Translate

Ingin Menjadi Cerdas? Yuk Mulai Dengan Melakukan Kebiasaan Positif Berikut Ini

Nirwana Tunggal - Menjadi cerdas adalah impian semua orang, karena memiliki kemampuan berpikir di atas rata-rata mempunyai daya tarik tersendiri dan dapat memudahkan kita dalam menghadapi berbagai masalah.

Kecerdasan seseorang biasanya dipengaruhi oleh Iq yang tinggi. Selain faktor keturunan, ternyata Iq juga dapat dapat dilatih dengan berbagai kebiasaan positif. Adapun beberapa kegiatan positif yang dapat meningkatkan iq dan mempengaruhi kecerdasan yaitu sebagai berikut.



Sumber : Istock

1. Membaca

Kebiasaan pertama yang dapat membuat otak manusia semakin cerdas adalah membaca. Membaca merupakan salah satu cara paling dasar untuk mengumpulkan informasi dan memfasilitasi aktivitas otak.

Dengan membaca kita bukan hanya meraih informasi baru namun juga membantu memperkenalkan kosakata baru yang selama ini tidak diketahui.

Membaca bukan hanya terbatas pada buku saja, namun kita juga bisa membaca karya lain seperti sastra, sejarah, jurnal atau karya buku fiksi sekalipun. Aktivitas membaca ini akan membuat otak manusia bergerak ke tempat yang baru.

Pada saat membaca, biasanya otak manusia juga ikut berperan memunculkan imajinasi mengenai bagaimana kejadian dalam buku, detail tempat dan berbagai hal. Oleh sebab itu setiap manusia akan berbeda dalam menggambarkan hasil bacaan mereka.

2. Menulis

Menulis dan membaca adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, jika membaca dapat menambah kecerdasan maka begitu juga dengan menulis.

Menulis juga memiliki segudang manfaat, dengan menulis kita memacu kinerja otak untuk mengingat kembali hasil bacaan dan juga memperkaya kosakata. Keterampilan menulis juga dapat melatih tata bahasa yang baik dan menggunakan kalimat yang tepat.

Selain memicu kecerdasan, nyatanya menulis juga dapat meredakan stress. Hal ini akan sangat berguna bagi kalian yang kesulitan untuk mengungkapkan ekspresi di hadapan orang lain. Selain itu menulis juga memicu imajinasi.

3. Melatih Memori

Setiap aktivitas manusia biasanya tersimpan dalam memori, aktivitas memori ini melibatkan semua bagian otak untuk menerima, berpikir, mengolah informasi hingga mengingatnya kembali jika informasi tersebut dibutuhkan.

Namun sayangnya setiap otak manusia memiliki daya ingat yang berbeda-beda, ada yang dapat dengan mudah mengingat sesuatu namun mudah juga melupakannya dan ada juga yang dapat mengingat dengan sulit namun sulit untuk melupakannya, dan yang paling buruk adalah sulit untuk mengingat sesuatu namun mudah untuk melupakannya.

Kemampuan memori dalam mengingat sesuatu juga merupakan pertanda kecerdasan seseorang. Untuk menjadi cerdas, kita harus melatih memori, bagaimana caranya? tidak sulit, Kita hanya perlu melakukan beberapa hal seperti pengulangan.

Pengulangan merupakan hal paling sederhana untuk melatih memori otak. Pengulangan dapat memperkuat ingatan karena semakin sering dilakukan hal ini akan menjadi kebiasaan yang tidak dapat dilupakan lagi.

4. Belajar Hal Baru

Nasehat untuk mempelajari hal baru sepertinya sudah sangat sering didengar dan menjadi lumrah. Ternyata hal ini bukan hanya sekadar nasehat saja namun sangat berpengaruh ketika ingin menjadi seseorang yang cerdas.

Mempelajari hal baru bukan hanya menambah skill, namun hal ini juga memancing otak untuk terus berpikir yang membuat otak tersebut bekerja secara maksimal.

Dengan bantuan teknologi yang ada pada saat ini, kita dapat mempelajari hal baru dengan mudah. Jangan pernah merasa cukup dengan kemampuan yang kalian miliki saat ini karena suatu saat nanti bisa saja kemampuan tersebut tergantikan oleh teknologi.

Belajar hal baru akan menambah skill dan pengetahuan, jika tidak tahu harus memulai darimana cobalah mempelajari sesuatu yang menyenangkan seperti belajar bahasa baru, instrumen, skill dan lain sebagainya.

5. Mengkonsumsi Makanan Bernutrisi

Makanan yang kita konsumsi tanpa kita sadari berpengaruh terhadap kesehatan tubuh dan kinerja otak, hal ini bukan hanya mitos belaka namun semakin bernutrisi makanan yang dikonsumsi maka semakin cerdas pula lah orang tersebut.

Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dapat mempertajam kinerja otak dan kemampuan berpikir, otak manusia akan bekerja lebih baik jika diberi berbagai nutrisi seimbang mulai dari vitamin, protein dll. Sedangkan mengonsumsi makanan tidak sehat dapat berdampak negatif pada tubuh manusia.

Namun perlu diingatkan memakan makanan bernutrisi tanpa didukung oleh keinginan berubah lebih baik juga akan percuma, kalian tetap perlu berlatih, membaca dan mempelajari hal-hal baru.

Dengan mengonsumsi makanan kaya akan nutrisi hal ini akan membuat otak menjadi lebih tajam dalam menyerap informasi, selain itu kalian juga perlu meningkatkan aktivitas fisik untuk memicu pertumbuhan sel.

6. Mengunjungi Tempat Baru

Mengunjungi tempat baru juga merupakan salah satu cara melatih kecerdasan, semakin banyak tempat yang dilihat dan dikunjungi maka semakin banyak pula hal-hal baru yang bisa kita pelajari.

Mengunjungi tempat baru tidak harus ke luar negeri atau keluar kota. Kalian bisa mencoba hal yang lebih sederhana seperti memilih jalan lain saat pulang atau pergi ke tempat lain, atau jika bosan di cobalah berkeliling di kotamu, jelajahi tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya.

Perpindahan tempat tersebut sangat bagus untuk otak karena dapat melatih otak kita untuk mengingat hal-hal lain, walaupun hal ini terlihat sangat sederhana namun faktanya hal ini merupakan sesuatu yang tidak biasa.

Jika mempunyai kesempatan cobalah untuk pergi ke tempat-tempat bersejarah, rumah-rumah ibadah, keluar kota atau luar negeri, disana kalian akan mendengar bahasa baru, budaya tidak biasa yang menghadirkan ritme kehidupan yang beragam.

7. Menonton atau Membaca Berita

Menonton berita sepertinya hal yang paling tidak disukai oleh generasi muda, hal ini dikarenakan berita sering kali dikaitkan dengan sesuatu yang membosankan, namun faktanya dengan menonton dan membaca berita sangat berpengaruh besar terhadap pengetahuan umum.

Berita yang ditampilkan di tv, radio atau koran merupakan berita-berita terupdate yang baru saja terjadi, dengan membaca berita pengetahuan kita tentang dunia sekitar akan lebih bertambah. Jangan sampai kita ketinggalan informasi yang terjadi disekitar kita.

Namun berkat teknologi yang ada sekarang ini, kita bisa mendapatkan berita dengan bahasa dan tampilan yang lebih mudah dipahami. Membaca dan menonton berita juga akan memancing kepekaan terhadap apa yang terjadi disekitar

8. Menumbuhkan Kreativitas

Orang cerdas sering kali dikaitkan dengan orang kreatif, orang kreatif biasanya dapat berpikir lebih daripada orang biasa. Orang-orang kreatif juga seringkali memunculkan ide, gagasan atau membuat sesuatu yang tidak dipikirkan oleh orang lain.

Lalu bagaimana cara menjadi orang kreatif ? Kreativitas tentunya tidak datang begitu saja, sama seperti cara lain, menumbuhkan kretivitas merupakan salah satu kebiasaan yang harus sering dilatih.

Kreativitas atau pola pikir yang artistik diketahui dapat menciptakan peluang baru untuk menemukan sebuah solusi baru, inspirasi dan juga kepercayaan diri.

Untuk menjadi orang kreatif, kalian harus menemukan passion terlebih dahulu. Karena Passion juga menentukan sisi kreativitas seseorang apakah kalian suka menggambar, musik, seni dan lain sebagainya. Jika kalian sudah menemukannya maka secara perlahan kalian dapat menumbuhkan ide-ide baru terhadap apa yang disukai.

9. Meditasi

Meditasi merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk menenangkan pikiran, banyak penelitian yang mengatakan bahwa meditasi memiliki hasil yang mengesankan bagi aktivitas otak.

Dengan bermeditasi, otak yang tadinya dipenuhi dengan beban pikiran menjadi lebih fokus sehingga lebih mudah dalam menyerap informasi baru. Dengan menjadi lebih fokus, kita juga bisa mempelajari banyak hal lebih cepat yang tentu saja sangat mempengaruhi kecerdasan.

10. Rajin berolahraga

Olahraga bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan juga meningkatkan mood. Selain itu olahraga juga dapat membanjiri otak dengan gen BDNF (Brain Derived Neurotrophic Factor) atau protein penting untuk membantu ketajaman mental, belajar dan juga memori.

Jenis olahraga yang dimaksud disini adalah bukan olahraga berintensitas tinggi, namun kecepatan sedang saja sudah cukup. Bagian terpenting dari berolahraga adalah dilakukan secara rutin.

Dengan menggerakkan tubuh secara rutin, bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh yang akhirnya akan mengantarkan oksigen ke dalam otak dan membuat otak bekerja lebih aktif. Semakin baik kinerja otak, maka semakin baik pula otak dapat menerima informasi baru.

Penutup

Itulah beberapa kegiatan atau aktivitas positif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan. Dengan melakukan aktivitas-aktivitas di atas secara rutin, dipastikan dapat meningkatkan kecerdasan seseorang dan selamat mencoba.

Baca juga:

Posting Komentar