Translate

Pertimbangan Sebelum Investasi Ruko Agar Untung Banyak

Pertimbangan Sebelum Investasi Ruko Agar Untung Banyak

Nirwana Tunggal
- Apa itu investasi ruko? Apa saja kelebihan dan kekurangan investasi ruko yang patut menjadi pertimbangan? Bagaimana strategi atau tips agar investasi properti ruko menguntungkan? Selengkapnya, akan kami bahas dalam artikel ini. Ayo Simak!

Definisi Investasi Ruko

Seperti halnya Investasi Properti Pada Umumnya, investasi ruko yaitu dimana Anda menyewakan ruko yang sudah Anda bangun atau beli kepada pihak ketiga untuk tujuan bisnis, seperti berjualan, kantor, atau gudang penyimpanan barang.

Pengertian ruko itu sendiri yaitu sebuah rumah toko yang biasanya dimanfaatkan untuk berjualan sekaligus sebagai tempat tinggal. Selain itu, ruko juga bisa diartikan sebagai rukan atau rumah kantor sebagai lokasi alamat kantor sekaligus tempat tinggal pemilik bisnis.

Keuntungan Investasi Ruko

Bagi Anda yang tertarik investasi properti ruko, maka perlu mengetahui berbagai keuntungan yang akan diperoleh. Bahkan, bisa dibilang, investasi ruko ini tidak kalah untung dengan investasi properti lainnya, seperti rumah atau apartemen.

Lebih jelasnya, simak berbagai keuntungan dari memiliki ruko dan menginvestasikannya di bawah ini.

  1. Multi Fungsi Properti

Sesuai definisi ruko di atas, fungsi ruko tidak hanya sebagai tempat berbisnis, melainkan juga sebagai tempat tinggal penyewa. Tidak hanya itu, ruko juga bisa dijadikan tempat penyimpanan barang atau gudang.

Hal tersebut didukung oleh desain kebanyakan ruko saat ini sebagai area multifungsi. Jadi, penyewa ruko tidak hanya sekadar berbisnis, namun juga memanfaatkannya untuk tempat tinggal dan bekerja.

  1. Menjadi Passive Income

Keuntungan kedua dengan berinvestasi ruko yaitu bisa mendapatkan penghasilan bulanan atau tahunan tanpa harus melakukan apa-apa. Anda hanya perlu mengontrol kondisi ruko secara berkala dan merawatnya dengan baik apabila ruko sedang tidak ada yang menyewa.

Ingat, pastikan Anda mengalokasikan sebagian passive income tersebut untuk biaya perawatan. Dengan demikian, Anda tidak perlu memutar otak lagi untuk mendapatkan biaya perawatan properti ruko Anda.

  1. Berbisnis Lebih Nyaman dan Fleksibel

Keuntungan ketiga ini khusus bagi Anda yang memanfaatkan ruko milik sendiri sebagai tempat usaha sendiri. Jadi, Anda tidak perlu mengkhawatirkan lagi soal urusan perpanjangan sewa tempat, biaya perawatan, biaya administrasi, dan biaya terkait tempat usaha lainnya.

Selain itu, Anda juga tidak perlu memikirkan tentang perjanjian kontrak atau sewa tempat, mencari tempat baru, maupun hal-hal lain terkait sewa menyewa. Alasannya sudah jelas karena Anda berbisnis di properti ruko milik sendiri.

  1. Sebagai Aset Berharga

Selanjutnya, investasi properti ruko bisa menjadi investasi jangka panjang. Selain bisa mendapatkan passive income secara terus menerus melalui uang sewa bulanan atau tahunan, investasi ruko juga bisa dijadikan sebagai tabungan di masa tua.

Alasannya karena nilai jualnya yang semakin naik setiap tahun. Tidak hanya itu, investasi juga bisa menjadi aset berharga untuk keluarga, warisan saat meninggal dunia, bahkan jaminan (agunan) untuk mengajukan pinjaman di bank saat membutuhkan uang dalam jumlah besar.

  1. Memperoleh Capital Gain

Layaknya investor properti pada umumnya, sebagai investor ruko, Anda pasti akan mendapatkan keuntungan berupa capital gain. Capital gain merupakan keuntungan yang akan investor peroleh karena adanya apresiasi nilai atau kenaikan harga properti setiap tahun.

Keuntungan tersebut akan Anda peroleh, saat memutuskan untuk menjual properti dengan harga pasaran terbaru maupun menyewakannya kembali dengan harga baru yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Kekurangan Investasi Ruko

Selain manfaat ruko, selalu ada risiko kerugian saat berinvestasi properti ruko. Nah, berikut ini adalah beberapa poin kekurangan investasi ruko yang perlu Anda ketahui. Dengan demikian, bisa menjadi alat pembanding, acuan, sekaligus strategi dalam berinvestasi properti ruko. Yuk, simak!

  1. Bangunan Ruko Tidak Bisa Diperbesar

Tidak seperti bangunan rumah, ruko tidak bisa diperbesar lagi. Alasannya, luas dan fasad ruko sudah ditentukan oleh pembangun atau developernya. Selain itu, biasanya lokasi ruko berada di tempat-tempat strategis sehingga padat oleh bangunan lain.

Dengan demikian, apabila Anda ingin membangun ulang dan melebarkan bangunan ruko, tidak akan bisa terwujud. Namun, jika sekadar merombak bangunan atau renovasi bangunan, masih bisa Anda lakukan.

  1. Susah Jika Desain Ruko Kurang Menarik

Kekurangan berinvestasi ruko selanjutnya yaitu harus memperhatikan desain bangunan. Apabila desain ruko kurang menarik, maka Anda akan kesulitan mencari penyewa. Namun, biasanya developer hanya membangun satu desain untuk satu komplek ruko secara serempak.

Faktanya, kebanyakan penyewa pasti lebih memilih bangunan ruko dengan desain elegan dan modern ketimbang desain yang monoton. Jadi, pastikan Anda mempertimbangkan desain ruko sebelum membelinya untuk investasi jangka panjang ya!

  1. Lokasi Kurang Strategis

Terakhir, kekurangan berinvestasi ruko berkaitan dengan lokasi. Terkadang, lokasi yang sudah diperkirakan akan ramai, ternyata sepi. Oleh karena itu, pertimbangkan dengan baik lokasi ruko sebelum Anda membelinya.

Pastikan lokasi tersebut nantinya akan ramai, sehingga banyak diminati oleh pelaku bisnis. Jika lokasi sepi atau kurang strategis, sama saja Anda akan rugi.

Cara Mencari Ruko untuk Investasi

Nah, untuk mengantisipasi kekurangan investasi ruko di atas, Anda perlu memperhatikan berbagai hal berikut terkait cara memilih ruko untuk investasi.

  1. Lokasi Ruko

Cara yang pertama yaitu dengan mempertimbangkan lokasi ruko. Seperti investasi properti lainnya, lokasi sangat mempengaruhi harga sewa. Nah, supaya investasi ini berlangsung dalam jangka panjang, carilah ruko yang terletak di daerah pusat keramaian atau daerah dengan kondisi ekonomi cukup.

Dengan demikian, tidak hanya ramai peminat penyewa, namun bisnis yang akan didirikan di ruko tersebut juga berpotensi ramai oleh pengunjung.

  1. Harga Beli Ruko

Cara kedua, perhatikan harga beli ruko. Sebisa mungkin, belilah ruko dengan harga yang masih wajar. Jika perlu, cari ruko dengan harga diskon. Pasalnya, keuntungan saat membeli ruko, tidak hanya saat menjualnya nanti. Tapi, juga disesuaikan dengan kondisi saat ini. Tentu saja, dengan tidak mengabaikan poin yang pertama.

  1. Cicilan

Ketiga, berkaitan dengan cicilan. Biasanya, investor pemula maupun berpengalaman sekalipun tidak akan ragu untuk mencari permodalan guna bisa berinvestasi. Seorang investor yang berpengalaman akan menggunakan uang orang lain.

Dalam konteks investasi ruko, investor bisa menggunakan sistem KPR (Kredit Kepemilikan Rumah). Nah, jika Anda memutuskan untuk mengambil KPR, pastikan sudah membandingkan beberapa penawaran KPR dan mendapatkan penawaran yang terbaik.
 
Pertimbangkan dari segi bunga, kemudahan pembayaran, dan manfaat yang akan diperoleh lainnya. Dengan demikian, cicilan tersebut tidak akan membebani Anda nantinya.
  1. Harga Sewa Ruko

Keempat, pertimbangkan harga sewa ruko, terutama bagi Anda yang berniat membeli ruko untuk berinvestasi. Jika perlu, bandingkan dengan harga sewa ruko atau properti lain di sekitar lokasi. Dengan demikian, tidak akan ada kesan mahal dari pihak penyewa.

  1. ROI dan BEP Investasi

Terakhir, perhitungkan bagaimana ROI dan BEP (Break Even Point) investasi. Bandingkan harga sewa ruko dengan cicilan yang harus Anda bayar setiap bulan. Pastikan Anda mengetahui rasio pengembalian modal dan waktu balik modalnya.

Strategi Bisnis Ruko Agar Untung

Setelah memahami aspek kelebihan dan kekurangan dalam investasi ruko di atas, kini Anda perlu mengetahui strategi atau tips sukses berinvestasi properti ruko supaya menghasilkan banyak untung.

  1. Lokasi Ruko di Jalan Utama

Tips pertama yaitu perhatikan lokasi ruko yang akan Anda beli. Usahakan lokasi ruko tersebut berada di jalan utama karena pasti akan ramai atau dilalui banyak orang. Dengan kata lain, lokasi tersebut strategis untuk membuka bisnis, sehingga banyak penyewa tertarik menyewa ruko Anda.

Jika poin ini terpenuhi, maka tidak ada salahnya memasang harga sewa tinggi untuk ruko yang Anda tawarkan.

  1. Lokasi Ruko di dalam Perumahan

Alternatif lokasi ruko terbaik lainnya yaitu berada di dalam perumahan elit atau memiliki konsep kota mandiri. Artinya, di lokasi ini terdapat banyak penghuni, sehingga secara otomatis akan membuka lokasi bisnis lainnya.

Para pelaku bisnis pun tidak akan ragu untuk menyewa ruko ini guna membuka bisnis di kawasan perumahan tersebut.

  1. Tarif Sewa Ruko Wajar

Ketiga, perhatikan tarif ruko supaya dalam kategori wajar. Memang, tidak ada salahnya memasang harga sewa tinggi di kawasan strategis, seperti di jalan utama atau di dalam perumahan elit.

Namun, tetap saja harus dalam batas wajar. Biasanya, perhitungan harga sewa ruko diperoleh dari hasil kali antara harga beli dengan capitalization rate rata-rata, dimana nilai capitalization adalah 6%-9% pertahun.
 
Sebagai contoh, ruko yang Anda beli seharga Rp 550 juta. Nah, harga sewa ruko yang bisa Anda tawarkan terhadap calon penyewa maksimal 9% kali Rp 550 juta yaitu sebesar Rp 61 juta.
 
Namun, perlu Anda garis bawahi, bahwa harga sewa tersebut harus sesuai dengan kondisi penyewa, prospek bisnis penyewa, serta potensi lokasi ruko terhadap bisnis yang penyewa jalankan.
  1. Mengikuti Kenaikan Harga Jual dan Sewa Pasaran

Strategi berikutnya, apabila Anda ingin menghasilkan untung besar saat investasi ruko, maka harus rajin mengikuti kenaikan harga jual dan sewa ruko di pasaran. Anda bisa menghitung besaran yield dan capital gain.

Kedua elemen tersebut akan membantu Anda untuk melihat persentase keuntungan yang bisa Anda peroleh. Yield merupakan kenaikan nilai atau harga rata-rata sewa properti. Sementara, capital gain adalah persentase keuntungan dalam menjual properti ruko.
 
Cara perhitungan yield yaitu dengan membeli harga sewa ruko dengan harga beli ruko, lalu kalikan angka 100. Sebagai contoh, harga beli ruko adalah Rp 500 juta dengan harga sewa bulanannya Rp 40 juta.
 
Maka, besarnya yield adalah Rp 40 juta dibagi dengan Rp 500 juta, lalu kalikan 100. Hasilnya yaitu yield bernilai 8% per tahun.
  1. Paham Hukum Sewa Menyewa

Terakhir, pastikan Anda benar-benar paham terkait hukum sewa menyewa karena dalam investasi ini akan berkaitan erat dengan hal tersebut. Tujuannya supaya melindungi hak penyewa dan yang menyewakannya.

Apabila ada hukum yang jelas dalam perjanjian sewa-menyewa, maka Anda sebagai pemilik properti ruko bisa mendapatkan perlindungan hukum yang sah. Selain itu, apabila dikemudian hari pihak penyewa melakukan pelanggaran isi perjanjian sewa menyewa yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak, maka Anda bisa mengajukan tuntutan.

Lebih Baik Investasi Rumah atau Ruko?

Saat menentukan jenis investasi, kebanyakan orang pasti mengalami kebimbangan untuk memilih jenis yang lebih baik. Salah satunya, saat menentukan investasi rumah atau ruko, investasi manakah yang sebaiknya dipilih?

Nah, untuk memastikan hal ini, tentu Anda harus mempertimbangkan berbagai hal, terutama faktor kelebihan dan kekurangan masing-masing investasi. Sudah pasti, setiap investasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak ada investasi yang murni tanpa adanya risiko.

Itulah informasi terkait investasi properti ruko, mulai dari definisi, kelebihan dan kekurangannya, cara memilih ruko yang benar, serta strategi atau tips berinvestasi ruko supaya menghasilkan banyak untung. Semoga bermanfaat ya!

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar