Translate

Blogger dan YouTobe, Mau Menjadi Penulis atau Creator Video?



Nirwana Tunggal - Pilihan antara Blogger dan YouTobe, mau menjadi penulis blog (Blogger) atau seorang creator video (YouTober)? Nah jika bertanya dalam diri sendiri ingin menjadi seorang Blogger apa YouTober. Sebaiknya jangan terlalu terburu-buru menentukan pilihannya. Kenapa? sebab salah-satunya yang akan menentukan kesesuaian skill dan warna kreativitas seseorang. Jangan sampai salah dalam menentukannya sebelum mengenal secara detail tentang apa itu Blogger dan apa itu YouTobe.

Memilih Blogger atau YouTobe diperlukan beberapa pemahaman, analisa & riset. Termasuk mempelajari sistem yang sudah ditentukan oleh 2 media rakasasa tersebut, yang nanti akan paham secara detail dan mudah dalam proses ketika terjun langsung untuk mengeksekusinya.

Berbicara dunia Blog (Blogger) maupun YouTobe (YouTober) tentunya sudah tidak menjadi hal yang baru, keduanya menjadi aset terbesar pada saat ini. Blogger dan YouTobe juga menjadi trend sendiri diberbagai kalangan diseluruh penjuru dunia baik dari anak kecil sampai orang tua.

Hal ini disebabkan kemajuan teknologi informasi yang sangat luar biasa pesat, tidak jarang orang mengambil langkah sukses dengan melewati salah-satunya. Blog (Blogger) & YouTobe (YouTober) menjadi jalan bagi orang-orang yang ingin menunjukkan kreativitasnya baik dari segi internal maupun eksternal seseorang. Blogger dan YouTobe juga menjadi ladang mengembangkan bakat pada diri setiap individu dan juga sebagai wadah mengasah keterampilan.

Sebelum mengambil keputusan ada baiknya pelajari dan pahami terlebih dahulu apa itu Blogger? dan apa itu YouTobe. Lebih baik menyempatkan beberapa waktu hanya untuk dihabiskan mengenalnya lebih rinci dari keduanya. Dan akan sangat penting mempelajari sistem kemauan Blogger dan YouTobe dari segi aturan dan kebijakan masing-masing. Sebagai contoh jenis konten apa yang baik dan tidak melanggar kebijakan dan lain sebagainya.

Pengenalan Umum Blogger & YouTobe

Blogger dan YouTobe adalah tempat dalam seseorang ingin mengabadikan suatu moment & segala kebutuhan bentuk informasi mengikuti perkembangan kehidupan manusia. Blogger & YouTobe mempunyai peraturan kebijakan & privasi sendiri-sendiri, keduanya juga memiliki kelebihan dan kelemahan (kekurangan) masing-masing. Maka dari itu dalam menentukan pilihan salah-satunya harus dengan benar-benar dipikirkan secara matang sesuai dengan skill & keahlianmu.

Saat ini Blog dan YouTobe adalah situs yang menguasai dunia internet secara global. Peminatnya juga begitu beragam dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan sampai orang tua. Apalagi di Negara Indonesia sendiri umumnya masyarakat aktivitas mereka 99% tidak lepas dengan dunia internet baik sekadar mencari informasi, belanja, serta hiburan, & bisnis.

Dalam menentukan pilihan tentunya harus melihat dari skill diri sendiri, jika memang skill & keahlian cenderung untuk bergelut didunia tulis menulis (jurnalistik) atau identik tentang kepenulisan, maka kamu bisa terjun didunia blog (Blogger). Dan jika skill & keahlianmu cenderung tentang dunia hiburan, menggambar, dan kegiatan-kegiatan action lainnya kamu bisa terjun didunia YouTobe atau Seorang Creator Video dalam hal ini konten Creator Video YouTobe.

Menjadi seorang penulis blog (Blogger) skill pertama yang harus dimiliki adalah keterampilan menulis dan pintar-pintar mencari topik baru yang sedang hangat, populer dan suatu informasi trend pada waktu-waktu tertentu yang sedang diperbincangkan banyak orang juga bermanfaat untuk disampikan pada ruang publik.

Sedangkan untuk menjadi seorang Creator Video YouTobe (YouTober) yang dibutuhkan persiapan yang lebih matang dengan didukung berbagai peralatan yang dibutuhkan dalam pengambilan konten terutama kamera. Disamping itu juga dibutuhkan teman dan sedikitnya pandai ilmu komunikasi (Pandai Berbicara). Menjadi seorang YouTober juga dibutuhkan kerja keras dan konsisten.

Sedangkan untuk menjadi seorang penulis kreatif semacam blog (Blogger)/Wordpress, dibutuhkannya kekonsisten untuk selalu menulis atau membuat artikel mininal 3 hari sekali, namun akan lebih baik untuk bisa membuat artikel setiap harinya. Walaupun dalam hal kepenulisan belum terlalu mahir mengolah kata & kalimat yang enak dibaca, tentunya semua itu butuh proses pengembangan dari waktu ke waktu. 

Semua itu tentunya dibutuhkan sebuah proses yang tidak singkat, semakin sering belajar membuat tulisan semakin pandai dalam mengolah kata & kalimat supaya enak untuk dibaca, mudah dipahami dan menarik perhatian. Menulis sangat membutuhkan penjiwaan dalam menciptakan gagasan ide yang tertuang dalam bentuk karya tulis.

Tidak berbeda dengan orang yang bergelut didunia YouTobe atau menjadi seorang creator video juga diperlukan kemahiran karakter sesuai topik yang akan dibuat dan selalu belajar menjiwai supaya konten video yang dibuat dapat memiliki daya tarik tersendiri untuk mengundang banyak penonton.

Perlu ditambahkan sedikit adalah jangan meniru orang lain dalam berkarya, setiap orang punya warna dan keistimewaan tersendiri (Unik & Istimewa) tidak jarang diluar sana banyak orang mengambil keputusan dengan tidak secara matang. Mereka tidak lain hanya meniru karya seseorang dan yang lebih menjengkelkan adalah dalam menirunya itu begitu serampangan dan hal tersebut tidak perlu di contoh.

Walaupun "mungkin" hal itu hanya untuk sekadar hiburan semata dan tidak berniat mengambil sukses diantara keduanya. Namun tentunya apa yang dilakukannya itu bisa dianggap aktivitas yang membuang-buang waktu. Bagaimanapun apa yang dilakukannya adalah bentuk tidak menghormati suatu karya orang lain yaitu dengan menirunya. Apakah hal tersebut harus diakui bahwa itu adalah suatu langkah yang "berani" untuk mencoba sesuatu? atau mencoba sesuatu yang lain yang dapat menghibur dirinya dengan hilangnya rasa untuk saling menghormati?

Padahal kita tahu terjun didunia penulis Blogger & Youtobe yang menjadi modal utamanya adalah konten yang menarik, berkualitas, & orisinil artinya konten tersebut mengandung unsur mengedukasi masyarakat baik dari sisi pendidikan, sosial, ilmu pengetahuan, hiburan & lain sebagainya yang mempunyai nilai-nilai "manfaat", bagi setiap yang membaca ataupun menontonnya. Hasil konten yang dibuat juga bukan dari sekadar meniru, menjiplak secara langsung tanpa ditambahkan suatu nilai lain yang bermanfaat. Diluar hal tersebut yang perlu dipertimbangkan adalah bermain strategi pembuatan konten baik itu harya tulis maupun video.

Mengulas Pembahasan Antara Blog (Blogger) dan Youtobe Secara Detail

1. Blogger

» Pengenalan / Introduction

Menurut yang ditulis wikipedia awal sejarah Blogger diluncurkan pertama kali pada tahun 1999 oleh Pyra labs, tepat tanggal 23 agustus 1999 dan pertama kali munculnya salah-satu perangkat publikasi didunia. Pyra labs adalah salah-satu perusahaan besar pada masanya. Pyra labs juga mengeluarkan produk pertama kali dengan nama "Pyra", yang merupakan aplikasi web yang dapat menggabungkan pengelolaan proyek, kontak, dan daftar tugas. Pada tahun tersebut sebenarnya "Pyra" masih dalam tahap uji coba, dan setelah itu berubah nama menjadi peralatan yang sekarang kita kenal dengan Blog (Blogger).

Kemudian perusahaan ini diambil alih (akuisisi) oleh google pada tahun 2003. Secara umum blog yang dihost oleh google dibawah subdomain "blogspot" yang seperti kita kenal sekarang. Blogger memperboleh penggunanya mempublikasikan keserver lain melalui FTP hingga 1 mei 2010. Setelah tanggal tersebut semua blog harus disimpan diserver google meskipun penggunanya tetap dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur castom URL.

Dari pengenalan secara singkat tersebut, kita tahu bahwa Blogger yang kita kenal sekarang tidak lain adalah layanan publikasi dan termasuk salah-satu media baru (NewsMedia), seperti media baru lainnya seperti Facebook, Twitter, & Media sosial lainya.

Blogger tidak lain adalah suatu media menulis atau berbagi informasi lewat tulisan. Dengan Blogger kita dapat membagikan tulisan pengalaman pribadi dan hal-hal seru juga unik lainnya. Dan tidak jarang juga Blogger dikembangkan oleh pemiliknya sebagai ladang pencetak uang, yaitu dengan membangun karya tulis sebanyak-banyaknya didalam blognya sendiri.

Disamping berkerjasama dengan google adsense blog yang sudah ternama juga bermain afiliasi marketing atau memasarkan produk sebuah perusahaan dan lembaga demi meraup pundi-pundi dollar.
Blogger nama lainnya yang sering kita dengar adalah "blog", dan kegiatan apdate postingan tulisan itu disebutnya Blogging atau Penulis (Jurnalistik). Dan pemilik blog itu sendiri disebutnya seorang Blogger atau orang yang menggeluti sebuah blog (Blogger).

2. YouTobe

»Pengenalan / Introduction

Youtobe didirikan oleh tiga karyawan PayPal, yaitu Chad HurleySteve Chen, dan Jawed Karim, pada tahun 2005.


Mereka bertiga adalah karyawan pertama diperusahaan PayPal. PayPal adalah jenis perusahaan yang menyediakan jaringan jasa transfer uang melalui surat elektronik, sebagai pengganti cara lama yang masih menggunakan kertas, seperti pos dan wesel. PayPal juga menerima jasa untuk para pemilik situs e-commerce, lelangan, dan jenis usaha lain. Perusahaan ini terletak di San Jose, California, Amerika Serikat.

Youtobe yang kita kenal sekarang tidak lain adalah berawal dari sebuah karya "Tiga serangkai", tiga sahabat yang berjuang bersama untuk menciptakan sesuatu yang baru, mencoba sesuatu yang lain pada dunia internet. Tidak lain sesuatu yang baru tersebut adalah situs yang memungkinkan penggunanya untuk menggugah, menonton, dan berbagi video yang kita kenal sekarang dengan nama "YouTobe". Pusat perusahaan ini terletak di San Bruno, California, dan menggunakan teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan bermacam-macam video buatan pengguna/Creator Video.

Dari uraian singkat diatas YouTobe adalah sebuah situs yang dengannya kita bisa mengupload video yang kita buat untuk dibagikan ke khalayak umum. Dengan YouTobe kita bisa berbagi video unik, menarik dan aneh kepada teman-teman kita yang jauh maupun dekat bahkan bisa berbagi video tanpa dibatasi tanah & air (Lintas Benua).

Kesimpulan Antara Blog (Blogger) & YouTobe

Setelah sedikit tahu apa itu YouTobe dan apa itu Blog (Blogger), sekarang kita tahu bahwa keduanya memiliki kesamaan yaitu sama-sama dapat membagikan pengalaman, cerita dan hal seru juga unik lainnya. Dan hal perbedaan mendasarnya adalah berbeda dari segi formatnya, yaitu tulisan & video. Blogger membagikan pengalaman dan hal menarik lainnya lewat tulisan sedangkan YouTobe membagikan pengalaman dan hal unik lainnya lewat video.

Ditarik kesimpulan bahwa baik Blogger & YouTobe memiliki kesamaan dalam sesorang ingin berbagi segala ekspresi & informasi kemasyarakat dunia selama tempat tersebut masih terjangkau oleh layanan internet.

Tapi ada juga sebuah Blog yang berisi artikel dan video yang sering kita menyebutnya dengan nama Vlog (Ngevlog), yaitu gabungan dari video dan blog, dan aktivitasnya disebut Vlogging dan pelakunya disebut dengan Vlogger.

Kelebihan dan Kekurangan

Blog (Blogger) & YouTobe, keduanya adalah situs yang saat ini paling banyak diminati banyak kalangan khususnya anak muda milenial & dewasa dengan berbagai kepentingan. Keduanya begitu istimewa dalam membawa perubahan skala besar dalam kehidupan manusia. Disisi lain keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing khususnya dari segi adsense yang sudah menjadi rahasia umum bahwa salah-satu cara mendapatkan penghasilan dari keduanya yaitu dengan mendaftarkan situs Blog atau Channel YouTobe dengan google adsense.

Walaupun ada banyak cara mendapatkan uang selain dari adsense seperti jaringan pengiklanan lainnya, seperti Adnow, RevenueHits, Media.net, Chitika, Qadabra, Bidvertiser, PloppelerAds, Infolink, Popcash, dan buySellAds.

Tapi adsense tetap nomor satu dihati para pemilik situs blog dan channel YouTobe, selain gratis juga adsense tergolong besar dalam segi revenue share atau bagi hasilnya daripada pengiklanan yang disebutkan sebelumnya.
 
Kelebihan dan Kekurangan Dari Segi Adsense Pada Blog (Blogger) & YouTobe
1. Blogger

Kelebihan AdSense Blogger
  • Pertama revenue share (bagi hasil) lebih tinggi 68/32, gampangnya 68% untuk pemilik blog dan 32% untuk google. Disebabkan kita menggunakan platform sendiri, tentu google akam mengambil porsi yang lebih sedikit.
  • Pembuatan konten yang jauh lebih mudah daripada pembuatan konten video, untuk yang pandai menulis bisa membuat satu artikel kurang dari dua jam, sedang untuk video bisa satu hari bahkan lebih.
  • Lebih hemat sebab setelah membeli domain/hosting hampir tidak ada pengeluaran selain biaya apdate hosting pertahun dan selebihnya menerima bayaran dari adsense dan hasil dari penjualan produk tertentu. Walaupun mungkin ada faktor lainnya seperti membayar jasa mempromosikan situs blog supaya lebih cepat dikenal oleh banyak orang.

Kekurangan AdSense Blogger
  • Marketing (pemasaran) dan SEO yang begitu rumit, kita perlu optimasi halaman website, dan membangun audience/pengunjung dari nol, memarketingkan blog baru yang sama sekali tidak ada pengunjungnya. Dan google tidak akan mempercayai sebuah blog dari segi trafik pengunjung yang sedikit. Kita harus sering-sering mempromosikan blog kita lewat media sosial, itupun jika blog berisi dengan artikel berkualitas. Namun akan berberda jika artikel didalamnya kurang berkualitas juga menarik, dimungkinkan akan ditinggalkan visitor.
  • Yang kedua adalah proses penerimaan (Approve AdSense) yang begitu rumit dan sulit, ditambah lagi google hanya menerima kurang dari 10% jumlah publisher google adsense/bekerjasama dengan adsense. Bahkan dari beberapa cerita para pengguna Blogger mereka baru diterima adsense 1 sampai 3 tahun setelahnya, yang memang sebelumnya sudah mencoba melakukam pendaftaran namun selalu mendapatkan penolakan disebabkan beberapa alasan yang tidak diberitahu secara detail namun biasanya sebuah blog ditolak karena artikel yang kurang memadai.

2Youtobe

Kelebihan Adsense YouTobe
  • Proses penerimaan/persetujuan adsense lebih mudah daripada Blogger. Untuk mendaftar google adsense yang diperlukan hanya sebuah channel YouTobe yang tidak melanggar TOS google dan sudah mengumpulkan sedikitnya 1000 subscribe dan 4.000 jam penayangan dari video yang diupload selama 12 bulan terakhir (1 tahun). Dan bisa langsung mendaftar ke adsense, selama syarat diatas terpenuhi dan konten videonya tidak melanggar komunitas seperti video yang mengandung unsur pornografi/sex, kebencian dan tidak merugikan pihak lain, kemungkinan besar akan bisa diterima google adsense.
  • Dalam mendapatkan pengunjung/views YouTobe lebih mudah daripada Blogger. Apalagi jika video yang diupload masuk trending hanya dalam beberapa hari bisa mendapatkan ribuan bahkan jutaan penonton. Hal seperti itu tidak akan pernah terjadi oleh artikel pada sebuah blog.
  • Dan terakhir search engine optimization (SEO) YouTobe sangatlah simple hanya perlu memasukan, kategori, tag, deskripsi, judul video dan thumbnail dengan keyword yang tepat. Dan selanjutnya hanya perlu mempromosikan video lewat media sosial dan lain sebagainya.
Kekurangan Adsense Youtobe
  • Yang pertama bagi hasil YouTobe jauh lebih kecil daripada blog (Blogger) yaitu hanya 55/45, 55% untuk pemilik channel dan 45% untuk YouTobe. Tapi itu bisa dimaklumi sebab kita hanya numpang host/platform google. Jika kita harus membayar tidak bisa dibayangakan berapa uang yang harus kita keluarkan untuk membayar ruang video yang diupload karena memerlukan memori dalam jumlah yang besar.
  • Dengan jumlah views yang sama antara blog dan YouTobe, penghasilan YouTobe jauh lebih kecil dibandingkan blogger, itu disebabkan tidak semua penonton YouTobe termonetize dengan iklan. Biasanya hanya setengah dari pengunjung video yang dapat melihat iklan. Berbeda dengan blog (Blogger) yang pasti akan muncul iklannya.
  • Membuat konten YouTobe jauh lebih sulit, daripada konten Blogger (karya tulis), membuat konten YouTobe jauh lebih melelahkan. Disamping kita harus mengeluarkan uang sebagai biaya produksi serta kebutuhan peralatan lainnya, dan yang lebih memprihantinkan adalah selama proses tersebut tidak akan mendapatkan bayaran sepeserpun dari YouTobe sebelum channelnya diterima google adsense.
Setelah sedikitnya tahu tentang Blogger dan YouTobe, tentunya sudah terbayang dalam fikiran untuk menentukan salah-satunya, menjadi seorang penulis Blogger atau seorang creator video (YouTobe).

Beberapa Syarat Seorang Penulis Blog (Blogger) & Seorang Creator Video (YouTobe)

A). Syarat Seorang Penulis Blog (Blogger), Sebagai Berikut :
  1. Waktu
  2. Keahlian
  3. Kemampuan Menulis
  4. Kreatif & Inovatif
  5. Pengetahuan Teknis Blogging
  6. Minat dengan Topik yang dipilih
  7. Kemampuan Mendesain Blog
  8. Pengetahuan Bisnis & Marketing
  9. Pengetahuan Tentang SEO Blog
  10. Memiliki Jaringan/Mencari Jaringan
  11. Kesabaran
Penjelasan Beberapa Tuntutan Seorang Penulis Blogger.

1. Waktu
Seorang blogger harus atau diusahakan memiliki waktu istimewa yaitu waktu khusus daripada membuat & belajar membuat tulisan atau mengelola blognya. Dan dibarengi mengumpulkan informasi & melakukan riset untuk membuat postingan berkualitas pada setiap waktu.

2. Keahlian
Seorang Blogger dituntut memiliki keahlian menulis dalam bidang tertentu, atau menguasai topik tertentu. Tapi itu jangan diambil pusing, semuanya akan terlihat ketika sudah terjun didunia Blogger, nantinya kamu akan mengerti topik apa yang harus dibahas. Dibarengi rasa semangat untuk terus belajar menulis setiap hari.

3. Kemampuan Menulis
Nah disini yang lebih penting dari yang lainnya, kemampuan menulis menjadi prioritas pertama dalam dunia Blogger, tanpa punya keterampilan menulis tentu menjadi kendala yang serius, blog tanpa adanya sebuah tulisan tiada artinya. Menulis itu akan mudah jika menjalaninya dengan rasa nyaman dan gembira, sebab menulis memiliki banyak manfaat baik untuk diri sediri dan orang lain.
4. Kreatif dan Inovatif
Seorang Blogger harus bisa berkreatif dalam membuat karya tulis, disertai inovatif/hal-hal baru yang mengikuti perkembangan pada zamannya. Sebab tanpa itu blog akan sepi oleh pengunjung.

5. Pengetahuan Teknis Blogging
Mau tidak mau sedikitnya harus bisa mengelola hal teknis didalamnya, seperti mengelola edit html, transfer domain, plugin (khusus wordpress), datebase dan lainnya. Namun semua itu akan dipahami dengan kamu terus melakukan aktivitas blogging suatu saat nanti hal teknis seperti itu akan tahu dengan sendirinya. Nomor satu tetaplah artikel yang berkualitas tentunya dengan selalu belajar membuat artikel setiap hari.

6. Minat Dengan Topik Dipilih
Dengan kita minat terhadap suatu topik, hal inilah yang akan membawa begitu menyenangkan menjadi seorang Blogger. Sebab nanti dalam kamu membuat artikel menghasilkan karya tulisan yang unik tentunya menarik untuk dibaca banyak orang juga berbeda dari yang lain.

7. Kemampuan Mendesain Blog
Walaupun konten adalah rajanya dari sebuah blog, tapi kita harus bisa mendesain blog supaya tampilan blog enak dipandang mata, membuat pengunjung betah dalam situs blog kamu. Tapi tenang saja kamu bisa menggunakan jasa pembuatan template. Atau memilih praktis kamu tinggal membelinya pada penyedia layanan pembelian template blog yang sudah banyak tersedia di internet baik template Non AMP & AMP.

8. Pengetahuan Bisnis/Marketing
Seorang supaya biasa mendapatkan banyak pemasukan uang, setidaknya harus bisa berjiwa bisnis (Jiwa Pembisnis). Dengan kamu memasarkan blog serta produknya, kemungkinannya meraup "uang" akan lebih tinggi.

9. Pengetahuan Tentang SEO Blog
Seorang Blogger sedikitnya harus bisa bermain 
SEO (Search Engine Optimization), Walaupun SEO hanya bersifat membantu dalam peng-index-kan mesin pencari semacam google, bingyahooduckduck.go, dan lainnya. Namun yang menjadikan blog menjadi ranking pertama tidak lain adalah dari segi kualitas sebuah artikelnya, dan SEO bisa dibilang sebagai salah-satu pelengkap sebuah trik serta dorongan dalam menyisipkan kata kunci dari suatu topik pembahasan yang dibuat tanpa mengurangi kenyamanan artikel ketika dibaca.

10. Memiliki Jaringan/Mencari Jaringan
Seorang Blogger harus punya jaringan/mencari jaringan sesama Blogger. Dengan memiliki jaringan sesama Blogger lainnya, hal ini akan membantu kemajuan blog itu senditi (Saling menguntungkan satu sama lain). Lebih baik lagi jika kamu bisa berbahasa inggris kamu bisa berinteraksi dengan teman blog yang jauh disana, berbeda negara.

Apalagi pintar dalam grammar bahasa inggris, kamu bisa membuat artikel dengan bahasa tersebut sebab biaya perklik iklan untuk luar negeri berlipat-lipat lebih besar daripada biaya klik iklan di Indonesia. Namun jika kurang dalam tata bahasanya, tetaplah fokus membuat artikel dengan bahasa tercinta ini Indonesia.

11. Kesabaran
Nah disini kadang para Blogger yang berhenti ditengah jalan disebabkan kurangnya bersabar, membangun sebuah blog memang tergolong sangat sulit, apalagi mendatangkan pengunjung yang banyak, karena disini dibutuhkannya strategi konten. Membangun situs blog butuh waktu lama bahkan untuk menjadikan situs tersebut terkenal.

B). Syarat Seorang Creator Video YouTobe (YouTober), Sebagai Berikut :
  1. Ilmu Komunikasi
  2. Program Editing Video/Bisa Bermain Edit Video
  3. Tim Kameramen/Pengambilan Video Akting/Segi Peran
  4. Kesabaran
Penjelasan Beberapa Syarat Seorang Creator Video YouTobe (YouTober)

1. Ilmu Komunikasi
Seorang creator video YouTobe sebisa mungkin harus bisa ilmu komunikasi atau pandai dalam berbicara dengan baik, hal ini yang paling mendasar untuk pembuatan sebuah konten, hal ini juga yang akan membawa sebuah konten video begitu hidup dan penuh warna. Kecuali jenis kontennya berupa video kreatif sederhana seperti video menggambar, unboxing, memasak, atau DIY (do it yourself) yaitu jenis konten dimana YouTobe memberi tutorial membuat & mengkreasikan sesuatu.

2. Program Editing Video/Bisa Bermain Edit Video
Untuk menjadi YouTober kamu harus minimal sedikitnya bisa bermain edit video. Alat yang kamu perlukan minimal satu buah laptop dan program untuk memperbagus video yang sudah direkam. Kamu bisa mencari aplikasi untuk edit video, pilihlah aplikasi yang mudah dipahami dan tentunya nyaman untuk kamu digunakan.

Biasanya juga perlu membuat intro singkat sebelum masuk kedalam isi video dan tidak lupa outro singkat setelah itu.
 Disamping itu juga kamu perlu segudang musik dan sound effect supaya video terlihat keren dan menarik untuk ditonton.

3. Tim Kameramen/Pengambilan Video
Tim kameramen disini sangat penting untuk menciptakan video yang berkualitas tinggi, kamu sangat membutuhkan teman untuk membuat konten YouTobe. Dan tidak lupa kamera yang digunakan kualitasnya juga perlu dipertimbangkan, jangan sampai setelah selesai rekaman kualitas videonya buruk dan tidak memuaskan. Apalagi membuat konten yang berlevel tinggi terlebih dengan kualitas gambarnya banyak sekali peralatan pendukungnya seperti drone dan sebagainya.
 
Untuk melakukan hal yang besar perlu diimbangi dengan pengorbanan yang setimpal, harus tetap konsisten dan serius dalam mengerjakannya. Kecuali jenis kontennya sederhana kamu tidak membutuhkan kawan dalam pembuatannya.

4. Akting/Segi Peran
Akting atau berakting memang tidak semua jenis konten membutuhkan gaya berakting, namun adakalanya jenis konten video seperti film pendek, bimbingan belajar dan lainnya, tentunya sangat dibutuhkan bermain akting. Konten yang didalamnya diharuskan bermain akting, namun ditinggalkan, otomatis konten akan terasa begitu hampa, juga dingin tanpa ekspresi.

5. Kesabaran
Membuat channel YouTobe menjadi seorang creator video YouTobe supaya dikenal banyak orang tidak ada cara praktis apalagi secara instan, semuanya dibutuhkan jiwa sabar yang besar, bisa saja kamu berhari-hari bahkan berbulan-bulan berjuang membuat konten tapi jumlah subscribe dan viewsnya tidak bertambah.

Kamu sebaiknya belajar dari para YouTobers yang lebih senior, mereka berjuang pun memulainya dari nol hingga dikenal banyak orang seperti sekarang.

Demikianlah ulasan Blogger dan YouTobe, semoga saja setelah membaca artikel ini sudah bisa mengambil sikap, pilih Blogger atau YouTobe. Yang tahu kecenderunganmu, skill & keahhlianmu, hanyalah dirimu sendiri. Kamu pasti tahu jawabannya, condong kemana? Blogger atau YouTobe? Jika masih ada rasa bimbang untuk menentukan salah-satunya, jangan bersedih.

Dunia ini luas setiap orang bisa sukses walaupun tanpa Blogger dan YouTobe, masih banyak jalan lain yang perlu dicoba, seperti menjadi seorang pengusaha, guru, dokter, pembisnis, investor, budidaya, dan masih banyak lagi. Kalimat motivasi dibawah ini harus ditanamkan dalam diri menjadikan suatu prinsip dalam menjalani hidup.
"Optimisme adalah kepercayaan yang mengarah pada pencapaian. Tidak ada yang bisa dilakukan tanpa harapan dan keyakinan"
Oleh : Helen Keller

"Hanya aku yang bisa mengubah hidupku. Tak seorang pun bisa melakukannya untukku".
Oleh : Carol Burnett

Baca juga :

Posting Komentar