Translate

Penting! Ini Manfaat Menulis Untuk Segala Bidang

Ini Manfaat Menulis Untuk Segala Bidang

Nirwana Tunggal - Apakah Anda masih ingat, kapan terakhir menulis? Jika lupa, pasti karena sudah lama tidak menulis. Padahal, ada banyak manfaat menulis yang akan Anda peroleh. Nah, dalam artikel ini, akan membahas lebih lanjut, terkait apa saja manfaat belajar menulis.

Menulis bukan hanya di media kertas. Melainkan, bisa di media online atau media lainnya, seperti smartphone, laptop, komputer, dan sebagainya. Tentu saja, dimanapun Anda menulis akan memberikan manfaat yang sama.
 
Sebagai contoh, Anda paling sering membuat tulisan ekspresif di sosial media berisi curhatan. Dengan menulis curhatan tersebut, Anda merasa lebih lega. Itulah salah satu manfaatnya. Namun, sebelum membahas manfaat belajar menulis, yuk simak pengertian menulis menurut para ahli di bawah ini!

Pengertian Menulis

Menulis merupakan proses menciptakan suatu catatan, informasi, atau cerita menggunakan aksara. Menulis bisa dilakukan di media kerja dengan menggunakan alat, berupa pensil atau pena.

Pengertian menulis bisa juga berupa proses menuangkan kreativitas atau gagasan ke dalam bentuk tulisan yang disebut sebagai karangan. Sebab, penulis berusaha mengungkapkan isi pikiran, ide, pendapat, atau keinginannya melalui tulisan tersebut.
 
Lebih lanjut, pengertian menulis bisa bermacam-macam, tergantung siapa yang mengartikannya. Berikut ini adalah beberapa pengertian menulis menurut KBBI dan para ahli.
  1. KBBI

Menurut KBBI, menulis merupakan mengungkap gagasan, opini, dan ide dalam rangkaian kalimat. Menulis juga bisa berarti membuat huruf dengan pena atau pensil, menyampaikan pikiran atau pandangan, serta mengarang cerita dan menggambarkannya.

Oleh karena itu, ketika seseorang menulis, maka akan dipengaruhi oleh isi hati, suasana hati, serta latar belakang saat menulis. Inilah alasan pentingnya genre, gaya bahasa, dan perspektif yang harus penulis tentukan sebelum mulai menulis.

  1. Hargrove dan Pottet

Sementara, Hargrove dan Pottet berpendapat bahwa menulis merupakan upaya menggambarkan pikiran, ide, dan perasaan dalam bentuk simbol. Artinya, simbol tersebut berupa sistem bahasa tulisan sebagai media sarana komunikasi.

Hargrove dan Pottet menyebutnya simbol, karena menulis bukan sekedar susunan kata, melainkan berbentuk relief, prasasti, serta banyak macamnya di zaman dulu. Hingga akhirnya, bentuk tulisan tersebut berbentuk huruf yang dirangkai menjadi sebuah kalimat.

  1. Tarigan

Ketiga, pengertian menulis menurut Tarigan yaitu suatu kegiatan untuk menuangkan ide atau gagasan dengan menggunakan bahasa tulisan sebagai medianya. Selain itu, menulis juga berarti upaya membuat lambang-lambang grafis berbentuk tulisan.

Tujuan Pembelajaran Menulis

Tulisan merupakan sebuah media komunikasi antara penulis dengan pembacanya. Oleh karena itu, saat menulis, seorang penulis harus menentukan dulu tujuannya. Nah, berikut ini adalah tujuan menulis dan pembelajaran menulis yang perlu Anda pahami.

  1. Memberikan informasi

Informasi merupakan sekumpulan data atau fakta yang sudah diolah, sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pembaca. Salah satu tujuan dari menulis yaitu memberikan informasi kepada pembaca, baik berupa fakta, peristiwa, pendapat, maupun data.

Dengan demikian, ketika seseorang membaca, akan mendapatkan lebih banyak wawasan dan pengetahuan baru dari tulisan tersebut.

  1. Membujuk 

Tujuan menulis berikutnya yaitu usaha untuk meyakinkan seseorang bahwa apa yang penulis katakan benar menggunakan kata-kata manis, merayu, serta memikat hati. Melalui tulisan pula, penulis berusaha untuk mempengaruhi perilaku atau tindakan pembacanya.

  1. Mendidik

Ketiga, menulis bertujuan untuk mendidik. Pasalnya, informasi atau data yang disampaikan melalui tulisan, akan memberikan wawasan dan pengetahuan baru bagi pembaca. Dengan demikian, tulisan bisa membantu mengasah dan menambah tingkat kecerdasan seseorang.

Manfaat Belajar Menulis bagi Berbagai Pihak

Anda harus tahu betapa pentingnya menulis bagi banyak pihak melalui ulasan manfaat belajar menulis di bawah ini.

  1. Cara untuk Berekspresi

Ada banyak manfaat menulis bagi mahasiswa maupun masyarakat umum, salah satunya sebagai cara untuk menuangkan ekspresi. Seseorang akan bebas meluapkan apa yang dirasakan saat sedih, senang, galau, maupun marah karena tidak bisa bercerita dengan orang lain.

Dengan menulis, maka apa yang ada di hati bisa tersampaikan, sehingga bisa membuat hati lega. Melalui tulisan pula, maka sama saja Anda sudah bercerita dengan orang lain, karena tulisan tersebut akan dibaca langsung oleh orang lain.

  1. Cara untuk Meningkatkan Kreativitas

Manfaat menulis lainnya yaitu untuk meningkatkan kreativitas. Saat menulis, otak akan mencari ide-ide baru yang akan dituangkan dalam sebuah tulisan. Hal ini bisa melatih otak kiri dan kanan, sehingga akan membuat penulis lebih kreatif dan membuka intuisinya.

  1. Memperkuat Daya Ingat

Manfaat belajar menulis berikutnya yaitu memperkuat daya ingat. Selama proses menulis, maka tidak hanya tangan dan mata saja yang bekerja, melainkan juga otak ikut bekerja. Justru, otaklah yang memiliki peran penting untuk mencari ide tulisan, menyusun kerangka tulisan, hingga tulisan tersebut selesai.

Saat otak sering bekerja dan menerima informasi baru, maka otak akan selalu aktif, sehingga daya ingat juga akan tetap aktif.

  1. Lebih Produktif

Keempat, manfaat belajar menulis bisa membantu seseorang lebih produktif. Pasalnya, otak akan lebih fokus merencanakan sebuah kegiatan sebelum mulai bekerja, sehingga saat bekerja, otak sudah siap.

  1. Media Belajar yang Baik

Kelima, menulis menjadi media belajar yang baik. Dengan menulis, maka wawasan pengetahuan penulis bisa terus bertambah, kecerdasan terus terasah, hingga akhirnya menentukan perilaku penulis.

Teknik Belajar Menulis

Meskipun terlihat sederhana, namun untuk menjadi seorang penulis profesional dan menghasilkan sebuah karya, membutuhkan sejumlah teknik menulis. Berikut ini adalah beberapa teknik menulis yang harus Anda kuasai untuk membuat tulisan yang layak baca dan mudah dipahami.

  1. Jenis Tulisan

Teknik menulis pertama yang harus Anda tentukan sebelum memulai menulis yaitu menentukan jenis tulisannya. Misalnya, opini, fakta, atau imajinasi. Tujuan penentuan jenis tulisan ini akan mempengaruhi tahapan-tahapan menulis berikutnya dan pesan akan disampaikan.

  1. Pertimbangan Pembaca

Pertimbangan pembaca merupakan respon pembaca secara menyeluruh terhadap sebuah tulisan. Dengan memperhatikan pertimbangan pembaca, maka akan membantu Anda membuat tulisan yang sesuai dengan keinginan pembaca.

  1. Orientasi Publik

Orientasi publik merupakan tahapan menentukan target pembaca tulisan. Hal ini penting untuk memudahkan proses menulis karena penulis sudah paham pesan tersebut akan disampaikan kepada siapa.

  1. Menentukan Tema dan Ide Tulisan

Teknik menulis berikutnya yaitu menentukan tema dan ide tulisan. Tema merupakan pokok pikiran yang menjadi landasan tulisan, sementara ide adalah materi yang akan dibahas dalam tulisan.

Dengan menentukan tema dan ide tulisan terlebih dulu, maka penulis bisa melakukan riset atau observasi untuk mengembangkan informasi. Dengan demikian, tulisan menjadi lebih berisi, sesuai kebutuhan pembaca, serta tepat sasaran.

  1. Mengembangkan Ide

Ide merupakan topik yang akan dibahas dalam sebuah tulisan dan bertujuan memberikan informasi. Seorang penulis membutuhkan keterampilan berbahasa yang baik untuk mengembangkan ide yang lebih mudah dipahami.

  1. Unsur Tulisan

Unsur tulisan terdiri dari gagasan, tuturan, tatanan, serta wahana. Dengan unsur tulisan, akan membantu Anda menentukan sebuah kalimat itu baik atau buruk. Kalimat yang baik berarti kalimat yang mampu menyampaikan pesan dalam tulisan yang jelas dan tepat sasaran.

  1. Gaya Tulisan

Gaya tulisan sebagai tanda pengenal penulis terhadap pembacanya. Setiap penulis pasti memiliki gaya tulisan masing-masing sebagai ciri khas yang bisa langsung pembaca kenali. Selain itu, gaya tulisan juga harus disesuaikan dengan tujuan tulisan, seperti menyampaikan informasi, membujuk, atau menghibur pembaca.

  1. Ejaan

‘Ejaan merupakan penggambaran bunyi bahasa dalam tulisan dan penggunaan tanda baca. Penentuan ejaan sangat penting bagi penulis supaya pembaca bisa memahami tulisan dengan mudah, baik dari susunan kata, penggunaan tanda baca, dan sebagainya.

  1. Penyuntingan

Terakhir, penyuntingan. Saat tulisan sudah selesai, maka perlu melalui teknik terakhir ini untuk menghindari ejaan yang salah, kalimat ambigu, maupun pesan tulisan menjadi bias. Dengan demikian, diperoleh karya penulis yang tidak membingungkan pembaca.

Cara Memperoleh Gaji dari Menulis

Rupanya, menulis tidak hanya sekedar hobi atau cara untuk menyampaikan perasaan. Anda bisa mendapatkan banyak pemasukan dari menulis. Nah, berikut ini adalah berbagai pilihan karir seorang penulis.

  1. Penulis Novel

Apakah Anda gemar menulis cerita menarik? Jika iya, mungkin profesi sebagai penulis novel bisa menjadi pilihan karir yang cocok buat Anda. Biasanya, penulis novel akan bekerjasama dengan agen sastrawan untuk memasarkan dan menjual bukunya. Perolehan gajinya pun tergantung royalti. Umumnya, gaji per tahun bisa mencapai 145-700 juta.

  1. Translator

Fasih dalam lebih dari satu bahasa, bisa mendukung Anda untuk menjadi seorang translator atau penerjemah. Anda bisa mendapatkan kerja sebagai translator di berbagai area, seperti hukum, kesehatan, publishing, maupun pendidikan. Kisaran gaji per tahunnya Rp 75 - Rp 120 juta.

  1. Travel Writer

Menjadi seorang penulis, tidak harus stuck di balik meja kantor seharian. Anda bisa menjadi travel writer yang merangkai kata sambil mengembara. Contoh konten ceritanya bisa berupa cara traveling, dan sebagainya. Kisaran gaji per tahunnya yaitu Rp 90 - 180 juta.

  1. Editor

Editor merupakan profesi yang bertanggung jawab dalam pembentukan dan pembuatan manuskrip yang siap dipublikasikan. Banyak editor bekerja dengan publishing house maupun sebagai freelancer. Kisaran gaji per tahunnya sekitar Rp 250 - 310 juta.

  1. Jurnalis

Menjadi jurnalis juga tidak lepas dari kemampuan menulis. Kebanyakan jurnalis mengawali karirnya sebagai reporter umum. Ada juga yang bekerja di industri olahraga, bisnis, sains, maupun seni. Kisaran gajinya yaitu Rp 40 - Rp 170 juta per tahun.

Selain kelima profesi di atas, masih banyak lagi karir yang bisa Anda pilih dengan mengandalkan kemampuan menulis.

Nah, itulah informasi tentang manfaat belajar menulis, teknik menulis, serta cara memperoleh gaji dari menulis. Apakah Anda termasuk seseorang yang hobi menulis? Jika iya, tidak ada salahnya mengembangkan kemampuan tersebut untuk meraih pemasukan.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar