Translate

Cara Terbaik Untuk Calon Penulis Kreatif



Nirwana Tunggal - Menulis sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang, mungkin saat ini menulis adalah suatu kegiatan yang sangat berharga dan begitu istimewa, sadar akan nilai manfaat didalamnya. Bahkan di dunia maya sudah tersebar jutaan bahkan milyaran karya tulis dari seseorang yang sudah merasa asyiknya berbagi informasi tanpa dibatasi penghalang untuk menyebarluaskan keseluruh tempat yang jauh selama masih dijangkau internet. 

Menulis merupakan ruang tak terbatas dalam menuangkan berbagai karya tulis, bisa dilihat dari semua aktivitas menulis didunia maya. Mulai dari sekadar membuat status, pengalaman pribadi, karya puisi, cerpen, dan karya tulis kreatif lainnya. Tidak heran banyak calon penulis kreatif semacam blogger (Situs Website) mulai bermunculan dengan segudang mimpi dan harapan.

Bagi calon penulis kreatif tentunya sangat dibutuhkan informasi, inspirasi, dan motivasi. Tanpa adanya hal tersebut bagi calon penulis biasanya akan sangat rentan terhadap kegagalan yang menyebabkan berhentinya ditengah jalan.

Kesalahan-kesalahan tersebut sebenarnya sudah terjadi sedari awal, tidak lain kesalahan dari niatnya. Tidak jarang bagi calon penulis kreatif menginginkan situs website/blogger sendiri dapat menghasilkan uang. Memang hal tersebut bukan kesalahan yang fatal namun bagian itulah menjadi penyebab utama dan membatasi seseorang dalam belajar menulis.

Menulis adalah sesuatu yang menarik bisa berbagi pengalaman, ide, dan pendapatnya. Menulis tidak harus dibatasi hanya karna "Uang". Uang seharusnya bukanlah menjadi tujuan utamanya, namun uang tersebut anggaplah bagian hiburan dan apresiasi semata, suatu saatnya nanti ketika diri selalu memperioritaskan menulis dan terus belajar menulis akan mendapatkan apa yang menjadi impiannya.

Menulis itu bisa menjadi salah-satu ibadah jika diawali niat dengan benar-benar ingin berbagi/berkontribusi dalam menyebarkan ilmu & informasi yang bermanfaat. Membantu orang lain tidak harus berupa uang ataupun harta, berbagi tulisan bermanfaat juga termasuk upaya membantu solusi serta hiburan bagi banyak orang.

Bagi calon penulis kreatif, sebelum mengambil keputusan, harus mempertimbangkan keputusan itu dengan secara matang. Keinginan dan impian bisa menjadi kenyataan jika dari awal menanamkan niat dengan sungguh-sungguh, sesuatu yang datang dari hati, apapun yang terjadi nantinya akan berjalan dengan mudah. Hal ini merupakan faktor internal bagi seseorang untuk terus memiliki gairah dalam mencapai tujuan & cita-citanya.

Bila menjadi penulis kreatif memiliki kepercayaan diri yang rendah, dalam menilai tulisan sendiri tidak jarang hasilnya akan menyimpang. Bahkan alur setiap kata maupun frasa yang terpikir tidak terungkapkan dengan sempurna dan sesuatu itu Anda buang sebagai sesuatu yang tidak berharga. Segera setelah itu kepercayaan diri dalam menulis tinggalah seperti suatu barang kaca yang jatuh ke lantai jauh dari apa yang dahulu ada dan diinginkannya.

Manfaat kepercayaan diri dalam menulis sangatlah penting yang berdampak tidak hanya menyentuh tulisan itu sendiri. Ketika kepercayaan diri selalu melekat didalam jiwa, mungkin hal tersebut dapat membuat lebih kreatif. Ketika lebih kreatif, akan pula timbulnya rasa lebih bahagia, tenang dan lebih produktif.

Menulis bisa dibilang sesuatu cara seseorang untuk berrekreasi intelektual dan berpetualang dalam hati dan pikirannya, berimajinasi membangun sebuah gagasan-gagasan edukatif yang menembus batas-batas ruang dan waktu, sehingga memberikan kesadaran transformatif bagi dirinya dan semua orang yang berbeda tempat & waktu.

Menulis tidak lain bertujuan untuk mendidik masyarakat luas untuk mencerahkan & mencurahkan suasana keadaan dalam realitas kehidupan. Dengan ditandainya kejayaan era digital dengan kekuatan media daring (dalam jaringan online) profesional dan media sosial yang memiliki jangkauan informasi secara luas.

Dalam menyikapi era digital yang begitu pesat khususnya bagi media berita dan media sosial. Bagi calon penulis kreatif khususnya sebelum terjun kedalam dunia jurnalisme ada beberapa syarat yang jangan sampai dilupakan.

Berikut adalah Beberapa Persyaratan Sederhana Untuk Calon Penulis Kreatif
  1. Menulis dari Hati
  2. Menulis Sesuai Kesanggupan/Apa Adanya
  3. Nikmatilah Proses Belajarnya
  4. Menulis Jangan Sekadar Hobi
  5. Membaca Buku
  6. Jalin Koneksi Sesama Penulis
  7. Jangan Putus Asa
Penjelasan dari Syarat Sederhana yang Harus di Penuhi Bagi Calon Penulis Kreatif

1. Menulis dari Hati

Menulis dengan hati adalah langkah awal bagi seorang calon penulis kreatif, dengan kamu menulis dengan hati, sesuatu yang kamu tulis akan begitu menyentuh bagi pembaca khususnya. Jika kamu dapat menyentuh pembaca maka dia akan menjadi milikmu selamanya...Asyik..
Ini serius, jangan dianggap gurauan belaka. Dengan kamu menulis dengan hati, kamu akan merasakan betapa asyiknya menuangkan ide dan gagasanmu itu. 

Harus kamu tahu menulis itu berbeda dengan profesi lain yang lebih mengandalkan taktis dan teknis, seorang penulis akan lebih banyak mengandalkan perasaannya. Karena itu, mood seorang penulis sangat penting dalam menentukan hasil dan proses menulis. Tulisan yang bagus adalah hasil tulisan yang berasal dari hati, syukur-syukur hati yang paling dalam, sedalam lautan yang paling dalam.

2. Menulis Sesuai Kesanggupanmu / Apa Adanya

Ketika awal belajar menulis jangan memaksakan menulis diri untuk membuat tulisan yang tergolong berat dan susah, apalagi sampai berpikir langsung akan menciptakan sebuah karya buku, itu tidak salah. Namun kalau hanya sekadar untuk memotivasi diri sendiri itu hal yang lumrah & juga baik untuk dilakukan.

Tapi sebelum itu tentunya diawali belajar dari kesederhanaan, yaitu jenis tulisan yang mudah & ringan. Memulai menulis dari apa yang kamu rasakan dan menulis apa yang sekiranya dapat kamu tulis disekitarmu. Hal tersebut tidak lain adalah upaya dalam melatih keterampilan menulis, kamu tidak akan menjadi pandai dalam bidang apapun tanpa praktek menulis secara langsung.

Seorang atlet yang memenangkan pertandingan, mereka adalah atlet yang terus berlatih setiap hari. Tidak berbeda dengan menulis, semakin kamu menulis akan semakin lancar dalam menuangkan ide diatas kertas maupun media lainnya sebagai langkah menjadi seorang penulis sejati.

3. Nikmatilah Proses Belajarnya

Menjalani proses belajar menulis adakalanya akan merasa bosan cepat maupun lambat, tapi dengan kamu menikmati proses tersebut dengan rasa senang kamu akan jauh dari rasa bosan.

Nikmatilah, jangan sekali-kali kamu merasa terbebani dengan perkataan, "aku harus nulis", tapi sebaiknya berpikirlah bahwa, "Aku senang bisa menulis". Intinya jauhi sejauh-jauh mungkin sesuatu apapun yang bisa menghalangi kamu untuk selalu belajar menulis & menulis.

4. Menulis Jangan Sakadar Hobi

Banyak orang khususnya bagi calon penulis menjadikan aktivitas menulis dijadikan hobi belaka, memang hal tersebut sangat tidak salah, namun jika melirik kembali ternyata menulis bisa dijadikan alternatif lain sebagai profesi, dalam arti mereka mendapatkan penghasilan dari sana. Tapi sebelum itu dikembalikan lagi bahwa ada baiknya jangan terlalu memikirkan tulisannya akan membawa penghasilan berupa uang secara singkat & mudah.

Hal tersebut, nantinya juga akan mengalaminya suatu saat dengan syarat tidak mengundurkan diri & putus asa pastinya.

Untuk calon penulis baiknya fokus terlebih dahulu dalam belajar menulis. Mungkin ada partanyaan seperti ini, bisakah hidup layak hanya menjadi seorang penulis? Hal tersebut tergantung bagi tiap-tiap individu. Cobalah membuka mata dan lihatlah diluar sana banyak orang yang dapat sukses menjadi seorang penulis terkenal dan mendapatkan uang dari karya tulisnya. Intinya semakin produktif seseorang dalam menulis, akan meningkat pula taraf hidup seorang penulis setiap waktu.

5. Membaca Buku

Membaca buku adalah suatu nilai yang sangat penting bagi calon penulis kreatif, membaca buku tidak hanya ditunjukkan kepada calon penulis saja, melainkan bagi setiap individu masyarakat. Membaca adalah jendela dunia, membaca adalah gudang ilmu, begitulah pepatah yang sering diucapkan oleh banyak orang.

Dengan membaca akan menambah wawasan, ide, maupun motivasi. Membaca begitu penting agar ide dan pikiran tidak mengalami kebuntuan dalam menulis. Membaca buku adalah solusi paling tepat juga pintar untuk mendapatkan ide. Seorang Penulis harus akrab dengan buku. Tidak harus semua buku dibaca, pilihlah buku-buku yang bermutu dan memperioritaskan jenis dan waktu istimewanya.

6. Jalin Koneksi Sesama Penulis

Bagi calon penulis atau sudah memulainya, jangan malu untuk saling menyapa sesama penulis walaupun hanya menyapa lewat dunia maya. Namun akan lebih baik jika langsung bertatap muka, dengan menjalin koneksi dan komunikasi. Hal tersebut akan sangat mempengaruhi hati dan pikiranmu untuk selalu produktif dalam menulis. Terlebih bagi seorang penulis kreatif semacam blog (Blogger) akan sangat penting menjalin dari berbagai banyak manfaatnya.

Kamu pasti ingin situs blogmu menjadi populer dikaca banyak orang, maka menjalin komunikasi antar penulis blog (Blogger) adalah langkah pintar mencapai kesuksesan dipertemukannya dengan berbagai keuntungan.

7. Jangan Putus Asa

Kita semua harus sadar betul, bahwa usaha yang kita jalani menjadi seorang penulis kreatif, adakalanya mengalami hambatan maupun kegagalan. Namun jangan langsung kecewa & beranggapan pada diri bahwa "aku tidak bakat menulis", harusnya jika usaha pertamamu belum menuai hasil yang diharapkan. Belajarlah dari kekurangan-kekurangan dalam menciptakan karya tulis, teruslah berusaha jauhi rasa malas.

Kamu bisa membaca dan terus membaca supaya tahu dimana letak kesalahannya. Dan tingkatkanlah belajar menulis, tulislah apa saja yang ada dipikiranmu tanpa khawatir akan hasilnya. Toh menulis juga bagian dari bentuk komunikasi yang terbaik yang ada saat ini, jika hasil tulisanmu itu dirasa kurang bagus, kurang pass, juga terasa kurang bermanfaat kamu bisa memperbaruhinya setiap saat.

Salam Dari Sang Pemilik "Nirwana Tunggal", 
Educational, Informative and Positive Site

Baca juga :

Posting Komentar