Translate

Apa Itu IMEI? Bagaimana Cara Mengecek Nomor IMEI yang Aman

Pada artikel kali ini kami juga akan membahas apa itu IMEI, fungsi, serta cara mengecek nomor IMEI pada ponsel.


Akhir-akhir ini ada berita heboh bagi pengguna smartphone, yakni tercatat kurang lebih ada 191.000 IMEI HP akan diblokir karena ilegal. Bagi kamu pengguna aktif smartphone, tentu tidak asing dengan  istilah IMEI. 

Namun, jika belum memahaminya bisa simak penjelasan ini sampai akhir ya. Pada artikel kali ini kami juga akan membahas apa itu IMEI, fungsi, serta cara mengecek nomor IMEI pada ponsel. 

Ilustrasi cek IMEI pada ponsel. Sumber (PIXNIO)

Apa Itu IMEI?

IMEI atau kependekan dari International Mobile Equipment Identity merupakan nomor identitas khusus yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah ponsel. Biasanya nomor IMEI terdiri dari 14 digit dan digit ke 15 digunakan untuk memverifikasi ulang seluruh digit sebelumnya. 

Nomor tersebut berguna untuk mengetahui berbagai informasi dari ponsel itu sendiri. Misalnya, kapan ponsel itu dibuat, pabrikan, hingga nomor model dari ponsel tersebut. Jadi, dapat disimpulkan bahwa IMEI adalah identitas resmi yang dimiliki masing-masing ponsel.

Selain itu, nomor tersebut juga digunakan oleh jaringan GSM untuk mengidentifikasi perangkat ponsel yang mencoba tersambung dengan jaringan tersebut. Oleh karena itu, IMEI bukan hanya digunakan untuk memeriksa identitas sebuah ponsel. Melainkan juga untuk memblokir ponsel yang hilang dan dicuri agar tidak tersambung dengan GSM lagi.

Di Indonesia sendiri, nomor IMEI juga digunakan untuk mencegah masyarakat menggunakan ponsel BM (Black Market) yang biasanya diimpor secara ilegal atau pengguna membelinya di luar negeri secara diam-diam. Tentunya karena membeli ponsel di luar negeri karena harganya yang lebih murah.

Secara resmi, per tahun 2020 lalu semua ponsel black market yang IMEInya tidak terdaftar akan terblokir dan tidak mendapatkan sinyal dari semua penyedia layanan seluler di seluruh Indonesia.

Nomor IMEI dibuat oleh sebuah lembaga internasional yang bernama GSMA (Global System For Mobile Communications Associations). Lembaga tersebut memberikan struktur nomor IMEI kepada seluruh pabrik pembuat ponsel sebagai aturan dasar yang harus dipatuhi.

Berikut adalah struktur nomor IMEI yang ada saat ini:

  1. AA: Dua digit awal pengidentifikasian badan pelaporan (reporting body), menunjukkan pabrik yang disetujui oleh GSMA untuk penempatan TAC (kode alokasi tipe) perangkat seluler.
  2. BBBBBB: Sisa dari TAC.
  3. CCCCCC: Urutan serial model perangkat.
  4. D: Kode verifikasi yang digunakan untuk memeriksa ulang seluruh digit yang datang sebelumnya.

Cara Mengecek Nomor IMEI Pada Ponsel

Cara mengecek nomor IMEI ternyata cukup mudah dan bisa dilakukan beberapa detik saja, berikut cara-caranya:

1. Cek Nomor IMEI Melalui Phone Dialer

Phone dialer merupakan fitur yang digunakan untuk menghubungi berbagai nomor. Mulai dari orang lain, hingga kode USSD yang digunakan untuk berkomunikasi dengan penyedia layanan seluler. Lalu, mengecek nomor melalui fitur tersebut cukup ketik kode *#06#. Lalu tekan tombol dial atau bergambar telepon dan nomor IMEI akan muncul dengan sendirinya.

2. Cek Nomor IMEI Melalui Ponsel

Cara cek nomor dari ponsel juga sangat praktis. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke pengaturan ponsel;
  • Lalu, cari menu yang bernama “About Phone” atau “About”. Biasanya menu ini berada pada paling bawah halaman pengaturan;
  • Buka menu tersebut dan pilih “Status” atau “Phone Status”;
  • Terakhir, cari bagian informasi IMEI dan akan langsung terpampang nomor IMEI masing-masing ponsel.

Selanjutnya, jika kamu ingin mengecek nomor IMEI di HP Iphone, berikut caranya:

  • Masuk pada pengaturan;
  • Lalu, klik menu “General” atau Umum;
  • Kemudian, masuk pada menu “About” atau tentang ponsel dan nomor IMEI terdapat pada halaman tersebut.

Cara Cek Nomor IMEI Sudah Terdaftar atau Tidak

Penting mengetahui nomor IMEI sudah resmi legal atau tidak sebelum diblokir oleh pemerintah. Cara ceknya juga sangat mudah, yaitu bisa melalui Kemenperin (imei.kemenperin.go.id) dan situs Bea Cukai (beacukai.go.id/cek-imei).

Namun, jika kamu membeli ponsel dari toko atau distributor resmi maka tidak perlu khawatir karena sudah dipastikan legal. Namun, jika kamu membeli HP second atau bekas pakai maka sebaiknya cek dulu sebelum melakukan transaksi. 

Nah, demikianlah informasi apa itu IMEI.  Silahkan cek HP masing-masing untuk memastikan aman atau tidaknya. 


Posting Komentar