Translate

Strategi dan Langkah Awal Menjadi YouTuber



Nirwana TunggalDisini saya tidak akan membahas cara atau step by step cara membuat channel YouTube, cara upload, setting dan lain-lain. Namun kali ini akan membahas jalan terang menuju sukses sebagai YouTuber (YouTobe). "Ini akan seperti senter di malam hari untuk memandu jalanmu". Kurang lebih begitu.

Strategies & First Steps to Becoming a YouTuber

Apapun yang dilakukan untuk mencapai target yang diinginkan, semuanya membutuhkan pengorbanan, tidak ada kesuksesan tanpa proses kerja keras yang harus dilalui. Mengingat pesan motivasi yang fenomenal, yaitu menerima apa yang sudah kita miliki, pada akhirnya menjadi alat yang dikorbankan apapun bentuknya untuk mengambil sesuatu yang lebih baik.

Accept what we already have, in the end it becomes a sacrificed tool whatever its form to take something better.

Pesan ini selalu melekat dan menjadi salah satu prinsip hidup saya. "Ada risiko yang harus diambil, tapi menurut saya itu pantas dan layak dilakukan karena hidup yang tidak pernah dipertaruhkan tidak akan pernah dimenangkan, untuk mencoba hal baru dan mencoba sesuatu yang lain yang terkadang kita harus mempertaruhkan apa yang kita punya", kata Mbak Nana.

"There is a risk that must be taken, but in my opinion it is natural and worth doing because a life that is never at stake will never win, to try new things and try other things sometimes we have to risk what we have, "said Mbak Nana.

Kalimat itu adalah bagian penting di mana seseorang menyusun tujuan apapun dikorbankan dan diganti seperti yang kita harapkan, termasuk ketika seseorang ingin bergelut di dunia YouTube, menjadi YouTuber.

Pemahaman Umum

Berbicara tentang YouTube (YouTuber) atau seorang creator video tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita, apalagi menjadi pembahasan yang menarik & special. Namun, diskusi yang didasarkan pada nilai "Kemanfaatan" tidak akan lekang oleh waktu dan tergerus oleh berbagai persoalan. Kembali ke pembahasan menjadi seorang YouTuber, mereka bisa meraih kesuksesan melalui YouTube, sebut saja YouTuber sukses!.

Dari informasi yang sering kita dengar yang terkadang membuat hati sedikit resah, juga mengoyak pikiran, apakah YouTube sebagai seorang creator video benar adanya bisa menghasilkan puluhan bahkan ratusan juta perbulan. Sangat menggiurkan bukan!? Apakah Anda tertarik untuk melakukannya?

Kesuksesan mereka didapat selain dari product endorsement, sponsor, dan yang paling populer adalah dari google adsense atau layanan program kerjasama periklanan media internet terbesar di dunia. Jika channel YouTube sudah diterima oleh Google Adsense, maka sejak itu channel YouTube bisa menghasilkan lembaran-lembaran new (
Money).

Dan untuk meningkatkan penghasilan anda dari YouTube, perlu strategi khusus dalam pembuatan konten video, Inilah tahap awal menjadi YouTober (Initial strategy to become a YouTuber) semakin menarik dan berkualitas konten video yang anda buat, semakin banyak uang yang akan anda hasilkan setiap waktu, jam, hari, bulan dan tahun (Sustainable financial income).

Selain itu, pembuatan konten video juga harus bebas dari segala bentuk konten yang dilarang oleh kebijakan Google. Konten yang dibuat harus bebas dari pelecehan, ujaran kebencian, kekerasan, berbahaya/berisiko tinggi, cyberbullying, dan bebas dari organisasi kriminal atau kelompok pendukung tertentu. Jadi dalam membuat konten video, Anda harus tetap berpegang pada aturan/kebijakan yang dibuat oleh Google sendiri.

Tapi tunggu dulu guys, ternyata menjadi seorang YouTober tidak semudah yang kamu kira, seperti yang kamu lihat dan dengar dari berbagai media massa. Tentu semua itu bisa kita lihat dari berapa banyak orang sukses melalui youtube dan berapa banyak orang gagal melalui YouTube, puluhan ribu orang sukses dengan YouTube dan jutaan orang yang gagal dengan YouTube. Banyak dari mereka karena tidak mempelajari & tidak mengerti akhirnya mengundurkan diri, padahal seharusnya tidak dilakukan.

Kita semua tahu bahwa dengan maraknya dunia YouTube (YouTube channel user), peluang menjadi YouTuber sukses akan semakin kecil, tapi bukan berarti tidak bisa. Hanya saja kita harus bersaing dengan ratusan ribu channel bahkan jutaan channel YouTube.

Disinilah kita harus memulai seberapa besar kita ingin menjadi YouTuber sukses, kita harus bersaing secara kompetitif dan bijak dengan puluhan bahkan ratusan channel YouTube dan tidak menutup kemungkinan dari banyaknya channel tersebut dengan konten dan pembahasan yang sama atau mendekati kemiripan pada topik. Sederhananya tentang diskusi konten serupa atau mirip, seperti tutorial, keindahan alam, guru bahasa, eksperimen, cerita horor, film pendek, pemeran lagu, podcast, perjalanan, game, atau lainnya.

Lalu bagaimana caranya? mungkin bisa dijawab singkat, "Gampang!", seseorang pasti punya skill (Keahlian) sendiri. "We have our own color".

Tunjukkanlah skillmu lewat YouTobe, bingung dengan skillmu apa? sebenarnya bukan bingung skill Anda, tapi bingung memulainya darimana.

Seperti ini gambarannya, jika Anda punya skill memasak ya buatlah sebuah channel YouTobe dengan isi tutorial memasak, punya skill tukang ya buatlah tutorial tentang pertukangan atau mungkin suka melawak buatlah channel yang dapat membuat orang lain tertawa, begitu mudahnya bukan?. Apalagi kita sering mendengar sebuah ungkapan ditelinga bahwa, "Rezeki tak akan kemana" (Luck is not going anywhere). You understand right?

Maka dengan apa yang sudah dijelaskan diatas, tentu sedikitnya sudah memahami. Maka jika sudah tahu skillmu, "Beraksilah/action tunjukkan keahlianmu lewat YouTobe", sesuai bakat yang ada dan yakin kamu merasa bisa melakukannya untuk itu.

Sedikit menambahkan bahwa tidak ada cara yang praktis, jalan pintas untuk menjadi YouTuber terkenal, apalagi berpikir dengan cara curang yaitu membeli/menambah jumlah subscriber dan view, ada juga yang melalui situs tertentu untuk ambisi, yang pasti salah jalan.

Hindari itu sejauh mungkin, bekerjalah se-orisinal mungkin. Kenapa harus mengatakan demikian, karena hal itu akan berdampak buruk pada diri sendiri juga channel YouTobe yang kamu kerjakan dan tentunya effect-nya akan bertahan sangat lama. Saya tidak akan membahas banyak dari itu. Tapi perlu diketahui, ini semua cara untuk menggambarkan kesenangan sesaat/harapan palsu, Asyik..

Jangan tergiur dengan rayuan statement "Cara menambah ratusan subscribe (Subscriber) per menit". Percayalah Anda telah dibohongi dengan jelas dan mutlak. Mulailah dari membuat konten video Anda yang menarik, konten video yang unik atau berbagai bentuk video diskusi yang bermanfaat tentang karya Anda. Tentunya akan lebih memungkinkan mengundang pemirsa untuk berlangganan channel YouTobe Anda.

Ingat pepatah "Usaha kita tidak akan mengkhianati kita, jika kita menanam dengan baik, kita akan menikmati buahnya", tidak jika kita berperilaku baik, kita akan mendapatkan jodoh yang baik juga, Njir, ,, #Bayangan berlalu

"Remember the saying "Our efforts will not betray us, if we plant well, we will enjoy the fruit", not if we behave well, we will get a good mate too"

Apakah ada cara yang lebih baik dari itu? Yaitu cara dan langkah-langkah menjadi YouTober namun tidak menimbulkan efek samping? Ya! ada!. Cara ini sungguh luarbiasa (Amazing), bagaimana?

Sebelumnya Anda harus sudah paham kalimat ini "Kalau mau jadi YouTuber demi uang, tinggalkan dia (YouTobe).

Previously you should understand this sentence "If you want to be a YouTuber for money, leave him (YouTobe).

Why?

Bagaimana bisa? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tidak ada cara instan untuk mendapatkan "Money" dari YouTobe, ada syarat tertentu yang harus dipahami. Terlebih sekarang YouTube telah memperketat permainan yang diumumkan 16 Januari 2018 sebagai bentuk kepercayaan Google dalam beriklan di channel YouTobe. Itu semua karena banyak saluran menyalin hak cipta orang lain (Copyright claim) yang bukan miliknya. Itu sebabnya YouTobe mengubah semua aturan untuk semua saluran YouTube.

Dalam persyaratan baru tersebut antara lain jumlah subscriber harus sudah mencapai 1000 subscriber dan telah mencapai target 4.000 jam tonton dari total video selama 12 bulan terakhir. Namun itu terlihat lebih praktis & mudah jika melihat persyaratan sebelumnya. Persyaratan ini bisa dibilang lebih ringan dari sebelumnya yang membutuhkan 10.000 jam menonton. Namun di sisi lain, yang memberatkan adalah jumlah subscriber minimal harus 1.000 subsribe.

Apakah itu berarti ketika mencapai target di atas, Adsense dapat langsung menerimanya untuk memasang iklan? Belum tentu, konten harus mematuhi kebijakan dan aturannya yaitu tidak melanggar komunitas yang sudah dideskripsikan, seperti konten yang mengandung unsur pornografi, kebencian atau bahkan konten yang merugikan pihak lain.

Maka dari itu, buatlah konten video yang bermanfaat, sudah pasti ketika konten video Anda bagus, tanpa diundang penonton akan mulai menyukai dan tidak menutup kemungkinan akan banyak yang subscribe. Dan ketika Anda telah mencapai target 1000 pelanggan dan 4.000 jam menonton, jangan ragu untuk mendaftar ke Google Adsense.

Penjelasan Langkah Strategi Menjadi YouTober

A. Pertama adalah strategi & langkah menjadi YouTober sukses yaitu setelah menemukan kesesuaian skill pada diri sendiri yang sudah disinggung diatas. Kemudian dilanjutkan dengan tools (Alat) sebagai pendukung yang juga disesuaikan dengan keadaan financial anda.

B. Kedua Strategi & Langkah awal menjadi YouTober adalah pererat hubunganmu dengan keluarga termasuk keluar besar kamu, sahabat, teman sekolah atau teman kerja.

Selain meminta dukungan mereka, kamu juga membutuhkan dukungan mereka (Subsribe), semakin banyak teman semakin banyak peluang, semakin banyak uang, semakin banyak teman. Kurang lebih demikian maksudnya.

C. Ketiga untuk menjadi YouTober adalah dengan mempersiapkan berbagai alat kebutuhannya khususnya YouTober pemula / Baru membuat channel YouTobe.
  1. Hp berspek lumayan, minimal dengan camera & chipset mumpuni.
  2. Laptop minimal namun dengan performa cukup
  3. Cari aplikasi yang sesuai dengan spek perangkat Anda dan juga mudah dalam pengerjaannya
  4. Buat video dan konsisten upload
  5. Lakukan analisis video yang telah di upload (Published)
Penjelasan

1. Hp Berspek Lumayan, Minimal Kamera & Chipset Mumpuni

Cara menjadi YouTober baru (pemula) hanya dengan hp, hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah hp itu sendiri untuk merekam aktivitas kamu nantinya. Bahkan jika hanya menggunakan perangkat elektronik seperti ponsel, kualitas videonya mungkin akan terlihat bagus.

Lebih optimal lagi jika perangkat tersebut memiliki resolusi kamera yang memenuhi standar dan chipset yang mendukungnya. Untuk kamera, setidaknya bisa merekam dengan kualitas 1080p dan Chipset mininal Snapdrgon 860 atau setara dengan itu baik dari Mediatek, Exynos dan lainnya.

2. Laptop

Walaupun untuk pengambilan gambar video dengan handphone namun untuk melakukan pengeditan sangat diperlukan laptop. Meskipun ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan pada perangkat handphone tetapi ada beberapa kekurangannya, seperti tidak leluasa dalam mengedit video disebabkan layar yang kecil dan hal lainnya.

Maka untuk itu sangat diperlukan laptop untuk menata dalam pembuatan kreatif video. Laptop minimal yang bisa digunakan bisa dengan melihat spek didalamnya. Seperti prosesor mumpuni, Kapasitas RAM, Hardisk dan Kartu Grafis.

Namun untuk lebih memudahkan pemahaman mininal mempersiapkan laptop yang didukung oleh prosesor Intel minimal Core i5-4210U yang hemat daya dipadu dengan kartu grafis Nvidia GeForce 920M, dan minimal RAM 4GB. Untuk merk sendiri bisa disesuaikan yang penting kekuatan performa laptop tersebut minimal yang seperti dijelaskan diatas.

3. Cari Aplikasi yang sesuai dengan spek juga mudah dalam pengerjaan

Perkembangan teknologi sedemikian rupa memungkinkan untuk mengedit dan menghasilkan video melalui layar. Pilih aplikasi yang jago kamu gunakan, mungkin fiturnya tidak selengkap aplikasi di perangkat tinggi. Namun sudah cukup untuk menunjang keperluan pengeditan.

Biasanya juga ada aplikasi edit video berbayar di laptop. Namun, tak jarang juga menemukan yang gratis. Dengan melihat kamu itu masih tergolong baru di dunia YouTube, maka sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi yang simple namun mudah digunakan tanpa harus membelinya, hanya perlu kuota yang cukup untuk mendownloadnya.

4. Buat Video dan Konsisten Upload

Pada tahap ini sangat disarankan untuk mengupload video secara rutin di tahap awal menjadi YouTober (The early stages of becoming a successful YouTuber), Mengapa demikian?

Alasannya karena jika Anda lebih rajin memproduksi konten video dan menjaga kualitasnya dari awal atau bahkan meningkat setiap hari, pasti penonton perlahan akan sadar dengan channel YouTube Anda. Tidak hanya itu, belajar SEO YouTube juga penting, di sini algoritmanya sedikit berbeda.

Namun yang pasti SEO pada YouTobe tidak serumit jika seseorang memilih menjadi seorang penulis Blogger (Website). SEO pada YouTobe cukup dengan memasukan Judul, Deskripsi dan Tag. Selanjutnya tinggal dipromosikan dengan memaksimalkan media sosial yang ada baik Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya.

Ingat dan ini yang terakhir jangan mengundurkan diri tetap belajar dan berusaha membuat konten video yang bagus (Menarik). Minimal kamu bisa upload video 1 kali setiap minggunya. Pertahankan cara seperti itu sampai kamu bisa mendapatkan target minimal, banyaklah pergaulan untuk mendapat dukungan khusunya keluarga dan sahabat dekat.

Bisakah kamu bayangkan jika kamu memiliki keluarga besar berjumlah 30 orang dan siap mendukungnya. Belum lagi teman-teman yang lain yang juga memberikan suport. Mungkin target awal menjadi YouTober akan lebih cepat dari yang Anda kira.

Harap diperhatikan bahwa ketika Anda membutuhkan dukungan orang lain dan mereka sebaliknya. Jadi ketika menonton saluran lain, jangan malu untuk meminta dukungan darinya, komentar juga saling berlangganan. Cari saluran yang memiliki kurang dari 1000 pelanggan. Cara ini juga berpengaruh positif dalam membangun channel YouTobe.

Dan untuk masalah 1.000 subsribe & 4.000 jam tayang bukanlah hal yang sulit. Kamu dapat meminta bantuan dari keluarga dan teman untuk mempromosikan melalui grup tertentu atau media sosial mereka. Dengan minimal 5 video berdurasi 10 - 20 menit dan mempromosikan melalui media sosial tentunya dengan konten video bermanfaat, unik, atau lucu. Sepertinya harapan awal kamu itu akan lebih singkat dari sebelumnya yang tidak terduga.

Di awal menjadi YouTober ada saran menarik untuk kamu coba yaitu di awal jangan terlalu fokus upload, tapi fokus save video. Buat & siapkan banyak video, minimal 5 video. Baru kemudian pada waktu yang ditentukan mulai mengunggah video, 5 video bagus untuk 5 Minggu. Dan di balik itu memikirkan strategi lain atau mencari topik baru bagaimana untuk video selanjutnya, tentunya dengan yang lebih baik lagi.

5. Lakukan Analisis Video yang Telah di Upload (Published)

Inilah cara terbaik melihat bagaimana bahwa saluran YouTobe berada di tempat yang diinginkan? Tentu saja dengan melakukan analisis dari video yang telah diterbitkan dan sudah melakukan promosi dengan media sosial.

Untungnya, YouTube sendiri menyediakan "YouTube Analytics" untuk melihat kinerja video yang telah terbit. Dengan ini akan lebih mudah untuk mengevaluasi dan mempelajari dari segi penonton (Audiens).

Apa yang didapatkan dari memahami kinerja video?

1. Adanya ringkasan (There's a summary)

Didalamnya tentang berapa banyak waktu yang dihabiskan pemirsa untuk menonton video. Bahkan, bisa juga memantau proses naik turunnya jumlah penonton dengan cara membandingkannya dari waktu ke waktu.

2. Pencapaian (Achievement)

Yang didalamnya bisa mengetahui berapa kali video muncul di hadapan calon penonton, berapa banyak orang yang mengklik video kamu, hingga jumlah orang yang menonton video YouTube dalam waktu tertentu.
 
3. Keterikatan (Attachment)

Didalamnya mendapatkan informasi tentang berapa banyak orang yang tertarik dengan video yang selama ini sudah terpublikasi.
 
4. Penonton (Viewer)

Didalamnya dapat mengetahui apakah video YouTube tepat sasaran atau tidak. Termasuk juga akan mendapatkan informasi demografis dari berbagai audiens.
 
5. Pendapatan (Income)

Didalamnya terdapat fitur memungkinkan untuk memeriksa total penghasilan video YouTube (Channel sudah diterima adsense).
 
Setelah mengetahui bagaimana kinerja video atas saluran channel YouTobe Anda, otomatis akan lebih mudah untuk menentukan strategi & langkah mana yang harus diikuti dan darimana yang harus dievaluasi terlebih dahulu. Ini adalah kunci untuk menjadi youtuber sukses.

That's the discussion or key to being a successful YouTuber.

Itulah pembahasan strategi dan langkah awal menjadi YouTober, mungkin setelah membaca artikel ini sedikitnya memberi pemahaman Anda dalam mempelajari langkah awal menjadi seorang YouTober sukses. Maka mulailah tanpa harus menunda-nunda apa yang menjadi sasaran dengan berbagi bentuk kreasi video yang akan Anda berikan pada dunia internet.

Selamat Mencoba, , ,

Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca juga :

Posting Komentar