Translate

7 Cara Agar Tetap Produktif Secara Konsisten



Ilustrasi cara agar tetap produktif. Sumber: (Teknologi Jempolan).

Nirwana Tunggal - Cara agar tetap produktif ini sebenarnya sangat mudah. Hal paling dasar adalah jangan terlena dengan waktu dan berhenti bermalas-malasan. Sekuat apa pun prinsip jika meremehkan waktu, maka tak akan ada gunanya.

Perlu digaris bawahi, kamu mungkin berbeda dengan orang lain. Jenis kelamin, ras, agama, harta, dan lain sebagainya. Tapi kamu memiliki satu kesamaan, yaitu waktu. Oleh karena itu, manfaatkan waktu sebaik mungkin.

Cara Agar Tetap Produktif

Berikut ada beberapa tips agar produktif yang telah dirangkum dari berbagai sumber, yaitu:

1. Buat Tujuan yang Jelas

Memiliki tujuan yang jelas sangatlah penting karena bisa dijadikan motivasi saat down. Selain itu tujuan tersebut berguna untuk membantu membuatmu tahu alasan mengapa melakukan hal itu.

Jadi, kamu bisa mencatat pada buku harianmu sebuah goals yang harus dicapai. Kamu juga bisa mencatatnya pada stiky note dan tempelkan pada meja belajar.

2. Temukan Sistem Manajemen Waktu yang Baik

Salah satu cara mengatur waktu menggunakan metode dirimu sendiri. Kamu juga bisa mengikuti metode yang ada di internet.
 
Nah, salah satu sistem manajemen waktu yang paling efektif adalah coba bagi aktivitas kamu menjadi 4 kuadran berdasarkan kepentingannya. Berikut pembagiannya:
  • Mulai kerjakan hal-hal yang sangat penting, mendesak, dan prioritas.
  • Dilanjutkan dengan hal-hal penting namun tidak mendesak.
  • Lakukan hal yang tidak terlalu penting namun harus dilakukan, dan
  • Diakhiri dengan hal-hal yang menjadi keinginan dan tidak penting.

3. Masukkan Kebiasaan Kunci Dalam Kehidupan Sehari-hari

Cara agar tetap produktif selanjutnya adalah memasukkan kebiasaan kunci dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Charles Duhig dalam bukunya yang berjudul Ther Power of Habit. Dalam arsitektur, batu kunci adalah batu yang menampung semua batu lainnya.

Hal itu bisa disamakan dengan kehidupan sehari-hari, jika kita memiliki kebiasaan kunci, bukan hanya terbentuk kebiasaan baik. Namun, juga dapat menghilangkan kebiasaan buruk.

Fokus pada kebiasaan utama dan kamu akan menjadi lebih baik dalam mengelola keseluruhan waktu. Dengan begitu pengembangan kebiasaan akan menjadi mudah.

4. Kebutuhan Darurat untuk Membuka Media Sosial

Sebaiknya, saat kamu sedang fokus. Matikan handphone kamu atau sambungan data seluler dan wifi. Biasanya, saat ada notifikasi masuk, sangat mudah mengalihkan perhatianmu. Oleh karena itu, sebaiknya menghambat hal-hal yang bisa membuat kurang fokus.

Namun, jika kamu khawatir ada hal-hal penting yang terlewatkan. Kamu cukup menjauhkan handphone dari jangkauanmu dan menaruhnya terbalik. Sehingga notifikasi tidak muncul dari layar kunci.

Selain itu, melihat notifikasi yang masuk biasanya dapat mengalihkan pikiran dan sulit kembali pada jalur semula.

5. Berusaha Membuang Kebiasaan Buruk

Salah satu pemboros waktu adalah ketika kita memiliki kebiasaan buruk. Misalnya terlalu banyak membuka media sosial, bermain game, nongkrong, dan lain sebagainya.

Berusahalah untuk membuang kebiasaan buruk tersebut. Jika kamu secara serius ingin mencapai tujuan besar dalam hidup, maka mulailah untuk menghargai waktu.

6. Beri Waktu Istirahat Sejenak

Meskipun kamu sangat ingin mencapai tujuanmu dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Kamu tetap tidak boleh melewatkan waktu untuk istirahat. Selain itu, kinerja tubuh dan otak akan lebih produktif jika memiliki istirahat sejenak.

Jangan terus memaksakan diri setiap hari untuk mengerjakan sesuatu tanpa henti. Ambil waktu sejenak untuk istirahat.

7. Meditasi atau Lakukan Olahraga di Pagi Hari

Meditasi dan olahraga di pagi hari dapat membantumu menyeimbangkan kinerja otak. Dengan berolahraga kamu juga akan lebih bahagia saat memulai aktifitas selanjutnya. Selain itu, juga dapat membuat pikiran lebih positif.

Demikianlah cara agar tetap produktif secara konsisten. Jangan lupa share informasi tersebut pada teman atau kerabat yang membutuhkan!. 

Baca juga:

Posting Komentar