Translate

Keuntungan Investasi Kost dan Prospeknya di Masa Depan

Keuntungan Investasi Kost dan Prospeknya di Masa Depan

Nirwana Tunggal - Investasi Indekos atau kos/kost merupakan salah satu jenis investasi properti yang berpotensi meraup banyak cuan. Meski sempat mati suri karena pandemi, namun setelahnya, bisnis kos-kosan kembali meroket tajam.

Lantas apa yang menyebabkan bisnis ini kembali meroket tajam?
 
Salah satu alasannya karena permintaan terhadap adanya rumah kost begitu tinggi. Apalagi jika lokasi kos-kosan tersebut berada di lokasi strategis dan dekat dengan berbagai kawasan perkantoran, pendidikan, hingga pusat perbelanjaan.

Selain itu, investasi properti kost memiliki keuntungan modal (capital gain) yang bisa investor peroleh dalam jangka panjang (lebih dari lima tahun). Daripada investasi properti lainnya, seperti investasi Properti Tanah Kosong, Properti Apartemen, dan Properti Rumah Kontrakan, capital gain keuntungan invest kos-kosan terbilang lebih tinggi.

Terakhir, investasi kost/kos-kosan juga berpeluang memberikan keuntungan lain, dari sekadar  menyewakan kost saja. Investor kost juga berpeluang untuk mendapatkan keuntungan dari layanan tambahan bagi penghuni kost, berupa jasa laundry, security, dan sebagainya.

Keuntungan Investasi Kost/Kos-kosan

Selain yang disebutkan diatas, masih ada beberapa keuntungan investasi kost yang bisa Anda dapatkan. Keuntungan tersebut meliputi:

  1. Sebagai Investasi Jangka Panjang

Keuntungan investasi kost yang pertama yaitu bisa Anda jadikan sebagai investasi jangka panjang atau passive income. Hal ini berlaku jika kos-kosan Anda selalu ramai oleh penghuni kost.

Dengan demikian, investor bisa memperoleh keuntungan yang relatif stabil dari waktu ke waktu. Tapi jangan lupa, untuk mempertimbangkan biaya perawatan kost saat menentukan harga sewa kost juga ya!

  1. Potensi Keuntungan Tinggi

Seperti yang sudah disebutkan di awal, aset investasi properti kost/kos-kosan menawarkan potensi keuntungan yang relatif tinggi. Apalagi, jika lokasi kos-kosan tersebut berada di lingkungan yang strategis, seperti dekat dengan daerah kampus, perkantoran, pusat perbelanjaan, dan sebagainya.

Bahkan, jika Anda mematok harga sewa yang relatif tinggi, kemungkinan besar peminatnya akan selalu berdatangan dari waktu ke waktu. Namun meski demikian, tetap perhatikan fasilitas dan layanan kost ya, tujuannya supaya penghuni kost merasa betah dan nyaman tinggal di kos-kosan Anda. 

  1. Harga Tanah dan Bangunan Cenderung Naik Terus

Investasi properti masih menjadi salah satu jenis investasi primadona di Indonesia, terutama di kawasan kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Alasannya karena harga properti ini cenderung mengalami kenaikan setiap tahun.

Selain itu, luas lahan di kawasan tersebut juga semakin terbatas, sementara kebutuhan akan aset properti hunian tempat tinggal semakin meningkat. Jadi, jika Anda sudah memulai investasi kost, tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian.

  1. Memiliki Banyak Peminat

Keuntungan lain dari investasi kost yaitu peminatnya yang tak pernah habis, terutama kos-kosan di kawasan kota-kota besar. Tidak hanya ramai oleh mahasiswa, peminat kos-kosan juga berasal dari orang-orang perantau.

Biasanya, peminat kost membutuhkan tempat tinggal yang dekat dengan tempat mereka beraktivitas. Bagi para mahasiswa dan pekerja kantoran yang belum menikah, tinggal di kost merupakan solusi ideal sebagai tempat tinggal sementara mereka.

  1. Perawatan Mudah dengan Biaya Relatif Kecil

Setiap aset properti memerlukan biaya perawatan secara berkala, termasuk investasi kos-kosan yang Anda kelola. Namun, berbeda dengan aset properti lainnya, kos-kosan hanya membutuhkan perawatan yang mudah dan biaya relatif kecil.

Oleh karena itu, biaya pengeluaran untuk operasional bisa ditekan. Apabila masih sisa, budget untuk operasional tersebut bisa Anda gunakan untuk keperluan lain, seperti renovasi, dan sebagainya.

  1. Bukan Bisnis Musiman

Tidak seperti bisnis tertentu seperti kuliner, fashion dll cenderung musiman. Menyewakan kost bukan termasuk usaha musiman. Bisnis ini termasuk jenis investasi atau bisnis yang terbilang stabil dari waktu ke waktu. Artinya, pemasukan yang Anda peroleh setiap periode akan konsisten.

Tentu saja, pemasukan tersebut bisa meminimalisir kerugian dalam berinvestasi kost/kos-kosan. Tidak ada istilah kos-kosan sepi peminat, kecuali jika memang lokasinya kurang strategis atau jauh dari pusat kota.

  1. Berpeluang Membuka Bisnis Lain

Pernahkah Anda berpikir bahwa berinvestasi kos-kosan berpeluang membuka bisnis lainnya? Ya, seperti halnya lingkungan tempat tinggal pada umumnya, di dalam kos-kosan, pasti penghuni kost membutuhkan makanan secara cepat.

Nah, peluang tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membuka warung makan atau warung sembako. Begitu pula dengan jasa laundry yang menawarkan layanan mencuci baju dengan harga terjangkau.
 
Dengan demikian, pendapatan yang Anda peroleh tidak hanya berasal dari iuran bulanan, namun juga penghasilan bisnis lainnya berupa jasa laundry, warung makan, dan warung sembako.
  1. Bisa Digunakan sebagai Agunan

Terakhir, Anda bisa menjadikan investasi kos-kosan tersebut sebagai agunan atau jaminan. Adapun besaran agunan tersebut tergantung dari luas lahan atau bangunan kos-kosan. Beruntungnya, agunan rumah kost termasuk salah satu jenis jaminan paling mudah diterima oleh bank.

Kekurangan atau Risiko Usaha Kost/Kos-kosan

Meskipun investasi kost memiliki banyak keuntungan, namun tetap saja ada kekurangannya. Oleh karena itu, tugas Anda sebagai pemilik yaitu mengantisipasi kekurangan-kekurangan tersebut dengan berbagai upaya atau tips.

Berikut ini adalah sejumlah kekurangan dari investasi kos-kosan yang perlu Anda waspadai dan cari solusinya. Yuk simak!

  1. Risiko Telat Membayar Sewa

Kekurangan investasi kost yang pertama yaitu risiko telat bayar sewa. Biasanya, hal ini terjadi pada penghuni kost yang masih mahasiswa. Misalnya, karena masalah ekonomi orangtua. 

Sebagai pemilik kost, mungkin Anda bisa memberikan toleransi. Namun, tetap saja situasi tersebut berdampak terhadap telatnya perputaran uang. Apalagi jika terus berulang dari waktu ke waktu.

  1. Akan Terus Merugi Jika Tidak Memiliki Skill Manajemen yang Baik

Selanjutnya, selalu pertimbangkan setiap kepentingan dan kebutuhan penghuni. Untuk itu, perlu keterampilan manajemen yang baik, sehingga bisnis kos-kosan bisa berjalan secara konsisten. Jika tidak, maka bisa berisiko keteteran dan berakhir mengalami kerugian saat merintis bisnis ini.

  1. Berisiko Sepi Penghuni

Inilah pentingnya pengetahuan tentang cara memulai bisnis kost/kos-kosan supaya tidak berisiko sepi penghuni. Caranya dengan mempertimbangkan lokasi, fasilitas sekitar dan sebagainya.

Apabila Anda memutuskan untuk membangun kos-kosan yang jauh dari industri atau sekolah, maka akan kesulitan mencari calon penghuni. Oleh karenanya, pilih lokasi strategis saat membangun rumah kost.

  1. Modal Awal Besar

Tidak ada bisnis kos-kosan tanpa modal. Untuk membangun rumah kost, Anda harus menyiapkan modal yang tidak sedikit. Mulai dari modal membeli tanah, modal untuk membangun rumah kontrakan, modal biaya sewa tukang, modal pembelian aneka furniture, dan sebagainya.

Untuk memudahkan perhitungan modal awal, catatlah ke dalam sistem pembukuan atau sistem akuntansi yang terkoordinasi. Nantinya, Anda bisa memperkirakan kira-kira kapan modal tersebut akan kembali.

  1. Risiko Digunakan untuk Hal-hal Negatif

Namanya bisnis sewa menyewa, maka Anda tidak bisa memastikan dengan siapa Anda akan menyewakan kosan tersebut. Kebanyakan memang baik, namun tidak sedikit yang menyalahgunakan kepercayaan dari pihak pemilik kost untuk melakukan hal-hal negatif.

Apabila satu kali rumah kost pernah mendapatkan nilai negatif dari penyewa, maka akan mempengaruhi peminat kost lainnya. Inilah pentingnya selektif dan hati-hati dalam memilih penyewa yang bisa dipercaya.
 
Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa memasang CCTV di beberapa titik rumah kost, meminta data pribadi seperti KTP, dan menerapkan peraturan rumah kost beserta konsekuensi apabila dilanggar. Bila perlu, Anda juga bisa menggunakan jasa keamanan di bagian depan rumah.
  1. Jangka Waktu Sewa Pendek

Kekurangan selanjutnya, sewa kost biasanya memiliki jangka waktu sewa yang cukup pendek, mulai dari sewa bulanan atau sewa tahunan. Artinya, dalam jangka waktu sewa tersebut, pihak penyewa bisa keluar sehingga kamar kost akan kosong lagi.

Namun, jangka waktu sewa pendek ini bisa menjadi kelebihan. Artinya, apabila fasilitas dan layanan sewa kost dinilai memuaskan, besar kemungkinan pihak penyewa akan memperpanjang masa sewa. 

  1. Perawatan Rumah Kost/Kos-Kosan

Terakhir, berkaitan dengan biaya perawatan rumah kost. Sebagai pemilik kost, Anda harus memastikan kenyamanan para penyewa. Salah satunya dengan memperhatikan perawatan rumah kost, seperti merenovasi rumah yang bocor, mengecat dinding rumah, dan sebagainya.

Biaya tersebut harus sudah Anda sediakan sejak awal setiap bulan. Dengan demikian, sewaktu-waktu ada perbaikan, Anda tidak perlu lagi bingung mencari sumber dana. Ingat, biaya perawatan rumah kost menjadi tanggung jawab sepenuhnya pemilik rumah kost.

Strategi Investasi Kost/Kos-kosan bagi Pemula

Untuk memulai investasi kost/kos-kosan, Anda perlu menerapkan berbagai strategi di bawah ini supaya bisa berjalan dengan baik:

  • Gunakan Layanan Manajemen

Jasa manajemen menyediakan jasa konsultasi bisnis seperti kos-kosan. Mulai dari penentuan lokasi strategis, perhitungan tarif bulanan yang tepat, pemilihan furniture, hingga fasilitas lainnya bisa Anda konsultasikan. Dengan demikian, akan terwujud kos-kosan yang diidamkan banyak penyewa.

  • Siapkan Modal

Selanjutnya, siapkan modal yang lebih dari cukup. Dengan dana tersebut akan membantu Anda membangun bisnis kost yang bisa berkembang sesuai harapan. Namun, jika benar-benar tidak memiliki cukup modal, bisa pertimbangkan metode crowdfunding atau bisnis patungan.

Tips dan strategi lainnya yaitu bentuk tim yang solid, gunakan strategi promosi yang tepat, persiapkan izin bangunan, serta arahkan ke lokasi yang strategis. Dengan menerapkan sejumlah strategi di atas, diharapkan akan terwujud investasi kost yang menguntungkan. 

Investasi Rumah Kost vs Rumah Kontrakan, Mana yang Menguntungkan?

Setiap investasi pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, termasuk investasi rumah kost/kos-kosan. Sebenarnya, investasi properti kost ini hampir serupa dengan properti rumah kontrakan. Hanya saja, investasi rumah kontrakan ini memiliki perbedaan dari berbagai sisi, seperti:

  • Masa sewa lebih panjang

  • Uang sewa lebih besar dan dibayar dimuka

  • Kenaikan harga sewa cenderung tinggi dari 5-15%

  • Memerlukan dana besar saat penyewa lama selesai mengontrak

Sementara, untuk investasi rumah kost/kos-kosan memiliki perbedaan pada hal berikut.

  • Permintaan selalu tinggi, apabila lokasinya strategis

  • Bisa mendapatkan untung dari usaha lain

  • Bisa diawasi terus menerus

  • Rutin menarik uang sewa setiap bulan

  • Bergantung lingkungan sekitar

  • Permintaan menurun saat pandemi

Tidak hanya investor, pihak penyewa pun memiliki banyak pertimbangan saat menentukan rumah kost atau rumah kontrakan. Misalnya, rumah kontrakan lebih cocok untuk satu keluarga atau banyak orang sekaligus, daripada rumah kost yang terbatas untuk penghuninya.

Namun, bagi penyewa individu cenderung lebih memilih rumah kost karena tidak perlu repot mencari kawan untuk menyewa rumah kontrakan. Apalagi, lokasi rumah kost biasanya lebih strategis daripada rumah kontrakan.

Itulah informasi terkait investasi rumah kost/kos-kosan, mulai dari alasan harus memilih investasi rumah kost, kelebihan dan kekurangannya, strategi dan tips sukses berinvestasi properti rumah kost, serta perbandingannya dengan investasi rumah kontrakan. Apakah Anda mulai tertarik untuk berinvestasi kost?

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar