Translate

Pengertian Menulis Kreatif dan Contohnya

Pengertian menulis kreatif & contohnya

Nirwana Tunggal
- Menulis kreatif adalah kemampuan menciptakan daya cipta dan mengembangkan sebuah tulisan menjadi sebuah kreativitas menulis dengan penuh irama dan beribu warna makna. Menulis kreatif tidak lain mengembangkan kata maupun frasa tulisan menjadi sebuah tulisan yang sangat berseni, indah, menarik, dan menggetarkan jiwa pembaca. Menulis kreatif akan sangat lekat dengan yang namanya kepenulisan sastra.

Menulis kreatif bisa diartikan sebagai sebuah karya tulis yang benar-benar baru, unik, asli, dengan suatu nilai yang begitu istimewa. Menulis Kreatif tidak lain suatu proses menyampaikan pesan, ide, dan gagasan dengan lembut dan eloknya. Serta ditanamkannya suatu nilai tambah, unik, orisinil, natural, yang ditunjukkan untuk pembaca dalam bentuk karya sastra tulisan yang terdapat pada jenis tulisan seperti, opini, artikel, puisi, surat, cerpen, novel, naskah, dan lain sebagainya.

Menulis kreatif merupakan sebuah karya cipta yang identik menulis sesuai dengan suasana hati secara jujur dan terbuka namun tetap pada langkah kaidah kepenulisan yang telah ditentukan, tanpa meninggalkan aturan-aturannya. Menulis kreatif juga merupakan bagian terpenting dalam proses mengembangkan bakat dalam gaya penulisan yang tentunya akan sangat mempengaruhi untuk menjadi bagian aset karya tulis dan mengedukasi khususnya anak muda dimasa depan.

Menulis kreatif adalah titik dimana bertemunya seorang pencipta tulisan dalam keadaan hati dipenuhi perasaan bahagia dan dalamnya sebuah imajinasi maupun khayalnya yang begitu tinggi. Tanpa adanya kedua sumbu tersebut sebagai titik pencahayaannya ide & inspirasi jalan menciptakan sebuah karya tulis akan menjumpai berbagai kebingungan dan dilemanya memilah milih kalimat yang akan ditimpakannya dilembaran kertas kosong maupun pada media lain.

Menulis kreatif sangat dibutuhkannya ritma/irama dalam membuat tulisan ungkapan dari suatu keadaan, baik dalam keadaan bahagia dengan penuh tawa maupun cinta. Teknik menulis kreatif akan sangat diperlukannya suatu dorongan dari pengalaman yang sebelumnya pernah dijumpainya. Pengalaman masa hidup yang meninggalkan beberapa titik goresan penting yang melekat di dalam hati sang penulis.

Sampai disini menulis kreatif atau kepenulisan kreatif berarti erat hubungannya seseorang dalam mengoreskan tinta hitam maupun warna yang dituliskan menggambarkan dari suatu apa yang dirasa dan apa yang dilihatnya baik secara nyata maupun dalam alam bawah sadarnya.

Untuk itu kalimat sastra akan sangat terlihat berbeda dari jenis tulisan lain yaitu kalimat yang digunakannya bukanlah suatu alur kalimat yang monoton. Umumnya tulisan sastra akan sangat mudah dimengerti meskipun menggunakan bahasa dan kata dengan istilah-istilah lain yang digunakan sebagai metafora wujud perumpamaan suatu keadaan.

Tujuan dari menulis tulisan kreatif adalah selain dari wujud ungkapan suasana hati dan pikiran penulis juga bertujuan membangun imajinasi & meningkatkan daya kreativitas bagi setiap yang membacanya. Terlebih mambaca adalah suatu kegiatan & aktivitas yang membuat seseorang menemui banyak manfaat dan wawasan yang benar-benar baru. Mungkin dengan adanya karya-karya seorang penulis kreatif dapat membuka banyak pintu betapa besarnya keuntungan yang diperoleh dari seseorang yang punya kebiasaan atau mempunyai hobi membaca.

Sejauh ini di Negeri tecinta kita terlihat masih sangat rendah akan minat baca. Mungkin dengan kamu memulai menulis menjadi sebuah pintu pembuka yang akan menyadarkan banyak orang akan pentingnya "Membaca" yang selalu digembor-gemborkan dengan kalimat "Membaca adalah Jendela Dunia".

Dibawah ini ada beberapa contoh karya kreatif dari seorang penulis kreatif.

Contoh 01

»Menulis biasa
"Malam gelap dan hujan turun sangat lebat sehingga membuat jalanan berlumpur"
Karya : Anton chekhov (Sastrawan Rusia)

»Menulis kreatif
"Tiada bulan, tiada bintang. Tiada warna, tiada bayang, tiada satu titik terang. Semua tenggelam dalam kegelapan merata tiada terbaca. Orang melihat dan melihat, tetapi tak satu pun terlihat, seolah mata ini telah dicungkil dari sarangnya. Hujan seperti dicurahkan dari langit"
Karya : Anton chekhov (Sastrawan Rusia)

Contoh 02

»Menulis biasa
"Bulan nampak putih bulat dilangit. Disekitarnya ada awan tipis yang tampak mengitari"

»Menulis kreatif
"Sinar rembulan menguak dari bakik awan tipis. Cahayanya perlahan menembus dedaunan pohon cemara dimana aku dan kekasih hati duduk bercengkrama. Tetes embun malam mulai menepis longgar bulu dan kulit wajah dan tanganku.

Menulis Kreatif sesungguhnya menuangkan ide atau sebuah gagasan sebagai ungkapan yang terselubung, mungkin lebih kepada makna yang tersembunyi terikat rangkaian kalimat yang unik dan berbeda. Gampangnya menuangkan ide dan gagasan sebagai bentuk pengendalian pikiran seseorang.

Dalam pengendalian wujud kalimat yang indah tidak segampang menulis pengumuman atau pemberitahuan. Menulis Kreatif tidak hanya dibutuhkan konsentrasi saja, itulah sulitnya menciptakan sebuah kalimat yang begitu unik ketika dibaca.

Lihat saja berbagai banyak karya tulis berupa puisi yang ketika dibaca akan menyentuh bahkan berlinanglah airmata, bisa disimpulkan bahwa menulis semacam itu seolah dibutuhkan roh atau jiwa bagi penulisnya. "Aku tidak terlalu paham apa yang dia rasakan tapi aku mengerti setelah aku membaca tulisannya", mungkin itulah yang diharapkan bagi penulis kreatif. Mereka bisa membuat banyak kalimat indah tertata dengan susunan alur yang benar-benar beda dari yang lain.

Walapun sebanyak itulah kalimat yang ia buat mungkinkah hanya mewakili salah-satu perasaannya? Ya, itu mungkin saja terjadi, sebab dengan kalimat-kalimat itulah mereka telah merasa apa yang dirasa sudah cukup terwakili dengan sebuah maha karya tulisnya.

Bagi yang masih ingin membuat tulisan kreatif saya ada saran yang harus kamu ikuti yaitu akali masa stagnan kalian dengan terus menulis walaupun hanya sekadar tulisan kecil. Jangan terlalu memaksakan diri, tenanglah sebab dengan tulisan-tulisan kecil itulah yang akan menjadi rangka sebelum membuat tulisan kreatif. Dan yang terakhir yang harus kamu patuhi adalah bersabarlah dan terus belajar menulis, jika itu masih berat bagimu maka bacalah beberapa buku disanalah ide mungkin akan menyambutmu sayang.

Tidak semua usahamu itu akan membuahkan hasil secara instan, yakinlah semua usaha sedikitnya akan memberimu pengalaman dan ilmu, yang jelas usaha tidak seperti mantan yang sudah mengkhianatimu, setahu saya usaha yang serius pasti akan membuahkan hasil.

Dan selamat mencoba😊

Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca juga : 

2 komentar

  1. Sangat Mantap😊😊
  2. Terimakasih sebelumnya, & terimakasih juga minta maaf yang setulus-tulusnya sudah kesasar ke situs yang kurang terawat ini.