti adalah Anda memiliki hak sepenuhnya atas semua aset atau properti yang Anda miliki. Sebagai pemilik, Anda memiliki hak serta wewenang untuk membangun, memperbaiki, menyewakan dan menjualnya tanpa harus meminta persetujuan dari pihak lain.

Namun, jika Anda berperan sebagai investor finansial maka Anda hanya memiliki hak untuk menahan, membeli dan menjual tanpa menyewakan atau membangunnya. 

Kekurangan Investasi Properti

Setiap investasi pasti memiliki keunggulan dan kekurangan masing - masing, termasuk investasi properti. Dengan mengetahui keunggulan dan kekurangan tersebut, maka diharapkan Anda bisa mempertimbangkan segala risiko yang mungkin dihadapi di masa akan datang.

Sesuai dengan teori dari investasi yaitu high risk high return teori tersebut juga berlaku pada investasi properti. Berikut beberapa kekurangan dari investasi properti yang wajib Anda ketahui dan pertimbangkan.

  • Butuh Budget yang Besar

Kekurangan pertama dari investasi properti adalah Anda membutuhkan budget atau dana dalam jumlah yang relatif besar. Harga tanah dan bangunan cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya, sehingga untuk membeli atau memulai investasi properti Anda membutuhkan modal yang cukup besar, minimal ratusan juta.

  • Adanya Biaya Perawatan 

Untuk menjaga nilai properti agar tetap bisa tinggi, Anda membutuhkan biaya perawatan. Sebab, sebuah properti yang tidak dirawat dapat menjadi rusak sehingga menurunkan nilai jualnya.

Misalkan Anda membeli sebuah rumah, namun tidak disewakan atau tidak dirawat dengan baik. Maka, kemungkinan harga jual dari rumah tersebut bisa menjadi turun karena kondisi rumah yang rusak atau tidak terawat.
 
Meski harga rumah tidak turun, maka keuntungan atau profit yang akan Anda peroleh jauh lebih kecil dibandingkan dengan harga jual properti yang terawat. Oleh sebab itu, saat Anda memilih investasi properti, maka Anda juga harus siap dengan biaya perawatan properti.
  • Risiko Bencana Alam

Kekurangan lainnya dari investasi properti terutama bagi kalangan pemula yang tidak melakukan pengecekan lokasi atau pertimbangan khusus. Maka, tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami kerugiaan akibat hal yang tidak terduga seperti bencana alam.

Saat sebuah properti seperti rumah atau bangunan lain memiliki risiko terkena bencana alam. Maka, harga jual dari properti tersebut akan turun. Misalnya, Anda membeli rumah di kawasan yang rawan banjir atau longsor.

Tentu minat masyarakat untuk menyewa atau membeli properti di kawasan tersebut sangat kecil dibandingkan dengan properti yang berada di lokasi strategis.

  • Proses Jual Beli Lama

Kekurangan dan pertimbangan investasi properti yang terakhir adalah proses jual beli properti membutuhkan waktu yang relatif lama. Berbeda dengan investasi lainnya seperti pada Jenis Investasi Saham, Anda bisa menjual dan membelinya secara fleksibel.

Namun, investasi properti membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan proses jual beli. Terdapat beberapa surat - surat resmi yang harus diganti bukti kepemilikan, adanya negosiasi harga jual dan beberapa hal lainnya yang menyita waktu serta tenaga.

Baca Juga:

Tips dan Pertimbangan Investasi Properti

Setelah mengetahui tentang pengertian, keunggulan dan kekurangan dari investasi properti. Maka, yang tak kalah penting bagi Anda untuk mengetahui tips dan pertimbangan investasi properti.

Dengan mengetahui beberapa tips dan pertimbangan investasi properti, maka Anda bisa meminimalisir segala kemungkinan risiko yang akan dihadapi di masa depan. Tentunya, dengan meminimalisir risiko tersebut profit yang akan Anda peroleh bisa menjadi lebih besar.
 
Berikut lima tips yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memulai untuk melakukan investasi properti.
  1. Pilih Lokasi yang Tepat

Tips pertama yang sangat penting untuk dipertimbangakan adalah menentukan atau memilih lokasi yang tepat. Anda bisa memilih lokasi properti yang strategis dengan prospek menjanjikan.

Contohnya Anda bisa membeli properti tanah atau bangunan yang memiliki akses mudah ke fasilitas umum seperti perbelanjaan, sekolah, rumah sakit dan lainnya. Tentu nilai properti di lokasi yang strategis memiliki nilai jual atau prospek yang lebih menjanjikan.

  1. Siapkan Dana 

Tips selanjutnya untuk memulai investasi properti adalah siapkan dana, mengingat harga sebuah properti membutuhkan dana yang relatif lebih besar dibandingkan dengan investasi jenis lainnya.

Agar lebih aman, Anda bisa menyiapkan dua jenis dana saat memulai investasi properti. Pertama dana untuk membeli properti tersebut, kedua dana untuk cadangan perbaikan, perawatan atau pembangunan.

Jika Anda telah memiliki kedua dana tersebut, maka Anda telah siap untuk memulai investasi properti secara mandiri dan profesional.

  1. Pilih Pengembang Terpercaya

Saat Anda memutuskan untuk membeli sebuah properti seperti rumah, atau apartemen. Maka, Anda harus memilih untuk membeli dari pengembang yang terpercaya. Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu mengenai legalitas dari pengembang tersebut, bagaimana track recordnya dan yang lainnya.

Hal ini bertujuan agar Anda tidak tertipu dengan adanya pengembang properti palsu yang dapat menyebabkan kerugian. Selalu minta tanda terima secara resmi dan saksi atas setiap transaksi jual beli properti yang Anda lakukan.

  1. Riset Harga Properti

Mengetahui informasi harga properti di suatu wilayah sangat penting untuk dilakukan. Oleh sebab itu, bagi Anda yang akan membeli sebuah properti maka disarankan untuk melakukan riset harga properti terlebih dulu di wilayah tersebut.

Hal ini disebabkan harga atau nilai sebuah properti di masing - masing wilayah berbeda. Jika Anda melakukan riset harga properti maka, akan lebih mudah bagi Anda untuk memberikan taksiran harga jual dan harga beli properti di lokasi tersebut.

Anda juga bisa memprediksi harga jual properti di lokasi tersebut di masa akan datang. Sebab, secara umum investasi properti termasuk investasi jangka panjang.

  1. Pastikan Semua Dokumen Terdaftar

Tips terakhir yang bisa Anda terapkan dalam melakukan investasi properti adalah memastikan semua dokumen penting dari properti yang Anda beli telah terdaftar secara resmi di badan hukum negara.

Dokumen yang legal atau resmi dari badan hukum negara akan membuat Anda terhindar dari oknum atau pihak - pihak yang ingin melakukan penipuan. Selain itu, dengan adanya dokumen yang resmi dan legal dapat mempermudah Anda untuk melakukan transaksi jual beli di kemudian hari.

Demikian sekilas pembahasan mengenai pengertian, keunggulan dan kekurangan investasi properti serta tips dan pertimbangan investasi properti. Dengan mengetahui semua aspek tentang investasi properti, maka diharapkan Anda bisa menjadi seorang investor properti yang profesional dan sukses.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar