Translate

Alasan dan Keuntungan Memilih Investasi Properti


Alasan dan keuntungan Investasi Properti

Nirwana Tunggal
Alasan dan keuntungan saat Anda memilih investasi di bidang properti. Ada banyak alasan dan keuntungan investor memilih berinvestasi properti dan alasan tersebut harus Anda pahami dari pilihan yang telah diambil agar tujuan investasi berjalan dengan baik.

Apalagi pilihan ini merupakan rencana bisnis jangka panjang dan properti merupakan instrumen investasi dengan potensi keuntungan berlipat ganda. Tentu pilihan ini merupakan langkah cemerlang sebagai tujuan awal Anda sebagai investor properti.

Investasi properti merupakan instrumen investasi yang patut diperhitungkan jika dibandingkan dengan instrumen investasi lain yang ada. Hal ini dipengaruhi oleh alasan-alasan yang menjadikan properti lebih unggul, salah satunya adalah laju populasi manusia yang selalu meningkat sedangkan aset tanah berada pada batasnya.

Maka jika ketersediaannya terbatas, tetapi permintaan meningkat otomatis harga properti semakin mahal. Dari “Keterbatasan” itulah yang menjadikan nilai investasi properti di masa depan dapat dikatakan sebagai investasi yang sangat menjanjikan dan seolah-olah merupakan investasi dengan nilai yang tidak terbatas (generate large capital gains).

Fenomena lain mengapa Anda harus memilih properti sebagai investasi adalah perkembangan dan kemajuan ekonomi di suatu daerah yang mendorong peningkatan pembangunan infrastruktur.

Diambil contoh Anda bisa membeli properti di suatu lokasi dengan harga beli 600 juta namun dengan beberapa bulan & tahun adanya perbaikan fasilitas di sekitarnya, harga properti bisa mengalami penawaran harga 1 Milyar atau lebih.

Jika pembangunan infrastruktur di suatu daerah mengalami peningkatan, tentunya harga properti di sekitarnya akan sangat terpengaruh, terdorong hingga melonjaknya harga.

Mengapa investasi properti semakin populer di hampir semua kalangan, terutama bagi para pengusaha. Karena properti bagi mereka digunakan sebagai cara cerdas mengamankan aset kekayaan dari ancaman inflasi sekaligus cara paling aman dan mudah untuk pendapatan pasif.

Maka tak heran investasi properti begitu menjanjikan untuk investasi jangka panjang, tak jarang investor hanya membeli properti dan tidak menjualnya kembali. Mereka memanfaatkan biaya sewa unit properti yang mereka miliki. Hal itulah yang membuat harga penawaran properti kedepannya mencapai puncak yang kadang tidak bisa diprediksi.

Untuk itu, berikut penjelasan dan pembahasan mengenai beberapa alasan dan keuntungan yang didapat investor saat memilih berinvestasi properti.
  1. Aset Properti Dapat Dijadikan Agunan
  2. Harga Properti Semakin Mahal & Nilai Investasi Selalu Naik
  3. Kontrol Penuh Berada Dipihak Pemilik Properti
  4. Investasi yang Bisa Dilihat Secara Fisik
  5. Sebuah Investasi Jangka Panjang Juga Pendek
  6. Memiliki Capital Gain yang Besar
  7. Harga Stabil
  8. Investasi Seumur Hidup

1. Aset Properti Dapat Dijadikan Agunan

Inilah alasan pertama kenapa investor memilih investasi properti. Dalam hidup tidak ada yang tahu akan seperti apa segala bentuk kebutuhan seseorang dimasa mendatang yang kadang ada saja kebutuhan yang secara tiba-tiba muncul.

Disinilah alasan tepat jika Anda sudah memilih berinvestasi properti, pasalnya sebuah properti dapat dijadikan agunan pada Bank untuk memenuhi kebutuhan mendadak dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Agunan adalah aset atau barang yang dititipkan oleh peminjam uang kepada pemberi pinjaman sebagai jaminannya, tentunya bentuk jaminannya dengan berupa aset properti yang Anda miliki seperti rumah, kost, villa, pergudangan, kantor, tanah, kios, ruko, dll.

Bahkan manfaat lain yang didapat dari aset properti yaitu dengan menjadikan aset properti sebagai jaminan dengan membeli unit properti lainnya yang diinginkan untuk menambah cash flow lebih besar. 

Dengan demikian Anda akan mendapatkan keuntungan siklus perputaran arus pendapatan passive setiap waktu.

2. Harga Properti Semakin Mahal & Nilai Investasi Selalu Naik

Alasan ke dua memilih investasi properti adalah seperti yang sudah disinggung, bahwa tanah ada pada "keterbatasan"nya, sedangkan permintaan selalu meningkat.

Maka inilah alasan paling pass ketika investor jatuh pada pilihan investasi properti, dengan masalah ini sudah pasti harga tanah akan semakin mahal dan akan terus meningkat setiap waktu, tentu kita bisa melihat bahwa harga jual tanah pasti lebih tinggi dari harga pembelian sebelumnya.

Selain itu, bahan bangunan yang digunakan untuk properti bangunan juga mengalami kenaikan harga dan terus berubah.

Dengan adanya perubahan harga pasar juga akan meningkatkan harga unit properti berupa persewaan dan jual beli properti di masa yang akan datang.

3. Kontrol Penuh Berada Dipihak Pemilik Properti

Alasan keuntungan investasi properti selanjutnya adalah dapat mengontrol harga suatu properti (Full Control is on the Owner's Side) baik dalam bentuk sewa maupun saat menjualnya.

Hal ini bisa dilakukan dan berbeda dengan instrumen lain yang tidak memiliki kekuatan penuh untuk mengendalikan sisi harga, seperti reksa dana, saham, obligasi, deposito dan sebagainya.

Oleh karena itu, dalam memperoleh siklus keuntungan, harga dapat ditentukan dengan kondisi dan faktor tertentu, yaitu ketika Anda menyewakan unit properti, Anda dapat menentukan harga biaya sewa serta hak untuk menaikkan atau bahkan menurunkannya.

Namun sangat jarang seorang pemilik properti menurunkan harga suatu properti, kalaupun itu terjadi bisa karena faktor keterpaksaan seperti kekeluargaan atau lainnya.

Keistimewaan tersebut juga berkaitan dengan ketika pemilik properti mengontrol harga saat merenovasi, membangun, dan pengelolaan.

4. Investasi yang Bisa Dilihat Secara Fisik

Investasi properti selain memiliki hak khusus yaitu memiliki kendali penuh, investasi ini dapat dilihat secara langsung mirip dengan instrumen investasi emas dengan adanya bentuk fisik.

Dilihat dari sudut pandang investasi tentunya menginginkan keuntungan dari aset/dana yang ditanamkan agar profit sesuai waktu yang diinginkannya , tentu hal tersebut adalah tujuan kenapa seseorang ingin berinvestasi. 

Namun saat orang berinvestasi adakalanya menginginkan suatu dorongan yang manjadikan seorang investor semakin komitmen dan semangat dalam berbisnis yaitu berinvestasi pada sesuatu yang nyata dan terlihat secara langsung.

Apalagi dunia investasi diera modern, kini banyak dilakukan oleh kaum muda milenial sebagai gaya hidup mereka, tidak ada lagi sudut pandang bahwa "Investasi" hanya bisa dilakukan pada kalangan usia tertentu apalagi berpandangan bahwa suatu investasi hanya bisa dilakukan oleh para pengusaha dan orang tua saja.

Kaum milenial sekarang ini sudah lebih pintar dalam menata keuangan untuk masa depan yang kadang ada saja celetukan konyol seperti "Investasi itu yang jelas-jelas saja, berinvestasilah pada suatu yang dapat kita lihat dengan mata juga dapat kita menyentuhnya", kalimat itulah yang menjadi kesan bahwa pilihan yang paling tepat adalah memilih dan belajar dengan investasi properti.

5. Sebuah Investasi Jangka Panjang Juga Pendek

Investasi properti merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang, namun tahukah Anda bahwa jenis investasi ini juga bisa dianggap sebagai investasi jangka pendek dengan cara menyewakannya kepada yang membutuhkan.

Dalam perjanjian sewa properti itulah akan mendapatkan keuntungan setiap waktu yang telah disepakati, bisa dengan biaya sewa setiap bulan dan tahun.

Dengan menyewakan properti tersebut maka jelas investasi Anda sedang menjalankan sebuah investasi jangka pendek atau pendapatan Income Passive dalam waktu dekat.

Dalam dunia investasi, investasi hanya terbagi menjadi 2 pilihan investasi jangka panjang dan jangka pendek, sedangkan investasi properti memiliki keunggulan keduanya, di satu sisi menghasilkan capital gain yang besar sekaligus keuntungan dari harga sewa.

6. Memiliki Capital Gain yang Besar

Investasi properti bisa dikatakan “pasti” menghasilkan capital gain yang besar. Mengapa? karena harga properti selalu naik dan bisa Anda buktikan saat akan menjualnya, tentunya harga jualnya jauh lebih tinggi dari harga yang Anda beli dahulu.

7. Harga Stabil

Keuntungan memilih investasi properti adalah kestabilan keuntungan. Investasi properti lebih tepat dikatakan sebagai jenis investasi yang minim risiko namun memiliki potensi keuntungan yang menjanjikan dalam jangka panjang.

8. Investasi Seumur Hidup

Terakhir, alasan dan keuntungan investasi properti adalah untuk menghasilkan keuntungan selama Anda hidup. Hal ini sering dilakukan oleh investor yang membeli properti tetapi tidak menjualnya kembali dan tetap mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Dan dari tunjangan tersebut, semua kebutuhan mereka terpenuhi, baik pribadi maupun keluarga.

Biasanya investor membeli unit properti hanya sebagai usaha dalam bentuk penyewaan untuk waktu tertentu dan dari kinerja unit/beberapa unit properti tersebut cukup menghasilkan arus kas setiap bulan sebelum benar-benar ingin menjualnya atau dilanjutkan oleh anak sebagai ahli warisnya.
 
* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca juga:

Posting Komentar