Translate

Kamu Suka Berkhayal? Nih Pekerjaan Yang Cocok Untuk Kamu




Nirwana Tunggal - Mengkhayal atau apapun itu yang berhubungan dengan khayalan tentunya dipandangnya dengan begitu memperihatinkan dan mengkhawatirkan. Bahkan orang yang suka berkhayal akan dipandang seseorang yang tidak punya masa depan baik. Mengkhayal oleh banyak orang selalu dianggap sesuatu yang buruk. Padahal mereka yang suka berkhayal punya daya kreativitas tinggi, yang orang lain belum tentu bisa melakukannya.

Cara berpikir dalam melihat sudut pandang seseorang yang suka berkhayal akan jauh berbeda dengan orang-orang biasa pada umumnya. Cara berpikirnya kadang membuat orang lain terasa aneh dan adanya kesan yang kurang logis (akal sehat). Orang yang suka berkhayal sangat menikmati kesendirian, kesunyian, untuk membangun cerita yang fantastis. Jadi jangan heran, orang suka mengkhayal terkadang spontan bisa tersenyum, tertawa, bahkan menangis tersedu- sedu, disebabkan cerita yang dibuat didalam dunia angan-angannya sendiri. 

Dengan cerita yang mereka buat sekaligus sebagai hiburan baginya, tentu mereka para pengkhayal cenderung memiliki wajah dua atau hampir mirip seperti seseorang yang berprilaku ganda. Seorang pengkhayal akan terlihat ceria didepan orang banyak, tapi realitas yang sebenarnya sangat berbeda dengan apa yang orang lain lihat. Orang yang suka berkhayal memiliki warna sendiri dalam kehidupan ini, merekalah para pengkhayal yang membuat kehidupan ini akan terlihat indah, aneh, dan kadang pula ekstrim. 

Bagi kamu yang suka berkhayal tidak usah resah apa yang orang lain katakan, biarlah perkataan mereka terhempas oleh angin dan hilang dengan sendirinya. Kamu sebenarnya orang-orang yang cara berfikirnya sama dengan orang-orang jenius, bahkan mungkin saja kamu itu orang yang dikategorikan sebagai orang jenius. Cara berpikirmu diatas rata-rata yang bagi orang lain konsep berfikirmu itu adalah hal gila dan sangat mustahil.

Menjadi seorang yang suka berkhayal memiliki keistimewaan yang begitu menarik. Apalagi keistimewaan cara berfikirmu disalurkan dengan kerja nyata. Mungkin hasilnya akan membuat orang lain tak tahu harus berkata apa. Kamu punya keistimewaan anugerah yang tidak dimiliki orang lain, yaitu cara membangun sebuah cerita fiksi dalam dunia imajinasi, membangun sebuah cerita lengkap dengan tokoh-tokoh sekaligus sifat dan karakternya masing-masing.

Untuk kamu wahai para pengkhayal sahabatku, tunjukan daya kreativitasmu itu, berdiri tegak dengan penuh percaya diri, sejatinya kau adalah orang yang memendam potensi yang sangat besar. Dibawah ini ada jenis-jenis pekerjaan yang cocok dalam menyalurkan bakat terpendam yang ada didalam dirimu itu. Manfaatkanlah semua kemampuan apa yang kamu miliki, tunjukkan pada dunia bahwa "Aku Bisa!", wahai sang pengkhayal.

Berikut beberapa jenis pekerjaan yang cocok untuk kamu wahai sang pengkhayal.

1. Menulis
2. Pelukis
3. Perancang Busana
4. Aktor
5. Pujangga/Bujangga
6. Fotografer
7. Dekorasi, Perias Wajah (Make Up)
8. Musik/Pemusik
9. Menjadi Seorang Koki/Chef


1. Menulis
Menulis adalah tidak lain membangun sebuah seni kreatif, yang dipadukan dengan ide, keindahan, imajinasi, khayalan, dan emosi penulisnya. Membangun tulisan yang indah dibutuhkannya sebuah seni menulis, berharap dapat menyentuh dan mewakili apa yang diharapkan oleh pembaca.

Bagi seseorang yang suka berkhayal menulis dijadikan sebuah profesi adalah langkah yang tepat dengan daya kreativitasnya. Menciptakan sebuah tulisan yang dapat menyentuh hati dan sisi jiwa pembaca adalah hal mudah bagi seorang yang suka berkhayal. Apalagi membuat sesuatu karya yang lebih "wow", seperti membuat buku novel (menjadi seorang novelis). Atau membuat tulisan-tulisan kreatif lainnya yang mengagumkan.

Dengan daya khayal yang tinggi seorang pengkhayal mampu membangun sebuah gagasan, ide, dan cerita yang mampu membuat orang lain tak tahu harus berkata apa dan bagaimana. Bisa dilihat film layar lebar yang begitu populer dan fenomenal semuanya hampir diambil dari sebuah karya tulis. Mungkin kamu pernah menonton film harry potter? Nah itulah salah satu film yang diambil dari salah-satu karya fiksi.

Walaupun tidak semua film diambil dari karya fiksi, ada juga yang mengambil dari kisah-kisah nyata, tapi sebagian besar adalah dari sebuah cerita buku fiksi belaka. Contoh kecilnya lihatlah dunia anime, hampir semua film tersebut diambil dari cerita fiksi dari seorang yang berani mengambil dan memanfaatkan dunia Imajinasi dan khayalnya.

2. Pelukis
Sama halnya dengan menulis, melukis juga dibutuhkan dunia Imajinasi yang kuat dan inspirasi hebat sebagai acuannya. Seorang pelukis sering disebutnya seorang seniman, ya walaupun seniman tidak ditunjukkan pada seorang pelukis saja. Seniman selalu berkaitan dengan dunia seni, seperti seni sastra, seni peran, seni patung, musik, dan lainnya. Dan tidak ketinggalan menulis dan melukis masuk dalam kategori seni, yaitu seni menulis, dan seni menggambar.

Dalam seni melukis sangat dibutuhkan imajinasi dan ide-ide hebat untuk bisa menghasilkan lukisan yang bagus. Orang yang suka berkhayal memiliki jiwa kreatif dan imajinasi yang kuat, maka sangat cocok untuk mencoba menjadi seorang pelukis. Buatlah lukisan yang memiliki makna-makna yang luar biasa. Makna keindahan yang terselubung didalam gambar yang telah diciptakannya, keindahannya mewakili dunia khayalannya.

Tapi apa bisa sukses hanya menjadi seorang pelukis?

Jangan berfikir negatif dulu, lihatlah para pelukis yang sukses dengan menjadi seorang seniman. Siapa pun bisa membangun masa depan yang baik. Melukis adalah cara pintar mengambil keputusan dalam menyalurkan bakat. Bahkan ada yang menciptakan lukisan-lukisan abstrak yang terjual dengan harga puluhan bahkan ratusan juta.

3. Perancang Busana
Model dan tren pakaian dari waktu ke waktu semakin meningkat popularitasnya, menjadi daya tarik sendiri bagi banyak orang. Diera milenial sekarang ini busana begitu digandrungi bagi banyak kalangan, dari anak-anak sampai orang tua, dari seorang pekerja buruh biasa sampai pegawai pemerintah. Busana menjadi pelengkap keindahan untuk tampil cantik dan menawan.

Dari semua itu tidak terlepas dari mereka orang-orang yang berkecimpung didunia desainer baju. Bertujuan memfasilitasi  kebutuhan-kebutuhan pada jamannya. Seorang desainer dituntut untuk selalu memiliki imajinasi dan ide yang hebat untuk menciptakan karyanya. Mereka selaku desainer memikirkan bagaimana hasil karyanya bisa disukai dan diminati oleh banyak orang. Yaitu dengan menyesuaikan waktu ke waktu dan sekaligus menjadi tanda bagi pemakainya.

Memiliki imajinasi dan dunia khayal sangat disarankan untuk terjun di dunia perancangan/desainer busana, bagi seorang yang memiliki anugerah dengan dunia khayalnya yang tinggi akan sangat berperan penting dalam menciptakan rancangan yang begitu sempurna dan fenomenal. Seorang yang terjun didunia perancang busana juga akan sangat berjasa dalam mengembangkan pariwisata terutama ragam budaya berbusana, sebagai identitas bagi suatu daerah dan negeri.

3. Aktor
Aktor merupakan seni peran dalam berakting, seorang aktor dibutuhkan jiwa yang harus dilakoni dengan penuh dedikasi tinggi mengolah peran yang indah dengan penuh kesadaran. Mereka harus menirukan hal-hal yang ada diluar dirinya sehingga dapat nenyerupai apa yang diturukannya. Mereka harus bisa berperan dengan berbagai ekspresi, seperti menangis, bersedih, tertawa, atau memerankan hal-hal lain.

Selain seorang aktor dituntut untuk profesional dalam seni peran, mereka juga dituntut memiliki imajinasi untuk meresapi dan mendalami apa yang akan mereka mainkan. Seorang aktor akan dinilai berhasil memperagakan suatu peran jika mereka dapat berlakon secara alami dan se-natural mungkin. Bagi seorang yang mempunyai daya imajinasi dan khayal tinggi, akan mudah dan cepat mengerti dan meresapi dalam seni peran.

Seni peran (aktor) saat ini adalah profesi yang paling menggoda, punya banyak fans, gaji melimpah, dikenal banyak orang dan kehidupan seorang aktor laksana seperti bak negeri dongeng. Wahai sang pengkhayal mulailah kerja nyata, salurkan kreativitasmu.

5. Pujangga atau Bujangga
Pujangga, apa kalian pernah mendengar nama itu? Pujangga adalah sebutan bagi orang-orang pengarang sastra baik puisi, maupun prosa. Kata-kata dari para pujangga yang penuh arti dan makna akan membangkitkan gairah dan motivasi hidup.
Contohnya seperti ini :

"Cara terbaik adalah mencintai sesuatu adalah dengan menyadari bahwa cinta itu mungkin akan hilang", Gilbert K.chesterton

"Jangan larut dalam lamunan. Lanjutkanlah hidup dan cinta. Kau tidak akan memiliki keduanya selamanya", Leo Buscaglia

"Jagalah cinta dalam hatimu. Hidup tanpa cinta seperti taman tanpa matahari hingga bunga-bunganya mati", Oscar Wilde

Bagi kamu yang suka berkhayal pasti sering atau saat-saat sedang berkhayal tiba-tiba terlintas kata-kata maupun kalimat yang begitu indah dan berbau puitis. Cobalah tuangkan ide tersebut pada sebuah prosa maupun puisi, itu akan lebih baik daripada terbuang sayang.

6. Fotografer
Inilah fotografer yang bisa dicoba bagi para pengkhayal, seorang fotografer dibutuhkan imajinasi tinggi untuk menciptakan sebuah foto dengan rasa, terkesan hidup ketika dipandang. Membuat foto dengan rasa itu tidak mudah, tidak ada asal cepret lalu jadi. Seorang fotografer adalah orang-orang imajiner yang sangat memperhitungkan waktu, tempat, dan objeknya, makanya hasil foto dari seorang fotografer akan memiliki seni yang lebih tinggi. Mereka punya sudut pandang sendiri dalam melihat suatu objek yang akan menjadi targetnya. Jadi jangan heran foto dari seorang fotografer memiliki rasa yang berbeda dari objek yang sama. Itulah yang ditunjukkan oleh seorang fotografer.

7. Dekorasi, Perias Wajah (Make up)


Bermain puzzle yang fantastis adalah hal sulit, terlebih jika yang menjadi target tidak dalam keadaan begitu baik. Nah dalam bermain menyusun supaya terlihat elegan dan indah dibutuhkan sebuh imajinasi yang kuat. Tidak berbeda dengan ketika membuat sebuah dekorasi panggung, terlebih menggoreskan warna pada wajah manusia agar terlihat cerah dan mempesona serta membuat seseorang ingin memeluknya, memangku mungkin. 

Lihatlah diacara-acara televisi maupun film, semua itu tidak terlepas dari yang namanya demokrasi dan perias wajah (make up). Seorang perias itu orang-orang yang penuh dengan imajinasi, mereka bisa membentuk sedemikian rupa menyesuaikan untuk sebuah proses adegan tertentu. Contoh kecilnya lihat orang-orang yang bermain difilm zombie, bagaimana bisa menata warna pada wajah membentuk sedemikian itu jika bukan dari orang-orang yang imajiner.

8. Musik / Pemusik
Musik sudah mendarah daging bagi setiap orang, hidup tanpa musik ibarat pelangi tanpa warna, ibarat jutaan bintang dilangit tanpa cahaya. Dunia akan sepi dan dingin tanpa adanya musik. Musiklah yang memberi warna kehidupan akan terlihat indah.

Musik tidak akan lepas dengan seorang pemusik, termasuk produser, dan orang-orang yang ikut berpartisipasi didalamnya, seperti, drammer, pianis, gitaris, dan tentunya composer. Semua itu yang membuat musik akan menjadi sebuah irama yang enak didengarkan. Tapi ada juga orang yang mengatakan pemusik itu tidak jelas, mungkin bagi mereka pemusik itu dianggapnya orang-orang pengangguran. Padahal menciptakan sebuah irama musik sangat erat hubungannya dengan imajinasi atau orang-orang yang berani mengambil langkah keputusannya menjadikan investasi keindahannya hidup. Nih bagi kamu yang suka berkhayal jika ada orang yang mengatakan hal tersebut, biarkanlah nantinya mereka juga akan mengerti dengan sendirinya. Tetap semangat hidup dengan kreatif.

9. Menjadi Seorang Koki / Chef
Untuk yang satu ini adalah menjadi seorang koki. Seorang koki tidak hanya membuat makanan dengan rasa yang lezat saja, tapi seorang koki juga dibutuhkan kreatif dalam membuat makanan, dari berbagai jenis makanan sampai bentuk penyajiannya yang unik dan menarik. Seorang Koki yang ahli membuat makanan sangat mengandalkan kemampuan mengkhayalnya agar membuat selera orang makin bertambah.

Mereka para koki sangat pintar seperti halnya seorang master megic yang dapat menyulap makanan dengan berbagai rupa dan warna, cantik, dan tentunya rasanya yang begitu memikat dan memanjakan lidah banyak orang. Seorang yang pintar memasak tidak akan dipandang sebelah mata, baik laki-laki maupun perempuan, banyak orang yang mengaguminya. Termasuk saya ini, sedang berkhayal semoga dapat jodoh yang pintar memasak,,hihi. Bagaimana dengan kamu?

Baca juga :

Posting Komentar