Translate

Beberapa Kesalahan Blogger Pemula yang Sering Dilakukan


Kesalahan-Kesalahan Blogger Pemula

Nirwana Tunggal
Memilih menjadi penulis Blogger terdengar baik. Namun, ada beberapa hal yang harus dipahami bagi para Blogger pemula yang baru saja menjadikan dirinya bagian dari orang-orang yang menyumbangkan segala informasi di dunia internet. Menjadi Blogger baru harus mengutamakan metode atau tips blogging serta menghindari beberapa 
kesalahan yang sering dilakukan.

Kesalahan Blogger pemula biasanya terjadi karena kurangnya pemahaman tentang hal-hal umum yang berkaitan dengan Blogger itu sendiri. Kesalahan blogger pemula biasanya adalah sepertinya mereka lupa bahwa menjadi seorang Blogger berarti menjadikan diri mereka seorang penulis. Jadi jika diri yakin ingin menjadi seorang Blogger, kamu harus berani menunjukkan seberapa kreatifnya kamu dalam menulis dan mempelajari kesalahan yang sering dilakukan Blogger pemula. Ini akan sangat membantu kamu dan siapa saja bagi para calon blogger baru dalam membangun sebuah blog atau beberapa blog.

Blogger adalah tempat bagi orang-orang yang ingin menunjukan kreativitas diri dalam dunia Internet dengan berupa jenis & ragam tulisan. Blogger memang diperuntukan bagi orang-orang yang ingin mengasah keterampilan & kepiawaian menulis berbagi informasi dalam lingkup secara luas. Adapun lainnya Blogger digunakan dalam berbagai keperluan business baik dalam individu perorangan maupun lembaga dan perusahaan.

Dunia Blog, Blogging, Seorang Blogger adalah satu kesatuan yang terikat dalam sebuah writing profession. Maka seorang Blogger tidak lain adalah seorang creative writer dalam berbagi informasi tentang segala aspek di kehidupan manusia. Berbagai jenis tulisan yang disesuaikan dengan segala kebutuhan mengikuti perkembangan manusia itu sendiri dalam setiap saat.

Mengambil profesi menjadi seorang creative writer tentu bukan hal yang aneh, sejak dahulu kala profesi tersebut sudah dilakukan bahkan sebelum adanya Blogger yang sekarang kita kenal. Blogger adalah salah-satu media terbesar dalam dunia internet selain YouTobe, Instagram, dan lain sebagainya. Dengan adanya Blogger tentu menjadi sebuah new innovation dalam orang-orang ingin berkarya tulis berbagi informasi serta berbagai pengalaman cerita dengan global scale.

Berbagai jenis profesi seseorang tentu akan mengikuti perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, disebabkan internet saat ini sudah menjadi bagian pokok dalam segala aspek kebutuhan. Didunia yang dialami orang-orang tidak bisa dipisahkan dengan internet baik sekadar mencari informasi, belanja, dan usaha.

Maka jika memilih menjadi seorang Blogger masih cukup pontensi dalam meraih segala keuntungan yang akan didapatkan khususnya dalam bentuk materi. Namun apapun profesi yang akan menjadi pilihannya tentu harus dilakukan dengan serius dan kepercayaan yang kuat. Terlebih profesi yang dipilihnya bukan sebuah profesi yang mengandalkan taktis dan teknis. 

Maka untuk para Blogger pemula harus mengerti beberapa tips blogging dan menghindari kesalahan-kesalahan yang masih sering dilakukan sedari awal baik dari niatnya dan cara bagaimana menggeluti dunia blog (Blogger). Yang jelas terjun kedunia Blogger tentu membawa banyak harapan, menginginkan situs blognya bisa menghasilkan pendapatan seperti dialami orang-orang yang bisa sukses dengan ngeblog. Maka bagi Blogger pemula untuk bisa belajar memahami kesalahan-kesalahan dalam awal membangun atau menjadi seorang Blogger (Creative Writer).

Dibawah Ini Beberapa Kesalahan Blogger Pemula yang Masih Saja Sering Dilakukan
  1. Niat Mengejar Kekayaan Dengan Blogger atau Blogging For Money
  2. Not Joining Blogger Community (Tidak Bergabungnya Diri Ke Dalam Komunitas)
  3. Sibuk Menulis Yang Dianggap Bagus & Menarik (Busy Writing Which Is Considered Good & Interesting)
  4. Mengabaikan Bahasa yang Baik dan Benar Sesuai PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia)
  5. Inconsistent (Tidak Konsisten)
  6. Not Optimizing Meta Description / Tidak Diberikan Penjelasan Secara Umum Tentang Isi Blog
  7. Copy Paste (Menyalin artikel orang lain)
  8. Situs Blogger Tidak Didaftarkan Pada Search Console (Blogger Site Not Listed In Search Console)
  9. Setting Perfunctory Permalinks (Mengatur Tautan Permanen Asal-Asalan)
  10. Tidak memilih target siapa yang akan membaca artikel (Not choosing the target who will read the article)
  11. Terlalu Cepat Mendaftarkan Blog ke Google Adsense
  12. Not Promoting Blog (Tidak Mempromosikan Blog)
Penjelasan

1. Niat Mengejar Kekayaan Dengan Blogger atau Blogging For Money
 
Di nomor 1 inilah bentuk kesalahan pertama kali yang paling sering dilakukan oleh Blogger Pemula. Walaupun hal itu tidak sepenuhnya salah (Fatal), namun hal itulah bahkan menjadi penyebab pertama kali gagalnya seorang penulis blog (Blogger). Tidak berbeda ketika seseorang memandang kesuksesan orang lain tanpa dengan melihat perjuangan sebelumnya.

Umumnya bagi Blogger pemula yang ada didalam benaknya adalah ingin meraup keuangan sebesar-besarnya dan dengan waktu yang sesingkat-singkatnya. Seperti membayangkan mendapatkan uang dalam hanya beberapa hari dan minggu, membuat situs Blogger dengan diisi beberapa artikel dan setelah itu mengalirnya keuangan yang berkelanjutan.

Hal yang perlu diketahui dalam blogging adalah dari sistem yang terikat oleh sebuah peraturan-peraturan didalamnya. Baik dalam segi aturan konten artikel yang dibuat juga beberapa aturan lain yang ada dalam periklanan. Memang ada cara supaya blog bisa cepat menuai keuntungan baik secara gratis maupun berbayar. Point pentingnya adalah menjadi penulis blog (Creative Writer) tidak akan secepat yang dibayangkan sebelumnya, namun dimana letak cara membangun blog secara benar dengan berupa keseriusan dengan berkesinambungan.

Mendapatkan uang dari menjadi seorang penulis blog (Blogger) dibutuhkan waktu yang panjang bahkan ada beberapa cerita nyata mereka seorang Blogger mendapatkan uang pertama kali dalam beberapa tahun menjalani dunia blogging.

2. Not Joining Blogger Community (Tidak Bergabungnya Diri Ke Dalam Komunitas)
 
Kesalahan blogger pemula juga merupakan kesalahan mereka sendiri untuk menjauhi komunitas yang berhubungan dengan dunia mereka. Padahal akan sangat terbantu dalam ilmu & wawasan yang ia lakukan untuk menjadi seorang Blogger profesional. Percayalah dengan mengikuti komunitas Blogger akan sangat menguntungkan dalam kamu belajar tentang semua hal terkait bagaimana cara menyusun strategi membangun sebuah blog atau beberapa blog.

Dalam kelompok komunitas tersebut terdapat berbagai pertanyaan serta berbagai motivasi untuk tidak mengundurkan diri menjadi penulis blog (Blogger). Karena komunitas dengan tujuan yang sama akan didekorasi dengan berbagi ilmu antar anggota tanpa membeda-bedakan Blogger baru dan Blogger senior. Semua akan saling mendukung dan saling menguntungkan juga. Solidaritas yang tinggi akan semakin meyakinkan dalam mencapai tujuan.

Meskipun ada banyak keuntungan bergabung dengan komunitas, itu kembali ke situasi sebenarnya. Dalam komunitas itu ada juga beberapa orang memiliki niat kurang baik. Namun jangan terlalu risau sebab ada lebih banyak orang didalamnya memiliki hati baik seperti apa yang kamu inginkan. Terhubung dengan orang-orang yang menurut kamu lebih percaya diri dalam membantu membangun blog.

3. Sibuk Menulis Yang Dianggap Bagus & Menarik (Busy Writing Which Is Considered Good & Interesting)
 
Ini juga merupakan kesalahan umum yang sering dilakukan oleh Blogger pemula. Memaksa menulis tidak pada kemampuannya, alih-alih menghasilkan tulisan yang menarik, justru terdapat susunan kalimat dan paragraf yang tidak mudah dipahami oleh kebanyakan orang.

Ini seperti analogi kenapa orang bisa berlari? tentu dengan belajar merangkak, berdiri, berjalan, dan kemudian dapat berlari. Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dengan meniru para atlet juara yang sebelumnya menjadi nomor satu, adalah dengan terus melatih diri dalam mencapai apa yang menjadi targetnya.

Di atas mungkin sudah menangkap maksudnya, intinya untuk menjadi seorang Blogger pemula harus dimulai dengan sesuatu yang mudah dan ringan terlebih dahulu. Jangan memaksa pada jenis tulisan yang tergolong berat bagimu, menulislah dari seberapa dalam kamu mengetahui pada pembahasan yang dipilih. Nantinya juga akan bisa menulis apapun jenis tulisan lain. Sebab dengan waktu yang selalu digunakan untuk belajar membuat tulisan akan menghasilkan pengetahuan kamu dalam menciptakan karya tulis yang fenomenal.

Intinya awalilah dan menulislah dari apa yang ingin kamu tulis. Diambil contoh seperti menulis tempat wisata lokal didaerahmu atau dari pengalaman cerita masa lalumu. Ya seperti apa yang ditulis seorang penulis dari Negeri Paman Syam, yaitu Richaed Bach.

"Penulis profesional adalah penulis amatiran yang tak pernah berhenti atau mengundurkan diri".

“Professional writers are amateur writers who never quit or give up".

4. Mengabaikan Bahasa yang Baik dan Benar Sesuai PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia)
 
Nah, disinilah letak kesalahan dari hal-hal kecil namun sangat sering dilakukan para Blogger pemula. Hal ini juga terkait dengan kesalahan nomor 2 yang sudah dijelaskan, karena terlalu fokus memikirkan segala sesuatu untuk membuat tulisan yang bagus tetapi malah meninggalkan sesuatu yang lebih penting.

Dalam membuat suatu jenis tulisan yang disebut berkualitas, menarik, tidak lain adalah suatu bentuk penyampaian yang mudah dipahami oleh kebanyakan orang. Jangan sampai tulisan yang dibuatnya malah membingungkan pembaca dalam memahaminya. Disini perlunya belajar menyusun kata-kata dan kalimat terstruktur menjadi bagian penting dalam membuat konten artikel blog. Apalagi tulisannya akan dipublikasi dan menaruh harapan besar untuk dibaca banyak orang sebagai kebutuhan masyarakat untuk mengambil informasi.

Ini juga akan menguntungkan untuk masa depan jika suatu hari setelah bertahun-tahun ingin membaca kembali tulisannya. Tulisan yang disesuaikan dengan aturan & ketentuan menurut PUEBI akan bertahan lebih lama juga merupakan bentuk lain dari manfaat yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata.

5. Inconsistent (Tidak Konsisten)
 
Kesalahan blogger pemula biasanya hanya antusias dan serius di awal atau untuk beberapa waktu saja. Selebihnya malas membuat artikel, apalagi ditambah dengan banyak hal lain yang menurut mereka mengganggu dalam mengelola blog.

Apapun aktivitas yang dipilihnya, harus berkomitmen untuk dijalankan secara terus menerus. Apalagi itu adalah profesi yang lebih mengandalkan kekuatan otak dalam berpikir, berimajinasi dengan hati yang gembira. Menulis adalah kegiatan yang mengandalkan ketenangan pikiran juga seberapa nyaman kamu menuliskan itu diatas media.

Ada berbagai cara untuk menjaga mood tetap konsisten, salah satunya adalah dengan memilih artikel (topik) bagus yang sesuai dengan passion. Karena setiap orang memiliki gaya penulisan yang unik sesuai dengan jiwanya masing-masing. Ada orang yang lebih cenderung menulis kearah puisi, cerpen, opini, berita dan jenis tulisan lain.

Pada dasarnya konsisten adalah mempertahankan harapan yang sama terhadap suatu perilaku dalam kegiatan tertentu yang dilakukan dari waktu ke waktu. Jadi, yang dimaksud dengan konsistensi adalah kunci sukses. Setiap orang punya mimpi dan harapan. Nah untuk mewujudkan harapan tersebut harus dicapai dengan berusaha.

6. Not Optimizing Meta Description / Tidak Diberikan Penjelasan Secara Umum Tentang Isi Blog
 
Kesalahan blogger pemula yang juga sering dilakukan adalah tidak mengisi penjelasan global sebuah situs blog, yaitu berupa deskripsi singkat yang menjelaskan isi topik/pembahasan pada sebuah blog/website.

Meta Description pada blog selain memudahkan pengunjung untuk memahami secara sekilas juga akan berdampak besar pada SEO blog. Ini akan membantu peng-indeks-an situs blog lebih cepat oleh mesin pencari. Keuntungan memiliki meta description tentu akan lebih mudah dipahami pengunjung dan akan sangat mudah diingat bahwa blog membahas topik tertentu atau beberapa topik terkait.

Untuk itu, hindari kesalahan tersebut dalam membangun sebuah blog, entah karena lupa atau baru saja memahami tujuan dari sebuah meta description pada blog.

Untuk Blogger pemula yang menggunakan platform blogspot, kamu bisa mengatur meta description dengan mengaktifkannya terlebih dahulu di menu Setting > Search Preferences, kemudian bagian Description diisi dengan kalimat-kalimat yang mencerminkan isi website kamu.

Sedangkan untuk pengguna platform WordPress, salah satu cara untuk mengatur meta description adalah melalui plugin Yoast SEO. Jadi, kamu harus terlebih dahulu menginstal plugin ini ke situs webnya.

7. Copy Paste (Menyalin Artikel Orang Lain)
 
Ingat kamu tidak akan pernah memahami dirimu sendiri dengan cara meniru seutuhnya dalam membuat karya apapun itu, termasuk menulis. Mengcopy (menyalin) tulisan milik orang lain atau situs lain adalah bentuk ketidaksopanan dalam menjalani sebuah profesi atau karier yang sedang kamu jalani.

"Just be who you are, the color of your character, and how unique you are"

Untuk menjadi penulis blog (Blogger) sejati, hindari itu, itu adalah bagian buruk dan terpisah dari mencapai kesuksesan.

Terlebih dari hal diatas mengcopy artikel orang lain juga memberikan banyak effect buruk pada sebuah blog. Terlepas hal itu dilarang oleh google sendiri dengan aturan-aturan yang sangat jelas pada setiap bagian-bagiannya. Salah-satu hal buruk yang akan ditemui adalah tidak terindeksnya artikel pada pencarian google dan kamu malah disibukan cara bagaimana konten artikel itu terindeks padahal itu adalah kesalahan dari awal kamu yang mengcopy artikel orang lain tanpa merubah sudut pandang kamu atau menambah beberapa manfaat lain didalamnya.

Ingat !, bahwa menyalin artikel akan berakibat fatal bagi situs blog, yaitu situs blog kamu dicap sebagai Blogger plagiat, hingga di-take down oleh DMCA.

Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa menulis berdasarkan pengalaman pribadi. Tidak apa mengangkat topik yang sudah ada, tapi tulislah sesuai sudut pandang dan gaya bahasa sendiri sehingga hasilnya bisa unik & menarik tentu bagian yang disebut dengan orisinil itu.

8. Situs Blogger Tidak Didaftarkan Pada Search Console (Blogger Site Not Listed In Search Console)
 
Ini adalah kesalahan-kesalahan Blogger pemula yang masih saya temukan di beberapa grup & komunitas. Mereka adalah blogger pemula yang selalu bertanya.

"Kenapa sih blog saya tidak terindeks oleh google padahal artikelnya saya tulis sendiri tanpa mengcopy orang?" atau "Kenapa sudah beberapa hari dan minggu blog saya belum juga terindeks oleh Google ya?"

Dan beberapa jenis pertanyaan lain yang bermasalah dengan pengindeksan blog dan artikelnya.

Setiap blog baru yang dapat diakses harus terdaftar di Google Search Console. Mengapa demikian? Selain mempermudah proses perayapan web mesin pencari, Google Search Console juga akan memudahkan kamu untuk memantau backlink atau kata kunci yang masuk. Untuk mendaftarkan situs blog, kamu bisa mengunjungi langsung pada Google Search Console atau Klik Disini.

Sebenarnya selain blog sudah terdaftar di Google Search Console, jika memungkinkan dan akan lebih maksimal jika blog kamu bisa terindeks di semua search engine yang ada seperti Bing, Yandex, Duckduck.go & lain-lain. Namun yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh kebanyakan orang adalah Google.

Dengan blog yang dapat terindeks oleh semua mesin pencari (Search engine), maka akan memiliki potensi pengunjung organik yang lebih tinggi. Jadi tidak ada salahnya untuk mempelajari bagaimana situs blog bisa terindeks selain mesin pencari Google.

9. Setting Perfunctory Permalinks (Mengatur Tautan Permanen Asal-Asalan)
 
Dalam website baik Blogspot & Wordpress, ada istilah yang sering kita dengar yaitu alamat URL. Istilah ini merupakan salah satu istilah terpenting dalam sebuah website. Dan ada url lain dengan istilah permalink di dalamnya. Saat berselancar di internet, tanpa sadar kamu sering menemukan berbagai macam permalink di setiap website yang kamu kunjungi, lebih tepatnya di setiap konten artikel yang dikunjunginya.

Para Blogger pemula biasanya kurang cermat dalam membuat Permalink untuk artikelnya, padahal ada hubungan SEO antara Judul Artikel, URL Permalink, dan Isi daripada artikelnya. Disinilah kesalahan Blogger pemula yang biasa dilakukan tanpa mereka sadari sebelumnya. Permalink mungkin pekerjaan kecil namun memberikan effect besar pada SEO. Yang nanti baik secara keseluruhan dan artikel blog akan ramah atau mudah ditemukan/dicari pada mesin telusur seperti Google, Bing, Yahoo, Yandex, Duckduck.go dan lain sebaginya.

Apa sih SEO? SEO adalah Search engine optimization" (Pengoptimalan mesin telusur) atau "Search engine optimizer", Maka bisa ditarik kesimpulan bahwa SEO pada blog secara keseluruhan sangat diperlukan.

Apa itu URL Blog dan Apa itu Permalink?

Ketika kamu membuka sebuah website, kamu pasti akan menemukan kalimat atau nomor setelah domain.

Misalnya www.nirwanatunggal.com/2019/08/Tips-langkah-awal-belajar-menulis.html. Jika ditulis hanya www.nirwanatunggal.com, ini disebut sebagai URL atau Uniform Resource Locator (Lokator Sumber Seragam).

Seperti yang kita ketahui, URL berisi Http/Https dan nama domain.

Sekarang, namanya akan berubah menjadi seluruh URL permalink jika kamu menambahkan "/Tips dan langkah awal belajar menulis" di belakangnya. Hasilnya permalinknya akan seperti dibawah ini.

https://www.nirwanatunggal.com/2019/08/Tips-langkah-awal-belajar-menulis.html. Tahun dan tanggal akan mengikuti otomatis artikel itu diterbitkan.
 
10. Tidak memilih target siapa yang akan membaca artikel (Not choosing the target who will read the article)

Kesalahan Blogger pemula yang sering terjadi biasanya mereka lupa terkait untuk siapa artikel itu dibuat. Apa disediakan untuk kalangan umum atau ditunjukan bagi golongan tertentu dengan batasan usia dan lain sebagainya. Untuk itu pastikan kamu menulis sesuatu artikel yang memiliki banyak peminat atau dicari oleh banyak orang.

Minimal apa yang kamu tulis disediakan mewakili segala kebutuhan informasi masyarakat, kamu bisa menargetkan lebih spesifik lagi baik untuk anak-anak, dewasa, atau orang tua. Atau memilih topik tertentu seperti Tips (Tutorial), Cerita, Game, Wisata, Kuliner, Budaya, Investasi, Otomotive, Gadget dan lain sebagainya.

Bagaimana cara mengetahui tulisan yang dicari pembaca? kamu bisa menggunakan tools yang menyediakan informasi tentang artikel dengan tema yang paling banyak dicari. Misalnya, kamu dapat menggunakan alat kata kunci google. Tools yang membantu kita untuk mengetahui kira-kira kata kunci apa yang paling populer atau banyak sedang dicari.

Walaupun ada persepsi berbeda, antara menulis agar dibaca orang lain dan menulis untuk mencurahkan isi hati tidak peduli mau dibaca atau tidak oleh orang lain. Namun saya yakin bagi Blogger pemula menginginkan tulisannya itu dibaca oleh banyak orang. Intinya setiap akan membuat artikel minimal pikirkan terlebih dahulu kira-kira artikel yang akan dibuat diperlukan orang atau tidak.

11. Terlalu Cepat Mendaftarkan Blog ke Google Adsense (Too Fast to Register Blog to Google Adsense)

Kesalahan blogger pemula biasanya mereka terlalu cepat mendaftarkan blog ke Google Adsense. Ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan blogger pemula. Terlalu terburu-buru tapi tidak sebanding dengan kualitas blog itu sendiri.

Karena blog memiliki beberapa persyaratan untuk diterima oleh Google Adsense, namun dari beberapa persyaratan yang paling menentukan sebuah blog untuk diterima oleh adsense adalah kualitas isi blog atau artikelnya. Untuk persyaratan pendukung lainnya cukup mudah dilakukan.

Persyaratan lain yang dimaksud adalah

  • Blog itu hidup, maksudnya jangan sampai blog tersebut terkesan mati, tidak adanya aktivitas di dalamnya. Terlebih jika blog tersebut lama tidak mempublikasikan postingan baru. Tentu kesempatan blog untuk diterima Adsense akan semakin rendah.
  • Hubungannya dengan niche blog. Pilih niche blog yang akan lebih mudah untuk kamu kerjakan. Dengan berfokus pada satu niche di awal membangun sebuah blog, akan memiliki peluang lebih besar untuk diterima oleh Google Adsense daripada banyak niche. Nantinya kamu bisa menulis niche lain setelah blog diterima oleh Google Adsense.
  • Jika menggunakan subdomain blogspot, maka akan berlaku umur blog minimal 6 bulan. Tepatnya menunggu sampai muncul tombol untuk mendaftar Adsense. Sedangkan untuk wordpress sebab tidak bisa didaftarkan dengan versi gratisnya maka harus dengan TLD (Top level domain). Dalam website di Approve Google Adsense di nilai dari segi kualitas secara keseluruhan bisa cepat dan bisa membutuhkan waktu yang lama.
  • Navigasi blog harus jelas yang akan memudahkan pengunjung blog untuk berpetualang di dalamnya. Jangan memasang widget yang kurang penting, yang terkadang malah menurunkan kinerja (Performa) blog itu sendiri.
  • Blog harus ada hal-hal yang mendasari blog itu sendiri yaitu adanya halaman kontak, tentang, & kebijakan privasi.
  • Blog harus sudah terindeks Google dengan mendaftarkan blog di Google Search Console
  • Adanya konten blog, memang tidak ada aturan pasti berapa artikel supaya blog bisa diterima Google Adsense, namun akan lebih baik perbanyak dulu artikel selama menunggu umur blog mencapai 6 bulan.
  • Adanya traffic blog, ini juga sama tidak adanya aturan pasti berapa pengunjung blog untuk bisa diterima adsense. Namun bisa diambil kesimpulan semakin tinggi traffic berarti semakin besar peluang untuk diterima Google Adsense. Setidaknya blog ditiap harinya ada lalu lintas pengunjung.

12. Not Promoting Blog (Tidak Mempromosikan Blog)

Di sinilah kesalahan blogger pemula setelah memiliki situs blog tanpa mempromosikan situsnya ke ruang yang lebih luas. Padahal cara ini akan sangat membantu blog kamu untuk dikenal oleh banyak orang, baik dari orang terdekat maupun kepada siapapun yang belum kamu kenal sebelumnya. Cara ini merupakan cara terbaik yang perlu diterapkan secara konsisten. Ini adalah cara tepat untuk mendapatkan manfaat dari memenuhi kebutuhan informasi orang-orang di berbagai belahan dunia (Neighbors Between Countries).

Mempromosikan situs blog itu penting selain membuat website/blog lebih cepat dikenal banyak orang, juga akan berdampak besar pada kepercayaan mesin pencari seperti Google, Bing, dan lainnya terhadap website yang mereka kelola. Effect di atas tentunya akan menjadi acuan bagi masyarakat untuk mengambil segala informasi yang mereka butuhkan, baik itu untuk mencari informasi terbaru, hiburan, belanja dan lain sebagainya.

Kamu bisa berpromosi dengan mempublikasikan website/blog menggunakan media sosial yang ada. Memaksimalkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Instagram, dan lain sebagainya. Hal itu akan sangat memiliki potensi dalam kamu membangun sebuah blog. Menunjukan diri pada mereka bahwa menganggurnya kamu lebih bermanfaat dari apa yang dikerjakan kebanyakan orang & lebih berharga dari apa yang orang lain lakukan. Luarbiasa !😁 Amazing !.

Selamat Mencoba, , ,

Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga :

2 komentar

  1. Mantap !
  2. thank you for visiting