Translate

Apa Sih Content Marketing? Ini Penjelasan Lengkapnya


Nirwana Tunggal - Banyak yang bertanya-tanya apa sih content marketing? Mungkin sampai saat ini Anda masih belum tahu apa saja pekerjaan yang dilakukan serta kemampuan apa saja yang harus dimiliki agar bisa sukses meniti karier di bidang tersebut.

Biasanya orang-orang menyebutnya sebagai strategi pemasaran yang tujuan utamanya adalah untuk menarik perhatian publik agar mau membeli produk tersebut. Lalu apa keuntungan menerapkan strategi ini? Baca informasi selengkapnya dalam artikel berikut.

Mengenal Pengertian Content Marketing

Content Marketing adalah orang yang terlibat dalam pembuatan konten untuk pemasaran sebuah barang atau jasa. Akan tetapi istilah ini tidak hanya merujuk pada pembuatan konten sebagai bentuk informasi kepada calon pembeli saja tetapi juga membangun sebuah jaringan.

Relasi yang kuat untuk jangka panjang sangat penting bagi perkembangan bisnis Anda. Oleh karena itu pembuatan konten harus relevan dan sesuai dengan kebutuhan para pembeli agar mereka merasa memiliki kedekatan emosi dengan konten tersebut.

Contoh dari content marketing adalah sebuah video yang pernah dibuat oleh Content Marketing Institute atau CMI. Pada tahun 2017 silam konten yang mereka buat menjadi salah satu pemasukan terbesar di YouTobe. Adapun isi kontennya adalah membahas tentang video statistik.

Tidak hanya di YouTobe saja, CMI juga melebarkan sayapnya dengan membuat podcast agar membangun banyak relasi dari berbagai media. Berdasarkan hal ini, Anda jadi tahu bahwa konten yang dibuat konsisten seperti CMI maka akan lebih mudah untuk mendapatkan relasi.

Pentingnya Content Marketing Buat Bisnis

Setelah mengetahui pengertian dari content marketing, berikutnya adalah apa sih tujuan dari membuat konten seperti CMI? Apalagi strategi ini dinilai cukup efektif untuk banyak usaha di berbagai bidang agar semakin berkembang.

1. Sebagai Parameter Optimasi SEO

Tujuan pertama adalah sebagai parameter dari optimasi SEO atau Search Engine Optimization. Apabila SEO sudah teroptimasi, maka dapat meningkatkan traffic secara signifikan. Akan tetapi SEO tidak akan bisa berjalan apabila konten tersebut kurang berkualitas.

Oleh karena itu strategi ini harus berjalan seimbang, agar SEO meningkat konten yang dibuat juga harus unik dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

2. Dapat Menaikkan Jumlah Konversi Pelanggan

Sesuai dengan penjelasan apa itu content marketing di atas, tujuan berikutnya adalah agar jumlah konversi pelanggan bisa meningkat. Agar tujuan ini dapat tercapai, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu. Fungsi dari riset ini adalah untuk mendapatkan ide konten yang sesuai kebutuhan.
 
Riset tersebut akan memberikan Anda banyak informasi mengenai kompetitor Anda, kata kunci yang sesuai, target pasar, serta strategi penting lainnya. Dengan bantuan riset ini Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan ide konten karena sudah ada bayangan.

3. Meminimalisir Pengeluaran

Membangun sebuah bisnis pasti membutuhkan modal akan tetapi apabila Anda ingin meminimalisir pengeluaran bisa menerapkan strategi ini. Demand Metric menjelaskan bahwa biaya untuk menerapkan metode ini lebih murah sekitar 62% dibandingkan dengan metode lain.

Walaupun harganya lebih murah, akan tetapi Content marketing terbukti lebih ampuh dalam menggaet banyak pasar. Apalagi sekarang zaman sudah serba digital, hampir semuanya dilakukan secara online dan semakin banyak pengusaha yang beralih ke konten marketing.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Tujuan dari konten marketing yang berikutnya adalah untuk meningkatkan kesadaran atas brand Anda. Anda ingin sekali bukan kalau brand tersebut terus diingat oleh masyarakat? Apalagi jika baru merintis usaha, konten marketing ini sangat dibutuhkan sekali.

Selain itu fungsinya adalah untuk mengenalkan brand baru kepada khalayak umum agar mereka mengenal dan tahu tentang produk yang dijual. Apabila produknya menarik dan sesuai dengan kebutuhan, Anda akan cepat mendapatkan pelanggan.

5. Untuk Investasi Jangka Panjang

Terakhir adalah sebagai bentuk Investasi jangka panjang karena strategi konten marketing ini fokusnya ada pada produksi konten dan berbeda dengan iklan digital. Apalagi ditambah dengan optimasi SEO, Anda akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan masyarakat.

Oleh karena itu sebuah konten dapat dikatakan sebagai bentuk investasi jangka panjang dibandingkan dengan iklan yang waktunya terbatas. Jadi, sebelum memulai membuat konten jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dahulu ya!

Bentuk Content Marketing

Ada 5 bentuk konten marketing yaitu email, sosial media, e-book, blog, dan video. Di bawah ini ada ulasan selengkapnya mengenai kelima bentuk konten marketing tersebut dan Anda bisa memilih salah satunya.

1. E-Book

Bentuk pertama adalah e-book yang merupakan jenis konten marketing di mana audiens harus melengkapi persyaratan contohnya adalah dengan mendaftarkan alamatnya sehingga bisa mengakses akun buku digital tersebut.

2. Blog (Blogger)

Contoh marketing content yang berikutnya adalah blog. Blog merupakan wadah untuk membuat konten yang dapat menyajikan informasi secara lengkap serta akurat. Tujuan pembuatan blog (blogger) juga tidak hanya sebagai wadah untuk mempromosikan produk tetapi juga menambah pengetahuan.

Adanya blog akan membuat Anda lebih mudah dalam menumpahkan isi kepala dalam bentuk tulisan, apalagi tidak ada batasan jumlah kata. Anda bisa membuat artikel atau cerita berseri dan blog adalah bentuk konten yang cocok buat investasi jangka panjang.

Menulis di blog juga tidak bisa sembarangan, ada kaidah SEO yang perlu diterapkan. Selain itu sebuah artikel juga harus langsung ke inti pembahasan alias tidak bertele-tele. Tujuannya agar pembaca bisa memahami informasi yang disampaikan.

3. Video

Bentuk konten berikutnya yang paling banyak digunakan saat ini adalah video karena tidak hanya menampilkan tulisan saja tetapi juga ada visualisasinya. Biasanya konten berupa video ada tambahan berupa musik sebagai pemanis agar konten tersebut tampak lebih menarik.

Rata-rata para pelanggan atau audiens lebih tertarik dengan konten berupa video. Mereka tampak sangat menikmatinya apalagi jika durasi videonya tidak terlalu panjang dibanding dengan membaca tulisan di blog. Sekarang banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk membuat video.

4. Sosial Media

Sosial media adalah bentuk konten marketing berikutnya yang memiliki peranan penting untuk menyebarluaskan informasi mengenai bisnis Anda. Anda bisa mempromosikannya lewat story atau feed dan tentukan dulu temanya mau bagaimana agar menarik.

5. E-mail

Terakhir adalah email yang juga banyak digunakan dalam strategi marketing. Tingkat keefektifannya ternyata lebih tinggi dibandingkan dengan Twitter dan Facebook karena bisa mengirim pesan ke banyak orang hanya dalam satu kali klik.

Pentingnya memahami apa sih Content Marketing itu karena ini adalah salah satu strategi dalam dunia bisnis. Apabila Anda ingin bisnis berkembang dengan cepat dan diingat oleh masyarakat, buatlah konten yang menarik.

Baca Juga: 

Posting Komentar