Translate

Macam-Macam Investasi Properti yang Berpotensi Menguntungkan

Macam-macam Investasi Properti yang Berpotensi Menguntungkan

Nirwana Tunggal
- Apakah yang dimaksud dengan investasi properti ini? Apa saja macam-macam investasi properti yang berpotensi memberikan keuntungan? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel ini!

Investasi properti adalah bentuk permodalan seperti halnya investasi pada umumnya. Hanya saja, investasi ini melibatkan jual beli aset serta menangani aset untuk bisa menghasilkan untung.

Definisi properti itu sendiri merupakan istilah yang menunjukkan kepemilikan atas hak eksklusif terhadap bangunan, tanah milik individu, atau badan usaha. Yang membedakan investasi ini dengan investasi lainnya yaitu jenis aset yang dikelolanya.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa investasi properti termasuk salah satu jenis investasi yang memiliki nilai stabil dan bisa meningkat dari waktu ke waktu. Tak sedikit pula orang percaya bahwa investasi ini tidak terlalu berisiko dibanding investasi yang lain.

Dengan berinvestasi properti, berarti Anda berupaya menempatkan dana atau modal pada satu atau beberapa aset dalam periode tertentu. Tujuannya tidak lain adalah untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau peningkatan nilai investasi.

Macam-macam Investasi Properti

Cara investasi properti untuk pemula yang harus Anda ketahui yaitu memilih jenis investasinya. Pasalnya, meski sudah memantapkan diri untuk memilih jenis-jenis properti, Anda masih harus fokus untuk mengembangkannya.

Nah, untuk menentukan pilihan investasi properti apa yang cocok untuk Anda, berikut ini kami bagikan macam-macam investasi properti yang menjanjikan bahkan bagi pemula.

  1. Investasi Properti untuk Hunian

Salah satu opsi dari macam-macam investasi properti yang pertama yaitu rumah hunian. Pada dasarnya, rumah termasuk kebutuhan pokok. Artinya, manusia pasti membutuhkan bangunan, baik rumah, apartemen, maupun sejenisnya sebagai tempat tinggal atau hunian.

Jadi, bisa dikatakan bahwa rumah menjadi salah satu contoh investasi properti yang tidak akan mengecewakan. Sayangnya, untuk memulai investasi ini membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun, jika sudah memulainya, Anda bisa mendapatkan keuntungan melalui dua cara, yaitu menjualnya kembali atau menyewakannya pada orang lain.
 
Saat memilih properti untuk hunian, ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan supaya investasi tersebut memberikan keuntungan. Pertama, faktor lokasi. Alasannya, orang-orang cenderung memilih hunian yang berlokasi strategis dan tidak jauh dari fasilitas umum.
 
Faktor kedua yaitu infrastruktur yang memadai. Semakin baik kondisi infrastrukturnya, maka semakin banyak orang-orang yang tertarik membeli atau menyewa hunian tersebut. Selain dua faktor tersebut, masih ada hal-hal lain lagi yang perlu Anda perhatikan, seperti akses transportasi yang mudah, dan sebagainya.
  1. Property Equity Crowdfunding

Contoh investasi properti berikutnya yaitu property equity crowdfunding. Jenis investasi ini menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memulai investasi properti, namun tidak ingin terlalu menguras kantong atau isi rekening.

Dengan kata lain, property equity crowdfunding memungkinkan Anda berinvestasi properti tanpa harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar. Contoh investasi properti untuk anak muda ini merupakan metode penanaman modal dengan cara pengumpulan dana kolektif atau patungan.

Artinya, Anda membeli properti secara patungan bersama investor lain yang tertarik berinvestasi jenis properti yang sama. Kemudian, para investor akan mendapatkan hasil dalam bentuk dividen dari hasil sewa bulanan properti.

Property equity crowdfunding sangat populer di luar negeri. Namun, di Indonesia pun Anda bisa mencoba jenis investasi ini. Menariknya, Anda bisa melakukan investasi properti ini secara online. Jadi, Anda bisa memperoleh return dari investasi, tanpa harus memiliki properti fisik secara individu.
 
Mengingat investasi ini secara patungan, maka setiap investor harus memahami bagaimana aturan bagi hasilnya. Apalagi, jika setiap investor menanamkan modal dalam jumlah berbeda. Dengan demikian, tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.
  1. Saham Properti

Jika Anda sudah tidak asing dengan istilah saham, maka akan lebih mudah memahami apa itu saham properti. Ya, saham properti merupakan salah satu macam-macam investasi properti yang berfokus pada perusahaan pengembang properti.

Untuk bisa memilih jenis investasi properti online ini, maka pastikan Anda sudah memiliki atau akan membuka rekening efek di perusahaan sekuritas supaya bisa membeli saham properti di aplikasi trading. Anda juga bisa memantau harga dan detail saham di BEI atau Bursa Efek Indonesia sebelum membelinya. 

  1. Investasi Properti untuk Bisnis

Kebutuhan properti untuk bisnis semakin hari kian meningkat. Hal ini menjadi peluang bagi investor mendapatkan lebih banyak uang. Caranya, dengan memilih investasi properti untuk bisnis.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa modal investasi properti ini lebih besar daripada investasi properti untuk hunian. Kendati demikian, keuntungan investasi properti untuk bisnis sangat melimpah.

Nah, bagi Anda yang tertarik meraup keuntungan investasi properti untuk bisnis, berikut ini berbagai pilihan opsi properti yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Ruko atau Kios
  • Perkantoran
  • Lahan Parkir
  • Gudang
  • Lahan Kosong Untuk Acara

 Keterangan

  • Ruko atau Kios

Pilihan investasi properti untuk bisnis dinomor 1 yaitu ruko atau kios. Tentunya, Anda bisa menemukan dengan mudah lokasi ruko atau kios di sekitar tempat-tempat strategis. Bahkan, di pasar tradisional sekalipun, tak jarang ada kios-kios.

Perlu Anda ketahui, investasi ini tergolong investasi dengan return yang cepat yaitu yield sekitar 5-9%. Namun, perlu Anda perhatikan lokasi dan konsepnya dengan baik. Pasalnya, ruko maupun kios harus bisa memenuhi kebutuhan target pasar sesuai harapan.

Oleh karena itu, sebelum membeli ruko untuk investasi, pertimbangkan dulu lokasinya. Dengan demikian, banyak calon konsumen tertarik membeli atau menyewa ruko atau kios Anda. Soal harga, setiap unit properti ini harus menyesuaikan fasilitas dan lingkungan sekitar.

Inilah mengapa setiap ruko atau kios di lokasi satu dengan lainnya dipatok dengan harga berbeda.

  •  Perkantoran

Opsi investasi properti yang kedua yaitu perkantoran. Beberapa kantor atau perusahaan yang berada di satu gedung bangunan, kini bukanlah hal yang aneh di era sekarang. Workspace atau unit ruang kantor juga bisa menjadi pilihan investasi di bidang properti.

Yield investasi properti ini berkisar tujuh sampai sepuluh persen per tahun. Jadi, tidak heran jika return dari investasi ini terbilang cepat. Sebelum mulai investasi ini, pastikan Anda memilih lokasi strategis sehingga banyak diminati oleh perusahaan.

Bahkan, lebih baik lagi jika properti tersebut berada di kawasan Central Business District atau CBD. Kini, sudah banyak perusahaan yang menggunakan unit ruang perkantoran untuk jangka panjang. Tak jarang pula yang menyewa unit sebagai virtual office atau kantor virtual.

  •  Lahan Parkir

Alternatif investasi properti lainnya yaitu lahan parkir. Ya, jika Anda sempat membeli tanah dengan harga terjangkau beberapa tahun lalu, maka keputusan tersebut adalah tepat. Pasalnya, Anda bisa memanfaatkan lahan tersebut sebagai lahan parkir untuk memperoleh lebih banyak uang.

Dengan catatan, tanah tersebut berada di lokasi strategis atau memiliki mobilitas yang cukup tinggi, terutama di kota-kota besar sehingga memberikan banyak peluang untuk dimanfaatkan sebagai lahan parkir. Menarik, bukan?

  •  Gudang

Jika deretan opsi investasi properti untuk bisnis di atas masih belum cukup memuaskan, maka Anda bisa meraup keuntungan dari gudang. Properti satu ini banyak orang cari terutama perusahaan untuk berbagai kebutuhan, seperti industri dan distribusi.

Biasanya, banyak perusahaan menyewa gudang supaya usahanya berjalan makin lancar. Apalagi, modal untuk menyewa bangunan gudang ini tidak sebesar properti kantor. Jadi, Anda bisa menyediakan persewaan gudang kosong sebagai tempat penyimpanan barang atau mesin.

  •  Lahan Kosong untuk Acara

Tidak hanya untuk parkir, Anda juga bisa mengubah lahan kosong menjadi tempat untuk berbagai acara. Misalnya, lahan kosong untuk acara pernikahan. Pasalnya, banyak orang tidak mampu menyewa gedung karena harga, padahal tidak memiliki lahan yang cukup untuk menyelenggarakan acara tersebut.

Nah, kondisi itulah yang membuat mereka membutuhkan lahan kosong sebagai alternatif tempat acara pernikahan. Biasanya, orang-orang akan menyesuaikan konsep acara dengan lingkungannya, seperti pernikahan bertema garden party.

Dari situ, Anda bisa mendapatkan uang melalui uang sewa. Bagaimana, tertarik?

  1. Investasi Properti untuk Pemakaman

Opsi dari macam-macam investasi properti berikutnya yaitu investasi properti untuk pemakaman. Mungkin, pilihan ini terdengar sedikit aneh, mengingat sudah banyak tersedia Tempat Pemakaman Umum (TPU) di setiap daerah.

Namun, tidak dipungkiri bahwa sebagian TPU sudah tidak bisa lagi menampung jenazah baru karena penuh. Oleh karena itu, jika Anda berminat, bisa melirik aset properti ini untuk prospek bisnis yang cerah sebagai lahan pemakaman.

  1. Investasi Properti untuk Pariwisata

Pilihan dari macam-macam investasi properti yang terakhir yaitu investasi properti untuk pariwisata. Saat ini, sektor pariwisata memiliki peluang bisnis yang menjanjikan. Tak sedikit investor properti yang melirik sektor ini untuk meraup banyak keuntungan.

Memang, di masa pandemi, sektor pariwisata sempat mengalami jatuh bangun dan terhenti. Namun, di masa depan, sektor ini akan tetap menguntungkan. Apalagi, Indonesia terkenal sebagai destinasi wisata yang tidak diragukan lagi.

Nah, bagi Anda yang berminat memulai investasi properti untuk pariwisata, berikut ini berbagai ide investasi yang berpotensi menghasilkan passive income.

  • Villa
  • Hotel
  • Homestay

 Keterangan

  •  Villa

Ide investasi properti yang pertama yaitu villa. Meskipun harga villa terbilang tidak murah, namun sangat ramai peminat, sehingga bisa memberikan keuntungan. Apalagi, villa yang berlokasi di kawasan pariwisata yang ramai pengunjung.

  •  Hotel

Kedua, hotel. Seperti halnya villa, untuk membangun investasi properti satu ini memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun, jika Anda menyanggupinya, maka Anda bisa mendapatkan kembali modal dalam rentang waktu yang tidak sebentar.

Jadi, bisa dikatakan investasi properti hotel ini termasuk berjangka panjang dan berisiko tinggi. Oleh karena itu, pastikan lokasi hotel Anda benar-benar strategis yang memungkinkan orang-orang untuk menginap, salah satunya berada disektor pariwisata.

  • Homestay

Macam-macam investasi properti lainnya yaitu homestay. Selain hotel, Anda juga bisa mengubah properti yang tidak ditempati dan berada di kawasan wisata menjadi homestay. Untuk menawarkannya kepada konsumen, Anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Ada banyak situs yang bisa Anda pilih untuk menawarkan homestay, seperti Traveloka, dll. Tenang saja, asalkan lokasi homestay Anda strategis atau berada di dekat tempat pariwisata, maka banyak orang berminat untuk menjualnya.

Hal-hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Investasi Properti

Mengingat banyaknya pilihan macam-macam investasi properti yang bisa Anda pilih, maka sangat penting untuk mempertimbangkan hal-hal berikut ini sebelum berinvestasi:

  1. Lokasi Properti

Salah memilih lokasi properti rupanya bisa berakibat fatal untuk Anda calon investor baru. Intinya, semakin strategis lokasi properti, maka semakin mahal harga jualnya.

  1. Fasilitas yang Tersedia dalam Properti

Kedua, fasilitas yang tersedia dalam properti. Semakin lengkap fasilitasnya, maka Anda bisa menjual atau menyewa aset properti menjadi lebih mahal.

  1. Keamanan Properti

Ketiga, keamanan properti. Tentunya, tidak ada orang yang ingin tinggal di lingkungan tidak aman. Oleh karena itu, pertimbangan keamanan properti sangat menentukan harga jual. Misalnya, ketersediaan security, ronda malam, maupun CCTV.

Nah, itulah pilihan macam-macam investasi properti yang bisa berpotensi menghasilkan keuntungan berlimpah di masa depan. Bagi Anda yang tertarik, jangan lupa mempertimbangkan faktor-faktor sebelum berinvestasi properti di atas ya!

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar