Translate

Alasan dan Keuntungan Memilih Investasi Properti


Alasan dan keuntungan Investasi Properti

Nirwana Tunggal
- Alasan dan Keuntungan Memilih Investasi Properti. Ada banyak sekali alasan dan keuntungan ketika investor memilih berinvestasi pada properti, beberapa faktor alasan yang harus dipahami dari pilihan yang sudah menjadi keputusannya. Apalagi pilihan itu menjadi suatu perencanaan bisnis jangka panjang dan properti adalah suatu instrumen investasi dengan rendah risiko. 
Tentu saja, apa yang menjadi pilihannya adalah langkah yang sangat tepat dan brilian dengan investasi properti sebagai awal dari tujuannya.

Investasi properti merupakan instrumen investasi yang sangat menguntungkan jika dibandingkan dengan instrumen investasi lain yang ada. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa alasan yang menjadikan properti lebih unggul, di antaranya adalah tingkat populasi manusia yang selalu meningkat sementara properti tanah berada pada batasnya.

Maka jika ketersediaannya terbatas, tetapi permintaan meningkat otomatis harga sebuah properti akan lebih mahal. Maka dari “Keterbatasan” properti itulah yang menjadikan nilai investasi properti di masa depan dapat dikatakan sebagai investasi yang sangat menjanjikan dan seolah-olah merupakan investasi dengan nilai yang tidak terbatas (generate large capital gains).

Fenomena lain mengapa harus memilih properti sebagai investasi Anda tentu saja perkembangan dan kemajuan ekonomi di suatu daerah, yang jelas akan sangat mempengaruhi peningkatan pembangunan infrastruktur. Anda bisa membeli properti di suatu lokasi dengan harga beli 600 juta namun dengan beberapa bulan & tahun adanya perbaikan fasilitas di sekitarnya, harga properti bisa mengalami penawaran harga 1 Milyar atau bahkan lebih dari perkiraan tersebut.

Bagaimanapun jika pembangunan Infrastruktur disuatu daerah mengalami peningkatan tentu harga dari sebuah properti disekitarnya akan sangat ikut terpengaruh, terdorong naik dari harganya yang akan melambung tinggi.

Mengapa investasi properti semakin digemari hampir di semua kalangan terutama bagi para pengusaha, pasalnya investasi properti bagi investor dijadikan sebagai cara cerdas mengamankan aset kekayaan dari ancaman inflasi sekaligus cara teraman dan termudah untuk mendapatkan penghasilan dari pendapatan pasif.

Maka dari itu investasi properti akan sangat menjanjikan dengan cara menanamkan modal pada beberapa unit properti untuk jangka panjang dan bahkan tidak jarang investor hanya melakukan pembelian properti dan tidak menjualnya kembali. Mereka lebih memilih keuntungan dari biaya sewa pada unit properti yang dimilikinya. Maka hal semacam itulah menjadikan harga tawaran properti kedepan mencapai puncak yang kadang tidak bisa diperkirakan.

Untuk itu, di bawah ini adalah penjelasan dan pembahasan beberapa alasan dan keuntungan yang didapat investor dalam memilih berinvestasi di sektor properti.
  1. Aset Properti Dapat Dijadikan Agunan (Property Assets Can Be Used As Collateral)
  2. Harga Properti Semakin Mahal & Nilai Investasi Selalu Naik (Property Prices Are Increasingly Expensive & Investment Values ​​Always Rise)
  3. Kontrol Penuh Berada Dipihak Pemilik Properti (Full Control is on the Owner's Side)
  4. Investasi yang Bisa Dilihat Secara Fisik (Physically Visible Investment)
  5. Sebuah Investasi Jangka Panjang Juga Pendek (Long term investment is also short)
  6. Memiliki Capital Gain yang Besar (Investments that yield high capital gains)
  7. Rendah Risiko & Stabil (Low & Stable Risk)
  8. Investasi Seumur Hidup ( Lifetime Investment)
1. Aset Properti Dapat Dijadikan Agunan (Property Assets Can Be Used As Collateral)

Inilah alasan pertama kenapa investor memilih investasi properti. Dalam hidup tidak ada yang tahu akan seperti apa segala bentuk kebutuhan seseorang dimasa depan nanti yang kadang ada saja kebutuhan yang secara tiba-tiba muncul. Disinilah alasan tepat jika anda sebelumnya sudah memilih berinvestasi pada properti, pasalnya sebuah properti dapat dijadikan agunan pada Bank untuk memenuhi kebutuhan mendadak dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Agunan adalah aset atau barang yang dititipkan oleh peminjam uang kepada pemberi pinjaman sebagai jaminannya, tentunya bentuk sebagai jaminannya dengan berupa aset properti yang anda miliki seperti rumah, kost, villa, pergudangan, kantor, tanah, kios, ruko, dan lainnya yang sudah anda miliki sebelumnya.

Bahkan manfaat lain yang didapatkan dari aset properti yaitu dengan menjadikan aset properti sebagai jaminan dengan membeli unit properti lain yang diinginkannya untuk menambah beberapa unit properti lain yang menjadi targetnya. Dengan demikian anda akan mendapatkan keuntungan dengan sebutan siklus perputaran arus pendapatan passive setiap waktu.

2. Harga Properti Semakin Mahal & Nilai Investasi Selalu Naik (Property Prices Are Increasingly Expensive & Investment Values ​​Always Rise)

Alasan ke dua memilih investasi properti adalah seperti sedikit yang sudah disinggung, bahwa tanah ada pada "keterbatasan"nya, sedangkan permintaan selalu meningkat. Maka inilah alasan paling pass ketika seseorang jatuh pada pilihan investasi properti, dengan adanya kasus tersebut sudah dipastikan harga tanah akan semakin mahal dan akan terus mengalami kenaikan setiap masanya, tentu hal itu bisa kita lihat dengan harga jual sebuah properti tanah pasti lebih tinggi dari harga beli sebelumnya.

Adapun hal lain yang menjadi alasan dan keuntungan yang didapatkan memilih Investasi Properti adalah nilai investasi pada properti akan selalu mengalami kenaikan harga meskipun saat dimana keadaan ekonomi suatu negara sedang terjun bebas atau dalam keadaan terpuruk. Kenapa itu bisa terjadi disebabkan harga properti semakin mahal juga bahan dari pembuatan properti juga mengalami kenaikan setiap waktu minimalnya harga dari bahan bangunan akan mengalami perubahan harga dari beberapa bulan & tahun.

Dengan perubahan harga pasar itulah juga akan meningkatkan harga dari unit properti dalam bentuk penyewaan, pembelian, dan penjualan properti dikemudian hari.

3. Kontrol Penuh Berada Dipihak Pemilik Properti (Full Control is on the Owner's Side)

Alasan dan keuntungan didapatkan memilih Investasi Properti adalah bisa mengendalikan harga dari sebuah properti (Full Control is on the Owner's Side) baik dari bentuk penyewaan maupun saat akan menjualnya. Hal tersebut hanya bisa dilakukan saat seseorag jatuh pada pilihan berinvestasi pada properti, berbeda dengan instrumen lainnya yang tidak ada kuasa penuh dalam mengontrol sisi harganya, seperti reksadana, saham, obligasi, deposito dan lain sebagainya.

Maka dari itu dalam mendapatkan siklus keuntungan bisa ditentukan harga dalam kondisi dan faktor tertentu yaitu ketika anda menyewakan unit properti pada orang lain, anda dapat menentukan harga biaya sewanya juga hak menaikan ataupun malah menurunkan harga sewa pada unit properti yang dimilikinya. Namun akan sangat jarang bagi pemilik properti menurunkan harga pada sebuah properti kalaupun itu terjadi mungkin disebabkan faktor yang mengharuskan seperti kekeluargaan ataupun lainnya.

Dengan keuntungan itulah pemilik dapat menyesuaikan yang berkaitan dengan segala yang berhubungan dengan properti yang dimilikinya. Terlihat bagus jika seseorang sudah jatuh pada investasi properti memiliki hak-hak istimewa terhadap propertinya yang hak-hak tersebut tidak ada pada instrumen investasi lain yang ada, hak istimewa tersebut juga berkaitan saat pemilik properti mengontrol harga ketika akan menjual properti, merenovasi, membangun, bentuk pengelolaan dan tentunya harga sewa pada properti itu sendiri.

4. Investasi yang Bisa Dilihat Secara Fisik (Physically Visible Investment)

Alasan juga keuntungan memilih investasi properti adalah dilihat dari jenis instrumen investasi yang berbeda dengan yang lain, investasi properti menjadi instrumen investasi selain memiliki hak khusus yaitu memiliki kendali penuh, investasi ini dapat dilihat secara langsung mirip dengan instrumen investasi emas dengan adanya bentuk fisik.

Dilihat dari sudut pandang dalam berinvestasi tentunya menginginkan keuntungan dari aset/dana yang ditanamkan tersebut menghasilkan profit yang sesuai dengan waktu yang diinginkannya , tentu hal tersebut adalah tujuan kenapa seseorang ingin berinvestasi. Namun dalam seseorang berinvestasi adakalanya menginginkan suatu dorongan yang manjadikan seorang investor semakin komitmen juga semangat dalam berbisnis yaitu berinvestasi pada sesuatu yang nyata dan terlihat secara langsung. Nah disinilah alasan dan keuntungan yang didapatkan jika jatuh pada pilihan berinvestasi pada properti.

Apalagi dunia investasi diera modern sekarang ini banyak sekali dilakukan oleh kaum muda milenial sebagai gaya hidup mereka, tidak ada lagi sudut pandang bahwa "Investasi/Berinvestasi" hanya bisa dilakukan pada kalangan usia tertentu apalagi berpandangan bahwa suatu investasi hanya bisa dilakukan oleh para pengusaha dan orang tua saja.

Kaum milenial sekarang ini akan lebih pintar dalam menata keuangan untuk masa depan yang kadang ada saja celetukan konyol seperti "Investasi itu yang jelas-jelas saja, berinvestasilah pada suatu yang dapat kita lihat dengan mata juga dapat kita menyentuhnya", kalimat itulah yang menjadi kesan bahwa pilihan yang paling tepat adalah memilih juga belajar dengan investasi properti.

5. Sebuah Investasi Jangka Panjang Juga Pendek (Long Term Investment Is Also Short)

Alasan lain kenapa harus memilih Investasi Properti adalah jelas akan sangat bagus dilakukan untuk jangka panjang namun apa kamu tahu bahwa berinvestasi pada properti bisa juga dikatakan suatu investasi jangka pendek. Ketika sudah berinvestasi pada properti tentunya jika tidak menginginkan propertinya kosong bisa disewakan dengan perjanjian hak sewa-menyewa pada seseorang yang membutuhkan.

Dalam perjanjian sewa properti itulah akan mendapatkan keuntungan dari biaya sewa setiap waktunya yang disesuaikan diawal, bisa dengan biaya sewa setiap bulan, beberapa bulan dan tahun yang bisa disesuaikan kedua belah pihak antara pemilik properti dan penyewanya.

Dengan menyewakan properti tersebut maka bisa dikatakan juga unit properti yang dimilikinya itu sedang menjalankan sebuah investasi jangka pendek atau pendapatan Income Passive dalam waktu dekat. Dalam dunia investasi secara umum hanya terbagi menjadi 2 pilihan investasi jangka panjang & jangka pendek sedangkan investasi properti memiliki keuntungan keduanya disatu sisi suatu saat nanti menghasilkan capital gain yang besar juga keuntungan setiap waktu pada harga sewa propertinya, itulah keuntungan jika jatuh pada pilihan investasi properti.

6. Memiliki Capital Gain yang Besar (Investments That Yield High Capital Gains)

Keuntungan berinvestasi tentu mengharapkan suatu keuntungan besar dari modal yang ditanamkan tersebut dan properti suatu instrumen investasi yang bisa dikatakan "Pasti" menghasilkan capital gain yang besar. Kenapa itu bisa terjadi, disebabkan nilai investasi properti selalu naik dan ketika akan menjualnya pasti akan mendapatkan kenaikan harga yang jauh lebih tinggi dari harga belinya dahulu.

Dalam menghasilkan capital gain yang besar tidak harus dengan dana yang besar. Walaupun umumnya investasi sendiri berbanding lurus semakin tinggi risiko semakin besar keuntungannya, namun dalam investasi properti bisa dibilang tidak demikian, istilah "High Risk High Return", memang benar namun dalam investasi properti seakan "Tidak Berlaku". Walaupun terjadi risiko tinggi itu disebabkan faktor seperti gempa, tanah longsor, tsunami, dan lainnya, tapi jika properti sebelumnya sudah diasuransikan tentu akan berbeda pandangan. Dan akan berbeda pandangan pula jika terjadi fenomena lain yaitu hancurnya dunia ini.

Investasi properti itu tergantung dari cara & bentuk pengelolaannya baik dari pengelolaan keuangan, bentuk fisik, dokumen penting, termasuk juga yang berkaitan dengan asuransi. Semakin dikelola dengan baik tentu semakin baik dalam meminimalisir risiko-risiko yang kemungkinan terjadi, termasuk risiko tinggi yang sudah dijelaskan sebelumnya. Caital gain yang besar akan tetap melekat dan tidak bisa dilepaskan pada investasi properti belum lagi jika terdukung dengan faktor lokasi properti yang strategis tentu akan mempengaruhi nilai tersendiri.

7. Rendah Risiko & Stabil (Low & Stable Risk)

Keuntungan memilih investasi properti adalah merupakan jenis investasi yang memiliki risiko rendah, yang telah dibahas sebelumnya bahwa investasi properti lebih baik dikatakan sebagai jenis investasi yang memiliki risiko minimal tetapi memiliki potensi keuntungan yang tinggi.

Karena inilah alasan dan keuntungan investor jatuh pada pilihan berinvestasi di properti. Meskipun investasi properti membutuhkan dana yang cukup besar namun memiliki risiko yang minimal, semua itu dapat dilihat langsung dari pergerakan harga properti setiap saat yang begitu stabil sehingga risikonya akan lebih rendah.

8. Investasi Seumur Hidup ( Lifetime Investment)

Terakhir alasan dan keuntungan memilih Investasi Properti adalah menghasilkan imbal hasil yang tinggi juga stabil dan mampu bertahan lama, yaitu menahan properti selama anda hidup. Hal itu sering dilakukan oleh para investor membeli properti namun tidak menjualnya lagi dan tetap menghasilkan keuntungan yang cukup banyak. Dan dari keuntungan properti tersebut sudah mampu memenuhi segala kebutuhannya baik pribadi & juga keluarganya.

Biasanya investor setelah membeli unit properti akan hanya dijadikan bisnis dalam bentuk sewa maupun kontrak dalam waktu tertentu dan dari kinerja unit/beberapa unit properti itu sendiri sudah cukup dalam menghasilkan cash flow setiap waktu sebelum anda benar-benar ingin menjualnya atau anda sendiri yang meninggalkannya dan dilanjutkan oleh anak sebagai ahli warisnya.

Baca juga :

Posting Komentar