Translate

Beberapa Manfaat Menulis yang Sangat Menakjubkan

 

Manfaat Menulis yang Menakjubkan

Nirwana Tunggal
- Berbagai aktivitas dan kegiatan menulis merupakan bagian penting dengan banyaknya siklus nilai manfaat. Menulis adalah suatu pekerjaaan yang menunjukkan adanya kekuatan dunia imajinasi & dunia angan-angan maupun khayalan manusia yang sering terkucilkan pada waktu-waktu tertentu. 
Dimana seseorang seperti merasa mempunyai sayap kuat dalam berpetualang menjelajah ke berbagai tempat seolah tak ada batas akhirnya.

Perjalanan kreatif membangun sebuah dokumentasi untuk bicara, berkata, maupun menyapa seseorang yang jauh dengan tanpa bertatap muka. Beberapa manfaat menulis yang luar biasa yang tidak bisa digambarkan secara jelas atau diuraikan dengan kata-kata sebagai representasi dari apa yang dirasakan oleh hati dan pikirannya. Satu-satunya hal yang dapat ditampilkan adalah ilustrasi yang memiliki atau ditunjukkan dengan makna dan kedalaman ekspresi tertentu.

Menulis memiliki banyak manfaat bagi yang mau melakukannya. Seorang diri yang menghias hidupnya dengan menulis akan dipertemukannya dengan banyak manfaat dari apa yang dilakukannya tersebut. Menulis menjadikan suatu jalan pilihan dalam mengabadikan special moment & kisah yang fantastis. Berbagai pengalaman cerita dan lainnya akan dibuat menjadi sebuah karya dirangkumnya dengan sangat mengindahkan wujud dari sebuah bentuk daya kreativitas diri.

Kegiatan menulis adalah suatu aktivitas menyenangkan tanpa adanya batas untuk berpetualang berekreasi membawa banyak nilai unik, menjadi jalan terbaik dalam menuntun kreativitas bagi sang penulisnya. Menulis juga bagian tersendiri dalam seseorang mengekspresikan dari suatu keadaan apa yang dirasa oleh hati dituangkanlah kedalam bentuk tulisan dengan maksud mencurahkan segala sesuatu hal mengganjal yang dianggapnya menjadi suatu beban.

Maka dengan menulis adalah menyatakan pikiran dan perasaan mengharap apa yang ditulisnya dapat dipahami secara menyeluruh sebagai bentuk berkomunikasi secara tidak langsung kepada mereka.

Menulis bagaikan cara menghadirkan dirinya atas segala warna kehidupan yang terikat dengan sebuah kejujuran jalan pintu membuka keberkahan dalam menilai diri sendiri dan keadaan alam sekitar. Ruang dan sudut pandang dapat diekspresikan dalam skala kecil dan luas. Maka menulis adalah sinar cahaya menerangi segala persoalan dan permasalahan dari perjalanan hidup manusia yang terikat oleh sosial, budaya, politik & agama.

Berbagai keuntungan & manfaat menulis yang tidak akan dijumpai bagi seseorang yang tidak mengerti betapa besarnya kekuatan daya pikiran dalam menciptakan gagasan yang tertuang mengikuti alunan jari-jari tangan memiliki ragam makna dibalik warna kehidupan manusia. Menulis selain bisa berbagi pengalaman & ragam informasi, aktivitas tersebut juga akan memberikan manfaat dari segi kesehatan dan aspek lain dikehidupan manusia itu sendiri.

Menulis memiliki nilai keistimewaan bahwa tulisannya akan bermanfaat menjadi aset yang berbeda dari bentuk investasi diri. Walaupun bisa saja tulisannya itu hanya sekadar menjadi kenangan diri & menjadi suatu cara mengharapkan pada suatu tujuan. Dengan menulis memiliki sentuhan lain dalam bawah sadar seseorang dalam mencapai berbagai harapan dan impiannya. Menulis juga menjadikan sebuah warna & gambaran tiap kali ada seseorang yang membaca, seolah mengerti & mewakili dari apa yang dirasakan oleh mereka.

Menulis juga menjadi sebuah cara berkomunikasi lain dengan dirinya sendiri tanpa menunjukan ekspresi emosionalnya secara langsung yang merugikan diri dan orang lain. Menjadikan cara terbaik dalam memulihkan keluh kesah dari apa yang dialaminya yaitu dari apa yang dirasa, didengar, dan dilihatnya baik secara langsung maupun terjadi di alam bawah sadarnya, mengetuk hati & fikiran untuk menciptakan sebuah gagasan & ide yang akan sangat perlu untuk ditulisnya.

Dibawah Ini Beberapa Manfaat Menulis Lainnya yang Sangat Menakjubkan. Yaitu Manfaat Menulis yang Harus Kamu Tahu.
  1. Menghibur Diri & Orang Lain
  2. Mempengaruhi Dalam Mencapai Tujuan
  3. Sensitif atau Melatih Kepekaan Keadaan Sekitar
  4. Sebagai Bahan Pembelajaran
  5. Hidup Menjadi Lebih Terorganisir
  6. Mengasah Kecerdasan Otak & Mental
  7. Mengasah Kemampuan Berkomunikasi
  8. Cara Mengobati Hati & Fikiran
  9. Menjadi Suatu Nilai Aset
  10. Menulis & Dunia Pekerjaan
  11. Menginspirasi & Menjadi Bagian Motivasi
  12. Menjadi Hobi yang Dianggap Berkelas & Wibawa
Penjelasan

1. Menghibur Diri & Orang Lain
Manfaat menulis yang pertama menjadi hiburan (Penghibur) diri. Menghibur diri tidak selalu ketika seseorang menatap pada sebuah layar kaca televisi maupun menatap layar nyata dikehidupan ini. Ada cara yang kadang sesuatu itu membuat diri terbahak-bahak dengan penuh rasa heran dari cara & bentuk penyampaian sebuah tulisan konyol. Seperti semacam tulisan-tulisan ringan diselipkan beberapa anekdot didalamnya menjadikan rangkaian kalimat penghibur hati saat deburan masalah menghampiri.

Menulis dari sebuah pengalaman atau sekadar berpetualang dalam dunia khayalan fikiran terbentuk sebuah kalimat yang kadang merasa heran & asyik. Membuat si penulis dan pembacanya akan dituntun pada sugesti uraikan jalan cerita yang membuat tersenyum & tertawa. Menenangkan dari suatu ketegangan akan dunia pekerjaan atau persoalan lain. Menulis menjadi salah-satu cara mengobati hati terluka dan suatu cara melepaskan segala bentuk argumentasi atas dasar & sudut pandang yang ada dalam dirinya.
2. Mempengaruhi Dalam Mencapai Tujuan
Ini adalah hal lain dari manfaat menulis, tujuan penulis tidak lain adalah merangsang pembaca untuk menggugah jiwa yang terkadang tersembunyi atau tertutup berlindung dari beban hidup. Dengan tulisan persuasif yang merayu, membujuk, mengikuti alur tulisan, akan membuka kembali dari perspektif suatu peristiwa apakah pembaca akan mendukung pernyataannya atau menolaknya. Maka seorang penulis harus mampu memberikan tatanan gaya bahasa yang mudah dipahami sehingga pembaca teryakinkan akan hasil tulisan dan bentuk penyajiannya oleh sang penulis.

Dengan kata lain aktivitas & kegiatan menulis adalah cara melakukan perlawanan secara tidak langsung dari sebuah konsep lain yang membahayakan dalam ruang lingkup tertentu. Jika ada alat penghancur selain dari bentuk benda tajam, panas maupun runcing adalah dari manfaat menulis itu sendiri. Mempengaruhi banyak orang dengan hal positif tanpa harus merusak syaraf rahang & tidak perlunya kekuatan fisik untuk perlu ditontonkan.

3. Sensitif atau Melatih Kepekaan Keadaan Sekitar
Manfaat menulis juga akan sangat pengaruh besar pada diri siapa saja yang didalam hidupnya selalu menghias dirinya dengan menulis, belajar menulis atau membuat karya-karya penulisan lain. Seorang penulis akan lebih cenderung memperhatikan suasana & kondisi keadaan sekitar pada suatu peristiwa yang membuat diri seorang penulis terdorong membuat sebuah tulisan. Penulis akan berbicara menyampaikan dengan sebuah tulisan apa yang dilihat & dirasakan secara langsung.

Maka dengan itu penulis akan mengunakan hal tersebut sebagai wujud inspirasi & ide sebagai dasar tulisan dengan tujuan informatif & mengedukasi pada ruang publik. Maka tidak heran orang yang suka menulis memiliki kepekaan lebih dalam mendalami suatu peristiwa yang terjadi baik dalam kejadian diwaktu dekat maupun suatu kejadian peristiwa yang lampau.

4. Sebagai Bahan Pembelajaran
Manfaat menulis memiliki sebuah pelajaran pada diri setiap penulisnya. Mereka akan lebih mengerti bahwa apa yang dituliskan harus sesuai dengan fakta kenyataan. Seorang penulis akan berusaha menulis dengan hal baik juga manfaat untuk orang lain. Penulis akan menjauhi jenis tulisan yang menjerumuskan atau menimbulkan pintu berbagai fitnah.

Maka disitulah titik dimana seorang penulis akan selalu memperbaiki segala bentuk penyajian tulisan baik dari sekadar hal kecil tata bahasa dan kaidah-kaidah penulisan juga dipertemukannya berbagai banyak hal baru sebagai pembelajaran atas dirinya, apalagi tulisan yang dibuatnya menginginkan terpublikasi pada ruang publik dan dibaca oleh banyak orang. Tidak heran seorang penulis akan selalu berusaha memperbaiki segala sesuatunya termasuk menata tujuan hidup diri pribadinya.

5. Hidup Menjadi Lebih Terorganisir
Manfaat menulis akan sangat erat yang sebelumnya sudah disinggung. Bahwa mereka orang yang suka menulis akan lebih tertata yaitu terorganisirnya diri dalam menjalani segala aktivitasnya. Sebab mereka telah belajar & mendapatkan berbagai pembelajaran dari hal-hal kecil yang terus menerus. Maka effect yang ditimbulkan akan membawanya pada suatu susunan lain dalam menata hidupnya & apapun yang menjadi aktivitasnya bagian tujuan untuk dicapainya.

Diambil sebuah contoh ketika seorang penulis akan menuliskan aktivitas sehariannya, tentu akan disusunnya sebuah cerita dengan konsep yang sangat rapi yaitu berawal dari ketika sadar sampai kembali pada tidur manjanya. Itulah kelebihan yang pasti akan melekat pada orang-orang yang mempunyai hobi & suka menulis.

6. Mengasah Kecerdasan Otak & Mental
Manfaat menulis tentu akan berimbas pada kekuatan berpikir dalam menilai, menghubungkan, & mempertimbangkan tentang apapun terlebih pada suatu peristiwa. Sehingga mereka akan mendapatkan pengetahuan yang sebelumnya tidak dipahami secara utuh, dalam & tuntas. Hal tersebut akan mengembangkan kemampuan kognitif otak dalam berpikir mengambil informasi yang cukup rumit & ditambah seberapa kuatnya mental untuk terus menggali beberapa informasi lain terkait satu dengan lainnya.

Maka hal tersebut meningkatkan memory otak juga daya ingat yang cukup baik dalam membahas dan menjelasan pada setiap persoalan dan permasalahan. Sebab menulis/belajar menulis sudah menjadi bagian penting dalam hidupnya. Adapun hal itu adalah cara & langkah terbaik mengasah kemampuan pada daya kreativitas dirinya.

7. Mengasah Kemampuan Berkomunikasi
Manfaat menulis selanjutnya hubungannya dengan kemampuan berbicara. Menulis sendiri adalah kegiatan yang sangat mempengaruhi seseorang untuk berkomunikasi pada orang lain. Keterampilan komunikasi yang baik dalam berbicara pada siapa saja yang akan ditemuinya, tentu sangat dibutuhkan kemampuan verbal yang baik & benar.

Dari aktivitas menulis akan sangat membantu seseorang merangkai kata & menyusun kalimat dengan sesuai aturan-aturannya yang akan mudah dipahami dari lawan bicaranya. Sebab menulis adalah cara terbaik dalam melatih berkomunikasi baik dengan dirinya sendiri dan orang lain.

Maka tidak heran orang yang suka menulis akan lebih menguasai ilmu pandai berbicara. Kenapa itu bisa terjadi disebabkan menulis adalah kegiatan yang didalamnya terdapat aturan-aturan sesuai kaidah dalam penulisan termasuk belajar objek, subjek & predikat.

8. Cara Mengobati Hati & Pikiran
Di dunia ada cara paling baik dalam seseorang mengobati hati sakit tanpa luka & mengobati suatu beban tanpa jeda. Adapun hal itu akan tertutup dengan membawa satu senyuman sederhana. Namun ada bentuk sederhana lain dalam mengobati jiwa & mengungkap suatu rasa bahagia. Saat dimana seseorang ingin lepas atau mengatakan hal-hal yang tidak mampu dengan berupa senyuman sederhana.

Pada dasarnya setiap kali seseorang ingin berbicara menyampaikan pesan yang sesuai dari seberapa dalam hati penuh luka & cinta. Kata-kata & kalimat akan sangat bermakna jika dilahirkan dari seberapa besar rasa tersembunyi di dalam balik hidupnya.

Dan menulis (Manfaat menulis) adalah cara paling bisa Anda andalkan. Manfaat menulis tentu suatu cara terindah dalam mengisi ruang yang kadang tidak dapat diungkapan pada suatu obrolan secara langsung. Dengan Anda menulis maka terjadi sebuah ungkapan seperti makna cinta dalam diam & seperti goresan luka tanpa bisa dilihat hanya dengan kedua bola mata.

9. Menjadi Suatu Nilai Aset
Menulis bukanlah sekadar berbagi informasi & pengalaman, disitu adanya bagian lain dalam seseorang menanam suatu aset berharga. Manfaat menulis tidak lain menjadi aset istimewa yang sangat berbeda dari jenis investasi yang sering kita dengar dalam lingkup bisnis. Sebab Investasi bukan hanya dengan berupa uang atau barang yang bernilai tinggi. Menulis adalah bagian penting untuk memperoleh segala keuntungan yang berbeda namun pada titik kesamaan nilai yang tidak kurang & tidak lebih.

Dengan uang akan mempengaruhi keadaan ekonomi secara umum pada suatu tempat atau daerah, tetapi dengan berupa tulisan-tulisan akan mempengaruhi wawasan juga bentuk dorongan pada kondisi intelektual serta ekonomi. Kegagalaan suatu mayoritas adalah dari kurangnya orang-orang tiada suatu kontribusi dalam berbagi informasi didalamnya. Dan menulis adalah cara merubah dengan konsep berbeda namun menimbulkan effect yang besar.

10. Menulis & Dunia Pekerjaan
Ada beberapa pertanyaan terdengar ganjil ditelinga mempertanyakan menulis tidak akan berarti apa-apa dalam dunia kerja, apalagi dapat penghasilan. Namun ternyata kemampuan menulis sangatlah erat hubungannya dengan karier seseorang. Dalam dunia pekerjaan sangat dibutuhkan kemampuan menulis dalam menjalin koneksi maupun dalam komunikasi media.

Ada hal penting setiap kebutuhan dunia kerja seperti hubungannya dalam bisnis, baik presentasi, laporan, promosi produk & proposal. Semua itu dibutuhkan kepiawaian menulis secara profesional. Menulis adalah sisi penting mendukung suatu pekerjaan berbisnis dan kepentingan lain dalam suatu target yang akan dicapainya. Bisa dibayangkan dalam dunia kerja yang didalamnya tanpa ada orang-orang pandai menulis.

11. Menginspirasi & Menjadi Bagian Motivasi
Manfaat menulis kenapa bisa sangat menakjubkan adalah hasil karya tulis menjadikan bagian penting dalam siklus kehidupan manusia. Apapun ide & gagasanmu bisa saja menjadi bagian Inspirasi & motivasi untuk kebutuhan orang lain.

Apapun bentuk kepribadian seseorang yang tentu berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Namun semua membutuhkan suatu dorongan positif untuk menjalani hidup yaitu berupa tulisan-tulisan yang memberikan pemahaman adanya nilai manfaat dan menggembirakan didalamnya. Apapun bentuk maupun jenis tulisan yang kamu buat akan sangat berkontribusi besar menjadikan banyak orang antusias untuk mencapai apa yang menjadi tujuannya, tentu dengan harapan secara maksimal.

Contoh sederhana sebuah tulisan yang bisa saja memotivasi banyak orang
12. Menjadi Hobi yang Dianggap Berkelas & Wibawa
Saya sendiri sangat sadar akan kegiatan menulis yang pada waktu-waktu tertentu selalu terkucilkan. Menganggap menulis hanya dilakukan bagi orang yang pintar bercerita & sosok puitis.

Sejatinya anggapan mereka melenceng agak jauh sebab dari sedikitnya pemahaman & nalar tentangnya. Namun masih banyak orang mengangggap menulis adalah suatu kegiatan yang identik bagi orang-orang yang memiliki Intelektual yang tinggi bahkan Jenius. Menjadi seorang kutu buku yang menjelajah dunia tanpa menitik beratkan pada kedua kaki dan hartanya.
Itulah beberapa manfaat menulis yang harus diketahui mulai sekarang, setelah mengetahui banyak manfaat di dalamnya, nampaknya kegiatan ini jika dilakukan dalam jangka panjang akan memberikan hal-hal yang positif. Bisakah kamu mengingat kapan terakhir kali kamu menulis? jika lupa pasti sudah lama tidak melakukannya, menulis akan memberikan rasa kepuasan tersendiri bagi sang penulisnya.

Apalagi di era teknologi sekarang ini, kita bisa menulis di media lain selain kertas seperti smartphone, laptop, komputer dan lain-lain. Tentu saja, semuanya memiliki tujuan yang sama dan sebagai cara untuk menunjukkan betapa terampil dan pandainya seseorang dalam membuat karya-karya tulisan.

Saya rasa kamu paling sering membuat postingan ekspresif di media sosial tentang perasaan hati atau tentang cerita pengalaman dari sesuatu. Dengan membuat tulisan ekspresif seperti itu kamu akan merasakan kepuasan dan kelegaan yang berbeda. Perasaan itu adalah salah satu manfaat dari menulis yang harus kamu ketahui.

Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga :

Posting Komentar