Translate

Kenali Pembohong Dengan Ciri-ciri Berikut Ini

Nirwana Tunggal - Tanda-tanda orang berbohong dapat diketahui dari berbagai aspek, seperti konsistensi perkataan, ekpresi hingga gerak gerik tubuhnya. Dengan mengetahui aspek-aspek tersebut dapat membantu kita untuk menilai seseorang untuk dipercaya atau tidak.

Setiap orang pastinya tidak suka dibohongi karena dibohongi sama saja seperti merasa ditipu. Namun sayangnya perilaku tercela ini masih sering dilakukan oleh orang-orang disekitar kita, baik itu kebohongan kecil maupun kebohongan besar.

Namun kini tidak perlu khawatir karena kita bisa mendeteksi orang-orang disekitar berbohong atau tidak. Berkat berkembangnya ilmu pengetahuan khususnya di bidang psikologi, kita dapat mendeteksi apakah seseorang berbohong atau tidak. Adapun ciri-ciri orang berbohong yaitu sebagai berikut.


Sumber: Istock

1. Menghindari Kontak Mata

Orang yang sedang berbohong dapat diketahui dari tatapan matanya, mereka sering kali menghindari kontak mata saat bicara. Biasanya orang yang berbohong akan sering melihat ke berbagai arah. Hal ini disebabkan pada saat mereka bicara, mereka juga sedang memikirkan alasan atau kebohongan lainnya.

Jadi apabila Anda merasa curiga dengan partner bicara Anda, cobalah untuk menatap matanya, jika dia tidak berani melakukan kontak mata, kemungkinan besar berarti dia sedang berbohong.

2. Mengganti Topik Secara Tiba-Tiba

Selain menghindari kontak mata, orang yang sedang berbohong juga sering kali mengganti topik pembicaraan secara tiba-tiba. Misalnya saja Anda menanyakan sebuah informasi atau meminta seseorang untuk menceritakan dengan jujur sebuah masalah, jika orang tersebut hanya menjawab sekilas dan mengganti topik secara tiba-tiba tanpa mengatakan yang sebenarnya bisa saja orang tersebut sedang berbohong.

Namun jika hal yang ditanyakan bukanlah sesuatu yang penting atau berkaitan dengan privasi orang lain, sikap paling bijaksana dalam menanggapi hal ini adalah dengan menghargai lawan bicara kalian.

3. Gerakan Tubuh yang Berlebihan

Orang yang sedang berbohong juga dapat dilihat dari gerakan atau bahasa tubuhnya. Mereka sering kali melakukan gerakan yang tidak perlu untuk menutupi kebohongannya. Namun tidak jarang ditemukan orang yang terlihat tenang dan santai saat mereka melakukan kebohongan sehingga mereka dapat mengelabui dan memanipulasi lawan bicara.

4. Kalimat yang Tidak Konsisten

Seorang pembohong juga sering kali mengeluarkan kalimat yang tidak konsisten apalagi Anda menanyakan sesuatu di luar ekspektasi secara tiba-tiba. Misalnya saat kalian bertanya suatu hal dan dia berusaha menjawab tersebut, namun beberapa saat kemudian kalian menanyakan pertanyaan yang sama, jika partner kalian berbohong maka Ia akan memberikan detail cerita yang berbeda

5. Menggunakan Intuisi

Beberapa orang yang terbiasa berbohong mungkin dapat menghindari ciri-ciri di atas. Namun selain fokus pada ciri-ciri tersebut kita juga bisa menggunakan intuisi yang kita miliki. Alih-alih fokus pada sikapnya, tanyakan pada diri Anda apakah lawan bicara bisa dipercaya atau tidak.

6. Perubahan Ekspresi

Orang yang berbohong juga dapat di deteksi dengan melihat perubahan ekpresi yang secara tiba-tiba, misalnya saja orang yang tadinya ceria tiba-tiba pucat. Hal ini disebabkan oleh perubahan tekanan darah yang menurun secara tiba-tiba.

Penurunan tekanan darah dapat disebabkan oleh stres, tegang, cemas dan rasa takut yang berlebihan karena khawatir kebohongannya akan terbongkar.

Penutup

Itulah beberapa ciri orang yang berbohong. Dengan mengetahui ciri-ciri tersebut, kita bisa mengetahui apakah seseorang dapat dipercaya atau tidak. Tanda-tanda di atas hanyalah sebagian kecil dari ciri-ciri orang yang sedang berbohong.

Beberapa ciri pembohong yang sudah ahli biasanya ahli dalam mengatur cara ekspresi mereka. oleh sebab itu intuisi juga sangat diperlukan dalam kasus seperti ini. 

Baca juga:

Posting Komentar