Translate

Sayangi Tubuh Dengan Mengurangi 10 Jenis Makanan dan Minuman Berikut Ini

Nirwana Tunggal - Makanan dan minuman menjadi salah satu jenis kebutuhan dan menjadi sumber energi bagi manusia. Tanpa makanan dan minuman, manusia sebagai makhluk hidup tidak akan bisa melanjutkan hidup mereka.

Akan tetapi tidak semua jenis makanan dan minuman baik untuk dikonsumsi. Bahkan terdapat berbagai jenis makanan dan minuman yang bisa menjadi salah satu sumber penyakit dalam tubuh manusia itu sendiri. Oleh sebab itu kita harus berhati hati dalam mengkonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman.

Berikut ini 10 makanan dan minuman yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Ilutrasi Makanan dan Minuman Tidak Sehat
Sumber : iStock


Makanan Yang Digoreng

Kita sering kali mendengar himbauan untuk menghindari jenis makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng menjadi salah satu makanan yang sangat buruk untuk kesehatan karena secara umum gorengan mengandung kalori tinggi dan berbahaya bagi kesehatan jantung serta dapat meningkatkan risiko obesitas.

Namun sayangnya, makanan yang digoreng ini jugalah yang paling mudah ditemukan. Kita dapat menemukan makanan yang digoreng di berbagai tempat mulai dari tempat makan sederhana hingga restoran fast food.

Makanan yang digoreng mungkin tidak bisa dihindari sepenuhnya, namun kita bisa menggunakan alternatif lain seperti mengurangi mengonsumsi jenis makanan tersebut atau menggunakan air fryer untuk mendapatkan rasa yang sama tapi dengan minim risiko.

Makanan Yang Mengandung Gula Tambahan

Jenis makanan yang berbahaya bagi tubuh selanjutnya adalah makanan yang mengandung banyak gula tambahan. Gula tambahan pada dasarnya memang memberikan rasa manis pada makanan, namun perlu diketahui kalau gula tambahan tidak memiliki nutrisi sama sekali.

Gula tambahan juga menjadi salah satu penyebab meningkatnya risiko obesitas serta penyakit metabolik. Untuk mendapatkan rasa manis pada makanan, Anda bisa menggantinya dengan cara mengkonsumsi gula dari makanan utuh seperti buah atau gula rendah kalori.

Karbohidrat Olahan

Karbohidrat merupakan salah satu jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, bahkan kita hampir tidak bisa lepas dari karbohidrat setiap harinya. Kita bisa mendapatkan karbohidrat dengan mudah seperti pada nasi, tepung dan umbi-umbian.

Karbohidrat terbagi menjadi dua jenis, yaitu karbohidrat utuh dan karbohidrat olahan. Contoh karbohidrat olahan yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari yaitu seperti makanan cepat saji, tepung, pizza dan lain-lain.

Karbohidrat olahan yang dikonsumsi secara terus-menerus sangat berbahaya bagi tubuh karena mengandung gula lebih tinggi dan dapat meningkatkan risiko obesitas.

Daging Olahan

Sama seperti jenis makanan sebelumnya, daging olahan juga merupakan salah satu jenis makanan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, apalagi untuk dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Daging olahan seperti sosis, bacon, hotdog dan lainnya masuk ke dalam kategori makanan yang tidak sehat bagi tubuh karena mengandung sejumlah pengawet serta kalori yang tinggi. Oleh sebab itu mengonsumsi daging olahan terlalu sering dapat membahayakan tubuh dan berpotensi meningkatkan risiko obesitas.

Mie Instan

Mie instan seringkali dijadikan sebagai alternatif menunda lapar, apalagi orang-orang yang tinggal sendirian atau ngekost. Selain rasanya yang enak, harganya yang murah, mengolah mie instan juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Namun mengkonsumsi mie instan apalagi secara terus menerus adalah hal yang perlu untuk dihindari karena jenis makanan yang satu ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Bahaya mie instan berasal dari garam (MSG) yang terlalu banyak dan mampu memicu hipertensi serta membuat sakit kepala, selain itu mie instan yang dikonsumsi terlalu banyak juga menyebabkan masalah kesehatan lain seperti kanker perut, stroke, hingga serangan jantung. 

Bukan hanya itu saja, mie instan juga menjadi salah satu penyebab berat badan naik drastis karena kandungan karbohidrat yang tinggi di dalamnya.

Kentang Goreng (French Fries)

Kentang adalah salah satu jenis makanan yang tinggi karbohidrat dan termasuk makanan yang sehat. Namun jika Anda mengonsumsi kentang dengan cara digoreng maka kentang tersebut bisa sama berbahaya dengan gorengan ataupun makanan berminyak lainnya.

Kentang goreng menjadi tidak sehat karena proses pengolahannya sendiri yaitu dengan cara di goreng. Proses ini lah yang membuat kentang mengandung kalori tinggi dan dapat dengan mudah menaikkan berat badan seseorang.

Minyak pada kentang juga kaya akan kolesterol, lemak jenuh dan lemak trans yang sangat berbahaya untuk kesehatan jantung. Oleh sebab itu Anda harus menghindari kentang goreng walaupun jenis makanan yang satu ini sangat mudah untuk ditemukan di jajanan junk food sampai restoran fast food sekalipun,.

Sereal Manis

Sereal seperti oat, gandum dan jagung seringkali dijadikan sebagai sarapan pagi. Jenis sereal ini akan lebih nikmat jika ditambahkan dengan susu. Namun tanpa kita sadari sebagian besar sereal yang dikonsumsi pada saat sarapan mengandung gula tambahan yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Gula tambahan pada makanan tersebut dapat meningkatkan kolesterol hingga membuat berat badan Anda akan naik. untuk mengatasinya Anda dapat menggantinya dengan sereal yang tidak memiliki tambahan gula.

Alkohol

Sepertinya semua orang sudah tahu jika mengkonsumsi minuman beralkohol sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya memabukkan dan menghilangkan kesadaran tapi minuman beralkohol juga menyebabkan gangguan pada tubuh manusia seperti pemicu penyakit jantung dan hati.

Jika dikonsumsi secara berlebihan, alkohol dapat menyebabkan seseorang hilang kesadaran, kejang, hingga meninggal dunia.

Minuman Bersoda

Minuman bersoda juga menjadi salah satu minuman yang tidak baik untuk dikonsumsi apalagi dalam jumlah yang banyak. Pada umumnya minuman bersoda mengandung kafein dan pemanis buatan yang berdampak buruk bagi kesehatan.

Kandungan gula yang tinggi dalam minuman bersoda juga menjadi pemicu obesitas dalam tubuh seseorang.

Minuman berenergi

Minuman berenergi seringkali di cap sebagai minuman yang dapat meningkatkan fokus atau fungsi otak seseorang. Namun disisi lain, minuman berenergi juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh manusia.

Minuman berenergi yang memiliki banyak kandungan gula disinyalir dapat menjadi salah satu penyebab obesitas. Bukan hanya itu saja, jika dikonsumsi secara berlebihan minuman berenergi  dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Penutup

Itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang berbahaya bagi kesehatan. Semoga dengan adanya informasi ini, kita lebih bijak untuk memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya.

Posting Komentar