Translate

Pelajari Tahapan Belajar Menulis Dari yang Paling Mudah


Blogger : Tahapan belajar menulis dari yang paling mudah

Nirwana Tunggal - Seperti yang kita tahu menulis adalah sebuah kegiatan menciptakan catatan pada suatu media. Dengan kata lain menulis merupakan aktivitas dengan berbagi informasi & pengalaman, dari sekadar pengalaman pribadi, petualangan seseorang, karya ilmiah, sejarah, argumentasi, kisah, opini maupun 
tutorial/bimbingan mengajarkan sesuatu pada orang lain.

Menulis juga dianggap sebagai aktivitas yang membosankan dan tidak sedikit juga orang malas melakukannya. Menulis juga bagian dari ilustrasi mengembangkan bakat & keterampilan menulis. Terlebih bagi seseorang yang ingin berbagi pengetahuan dari pemikiran & gagasan ke ruang publik diseluruh penjuru dunia.

Dengan kamu menulis kamu akan mendapatkan banyak wawasan dan ilmu yang baru. Sampai pada saatnya setelah terbiasa dengan menulis, kamu akan merasakan betapa asyiknya berbagi cerita & pengalaman yaitu dengan berupa ide-ide baru digoreskanlah diatas kertas kosong dengan ribuan ikatan makna terkandung mengikuti aliran tinta.

Hal yang menyebabkan seseorang malas untuk menulis adalah menganggap aktivitas tersebut hanyalah sebuah aktivitas yang membuang-buang waktu, dan tidak mendapatkan keuntungan dari apapun apalagi dari segi materi. Padahal dengan menulis kita bisa mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan. Hal itu juga termasuk tindakan seseorang sebagai wujud kepedulian diri kepada khalayak umum yaitu untuk orang sekitar, orang yang jauh disana dan teruntuk seseorang yang tak tahu mereka dimana.

Membantu seseorang tidak selamanya dengan berupa materi, dengan sebuah tulisan yang manfaat, informatif, edukasi, serta menghibur kita sudah termasuk membantu solusi sekaligus hiburan bagi yang membutuhkan.

Di lain hal, banyak orang yang ingin menulis tapi salah dalam belajar menulis, kesalahannya terletak pada cara memulai belajar menulis yang bukan pada tingkatan/kemampuannya, yaitu kapasitas diri dalam seberapa jauh & dalam mengenai suatu topik pembahasan yang akan dibangun. Tidak sedikit yang terlalu mamaksa menulis pada topik yang belum sangat dikuasainya, sedang dalam membangun sebuah tulisan (gagasan ide) yang bagus dibutuhkan pengetahuan juga wawasan yang cukup. Minimal dalam berkeinginan menjadi seorang yang pintar menulis harus diimbangi dengan minat baca yang tinggi bahkan lebih diutamakan dari aktivitas lain yang kiranya kurang manfaat.

Hubungan seorang yang suka/hobi membaca akan sangat berpengaruh dalam seseorang membuat sebuah artikel/tulisan terutama dalam teknik penyampaian juga susunan kata & kalimatnya yang akan menghasilkan artikel berkualitas juga menarik untuk dibaca, tentu dengan gaya tulisan yang sangat mudah dipahami dengan adanya penjiwaan alami dari setiap penulis-penulisnya.

Makanya banyak seorang penulis pemula atau orang yang baru ingin belajar menulis berhenti ditengah jalan dan yang lebih ekstrimnya menganggap menulis adalah sesuatu yang butuh bakat dan keterampilan. Sebenarnya seorang penulis profesional sekalipun adalah seperti kutipan yang saya ambil dari Richard Bach, Penulis dari Negeri Paman Syam.

"Penulis profesional adalah penulis amatiran yang tak pernah berhenti atau mengundurkan diri". 

Setelah tahu maksud dari kutipan diatas berarti bukan pada bakat atau keterampilan menulis seseorang, tapi terletak pada semangat dan tidak mudah menyerah begitu saja.

Beberapa Penyebab Seorang Penulis Berhenti Ditengah Jalan Atau Mengundurkan Diri, Sebagai Berikut :
  1. Terlalu memaksa menulis yang bukan pada kemampuannya.
  2. Terlalu ambisi untuk cepat selesai
  3. Terlalu fokus
  4. Menghayal terlalu tinggi
  5. Banyak pikiran
  6. Takut salah (kurang percaya diri)
  7. Menunda ketika ide muncul
  8. Kurangnya motivasi
  9. Cemburu dengan melihat karya orang lain
  10. Kurang membaca
Hal yang pertama sebelum memulai belajar menulis adalah berfikir panjang disertai kemauan yang tinggi. Disamping itu perlunya tahu tentang manfaat dari menulis.

Dengan kita tahu manfaat yang akan didapatkan dari menulis, hal itu akan menjadikan daya dorong ataupun sumbu utama tersendiri bagi seseorang untuk tidak berhenti ditengah jalan atau mengundurkan diri. Memang apa saja manfaat dari menulis? menulis ada banyak sekali manfaatnya.

Dibawah Ini Beberapa Manfaat yang Didapatkan Dari Seseorang yang Suka atau Hobi Menulis.
  1. Berbagi Ilmu 
  2. Bagian dari ibadah
  3. Ide tidak terbuang percuma sayang
  4. Melatih kreativitas
  5. Melatih otak untuk berfikir
  6. Menghibur diri & banyak orang
  7. Berbagi pendapat dan informasi penting
  8. Lebih cerdas & pintar
  9. Menggali serta mengembangkan bakat
  10. Melakukan perlawanan secara halus
  11. Malatih komunikasi dengan baik
  12. Memaksimalkan waktu luang
  13. Bisa menjadikan lantaran terkenal
  14. Bisa mendapatkan uang
  15. Menjadi sebuah karya untuk masa depan nanti
  16. Lantaran dapat jodoh
  17. Menjadikan diri lebih propduktif
  18. Meningkatkan kemampuan dalam berbahasa
  19. Menjadi lebih terorganisir dalam hidup
  20. Bentuk komunikasi yang baik
  21. Tempat mencurahkan perasaan, pengalaman & cerita
  22. Membuat Jiwa Menjadi Lebih Tenang
  23. Dan masih banyak lagi
Dengan tahu manfaat dari menulis seseorang akan selalu optimis dengan apa yang dilakukannya, tidak mudah menyerah atau putus asa. Setelah tahu beberapa manfaat menulis maka mulailah menulis dari sekarang. Menulis bukanlah hal yang sulit yang menjadi anggapan banyak orang diluar sana. Menulis sebenarnya hal yang mudah dan menyenangkan.

Cara belajar menulis yang mudah itu bagaimana? Sudah diterangkan diawal yaitu menulis sesuai topik kemampuan kita, menulis adalah aktivitas ataupun kegiatan yang mudah jika kita melakukannya dengan hal yang kita pahami dan kita kenali, terutama saat hati & pikiran pada kondisi terbuka, akan menghasilkan suatu karya tulis yang akan sangat unik dan berbeda.

Cara belajar menulis yang baik adalah seperti yang sudah dijelaskan dari makna sebuah kutipan, "Penulis profesional adalah seorang penulis amatiran yang yang tak pernah berhenti atau mengundurkan diri", dengan langkah tersebut akan tertanam pada diri bahwa menulis adalah suatu kegiatan/aktivitas yang harus dilakukan terus-menerus dan bukan lagi persoalan yang selalu dianggap susah & rumit. Tulislah apa yang ada didalam otak sesuai arahan rasa hati yang ceria dengan warna berbagai kebahagiaan.

Memulai Menulis yang Paling Ringan dan Mudah

Nah disinilah biasanya bagi penulis pemula salah dalam hal belajar menulis,  hal yang dimaksud adalah sesuatu yang mudah yaitu menulis sesuatu seperti aktivitas keseharian sendiri, mulailah belajar menulis "buku harian" (catatan harian) tapi bukan catatan utang piutang ya, kecuali memang kamu sedang berbisnis tidak ada masalah untuk itu.

Yang dimaksud disini adalah menulis aktivitas harian kamu, bisa juga dengan kamu menulis aktivitas pulang pergi sekolah atau kerja. Bisa juga menulis tentang pahitnya masa lalu entah dunia pekerjaan & percintaan. Umumnya menulis dari pengalaman yang paling mengena pada hati akan sangat mudah untuk ditulis.

Untuk lebih jelasnya contoh menulis harian, sebagai berikut :

Contoh 1

"Hari ini aku sebel banget sama dia, gimana enggak sebel, orangnya jutek, sombong banget. Bayangin coba, aku udah baik-baik nanya dan memberikan senyuman tapi kok malah nggak peduli dan pergi begitu saja".

Anggaplah itu catatan harian kamu dan sekarang coba sedikit mengedit catatan harian itu dalam segi kalimat yang berbeda adanya nilai unik, menarik, puitis dan terkesan "indah".

Contoh 1-1 Setelah diperbarui / diedit

"Hari ini aku benar-benar merasa lelah, pagi tadi aku bertemu dengan seseorang yang aku kagumi, yang sudah lama aku memperhatikannya, ingin sekali aku ngobrol dengannya, tapi entah kenapa dia selalu menjauh dariku. Apa mungkin dia sudah punya perempuan lain. Yang lebih terkesan menyakitkan adalah ketika aku menyapa dan memberikan senyuman, dia terlihat jelas betapa ia menjauhiku. Padahal aku ingin sekali lebih mengenalnya, dekat dengannya. Tapi aku sadar karena aku bukan siapa-siapa baginya". prett! lah !.

Dari contoh diatas mungkin kalian sudah menangkap maksud dan tujuannya, ya seperti itulah langkah awal belajar menulis.

Mulailah menulis dengan yang paling ringan dan mudah. Dengan kamu belajar menulis ringan dan mudah tidak menutup kemungkinan nantinya kamu bisa menulis jenis tulisan yang tergolong sulit, seperti opini, berita, maupun karya tulis populer dan karya tulis ilmiah lainnya.

» Tulis Apa yang Ingin Kamu Tulis

Yang selanjutnya adalah menulis apa yang ingin kamu tulis, disini biasanya terjadi ketika kamu melihat sesuatu yang perlu kamu ungkapkan.

"Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa_suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah dimana. Cara itulah yang bermacam-macam dan disanalah harga kreativitas ditimbang-timbang" 
Oleh : Seno Gumira Ajidarma.

"Menuliskan apa yang bisa kamu tulis, kita tidak akan tahu tulisan kita nantinya bisa menjadi sekadar pengingat masa hidup, aset atau bahkan memberi manfaat buat orang lain", tentunya akan kemanfaatan untuk dirimu sendiri yaitu salah-satu bentuk investasi intelektual untuk menjadikan diri semakin berkualitas.

Dari kutipan diatas tersebut sudah terpampang jelas maksudnya, tidak lain "tulislah apa yang ingin kamu tulis" jangan pikirkan untuk apa, dan untuk siapa tulisan ini. Semuanya akan terjawab oleh waktu dan dengan sabar dalam penungguannya.

Dengan hal ini kamu bisa menulis tentang sesuatu yang ada difikiranmu yang mengganjal, mungkin disebabkan bermacam-macam, seperti :
  • Melihat anak kecil yang tidak bersekolah karena terhenti sebab ekonomi.
  • Melihat suasana politik yang semakin memanas.
  • Melihat kematian ibu yang semakin tinggi
  • Melihat jalan suatu desa yang rusak
  • Kurangnya pemerintah perhatian terhadap rakyat kecil.
  • Hukum di Indonesia yang kurang memihak rakyat kurang mampu
  • Korupsi yang selalu merajalela
  • Kenapa budaya minat baca di Indonesia lemah
  • Dan masih banyak lagi
» Apapun Idemu Ungkapkan Sesuai Kesanggupanmu, Apa Adanya

Untuk yang ini sebenarnya melanjutkan dari penjelasan diatas, yaitu tuliskan apa yang ingin kamu tuliskan dengan sesuai kesanggupanmu, apapun itu idemu.

Hal ini yang akan membawamu menjadi seorang penulis sejati. Jika suatu saat, atau secara tiba-tiba muncul ide untuk kamu tulis, janganlah kamu sia-siakan, catat ide sebagai kerangka tulisan nantinya.
Setelah mendapatkan kerangka tulisan dari ide yang tiba-tiba muncul nantinya kamu akan mudah membuat sebuah karya tulis. Disertai mencari referensi dari sumber-sumber lain, lewat internat atau buku.

Jangan memaksa tulisan sendiri supaya bagus. Tulislah sesuai kemampuanmu, nantinya kamu juga akan mengerti kata yang mana yang salah dan kalimat mana yang belum berkesinambungan dengan kalimat/paragraf lainnya. Dengan begitu, cepat maupun lampat kamu akan mengerti banyak hal baru dari terus belajar menulis.

Saya tambahkan cara ilegal untuk cepat belajar menulis/membuat tulisan yaitu dengan menulis sebuah kisah (cerita), kamu bisa membangun sebuah kisah nyata (non fiksi), atau kisah-kisah (Fiksi), saya beranggapan bahwa menulis dengan topik itu akan mudah untuk dibangun. Cobalah kamu ceritakan dari apa yang kamu lalui?, perjalanan, nonton film, cerita pengalaman, gagal percintaan, dan cerita-cerita apapun yang sudah sangat populer di tempat kamu tinggal.

Perlu saya tegaskan adalah, tidak ada yang bisa memberikan standar sebuah tulisan bagus atau tidak? Apakah seorang profesor atau seorang filsuf zaman dulu? Karena semuanya bisa dibilang relatif. Yang pada intinya tulisan disebut bagus terletak pada penyampaian sebuah tulisan, jika itu tulisan berita atau lainnya, jika penyampaiannya mudah dimengerti, mudah dipahami, juga ditanamkan begitu banyak makna tersirat & intisari juga dikategorikan tulisan yang bagus.

Jadi tidak berbeda dengan jenis-jenis tulisan yang lain, semuanya juga relatif tidak semerta-merta tulisan dinilai bagus sudah sesuai dengan kaidah-kaidah yang ada dalam penulisan, tapi kalau mengandung unsur yang membahayakan, seperti menghina juga tidak bisa disebut sebuah tulisan yang bagus.

Dalam seseorang akan membuat tulisan ada baiknya mencari sesuatu yang mendukungnya, sangat tidak disarankan menulis ditempat keramaian yang akan mengganggu konsentrasi kamu, sebab menulis sangat dibutuhkan sebuah ketenangan jiwa. Maka dalam membuat karya tulis carilah tempat-tempat yang sekiranya membuatmu nyaman, mungkin dibawah pohon yang sejuk, pagi hari dengan ditemani segelas kopi hangat, malam hari saat suasana mulai sunyi, atau tempat khusus semacam perpustakaan dan lain sebagainya.

Menulis juga adakalnya kehilangam mood yang menjadikan diri malas untuk membuat tulisan dan hal tersebut wajar terjadi untuk semua orang yang terjun ke dunia tulis-menulis (Jurnalisme) bahkan bagi seorang penulis profesinonal sekalipun. Untuk itu saat dimana diri kehilangan sesuatu yang menghambat dalam membuat sebuah tulisan bisa diselingi aktivitas lain sebagai penyemangatnya. Sebab biasanya hal itu terjadinya dikarenakan kekurangan ide dan inspirasi sebagai bahan tulisan.

Masalah terhambatnya seorang penulis adalah hilangnya otak untuk fokus ketika akan membangun sebuah tulisan, dititik tersebut akan mengalami kondisi terhalangnya kemampuan menulis serta tersembunyinya ide & inspirasi didalam diri. Biasanya penulis hanya akan diam tanpa melakukan apapun disebabkan menemui berbagai titik kebingungan, baik saat akan memulai menulis atau melanjutkan sebuah tulisan.

Maka bergegaslah keluar pergilah pada tempat-tempat yang menghibur diri sekaligus merangsang munculnya ide & inspirasi mungkin dengan traveling ke pantai, gunung, atau malah sekadar nongkrong ditoilet yang biasanya aktivitas itu seperti mengundang ide-ide yang begitu cemerlang dan menarik untuk tulis.

Baca juga :

Posting Komentar