Translate

Bacalah Nanti Kamu Suka Menulis



Nirwana Tunggal - Menulis adalah kegiatan yang begitu menyenangkan, apalagi menulis dijadikan sebagai hobi. Dengan kamu menulis, Tanpa meminta bisa saja tulisanmu itu dapat mempengaruhi dan menginspirasi banyak orang. Menulis bukanlah aktivitas yang membosankan, Menulis adalah hal asyik berbagi pengalaman, ide, serta hiburan. Setelah meresa asyik menulis kamu akan mengerti bagaimana cara merangkai kata menjadi kalimat-kalimat yang begitu indah. Dengan tulisanmu bisa saja bergetarlah para pembaca.

Sayangnya masih banyak orang yang menganggap aktivitas menulis sebagai hal yang membosankan dan membuang-buang waktu saja. Bahkan ada yang menganggap menulis adalah kegiatan yang percuma dan tidak berguna sama sekali. Mungkin kamu salah-satu orangnya? Atau mungkin menganggap menulis kegiatan membosankan? Atau menganggap menulis itu dibutuhkan bakat atau keterampilan?

Nah untuk kamu yang masih menganggap menulis adalah hal yang sulit dan rumit, cobalah membaca fakta-fakta dan beberapa manfaat dari menulis dan diharapkan dapat membuka sudut pandang kamu menjadi seseorang suka menulis. Berikut beberapa manfaat dari menulis :
  1. Aset yang Bernilai Tak Terhingga
  2. Ide Tak Terbuang Sayang
  3. Berbagi Pengalaman Cerita
  4. Berbagi Manfaat & Ilmu
  5. Melatih Otak Untuk Berpikir Lebih Maju
  6. Mempunyai Wawasan yang Lebih Luas
  7. Hubungan Menulis & Dunia Pekerjaan
  8. Mendapatkan Penghasilan
  9. Memulihkan Emosi

1. Aset yang Bernilai Tak Terhingga

Menulis adalah mendokumentasikan cara pandang dalam sesorang melihat, mendengar, merasakan, yang pernah di lalui dimasa-masa sebelumnya atapun dikhayal fikirannya sendiri. Dengan menulis hal-hal tersebutlah sesorang akan memberikan sebuah informasi yang kadang istimewa ataupun tidak begitu manfaat tapi yang jelas tanpa kita sadari, mungkin saja tulisan tersebut dapat mewakili dari perasaan beberapa orang yang membacanya, menjadikan motivasi bahkan solusi, menjadikan energi positif untuk terus menghadapi keluh kesah hidup.

Walaupun seorang penulis biasanya tidak mengharapkan apa yang dituliskannya itu akan menjadi aset investasi yang berharga atau hanya menjadi sebuah kenangan yang indah saja. Untuk itu cara cerdas investasi menulis adalah dengan kita menulis sesuatu yang bermanfaat.

2. Ide Tidak Terbuang Sayang

Menulis adalah menciptakan gagasan-gagasan ataupun perjalanan rekreasi intelektual dengan sebuah tulisan. Dengan kamu menulis, lewat imajinasimu kamu bisa membuat tulisan yang mungkin bisa menggetarkan banyak orang. Menulis juga bisa membuat seseorang menciptakan solusi terhadap sebuah keadaan.

Untuk itu jangan sia-siakan idemu yang muncul, tulislah ide tersebut siapa tahu bermanfaat untuk orang lain. Janganlah ide tersebut terbuang sayang. Merasa ide tidak penting disebabkan kurangnya percaya diri, walaupun ide tersebut mungkin tidak akan pernah bisa kamu wujudkan dalam bentuk materi, tapi dengan kamu menulis ide tersebut, kamu sudah ikut berpartisipasi dalam melangkah suatu siklus tujuan hidup bagi banyak orang.

Tulisanlah ide-ide tersebut, ide dan inspirasi bagi seorang penulis adalah sesuatu yang sangat berharga mahal dan juga istimewa. Kamu tidak akan merasa bahwa ide adalah hal istimewa jika kamu masih malas untuk menulis. Jadi menulislah daripada terbuang ya sayang.

3. Berbagi Pengalaman Cerita

Menulis sebenarnya adalah sesuatu yang begitu asyik. Mungkin kamu pernah berfikir kembali tentang pengalamanmu, waktu itu, ditempat itu, hari itu, bulan itu, dan tahun itu. Semuanya itu akan sia-sia jika hanya menjadi kenangan masa lalu, masa lalu yang penuh warna, masa lalu yang gembira, masa lalu yang sedih, dan dan masa lalu yang indah.

Kenapa kamu tidak berkeinginan pengalaman-pengalaman tersebut tidak hanya diceritakan ke teman dan sahabat-sahabat kamu, menceritakan pengalaman lewat omongan mungkin itu hal biasa, tapi menceritakan masa lalu dan seberapa jauh wawasan dan pahit kelam perjalanan hidupmu dengan sebuah tulisan berharap untuk bisa menjadi suatu cerita/gagasan yang dapat memiliki makna dan orang yang membacanya mendapat gambaran menarik didalam pikirannya tentang ceritamu. Menjadikan salah-satu fungsi ke-semangat-an dalam menjalani aktivitas sehari-hari oleh para pembaca.

Ayolah menulis, mulai hari ini, masa lalu kamu sebagai motivasi dan inspirasi untuk kamu sendiri maupun orang lain disana. Banyak orang hebat diluar sana yang berawal dari sebuah tulisan. Seperti contoh karya sebuah novel (Seorang Novelis), didalamnya juga berisi tentang sebuah pengalaman, lewat imajinasi yang bercampur dengan dunia khayalnya, sebuah novel bisa menginspirasi dan memotivasi banyak orang.

Menulis pengalaman merupakan cara supaya sesuatu tetap hidup, walaupun banyak orang mengabadikan suatu momen dengan sebuah foto maupun video, tapi bagaimana jika kamu mengabadikan suatu pengalaman tersebut berupa tulisan dan menjaga supaya sesuatu tetap ber-arti yang lebih untuk kamu.

4. Berbagi Manfaat dan Ilmu

Manusia diciptakan tidak lain untuk berbagi manfaat, sosial dan menulis adalah cara efektif juga efisien untuk berbagi ide-ide yang mengagumkan. Bisa saja dengan kamu berbagi ilmu lewat tulisan, tulisan kamu dijadikan pedoman untuk menghadapi kejamnya realitas kehidupan khususnya dalam dunia pekerjaan yang begitu rumit.

Kita bisa mengambil contoh dengan menengok burung-burung berterbangan yang tidak henti-hentinya memberi manfaat kepada alam sekitarnya dari menjadi perantara terjadinya penyerbukan, menjadi bagian mata rantai makanan, dan kotorannya memberi nutrisi bagi tumbuhan sekaligus menyuburkan tanah disekitarnya. Disamping itu  burung-burung juga memberikan sentuhan ketenangan lewat kicauan suaranya yang memberikan keceriaan dan kebahagiaan pada tiap-tiap individu manusia di alam sekitar.

Maka dari itu menulislah jadikan sebagai ladang yang subur atas kemanfaatannya bagi kamu dan banyak orang.

5. Melatih Otak Untuk Berfikir Lebih Maju

Menulis berbeda dengan profesi-profesi lain yang lebih mengandalkan taktis dan teknis. Menulis lebih kearah melatih dan mengasah keterampilan, menciptakan gagasan yang bernuansa unik tentang sebuah wawasan. Menulis tanpa sadar pun sebenarnya melatih seseorang untuk berfikir melihat kembali realitas yang ada. Mau tidak mau memulai menulis disebabkan adanya sentuhan dari jiwa memaksa otak untuk berfikir dan menuangkannya lewat tulisan. 

Dengan sering menciptakan tulisan tanpa sengaja sedang berlatih berfikir dan memiliki pola pikir yang selalu berkembang mengambil kesempatan dan belajar dari kesalahan yang pernah terjadi, mengantisipasi hidup untuk tidak jatuh dengan lubang yang sama.

Menulis selalu dikaitkan dengan orang-orang yang befikir lebih maju dalam berfikir dan menciptakan karya yang menjadi pedoman banyak kalangan, dengan menulis akan mempengaruhi cara padang seseorang tiap kali melihat situasi dan kondisi, seorang penulis akan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang baru yang di dapat dari menulis. 

Dengan pengetahuan dan pengalaman itulah seorang yang suka menulis akan sangat mempengaruhi  pola pikir untuk selalu berkembang.

6. Mempunyai Wawasan yang Lebih Luas



Menulis atau Seorang Penulis hubungannya dengan membaca tidak bisa dipisahkan, hal tersebut seperti aktivitas makan dan minum yang sulit jika melakukan hanya salah-satunya. Pengertian dari mambaca itu sendiri merupakan sebuah kegiatan yang melibatkan indra penglihatan pada sebuah tulisan untuk memahami isi dari sebuah tulisan. Sedangkan menulis adalah kegiatan menuangkan dasar pemikiran dan perasaan yang tertuang dalam sebuah tulisan seseorang.

Seorang penulis adalah titik diamana yang sekaligus mendapat dua keuntungan yang begitu besar. Dengan membaca akan menambah berbagai informasi ilmu pengetahuan serta wawasan dan menulis dijadikan sumber menciptakan gagasan-gagasan. Orang yang suka menulis harus memperioritaskan apa yang dinamakan  membaca.

Membaca hal yang sangat penting, untuk itu tanamkan pada diri sendiri untuk selalu ada waktu istimewa untuk membaca, entah membaca buku, majalah, surat kabar, koran maupun cerita komik. Dengan membaca otomatis akan menambah wawasan bagi pembacanya, dengan wawasan dan pengetahuan itulah bisa digunakan sebagai bahan inspirasi menulis maupun untuk terus menjalani semangat hidup.

Maka dari itu ayo mulailah dirimu menjadi orang yang suka menulis dan tanamkan kebiasaan membaca dan menulis dari sekarang.

7. Hubungan Menulis dan Dunia Pekerjaan

Menulis selain dijadikan sebagai hobi ada baiknya aktivitas tersebut dijadikan sebagai profesi. Dengan melihat berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi media, banyak jenis pekerjaan yang mengandalkan keterampilan menulis. Banyaknya industri-industri kreatif bermunculan, dimana semua itu tak lebih dari kegiatan tulis-menulis. Apalagi jika berkeinginan menjadi seorang jurnalistik tentunya keterampilan menulis menjadi prioritas yang paling utama.

Seorang penulis itu akan selalu dibutukan setiap waktu, diperusahaan maupun terjun didunia entertaiment yang kesemuanya itu diawali dari perantara keterampilan menulis.

8. Mendapatkan Penghasilan

Menulis jika sudah dijadikan hobi dan profesi sangat terbuka lebar untuk mendapatkan penghasilan. Seorang Penulis lepas dan penulis kreatif bisa dijadikan ladang pencetak uang, saya ambil contoh mereka para blogger sukses yang bisa mendapatkan puluhan bahkan ratusan dengan jenis marketingnya, bisa mendapatkan gaji tiap bulannya lewat keterampilan mereka menulis, yaitu dengan membangun dan mengembangkan blognya menjadi ladang pencari uang.

Mereka membangun situs dengan begitu totalitas, menulis setiap hari dan berkerjasama dengan jasa pengiklanan (Afiliate marketing) atau perusahaan juga dengam lembaga tertentu. Dengan itu hasil yang ia dapatkan adalah upah setiap kali ada produk yang terjual.

Selain mendapat penghasilan dengan Afiliate marketing ada juga dengan mendapatkan penghasilan dari program kerjasama periklanan yang diselenggarakan oleh google, sering kita mengenalnya dengan nama google adsense, maupun kerjasama dengan periklanan lain.

9. Memulihkan Emosi

Menulis selain mendapatkan banyak keuntungan yang sudah disebutkan diatas, menulis juga dapat memulihkan emosional seseorang. Dengan menulis tidak lain mengekspresikan emosi melalui kata-kata yang dapat mempercepat penyembuhan emosi.

Dengan menulis pikiran dan perasaan akan lebih tenang, apalagi ketika sedang mengalami emosi dan memilih diam dan menulis, hal tersebut benar-benar bisa mengurangi emosi seseorang. Bahkan informasi yang diambil dari beberapa sumber terkait menulis bisa memulihkan emosi yang sudah diuji kebenaran oleh para penelitian.
Untuk itu mulai saat ini cobalah untuk jangan menyia-nyiakan berbagai manfaat dan keuntungan dari seseorang yang suka menulis. Buanglah anggapan bahwa menulis adalah aktivitas yang membuang-buang waktu saja. Banyak suatu pelajaran baru yang kamu tidak akan didapatkan selain dari kamu menulis.

Baca juga : 

Posting Komentar