Translate

Investasi Properti Gudang (Pergudangan) dan Keuntungannya

Investasi Properti Gudang (Pergudangan) dan Keuntungannya

Nirwana Tunggal
- Investasi properti menjadi salah satu jenis investasi yang kini semakin dilirik. Pasalnya jenis investasi ini dinilai cukup menjanjikan dan memberikan keuntungan yang cukup besar. Salah satu investasi properti yang memiliki banyak keuntungan adalah investasi properti gudang/pergudangan.

Sehingga, jika Anda memiliki dana lebih maka sebaiknya Anda bisa memulai untuk melakukan investasi properti ini. Investasi properti gudang sudah tidak bisa dipungkiri akan terus mengalami kenaikan per tahunnya. Dan jika Anda menundanya maka harga properti akan semakin mahal. 

Sekilas Tentang Investasi Properti

Sebelum membahas lebih lanjut tentang investasi properti gudang/pergudangan, Anda perlu mengetahui terlebih dulu tentang investasi properti. Investasi properti dapat diartikan sebagai pembelian properti atau real estate dengan tujuan mendapat keuntungan melalui kegiatan usaha penyewaan, penjualan kembali properti di masa depan, atau keduanya.

Investasi properti ada banyak jenisnya, diantaranya:

  1. Properti rumah
  2. Properti villa
  3. Properti ruko
  4. Properti kost
  5. Properti kantor
  6. Properti apartemen dan
  7. Properti gudang.

Semua jenis investasi properti dapat memberikan keuntungan jangka pendek maupun jangka panjang. Investasi ini juga bisa dilakukan oleh perorangan maupun badan usaha. Salah satu investasi properti yang memiliki peluang besar adalah properti gudang (pergudangan).

Pasalnya, kini semakin banyak pelaku usaha yang berniat mempunyai tempat untuk menyimpan barang-barang atau logistiknya. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan gudang (pergudangan) sangat dibutuhkan, dan investasi di bidang ini merupakan investasi yang besar peluang keberhasilannya.

Keuntungan Investasi Properti Gudang

Investasi properti gudang/pergudangan menjadi salah satu jenis investasi yang menjanjikan. Pasalnya, setiap tahun harga properti selalu mengalami kenaikan. Sehingga jenis investasi ini merupakan investasi yang minim risiko. Selain itu, ada beberapa keuntungan yang Anda peroleh jika berinvestasi properti ini.

  1. Passive Income

Selain mendapatkan income dari pekerjaan atau usaha Anda, Anda juga bisa mendapatkan passive income. Salah satunya adalah dengan melakukan investasi gudang. Dengan melakukannya Anda bisa mendapatkan pemasukan tambahan setiap bulannya. Anda bisa mendapatkan pemasukan dalam bentuk pendapatan sewa, bunga (denda), bahkan royalti dari hasil investasi properti. 

  1. Harga Properti Semakin Mahal

Seperti yang diketahui, bahwa harga properti setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan. Bahkan kenaikan harga properti rata-rata 10-20% per tahun. Hal inilah yang membuat investasi properti memiliki risiko yang rendah. 

  1. Tidak Terdampak Inflasi

Keuntungan lain yang akan Anda dapatkan dari investasi properti adalah jenis investasi ini cenderung naik terus dengan persentase 10-20% setiap tahun. Hal ini berarti jauh melampaui angka inflasi, dimana inflasi di Indonesia rata-rata 3-5% per tahun.

  1. Penentuan Harga Sendiri

Sebagai investor atau orang yang memiliki investasi properti, Anda berhak menentukan sendiri harga sewa, maupun harga jual dari properti yang Anda miliki. Tidak ada patokan khusus untuk menentukan harga dari properti yang Anda miliki. Hanya saja sebagai pemilik Anda memberikan harga dengan pertimbangan seperti lokasi, fasilitas internal dan eksternal serta pendukung lainnya.

  1. Tidak Perlu Dipantau

Investasi properti berbeda dengan investasi saham maupun reksa dana. Anda tidak perlu memantau setiap hari investasi properti yang Anda miliki layaknya memantau investasi saham atau investasi reksa dana. Anda hanya perlu menyewakan atau menjual properti Anda dan Anda akan langsung mendapatkan keuntungan. Jika Anda menyewakan properti gudang atau properti lainnya, Anda bisa mengeceknya sesekali. 

  1. Dijadikan Agunan

Jika suatu saat Anda membutuhkan pinjaman dari bank, Anda bisa menjadikan properti gudang sebagai agunan atau jaminan. Sehingga, Anda bisa mendapatkan suntikan dana tanpa harus kehilangan properti gudang tersebut. 

Kerugian Investasi Properti Gudang

Investasi properti gudang atau pergudangan memiliki banyak keuntungan. Keuntungan tersebut dapat Anda nikmati dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Namun, di samping keuntungan tersebut, terdapat juga kelemahan atau kerugian dari investasi properti ini. Berikut ini beberapa kerugian dari investasi properti gudang. 

  1. Modal Besar

Tak dapat dipungkiri, dalam membangun gudang atau pergudangan tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Investasi properti konvensional atau offline merupakan investasi padat modal yang membutuhkan banyak dana. Bahkan harga properti gudang bisa sampai ratusan juta. 

  1. Rawan Bencana

Kerugian lainnya yang mungkin Anda dapat dari investasi properti gudang adalah rawan jika terjadi bencana seperti banjir, kebakaran, gempa bumi, dan risiko lainnya. Untuk menyiasati hal tersebut, sebenarnya Anda bisa memberikan suatu proteksi pada properti Anda berupa asuransi properti. Namun tentunya, Anda membutuhkan dana tambahan untuk membayar premi setiap bulannya. 

  1. Kesulitan Menjual

Keuntungan akan cepat Anda peroleh jika properti gudang yang Anda miliki segera laku atau disewa. Namun, jika lokasinya kurang strategis, maka akan membuat properti gudang ini kurang diminati oleh calon penyewa maupun pembeli.

Bahkan Anda membutuhkan waktu berbulan-bulan atau tahunan sampai unit properti Anda laku. Selama rentang waktu tersebut, properti gudang yang Anda miliki tidak memberikan pemasukan apapun, bahkan pengeluaran untuk biaya perawatan.

Baca Juga:

Strategi Investasi Properti Gudang

Investasi properti gudang tentunya berbeda cara kerjanya dengan investasi reksa dana. Jika dalam investasi reksa dana, Anda menyerahkan dana investasi tersebut kepada manajer investasi (MI) untuk dikelola.

Sementara dalam melakukan investasi properti gudang, sebagai pemilik atau investor Anda yang memegang kendali penuh dalam investasi tersebut. Artinya, Anda perlu melakukan strategi khusus agar properti yang Anda miliki segera laku terjual maupun disewa. Berikut ini beberapa strategi investasi properti gudang yang bisa Anda lakukan. 

  1. Lokasi Strategis

Saat Anda akan melakukan investasi properti gudang, Anda perlu memperhatikan lokasi properti Anda. Pasalnya, banyak perusahaan yang mencari gudang yang berada di lokasi strategis, misalnya dekat dengan bandara, pelabuhan ataupun jalan tol. Sehingga, mobilitas logistik juga dapat berjalan dengan mudah dan lancar. Anda akan mendapatkan keuntungan yang cukup tinggi jika Anda tepat dalam memilih lokasi properti gudang. 

  1. Fasilitas Lengkap

Meskipun hanya sebuah gudang (pergudangan), Anda juga perlu memperhatikan fasilitas yang dimiliki oleh properti Anda. Anda bisa menyediakan gudang dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti menyediakan kamera CCTV, kantor, ruang satpam dan lain-lain. Hal ini tentunya akan membuat banyak perusahaan akan tertarik untuk menyewa gudang yang Anda miliki.

  1. Banyak Jenis & Tipe

Selain memiliki fasilitas yang lengkap, ada baiknya Anda juga menawarkan gudang dengan beberapa jenis maupun tipe. Dengan cara ini, maka masing-masing perusahaan dapat memilih untuk menyewa gudang sesuai dengan kebutuhan. Semakin banyak pilihan gudang yang Anda tawarkan maka akan mempermudah pelaku usaha atau perusahaan dalam memilih gudang sesuai keinginan dan dana.

Demikian informasi tentang investasi properti gudang/pergudangan yang kian menjanjikan. Investasi properti gudang ini bisa Anda jadikan sebagai investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan investasi properti gudang, Anda juga perlu mengetahui bahwa selain keuntungan, ada juga risiko yang akan Anda alami jika memilih investasi properti gudang (pergudangan).
 
Jika Anda telah yakin untuk memulai investasi properti gudang, Anda juga perlu menerapkan strategi khusus karena yang memegang kendali atas investasi tersebut adalah Anda. Pilihlah lokasi yang strategis, sediakan fasilitas yang lengkap, dan sediakan beberapa tipe gudang.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar