Translate

Tips Supaya Dapat Melupakan Masa Lalu yang Buruk

Tips atau Cara Agar Dapat Melupakan Masa Lalu

Nirwana Tunggal - Apa yang kamu lakukan sekarang dari pengalaman buruk masa lalu atau dari berbagai memori kenangan buruk yang dulunya pernah menimpa kamu. Lalu sudah berapa tips maupun cara yang kamu lakukan supaya dirimu dapat lepas dari rasa dan hal-hal berat tersebut? Membicarakan masa lalu yang buruk menjadi sesuatu yang kadang malah membuat diri semakin terjerumus bagai ruang hinaan. Apapun pengalaman dan kenangan buruk itu akan ada saatnya ketika kamu kembali teringat hanya akan menjadi bagian senyum dan tertawamu.

Masa lalu itu dengan seiringnya waktu menjadikannya sebuah pelajaran berbeda untuk tetap teguh menjalani hidup ini. Kamu harus menyadari bahwa tidak semua masa lalu adalah kenangan buruk pasti dibalik itu ada sesuatu keindahan yang kamu dapat merasakannya.

Kenangan buruk masa lalu tentu mengganggu pikiran setiap orang, menimbulkan stres berkepanjangan dan juga akan menipu banyak tujuan masa depan. Sebenarnya masa lalu yang buruk terjadi setiap waktu dari perjalanan hidup setiap orang termasuk dirimu, menggoreskan banyak cerita tentang perjalanan hidup dari masalah dan cobaan yang diibaratkan selalu ada dimanapun kamu berada, tidak peduli seberapa cepat dan jauh kamu mencoba untuk melupakannya, yang hal itu akan selalu dekat dalam setiap rencana yang ingin dicapai.

Melupakan masa lalu memang tidak mudah, namun kamu harus menyeimbangkannya dengan beberapa cara agar masa lalu yang buruk bisa menjadi bagian dari motivasi. Melangkah dengan mantap atau berjalan perlahan menuju tujuan kesuksesan berharap kebahagiaan pada Tuhan dalam apa yang diimpikannya.

Disini, pada saat ini entah kenapa Nirwana Tunggal terpanggil untuk mencoba menuliskan berbagi informasi berupa tips atau cara melupakan masa lalu yang buruk. Bahkan saya sendiri sebagai pemilik sekaligus editor tidak tahu bagaimana cara memulai menuliskannya. Tetapi saya akan berusaha dan mencoba dari banyak pengalaman pahit yang juga pernah bersemayam dalam hidup saya selama ini. Terbelenggu dan hampir saja hal itu menghancurkan apa yang saya miliki. Kenangan itu yang bahkan pada hari ini masih ada, baik dari drama persahabatan dan dunia percintaan yang pernah benar-benar terjadi.

Dibawah Ini Beberapa Tips Supaya Dapat Melupakan Masa Lalu yang Buruk
  1. Berpikir positif
  2. Menghindari Orang dari Masa Lalu Terkait
  3. Lepaskan yang Sudah Terjadi, Syukuri yang Telah Terjadi
  4. Percayalah Masa Depan Lebih Indah
  5. Biarkan Emosi Hilang dengan Sendirinya
  6. Curahkanlah Masalahmu
  7. Alihkan Masa Lalumu Dengan Hal-hal yang Positif
  8. Terimalah Dengan Ikhlas
  9. Sayangi Dirimu Sendiri
Penjelasan

1. Berpikir Positif

Cara pertama mungkin paling efektif untuk melupakan masa lalu yang buruk adalah dengan selalu berpikir positif. Berpikir positif dari banyak pengalaman perjalanan hidup ternyata benar seperti yang dikatakan seorang "Motivator" dengan mengatakannya, bahwa cara atau tips terbaik untuk membantu siapa pun dalam mencoba melupakan masa lalu dari banyaknya kenangan memori buruk dahulu.

Disadari atau tidak, masa lalu yang buruk akan berdampak negatif bagi seseorang. Oleh karena itu, cara melawannya masa lalu yang buruk adalah dengan berpikir positif dan percaya bahwa semua hal buruk memiliki sisi positif lain yang harus dipergunakannya untuk meningkatkan makna sebuah kehidupan setiap orang. Cobalah untuk berpikir positif dengan percaya bahwa ada pelajaran yang bisa dipetik dan yakin bahwa dalam menyusun perjalanan yang fantastis selanjutnya dengan berusaha untuk tidak jatuh pada lubang yang sama.

Seperti belajar dari sebuah makna tulisan motivasi, "Setelah terluka, pohon tidak pernah menunggu permintaan maaf dari parang yang telah melukainya, ia tetap tumbuh dengan perihnya luka. Ia sadar saat ia tumbur besar, lukanya akan mengering dan tertutup dengan sendirinya".

2. Menghindari Orang dari Masa Lalu Terkait

Tips kedua untuk bisa melupakan masa lalu yang buruk adalah dengan memberikan jarak kepada setiap orang yang ada hubungannya dengan itu. Tips ini mungkin tampak terlalu naif, tetapi ketika kamu menjauh dari orang-orang yang ada hubungannya dengan ingatan, itu menjadi tahap otak untuk kembali ke tempat asalnya. Menjauhi orang atau situasi yang bisa membuatnya mengingat kenangan buruk di masa lalu bahkan yang seolah membuka luka dan beberapa luka yang sebelumnya sudah mengering.

Cara ini sepertinya perlu dilakukan. Bayangkan saja jika kamu tidak melakukan tips kedua ini, bisakah kamu dalam pertemuannya benar-benar dapat tersenyum? Apalagi ketika orang yang bersangkutan berdampak sangat negatif, bahkan bisa saja dia dapat menghancurkan dirimu dengan sangat mudah.

Dengan putus dengan orang-orang yang terkait dengan kenangan buruk, kamu tidak perlu lagi memikirkan, memproses, dan menghidupkan kembali kenangan buruk bersama mereka. Kamu juga bisa lebih fokus mewujudkan berbagai rencana masa depan tiadanya suatu bayang-bayang masa lalu yang kelam.

3. Lepaskan yang Sudah Terjadi, Syukuri yang Telah Terjadi

Cara ketiga untuk bisa melupakan masa lalu yang buruk adalah Ikhlas atau mengikhlaskannya. Ikhlas tentang apa yang telah terjadi adalah cara terbaik yang harus kamu lakukan sebagai bagian dari prinsip dalam menjalani hidup ini. Ini adalah hal wajib yang harus kamu lakukan untuk bisa melupakan masa lalu yang buruk. Ikhlas berarti memaafkan semua hal buruk yang terjadi di masa lampau, memaafkan diri sendiri dan juga menerima bahwa itu adalah bagian dari masa lalu yang akan dipergunakan untuk menjaga gairah hidup dalam apa yang ingin kamu capai selanjutnya.

Tidak apa-apa menyesali apa yang telah terjadi dahulu, namun, terus-menerus menyesali adalah kesalahan besar dan penyesalan tidak akan mengubah apa yang telah terjadi. Jika kamu tidak bisa melepaskan apa yang telah terjadi di masa lampau, bersyukurlah!. Bersyukur dengan kondisi kamu saat ini karena masih banyak orang di luar sana yang kondisinya jauh lebih buruk dari apa yang sebelumnya menimpa hidupmu. Jadi, keikhlasan dan rasa syukur memang pantas dikatakan sebagai senjata batin yang paling ampuh!, bahkan untuk semua hal dari banyak penyesalan hidup.

4. Percayalah Masa Depan Lebih Indah

Ini adalah bagian dari tips pertama untuk bisa melupakan masa lalu yang buruk. Ini adalah bagian di mana kamu selalu berpikir positif dan hati ditanamkan dengan prasangka baik atas apa yang Tuhan berikan dahulu. Bahwa apa pun yang telah terjadi adalah cara Tuhan untuk meningkatkamu dalam banyak hal. Sudah banyak tulisan dan kata-kata motivasi yang mengatakan "Masa lalumu adalah masa lalu, tapi sekarang dan masa depan adalah milikmu!".

Tanamkan pikiran-pikiran ini dalam benak kamu dan berkeyakinan bahwa Tuhan akan membawa kamu pada tempat yang lebih baik dan nyaman. Cobalah untuk mengendalikan masa kini untuk masa depan dengan lebih percaya pada pertolongan-Nya. Jika saat ini kamu masih terjebak dalam masa lalumu, berapa lama lagi waktu yang indah itu akan datang sayang?

5. Curahkanlah Masalahmu

Sadarilah bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri atau selalu membutuhkan orang lain. Manusia tidak dapat hidup tanpa pertolongan orang lain termasuk pada masalah hati yang terbelenggu masa lalu buruk. Ceritakan masa lalu kamu, hati, jiwa, dan pikiran akan menemukan kedamaian. Namun, ada baiknya menceritakan masa lalu hanya kepada orang yang dapat kamu percayai. Jika tidak, beri tahu Tuhan tentang masalahnya.

Pada dasarnya, mempertahankan suatu masalah hanya akan membuat diri seseorang lebih buruk dan lebih sakit. Jadi, ungkapkan perasaan kamu dengan bercerita. Jika kamu terlalu malu untuk menceritakannya kepada orang lain, di dunia ini ada cara terbaik bagi seseorang untuk mengobati sakit tanpa luka & mengobati suatu beban tanpa jeda.

Adapun hal itu akan tertutup dengan senyuman sederhana. Tapi ada bentuk sederhana lain dari merawat jiwa & mengungkapkan rasa bahagia. Saat dimana seseorang ingin melepaskan atau mengatakan hal-hal yang tidak dapat dilakukan hanya dengan senyuman sederhana.

Tips atau cara yang dimaksud adalah dengan menulis menjadi bagian dari kamu melampiaskan masa lalu. Kamu bisa menuliskannya di media sosial atau di website pribadi. Apa yang kamu tulis bisa saja menjadi bagian dari orang-orang yang membutuhkan informasi semacam itu. Cara itu memberikan rasa kepuasan tersendiri dari masalah yang memberatkan hati & pikiran.

6. Biarkan Emosi Hilang Dengan Sendirinya

Tips selanjutnya agar bisa melupakan masa lalu yang buruk adalah bersikap acuh terhadap apa yang terjadi di masa lalu dengan membiarkan hidup berjalan dengan sendirinya tanpa banyak bicara, tanpa banyak kata. Namun tetap memberikan ruang untuk emosi itu muncul dan hilang dengan sendirinya.

Seseorang seringkali takut menghadapi kesedihan, kemarahan, kekecewaan, dan kesepian yang menimpanya. Padahal, jika hal yang mengganggu tersebut tidak diungkapkan, tentu akan mengganggu proses melupakan ingatan itu sendiri, terlebih jika kamu menyadari bahwa masih banyak orang dekat yang menginginkan kamu kembali seperti dulu, yaitu selalu tegas dan ceria.

Maka biarlah apapun yang mengganggu pikiran dan hati, termasuk emosi di dalamnya ketika mengingatnya atau muncul dengan sendirinya, biarlah timbul dan biarkan ia reda dengan sendirinya. Hal ini juga akan berhubungan langsung dengan kondisi kesehatan mental kamu. Bila emosi tersebut tidak diungkapkan dengan cara apapun seperti berteriak, menangis, atau hal lain yang wajar-wajar saja. Maka kamu akan terjebak di dalamnya dan akan seperti itu sampai waktu tiada orang tahu berapa batas akhirnya.

Atau biarkan emosi tersebut hilang dengan sendirinya dengan aktivitas yang kamu lakukan sekarang. Jangan biarkan kemarahan atau emosi menguasai terlalu dalam, yang pada akhirnya dapat menyebabkan masalah baru pada kesehatan mental, seperti stres, kecemasan, dan depresi.

7. Alihkan Masa Lalumu Dengan Hal-hal yang Positif

Cara ampuh lainnya untuk melupakan masa lalu yang buruk adalah dengan mengalihkan masa lalu yang buruk dengan kegiatan yang positif. Jika kamu termasuk orang yang mudah mengingat kejadian atau momen di masa lampau dari pengalaman yang benar-benar meninggalkan luka yang dalam, cara ini mungkin cocok sebagai pengalihan.

Dengan melakukan aktivitas positif, perlahan & pasti kamu akan bisa melupakan masa lalu yang buruk. Sibukkan diri kamu dengan melakukan aktivitas positif baik itu dari pekerjaan atau hal lain yang kamu sukai dan nyaman untuk melakukannya. Namun jangan lupa untuk tetap memperhatikan kesehatan dirimu.

Istilah ini sama dengan ketika seseorang sedang mengendarai sebuah mobil, perlu lebih sering melihat ke depan daripada melihat ke belakang dengan kaca spion kecil. Karena itu, masa depan harus diprioritaskan daripada masa lalu itu. apakah kamu mengerti sayang?

8. Terimalah Dengan Ikhlas

Kaitannya dengan tips No. 3 adalah melepaskan apa yang telah terjadi, mensyukuri apa yang telah terjadi. Menunggu seseorang yang telah menyakiti kamu di masa lalu untuk meminta maaf akan mengganggu proses apa pun serta membahayakan impian besar yang ingin kamu capai. Jadi, hal baik yang kamu lakukan adalah dengan tulus menerima bahwa orang tersebut tidak ingin meminta maaf dan kamu buang pikiran-pikiran dari sesuatu pengharapan pada manusia itu.

Jangan berharap lagi hanya dari permintaan maaf seseorang yang telah melakukan kekejaman atau pengkhianatan di masa lampau. Kamu tidak perlu mengharapkan itu, karena jika kita berharap tetapi harapan itu tidak terpenuhi, maka rasa kecewa atau sakit hati akan semakin kuat. Yang terpenting adalah memahami diri sendiri terlebih dahulu dan kamu harus konsisten bahwa cinta tidak harus dengan memilikinya, biarlah dia melakukan apa yang menurutnya benar. Kamu memiliki Tuhan yang lebih mengasihi kamu bahkan lebih besar dari apa yang kamu pikirkan sebelumnya, cara itu terlihat dari Tuhan memutuskan kamu dengannya.

Ini adalah cara untuk melupakan hal-hal yang terjadi di masa lalu. Memang proses ini biasanya memerlukan waktu yang tidak sebentar, bisa berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Tetapi bisa lebih cepat dengan berani mencobanya atau melakukan latihan dari sekarang.

Cobalah untuk selalu mencintai diri sendiri dan merayakan hal-hal baik apa pun yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Itu adalah langkah nyata yang harus kamu ambil untuk mempersiapkan hidupmu menghadapi berbagai rintangan selanjutnya, tentu hal itu lebih baik dan jauh lebih penting daripada sekadar mengungkit kenangan dahulu.

9. Sayangi Dirimu Sendiri

Ini adalah tips terakhir sebagai dorongan dari apa yang telah dijelaskan sebelumnya. Biasanya ketika seseorang sedang meratapi banyak kenangan masa lalu yang kejam, akan selalu ada dan banyak pertanyaan muncul yang bahkan kamu sendiri tidak tahu apa dan seperti apa harus menjawabnya. Berhentilah menyalahkan diri sendiri atas semua yang telah terjadi di masa itu. Dari sekarang cintai diri sendiri dengan melakukan hal-hal baik untuk dirimu. Ingat!, jangan pernah membanding-banding dirimu dengan orang lain.

Memang sulit untuk menghindari hal-hal yang menyakitkan yang telah terjadi. Namun, kamu dapat memilih untuk memanjakan atau memperlakukan dirimu dengan lebih baik ketika hal-hal buruk itu datang kembali.

Merawat diri sendiri akan membuat seseorang lebih kuat. Bahkan rasa sakit di masa itu tidak akan terlalu memengaruhi dimasa atau kondisi kamu sekarang. Sejatinya dari semua tips atau cara untuk dapat melupakan masa lalu tidak lain adalah cara untuk lebih memperkuat mental, pasti kamu pernah mendengar bahwa terkadang "Mental yang lemah lebih buruk daripada masalah fisik yang lemah".

Semakin kamu dapat mengalahkan dari segala hal yang langsung menitik pada permasalahan mental, maka kamu akan semakin tangguh!.

Itulah beberapa tips atau cara supaya dapat melupakan masa lalu buruk. Dari beberapa cara tersebut adalah sebuah ikatan yang saling terkait satu dengan lainnya, jadi pilihlah yang sekiranya akan nyaman untuk kamu lakukan dan akan dimulai dari tips yang mana dahulu.

Sebab masa lalu buruk pada dasarnya bukan sesuatu yang harus dihilangkan dari dalam pikiran kita, tetapi dengan merangkulnya dan ditunjukkannya sebuah perubahan besar pada diri yang lebih baik. Tentu yang dinamakan pada tujuan kesuksesan.

Kamu adalah seseorang yang sebenarnya hebat dari berapa banyaknya pengalaman yang memukul hati & pikiran, membawanya menjadi pribadi yang sangat tangguh khususnya dalam mental yang dibangun. Kamu itu adalah seorang pemimpin dari setiap visinya hidup dari orang-orang yang menyanyangimu dan apapun yang dikerjakannya. Ingat !, menjadi pemimpin pun nantinya kau akan merasakan, "Bagaimana sakitnya berjuang, tapi selalu ada yang menyalahkan", ya itu wajar saja. Tetapi kau akan hebat selalu jika didasarkan pada sebuah kebaikan yang lebih besar.

Baca Juga :

Posting Komentar