Translate

Cara Supaya Artikel Masuk Page One atau Halaman Pertama (1)

Cara Supaya Artikel Masuk Page One atau Halaman Pertama (1)

Nirwana Tunggal
- Ada beberapa cara, konsep, tips, bahkan trik agar sebuah website dan artikel bisa masuk page one dan/ menduduki posisi peringkat atas di berbagai search engine (Mesin pencari) seperti Google, Bing, Yahoo!, Duckduck.go dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan semua itu tidak semudah membalikkan tangan apalagi hanya sebuah angan-angan didalam pikiran saja. Semua itu dibutuhkan banyak pemahaman umum dan khusus tentang memahami cara kerja pada search engine yang berhubungan langsung dengan crawling, indexing, ranking website, juga kualitas nilai "keunikan" artikel di dalamnya.

Kenapa dan mengapa sebuah website dan artikel sangat penting untuk bisa masuk page one atau menduduki peringkat pertama (1) adalah dari kemungkinan pasti dari potensi trafik tinggi untuk bisa mendapatkan banyak pengunjung pada sebuah website melalui postingan (konten) artikel yang disajikannya. Kecenderungan mayoritas pencari informasi secara keseluruhan akan melihat dan membaca pada website dan artikel yang menempati halaman pertama/page one paling tidak hanya membalik halaman berikutnya 2 sampai 3 setelahnya.
 
Maka tidak heran jika para pengguna website dari institusi, perusahaan maupun individu perorangan akan saling bersaing (berlomba-lomba) untuk dapat menempati/masuk halaman pertama bahkan untuk menjadi ranking no.1 di semua mesin pencari, terutama Google yang paling populer di dunia yang digunakan oleh sebagian besar orang. Masyarakat Dunia. Pengunjung pasti akan merasa malas untuk mencari informasi yang mereka inginkan, mereka harus melakukan hal-hal yang membuatnya ribet, menyulitkan kecuali ada kepentingan lain dari informasi yang mereka cari seperti menemukan ketidakpuasan atau unsur lain dalam artikel yang mereka cari tersebut.

Di sinilah kunci dari bagaimana mengelola atau membuat website dan artikelnya supaya masuk ke halaman pertama (page one) adalah dari pemahaman yang jelas dan rinci tentang cara kerja dan fungsi mesin pencari yang memberikan banyak informasi berdasarkan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna atau banyak pengguna internet (Information seeker). Fungsi ini disesuaikan dengan cara kerja mesin pencari, dengan langkah-langkah seperti mendaftar/indexing/recording (biasa disebut crawling) pada situs-situs di internet.

Agar lebih mudah dipahami, mesin pencari adalah program yang mencari dan mengidentifikasi dari banyak informasi dalam database khusus yang cocok dengan kata kunci (Keywords) yang dimasukkan oleh satu pengguna atau beberapa pengguna dalam lingkup secara luas.

Jadi pengguna website akan selalu mengutamakan mesin pencari terbaik yang digunakan kebanyakan orang. Semakin baik mesin pencari (Search engine) akan semakin relevan informasi yang ditampilkannya. Agar masyarakat tahu bahwa mesin pencari menggunakan jaringan internet yang tepat sasaran bagi semua orang. Baik ketika pengguna internet mengaksesnya maupun yang berhubungan langsung dari mesin pencari dalam menggali berbagai informasi tentang konten website di seluruh dunia.

Memahami Cara Kerja Mesin Pencari (Search Engine)

Cara kerja mesin pencari melalui 3 tahap utama yang telah disebutkan sebelumnya yaitu : Perayapan (crawling), Peng-indeks-an (indexing), dan Peringkat (ranking).

1. Perayapan (Crawling)/Merangkak
Pertama, cara kerja mesin pencari adalah melakukan proses mengumpulkan data/pengumpulan berbagai data untuk disimpan dalam databasenya. Pada tahap pertama ini dilakukan bahkan sebelum pengguna mengakses pada mesin pencari di situs web.

Tahap perayapan dilakukan oleh apa yang disebut Robot dari mesin pencari (crawler) yang akan menjelajahi berbagai situs web di seluruh dunia dan mencari konten baru untuk dikumpulkan dalam database. Tentunya pada tahap ini mesin pencari selain melakukan crawling (perayapan) juga akan mencari berbagai konten ter-update dan menyimpan versi terbaru dari konten tersebut.

Namun perlu diingat bahwa, mesin pencari tidak akan menyimpan konten versi asli. Perayap hanya akan mengikuti tautan demi tautan di situs web. Tautan ini mencakup artikel, dokumen PDF, gambar, video, dan sebagainya.

Seaech engine sebenarnya adalah mesin otomatis yang akan selalu mencari konten terbaru pada sebuah website yang sudah terdaftar di mesin pencari tanpa harus melakukan URL Inspection artikel (Inspeksi URL). Namun akan lebih cepat dan khusus jika artikel dilakukan dengan cara manual yaitu dengan melakukan Inspeksi URL pada webmaster tool di search engine.

2. Peng-indeks-an (Indexing)
Proses dilanjutkan dengan tahap kedua, setelah banyak informasi tersimpan di database, mesin pencari akan melakukan proses yang kita kenal dengan istilah “indexing”, (Pengindeksan).

Tahap ini merupakan proses yang akan mengelompokkan berbagai informasi menurut kategori yang sama pada suatu kata kunci (keywords). Tujuan dari mesin pencari adalah untuk memudahkan menampilkan hasil ketika diminta (diakses) oleh pengguna layanan internet di seluruh dunia.

Kategori dalam proses peng-indeks-an dapat mencakup banyak hal termasuk bahasa yang digunakan, lokasi pencarian, dan sebagainya. Dengan cara ini, proses pencarian pada database dapat dilakukan dengan cepat. Hal ini dikarenakan mesin pencari hanya perlu mencari total data yang dimiliki dan hanya menampilkan hasil dari setiap permintaan pencari informasi yang dibutuhkan setiap pengguna.

3. Peringkat (Ranking)
Tahap ketiga terakhir adalah mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian secara berurutan. Proses ini disebut dengan peringkat (ranking)

Walaupun search engine dapat memberikan hasil hingga jutaan artikel, namun pada kenyataannya 95% pengguna internet hanya akan melihat hasil yang muncul di halaman pertama (Page one). Sehingga sangat perlu untuk membuat artikel berada di posisi halaman 1 minimal artikel dapat masuk berada pada rangking 5 halaman atau 50-100 hasil ranking teratas di mesin pencari.

Pada tahap ini mesin pencari berusaha menampilkan hasil terbaik dan paling relevan di halaman pertama (Page one), dengan penilaian ranking. Bayangkan jika satu pengguna atau banyak pengguna tidak dapat menemukan informasi yang dibutuhkannya, maka mesin pencari tidak lagi dapat diandalkan oleh orang yang membutuhkan informasi secara relevan dan up to date.

Cara Website Masuk Page one atau Menduduki Posisi Halaman Pertama (1)

Sebelum melangkah lebih jauh, harus terlebih dahulu memahami apa itu website. Situs web (bahasa Inggris: website) adalah kumpulan halaman web yang saling berhubungan pada domain atau subdomain yang terletak di World Wide Web (WWW) di Internet.

Terlebih dalam membangun dan mengelola sebuah website dengan tujuan Business, website yang berada di page one (Halaman pertama) dari hasil yang ditampilkan oleh mesin pencari (Search engine), merupakan faktor penting dan krusial bagi pertumbuhan bisnis. Maka diperlukan upaya untuk memaksimalkan dan meningkatkan optimasi mesin pencari (SEO) pada sebuah website untuk bisa masuk page one.

Cara untuk sebuah situs web dapat berada pada posisi halaman pertama sebenarnya bukan hal yang sulit, hal ini akan berbeda jika menginginkan artikel untuk bisa menempati halaman pertama. Meskipun hal itu saling berhubungan atau saling mendukung satu sama lain dari sebuah konsep dalam menata kekuatan (SEO) sebuah website yang terhubung antara alamat Domain dan Subdomain.

Cara termudah terletak pada nama domain sebagai faktor utama. Nama domain yang unik tanpa ada kembaran dan tidak adanya kemiripan nama akan memudahkan mesin telusur untuk merayapi dan mengindeks. Karena nama domain akan menjadi faktor penentu, termasuk subdomain didalamnya. Tapi ingat, hal itu terjadi setelah website didaftarkan pada webmaster pada mesin pencari, seperti website sudah didaftarkan pada Google Search Console.

Hal-hal pendukung lainnya yang tidak kalah penting untuk sebuah website masuk halaman satu antara lain kecepatan Website, umur Website, Mobile friendly (ramah atau responsive di perangkat mobile (Seluler), optimasi script Website, SSL, Struktur Template, dan lain-lain.

Jika website sudah lengkap dari hal-hal yang disebutkan di atas, bisa dipastikan sebuah website akan berada di page one dari hasil yang ditampilkan oleh mesin pencari (search engine).

Disamping itu, untuk membuat website terlihat lebih profesional saat ditampilkan di search engine, maka perlu juga mengatur sitelink pada sebuah website. Namun disini tidak akan dibahas panjang lebar. Artikel ini akan lebih fokus membahas bagaimana artikel bisa masuk halaman satu (Page one). Setelah mempelajari tentang fungsi dan cara kerja mesin telusur, Mungkin sudah menemukan strategi baru tentang cara membuat situs web akan lebih ramah pada search engine.

Cara Membuat Artikel Page One di Search Engine

Cara, konsep, tips, bahkan trik agar sebuah artikel bisa masuk page one atau berada di posisi halaman 1 (satu) di berbagai search engine (Mesin pencari), baik pada Google, Bing, Yahoo!, Duckduck.go dan lain sebagainya. Namun tetap saja Google masih menjadi primadona popularitas masyarakat umum dunia dalam mencari informasi.

Artikel untuk dapat menempati peringkat yang baik memerlukan beberapa strategi, seperti bagaimana cara, tips dan konsep yang seimbang saat menulis artikel yang huhungannya dengan SEO (Search Engine Optimization)/Optimisasi mesin pencari.

Meskipun kembali kepada situasi sebenarnya, dan hal ini harus diterima kenyataanya. Artikel bisa berada di halaman pertama dipengaruhi oleh banyak faktor penentu, seperti sewa domain, hosting, tukar backlink, promosi blog/website dengan google adwords, beli backlink premium untuk website dan lain-lain.

Kedua, sebuah artikel bisa berada di halaman satu (page one) seperti yang dijelaskan, dipengaruhi oleh banyak faktor, juga dari penilaian positioning di search engine. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya orang yang mengeksplorasi kebutuhan akan informasi yang lebih mendalam dan detail. Istilah ini diidentifikasi oleh fitur yang disebut carousel atau Knowledge Panel di setiap mesin pencari.

Jadi tidak bisa semerta-merta terletak pada kekuatan SEO artikelnya. Namun kabar baiknya adalah ketika sebuah artikel dibumbui dengan SEO yang tepat kalaupun tidak bisa masuk page one, setidaknya bisa masuk halaman 2,3, dan 4 atau mendapatkan ranking 50-100 teratas di pencarian (Search engine). Tidak jarang membuat artikel dengan SEO yang tepat dapat mencapai posisi ranking 1 pada search engine atau beberapa search engine dan dapat bertahan lama bahkan untuk beberapa tahun kedepan.

Disinilah pertarungan kompetitif yang sesungguhnya tanpa harus bersaing dengan mengeluarkan banyak uang untuk memperebutkan posisi atau menggeser kompetitor di search engine yaitu dengan memaksimalkan SEO artikelnya. Cara ini akan sangat bagus diterapkan khususnya bagi Blogger pemula.

Tips dan Cara Artikel Masuk Page One atau Halaman Pertama
  1. Memilih Judul yang Tepat Sasaran
  2. Artikel Asli dari Self-Creativity
  3. Grammer bahasan yang Benar Sesuai Kaidah
  4. Choosing the Right Keywords ( Penargetan Kata Kunci)
  5. Gambar Menarik dan Relevan
  6. Backlink
Penjelasan

1. Memilih Judul Artikel yang Tepat Sasaran (Choosing the Right Article Title)

Pertama cara supaya artikel masuk halaman satu (page one) poin utama yang perlu diperhatikan adalah judul yang digunakannya. Pemberian judul pada sebuah artikel melenceng sedikit saja akan sangat mempengaruhi kualitas kekuatan SEO. Judul artikel juga menjadi kunci utama untuk menarik pembaca, dengan membuat judul yang unik dan tidak terlalu panjang akan memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak orang.

Judul yang unik dan memiliki daya/energi positif atau negatif akan menimbulkan kesan penasaran bagi orang yang berselancar di dunia maya. Namun, sangat tidak disarankan untuk membuat judul artikel yang berbau negatif walaupun kamu melakukannya, isi artikel tetap memberikan hal-hal yang positif.

Maka setiap kali akan membuat artikel, pikirkan lebih matang untuk memberikan judul yang seunik mungkin dengan beberapa riset yang kamu gunakan. Judul itu penting dan memang istimewa. Meskipun isi daripada artikelnya bagus dan lengkap dengan informasi yang dimasukkan, namun jika judulnya tidak berimbang tentu bukan lagi hal yang baik, apalagi jika ingin postingannya itu dibaca oleh banyak orang.

Untuk lebih mudah dipahami cara artikel bisa masuk page one (ranking atas) seperti yang sebelumnya disinggung diawal paragraf yaitu Ada beberapa cara, konsep, tips, bahkan trik yang perlu diterapkan agar sebuah artikel bisa masuk page one/menduduki halaman 1 (satu) di berbagai search engine (Mesin pencari).

Cara dan tipsnya adalah selalu meletakkan kata kunci di bagian-bagian artikel secara keseluruhan, baik dalam judul, permalink, dan paragraf. Perlu diingat bahwa pemberian kata kunci yang terlalu banyak (Over) juga akan berdampak buruk, bahkan dianggap spam atau dikecualikan oleh mesin pencari.

Jadi penandaan kata kunci (keyword) pada artikel juga harus bijak dalam artian kata kunci tersebut tidak mengurangi cara dan kualitas artikel saat nanti dibaca oleh orang lain. Karena bagaimanapun yang disebut artikel berkualitas adalah bentuk penyampaian yang mudah dipahami oleh kebanyakan orang, mereka membutuhkan informasi daripada diajak untuk memikirkan makna dari tulisan yang mereka baca. Kecuali jika jenis tulisan yang kamu buat adalah jenis tulisan seperti artikel kreatif, puisi, manuskrip, opini dan sejenisnya.

Judul artikel yang unik juga menjadi bagian dalam menentukan siapa target pembacanya, maka judul artikel harus dibuat yang memiliki target tepat sasaran.

Keunikan judul artikel juga menjadi bagian dari penentuan siapa target pembaca dari segi usia dan profesi seseorang, sehingga judul artikel harus tepat siapa yang akan menjadi fokusnya.

Misalnya dengan judul artikel.

"Langkah-Langkah Menjadi YouTober Games"

"Langkah-Langkah Belajar Menulis Untuk Anak SD"

Dari contoh di atas, tentu saja sudah dipahami bahwa judul itu memiliki target yang berbeda meski membahas topik kesamaan.

2. Artikel Asli dari Self-Creativity (Original article without copying other people)

Selanjutnya agar artikel page one atau menempati urutan teratas adalah membuat artikel seoriginal (asli) mungkin dari kemampuan sendiri dari pengetahuan yang sudah ada dan didukung dengan berbagai referensi yang digunakannya. Isi artikel merupakan poin penting setelah judul yang perlu diperhatikan agar artikel dapat menempati halaman yang baik di search engine.

Setiap orang memiliki gaya dan penjiwaan (roh) yang berbeda dalam membuat artikel. Jadi beranikan diri kamu untuk menunjukkannya kepada dunia yang lebih luas. Selain itu, kita harus menyadari bahwa tulisan yang baik, berkualitas, dan bermakna adalah tulisan yang dibuat berdasarkan kekuatan cinta. Baik itu cinta terlarang, cinta dalam diam, ataupun cinta secara alami yang harus kamu pertahankan.

Untuk berpikir copy-paste itu buruk, bahkan jika seseorang menyarankan itu berarti dia tidak memiliki belas kasihan (hormat) untuk orang lain dan kurangnya niat dalam menulis, itu mungkin hanya ambisi belaka untuk mencapai sesuatu yang dia inginkan. Hal seperti itu masih sering terjadi pada para pengguna blogger. Padahal kamu harus tahu bahwa menjadi seorang blogger berarti cukup berani untuk menunjukkan keahlian kamu, kepiawaian kamu dalam menulis.

Semakin banyak postingan ORI yang kamu buat maka search engine akan lebih cepat membaca (mengindeks). Bahkan jika itu tetap dilakukan dalam jangka panjang website serta artikelnya akan lebih terpercaya dan dapat bersaing di halaman pencarian dengan cepat.

Mulai sekarang atau setelah membaca artikel ini, jangan berpikir untuk mencuri artikel orang lain lagi, lakukan apa yang kamu bisa. Kamu akan lebih baik jika menjadi dirimu sendiri. Ingat baik-baik.

Ada cara untuk belajar menulis lebih mudah yaitu dengan membaca lebih banyak tentang karya seorang penulis. Karena akan mempengaruhi tatanan gramatikal bahasa dan meningkatkan keterampilan berbicara.

Banyak blogger senior menyarakan untuk membuat artikel yang berkualitas adalah seperti menulis dari pengalaman pribadi, yaitu jenis tulisan yang menambah rasa percaya diri terhadap pengalaman kamu/mereka selama ini. Apalagi jika website ingin cepat diterima oleh Google Adsense, sebaiknya membuat artikel dengan memilih atau menargetkan topik tertentu.
 
Bingung mau menulis apa? Coba baca artikel dibawah ini.
3. Grammer bahasan yang Benar Sesuai Kaidah (Correct grammar according to the rules)

Selanjutnya cara membuat artikel berada di halaman teratas (page one) adalah dengan belajar menulis sesuai kaidah penulisan sesuai aturannya, baik dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan sebagainya.

Apapun bahasa yang digunakan dalam menulis, semuanya harus dengan pedoman penulisan. Misalnya, jika kamu ingin menulis artikel dalam bahasa Indonesia, harus mengikuti pedoman penulisan dalam PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia).

Sedangkan jika menggunakan bahasa Inggris, harus mempelajari tata bahasa Inggris sebagai aturan yang menggambarkan struktur ekspresi dalam bahasa Inggris, termasuk struktur kata, frasa, klausa, dan kalimat. Juga beberapa variasi pada sejarah, sosial, budaya dan wilayah bahasa Inggris. Menulis tulisan yang tidak sesuai dengan kemampuannya seperti bahasa Inggris akan lebih sulit. Meski sudah ada beberapa alat canggih sebagai pendukung, minimnya kemampuan bahasa Inggris tentu akan menjadi masalah baru.

Jadi dalam hal ini adalah pilihan bagi kamu, apakah ingin menulis dalam bahasa Nasional atau Go Internasional. Karena saya tidak tahu seberapa besar kemampuan dan seberapa yakin kamu dalam membuat artikel untuk sebuah website. Namun sedikit saran khusus untuk orang yang baru mengenal dunia blogging adalah menulis dalam bahasa yang mudah untuk kamu lakukan.

Untuk tujuan apa? Ketika kamu menjadi seorang penulis, poin utamanya adalah struktur kalimat di setiap paragrafnya, yang mempengaruhi mesin pencari karena mesin pencari lebih menyukai kata-kata yang terstruktur.

4. Choosing the Right Keywords ( Penargetan Kata Kunci)

Tahap lebih lanjut agar artikel page one/menduduki peringkat atas adalah dengan Choosing the Right Keywords (Penargetan Kata Kunci). Selain membuat judul yang tepat, dalam membuat artikel yang berkualitas perlu dilakukan beberapa riset kata kunci yang langsung fokus pada suatu target. Seperti artikel yang dibuatnya diperuntukan hanya untuk kalangan Business, Investment, Technology, Automotive, Tourism, Gaming, dan lain sebagainya.

Pembuatan artikel yang tepat sasaran cara pertama (1) dan termudahnya adalah setiap akan membuat artikel pikirkan kira-kira artikel yang akan dibuat itu dibutuhkan orang apa tidak atau banyak dicari orang apa tidak.

Yang kedua (2) pembuatan artikel yang tepat sasaran (target) dengan menggunakan berbagai tool yang bisa digunakan untuk melakukan riset keywords, dan itu akan cukup membantu dalam langkah-langkah pembuatan artikel.

Beberapa Tools yang Dapat Digunakan untuk Riset Kata Kunci
  • Google Keyword Planner
  • Google Trends
  • Ubersuggest
  • Soovle
  • Semrush
  • Dan lain-lain
Itulah beberapa tools yang bisa kamu gunakan saat membuat artikel dengan pemilihan kata kunci yang tepat dan juga mudah digunakan. Pilih salah satu yang akan cukup membantu kamu dalam membuat artikel masuk page one, khususnya Google yang paling populer.

Khusus untuk pemula, selain belajar menempatkan kata kunci di artikel yang kamu buat, juga akan efektif untuk menerapkan apa yang disebut kata kunci "Long tail keyword" atau kata kunci ekor panjang. Long tail keyword adalah kata kunci yang spesifik, detail atau kecil volumenya, sehingga tingkat persaingannya cenderung lebih rendah. Ini akan sangat membantu dalam mesin pencari menentukan kekuatan SEO dari sebuah situs web baru. Dan tentunya akan lebih memudahkan artikel untuk berada di page one dalam pencarian.

5. Gambar Menarik dan Relevan (Relevant images and own products)

Seberapa pentingkah gambar yang relevan dalam sebuah artikel? bisa dibilang cukup membantu dalam artikel SEO. Jika menulis tentang artikel SEO, namun gambar yang digunakan malah dengan beberapa tusuk sate ayam lengkap dengan asap putih yang harum. Apakah itu terlihat bagus dan relevan?😁

Gambar yang relevan juga memiliki kemampuan untuk menarik seseorang yang melihat sekilas di internet. Jadi sesuaikan gambar yang bagus di artikel setiap kali kamu membuat konten artikel.

Menambahkan gambar di setiap posting artikel situs web membantu 10% hingga 30% untuk mencapai page one dalam pencarian. Semakin lengkap apa yang kamu sajikan, termasuk gambar, foto, dan beberapa foto pendukung, semakin baik SEO artikel tersebut.

Namun idealnya gambar yang disertakan dalam artikel tidak boleh terlalu berlebihan, terutama antara artikel dan gambar, malah lebih banyak gambarnya, cukup 1, 2, 3 saja. Kecuali kalau diskusinya semacam tutorial. Mungkin bisa menerapkannya.

Gambar yang kamu pasang juga tidak boleh asal comot saja dari situs lain, dikhawatirkan gambar atau foto tersebut memiliki hak cipta. Tantu itu akan berdampak buruk pada blog yang kamu kelola. Gambar dapat menggunakan produk kamu sendiri atau menggunakan gambar gratis yang bebas dari hak cipta.

Untuk gambar gratis kamu bisa mengambilnya di situs pixabay.com. Atau juga bisa langsung mengambilnya di google dengan screenshot lalu mengeditnya di Paint atau Photoshop. Dan untuk menambah blog kamu bagus dan dipercaya sertakan juga link darimana gambar itu diambil.

6. Backlink

Cara terakhir agar artikel bisa masuk page one adalah dengan memperbanyak backlink yang mengarah ke artikel yang kamu buat. Cara ini bisa dilakukan secara gratis atau berbayar. Tapi ada baiknya mencari alternatif tanpa harus mengeluarkan uang. Apalagi website belum banyak artikelnya, terlalu fokus pada backlink dengan uang adalah kerugian yang bisa jadi merupakan kesalahan yang tidak segera disadari.

Karena aliran keuangan masuk dan keluar pendapatan website belum seimbang. Namun, ini khusus untuk pemula, tetapi untuk situs web yang sudah besar menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan banyak backlink, itu tidak masalah, itu benar-benar perlu dilakukan. Bahkan tanpa membeli website yang sudah terkenal dan terpercaya akan mendatangkan banyak backlink dengan sendirinya.

Bagaimana cara membangun backink yang bagus?

Bahasa Inggris : Backlink website (Tautan balik situs web) didasarkan pada 2 bagian saja
  1. Backlink Internal
  2. Backlink Eksternal
Penjasan

1. Backlink Internal
Backlink internal adalah tautan yang mengarah dari satu halaman ke halaman lain di situs web yang sama. Backlink ini bertujuan untuk memperkuat atau mendongkrak SEO pada website secara mandiri.

Backlink internal adalah salah satu cara untuk membantu crawler mesin pencari untuk merayapi halaman-halaman sebuah situs. Tautan internal juga menjadi alasan pengunjung situs web menemukan berbagai informasi relevan lainnya. Tentu hal ini akan membuat pengunjung betah berlama-lama di sebuah situs. Internal link pada sebuah website/blog merupakan bagian penting untuk meningkatkan SEO website (Search Engine Optimization).

Kegunaan lainnya adalah untuk meningkatkan visibilitas konten pada website, semakin lama website pasti akan terus bertambah artikel, bisa jadi beberapa artikel tenggelam dalam pencarian. Disinilah manfaat backlink internal menjadi bagian penting yang harus diterapkan pada sebuah website.

Contoh Backlink Internal, dibawah ini.
2. Backlink Eksternal
Backlink eksternal adalah tautan yang dilampirkan ke artikel dan mengarah ke situs web lain atau berbeda. Backlink ini memiliki fungsi yang sama untuk memperkuat atau mendongkrak SEO di halaman artikel dengan bantuan website lain yang lebih baik. Cara ini juga dinilai paling efektif untuk membuat artikel berada di page one.

Sampai disini perlu ditegaskan kembali bahwa backlink eksternal yang baik adalah dari website yang memiliki otoritas tinggi di search engine. Terlalu banyak backlink dari luar tetapi tidak berkualitas juga akan berdampak buruk pada sebuah blog, yang disebut dengan spam.

Cara mendapatkan backlink yang bagus atau berkualitas cara instan dan cepat adalah dengan membelinya. Namun tentunya bagi pemula yang baru terjun ke dunia blogging, menghabiskan uang pada tahap belajar juga merupakan hal yang kurang baik.

Cara lain yang bisa kamu coba adalah dengan saling bertukar backlink sesama pengguna website/blogger, atau dengan konsep dan trik membuat artikel yang bermanfaat bagi banyak orang agar artikel tersebut banyak dibagikan oleh pembaca baik melalui media sosial atau website orang lain sehingga artikel mendapatkan backlink yang bagus dan berkualitas.

Itulah pembahasan cara bagaimana website dan artikelnya dapat berada di page one atau mendapat peringkat atas pada search engine baik Google, Bing, dan lainnya.

Salam sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga :

Posting Komentar