Translate

Cara Terbaik Menyikapi Pengalaman Buruk Dari Terbelenggunya Masa Lalu




Nirwana Tunggal - Setiap orang mempunyai masa lalu, masa lalu yang indah akan selalu menceriakan tapi masa lalu yang buruk menjadi penghalang diri dari setiap perjalanan hidup setiap orang. Rasa dihianati akan selalu ada, bahkan saat dimana waktu terus berjalan, namun kenangan itu tetap menjadi bagian hidupnya. Menjadikan perjalanan hidupmu tanpa arah dan tujuan.

Rasa ingin melepaskan diri dari terbelenggunya masa lalu yang kelam juga selalu menjadi beban yang berat. Melepaskan sesuatu itu dengan sepenuh hati adalah pekerjaan yang tidak mudah, seolah lebih berat, sulit, dan ruwet dibanding dengan masalah apapun yang pernah dijumpainya.

Tidak jarang sesorang yang punya kenangan masa lalu yang buruk akan dihantui rasa penyesalan, kesedihan, kekecewaan, dan terkadang emosi yang selalu bagaikan payung kehidupannya. Ditemani rasa penyesalan adalah hal yang sangat menakutkan lebih mengerikan ditemani serigala disisi kanan dan kirinya. Merasa terjebak, merasa terbelenggu sudah menjadi kawan hidupnya setiap hari.

Kadang hal itu membuat cara pandang seseorang tentang suatu keajaiban akan hilang dari daya fikirannya, berfikir kebaikan-kebaikan tidak akan datang kembali menjumpainya. Apalagi jika harus merelakan sesuatu yang sangat diinginkannya, sebuah peluang harapan besar yang benar-benar ingin diraihnya.

Pahit sekali ketika baru menyadari bahwa dia telah memutuskan untuk mengakhiri hubungan yang telah lama dirajut bersama dengan pengalaman-pengalaman yang indah, ditempat-tempat yang pernah dikunjunginya. Bagaikan seperti istanah-istanah yang menyejukan baginya. Dihari-hari yang penuh dengan kesibukan selalu dihiasi dengan canda & tawa, saling menyapa, handphone yang selalu berdering diwaktu-waktu spesial. Namun saat ini semua itu seperti pelangi tanpa warna, bulan tanpa cahaya, taburan bintang tanpa makna dan seperti kenangan tanpa rupa. Sekarang hanya tertinggal seperti bunga yang berbau busuk layaknya bunga Rafflesia Arnoldii. Bangsat !

Yang paling menjengkelkan adalah ketika sudah mencoba untuk melupakan namun malah semakin jelas nampak dalam bayangan. Apalah daya, hanyalah manusia biasa. Saat itu keadaan sama seperti hidup didunia mimpi, membayangkan, mengharapkan, serta keinginan yang tak akan mungkin bisa terulang lagi. Sampai kapanpun, dan dimana pun. Wow! oke

Dalam duduk termenung memandang jauh kearah yang tak tahu berapa batasnya akhirnya, melambaikan tangan mencoba memanggil kembali, menetapi rekayasa usaha. Tapi semua itu hanya mengundang tetesan air mata, berkucuran membasahi pipi dan leher, yang setiap tetesnya memiliki ribuan makna, sia-sia dan hanya bisa mencoba memalingkan muka. Berjalan tanpa melihat sesuatu apa yang didepannya, sepanjang waktu melirik kembali dan bertanya, kenapa ini bisa terjadi, kenapa? kenapa dan Kenapa ya Tuhan?

Apa kamu tahu sate kambing bumbu kas Yogyakarta? nah sekarang cobalah lihat disekelilingmu, didunia yang luas ini menaruh harapan besar bagimu. Cobalah menyapa dan tertawa bersama dalam kejamnya realitas hidup. Kamu harus sedikitnya sadar, bahwa masih banyak orang yang senasib bahkan lebih buruk dan mengerikan dari apa yang kamu alami. Yakinlah pada diri sendiri, berputarnya waktu akan menepati janji, janji seperti apa yang kamu harapkan itu.

Suatu hal yang tercipta khusus untukmu, sedang mempersiapkannya dan akan datang dengan mudah didalam hidupmu, tanpa perlu kamu paksaan sesuatu yang tercipta bukan untuk milikmu. Semakin kamu memaksa akan berujung hal-hal buruk yang kadang kamu sendiri pasti tidak menyadarinya.

Cobalah bertanya, apakah aku ini merasa terikat dengan seseorang? atau seseorang dimasa lalu yang harus aku relakan?

Maka bebaskan dirimu dari terbelenggunya masa lalu itu, kamu harus yakin dan percayalah rencana Tuhan itu akan lebih baik dari seperti apa yang kamu fikirkan.

Suatu saat nanti kamu pasti bisa melakukannya, kamu akan melihat berbagai sudut pandang yang sangat berbeda. Dan kamu akan mengerti bahwa merelakan adalah sebuah tanda kekuatan, keberanian, dan cinta yang tulus. Kamu juga harus sadar bahwa berani mencintai juga berani menanggung risiko kebencian, itu yang saya dengar langsung dari salah satu tokoh fiksi di anime Naruto.

Ingatlah bahwa dia orang yang kamu sayangi sudah mendapatkan orang yang tulus. Sedang dirimu harus sadar bahwa selama ini kamu tidak berada pada seseorang yang tepat, tidak benar-benar tulus bagimu. Sudahlah dia punya alasan kenapa dia tidak merangkit hubungan selama ini tanpa adanya rasa tulus. Mungkin saja dia juga terbelenggu oleh kenangan masa lalu juga, seperti apa yang sedang kamu rasakan saat ini.

Selipan sebuah kalimat fakta "Dia sudah mendapatkan orang yang tulus tapi kamu belum", menyedihkan bukan? Ya, keadaan yang sebenarnya selama ini tanpa kau menyadarinya entah apa yang membuatmu buta karenanya. Jelas alasannya disebabkan rasa sayangmu itu yang begitu besar & tulus.

Dia memang pernah menawarkan sejuta janji-janji manis yang membuatmu seakan punya sayap terbang mencapai impian, mencapai harapan, mencapai tujuan kebahagiaan. Tapi apa kamu pernah mendengar sebuah ungkapan bahwa dari sejuta janji manis itu hanya terdapat satu janji dan selebihnya hanyalah kebohongan. Lalu berapa banyak kebohongan yang selama ini kamu anggap serius? tolol.

Yang harus kamu tanamkan pada dirimu adalah katakan pada diri sendiri "Bahwa dia tidak konsisten!", dan benar-benar kucluk!, tolol !, Bodoh!.

Untuk itu jangan melakukan hal-hal yang membuatmu seperti apa yang dia lakukan. Jalani hari-harimu dengan rasa mantap dan percaya bahwa Tuhan lebih mengerti apa yang terbaik untukmu. Melakukan hal-hal positif akan lebih baik bagimu daripada terlarut dalam menelusuri apa yang telah terjadi.

Pada suatu hari yang kamu juga tidak bisa memastikannya, kamu akan mendapati seseorang yang membuatmu tertarik. Hal yang baik akan terjadi kedua kalinya atau lebih. Yang tentunya jauh dan jauh lebih baik juga cocok dari orang yang dulu pernah melanggar kekonsistenannya!.

Dimasa ini kamu akan benar-benar merasa bahwa ternyata dunia itu luas. Kebahagiaan itu terletak dari cara kita memahaminya, belajar dari lubang yang pernah membuatnya jatuh. Dan berusaha tidak akan terjebak lagi pada lubang yang sama.

Raihlah impian dan harapan masa depanmu, bersifat acuhlah pada fikiran-fikiran negatif yang membuatmu terganggu. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menata dan menyusun kembali cerita yang fantastis, membuka hati dan fikiran untuk semua orang. Membuka hati memberi kesempatan pada orang lain untuk masuk dan mengisi ruang kosong yang selama ini menjadi harapan dan impianmu.

Keindahan hidup bisa tercapai dengan gairah semangat hidup, berfikir panjang secara realistis menata kebahagiaan cerah yang menjadi awal tujuan dimulainya suatu impian & harapan.

Sekarang mungkin kamu bisa melihat orang yang melanggar kekonsistenan itu sudah mendapatkan kebahagiaan hidup dengan orang lain, namun dengan sudut pandangmu yang luas, kamu akan mendapatkan sebuah ketenangan jiwa, dengan merasa bahagia melihatnya bersama orang lain.

Hal itu membuktikan bahwa kamu tetap berada pada konsistenanmu, bahwa cinta & kasih sayang yang tulus tidak harus dengan memilikinya. Berdo'a meminta supaya Tuhan juga memberikan kebahagiaan untuk diri sendiri seperti apa yang orang lain dapatkan.

Dari semua itu, kamu akan lebih bisa menghormati sebuah makna kehidupan, dengan kamu pernah mengalami rasa tersakiti, maka kamu juga akan enggan menyakiti orang lain. Memang ada benarnya bahwa pengalaman masa lalu yang buruk niscaya bagaikan seorang guru pembimbing yang selalu memberitahu jalan yang benar.

Sekarang kamu memiliki sebuah jawaban dari ribuan pertanyaan yang selama ini muncul dibenak hati yaitu kata selalu ada dengan diawali, "kenapa dan mengapa", dua kata sesat yang memperkeruh hati & fikiran bagaikan tiada rasa lelah selalu ada mengikuti kemana kita pergi. Untuk itu artikel ini dibuat teruntuk seseorang yang benar-benar ingin lepas dari pengalaman buruk yaitu rasa terikat diri dari terbelenggunya masa lalu. Hal tersebut adalah cara terbaik menyikapi pengalaman buruk dari terbelenggunya masa lalu yang kelam.

Setelah kamu dipertemukannya dengan artikel ini, sengaja maupun tidak, tinggi harapan semoga sampai pada titik artikel ini ditutup mendapati sebuah cahaya, sinar cahaya dari terlihatnya keindahan dan harapan pada diri. Mau bagaimanapun apapun yang terjadi, kamu harus melangkah demi kebaikan dirimu sendiri juga orang dekat kamu. Kehidupan akan akan terus berjalan dan menunjukan dimana letak keadilan mutlak itu berada. Dan ingatlah selalu jangan mengejar kupu-kupu, tapi rawat saja kebunmu itu.

Posting Komentar