Translate

Apa Itu Limbah Nuklir? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini!

Bagi kamu yang masih bertanya-tanya mengenai apa itu limbah nuklir? Yuk, simak artikel ini sampai akhir ya.

Beberapa minggu lalu sempat heboh kabar Jepang membuang limbah nuklir ke laut. Julukan Negara matahari terbit tersebut mulai membuang limbah radioaktif pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima ke Samudra Pasifik tepatnya pada Kamis (24/8/2023).

Bagi kamu yang masih bertanya-tanya mengenai apa itu limbah nuklir? Yuk, simak artikel ini sampai akhir ya. 

Limbah nuklir adalah produk sampingan dari penggunaan bahan radioaktif oleh industri, seperti pertambangan, pembangkit listrik tenaga nuklir, pertahanan, kedokteran, dan jenis penelitian ilmiah tertentu. 

Limbah tersebut merupakan hasil dari berbagai aktivitas yang melibatkan bahan radioaktif, seperti pembangkitan listrik nuklir dan penelitian nuklir. Ada beberapa bentuk limbah radioaktif nuklir, misalnya limbah air yang terkontaminasi oleh bahan-bahan radioaktif, seperti limbah dari fasilitas pemurnian nuklir dan limbah gas berbahaya yang dihasilkan selama operasi reaktor nuklir.

Apa Itu Limbah Nuklir? Sumber (Istimewa/CNN)

Lalu, Apa Efek Samping dari Pembuangan Limbah Nuklir?

Pembuangan air limbah PLTN Fukushima oleh Jepang memicu reaksi dari berbagai pihak, mulai dari intimidasi hingga larangan impor makanan laut dari China. Pemerintah Jepang terus mendapat tekanan dari sejumlah negara di Asia Pasifik atas rencananya tersebut. 

Namun, Jepang tetap bersikeras dengan rencana pembuangan air limbah ini. Terlebih, PBB melalui Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) telah memberikan lampu hijau, dengan menyatakan bahwa rencana pelepasan air limbah telah sesuai dengan standar keamanan global.

Meskipun pemerintah Jepang telah memberikan jaminan bahwa limbah nuklir tersebut aman, rencana tersebut tetap menjadi kontroversi bagi masyarakat Jepang. Berdasarkan survei surat kabar Asahi Shimbun, hanya 53 persen warga Jepang yang mendukung rencana tersebut, sementara 41 persen menyatakan tidak mendukung. 

Pakar HAM yang ditunjuk oleh PBB menentang rencana tersebut, begitu juga dengan aktivis lingkungan Greenpeace telah merilis laporan yang meragukan proses pengolahan Tepco, dengan menuduh bahwa proses tersebut tidak cukup jauh dalam menghilangkan zat radioaktif. 

Para kritikus mengatakan bahwa Jepang seharusnya menyimpan air yang telah diolah di dalam tangki untuk sementara. Mereka berpendapat bahwa hal ini akan memberikan waktu untuk mengembangkan teknologi pengolahan baru, dan memungkinkan radioaktivitas yang tersisa berkurang secara alami.

Dampak pembuangan limbah nuklir tersebut bisa berdampak pada pencemaran laut. Kekhawatiran timbul dari mereka yang memiliki hubungan erat dengan laut. Salah satunya adalah penyelam perempuan asal Korea Selatan, Kim Eun-ah. Dikutip dari BBC, Eun-ah merasa tidak aman lagi untuk menyelam lagi padahal pekerjaannya menuntut untuk itu.

Dari mana limbah nuklir tersebut berasal? Limbah nuklir yang dibuang oleh Jepang berasal dari pembangkit nuklir Fukushima yang bocor akibat gempa dan tsunami yang terjadi pada 2011. Tiga reaktor nuklir rusak parah akibat gempa magnitudo 9.0 di lepas pantai Jepang. 

Nah, demikianlah penjelasan mengenai apa itu limbah nuklir? Serta penjelasan dari tindakan kontroversial Jepang yang membuang limbah tersebut ke laut. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar