Translate

Belum Telat! Ini Dia Skill Lifetime yang Bisa Kamu Pelajari Dari Sekarang

Nirwana Tunggal - Belajar tidak mengenal batas waktu dan usia. Itulah filosofi yang membawa kita melintasi pengetahuan sepanjang hidup. Belajar merupakan perjalanan tanpa akhir dimana setiap detiknya memberi kesempatan untuk berkembang dan tumbuh.

Di masa muda kita seringkali mendengar kalimat wajib memiliki skill-skill tertentu sebelum memasuki usia tertentu. Apabila sudah melewati usia tersebut, telat rasanya untuk mempelajari skill tersebut.

Namun di balik hal itu, kita perlu tahu kalau ada skill lifetime yang bisa dipelajari kapanpun dan dimanapun. Dengan mempelajari skill lifetime, kita terus tumbuh dan berkembang. Lalu apa saja skill lifetime yang wajib untuk dipelajari? Berikut pembahasannya.

Pengertian skill lifetime


sumber: Istock

Skill Lifetime diartikan sebagai keterampilan sepanjang hayat dimana keterampilan tersebut tidak terpatok pada usia tertentu saja. Skill lifetime merujuk pada kemampuan atau pengetahuan yang terus berkembang dan diperbarui sepanjang kehidupan seseorang.

Dengan kata lain skill lifetime menekankan pentingnya pembelajaran berkelanjutan dan adaptasi terhadap perubahan.

Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang dan membuat daya saing semakin tinggi sehingga membuat seseorang tidak bisa berada pada titik tertentu saja. Oleh sebab itu memiliki keterampilan yang dapat bertahan sepanjang hayat menjadi sebuah kunci keberhasilan bertahan dari segala perubahan.

Walaupun terdengar klise, namun mempelajari keterampilan lifetime menjadi salah satu investasi terbaik untuk diri sendiri. Mempelajari skill lifetime tidak harus terpatok pada usia tertentu, karena skill ini berbicara tentang adaptasi dunia yang terus berubah.

Skill Lifetime yang Harus Dikuasai

Keterampilan Digital

Skill lifetime pertama yang harus dipelajari yaitu keterampilan digital. Era digital merupakan salah satu Era yang paling cepat berkembang dari waktu ke waktu. Apabila seseorang melewatkan keterampilan ini, maka ia akan ketinggalan dan tidak bisa menguasai teknologi.

Seperti yang kita ketahui, dunia saat ini sudah masuk dalam era digitalisasi dan pemahaman tentang teknologi merupakan suatu keharusan. Siapapun dan dimanapun orang tersebut sepertinya wajib untuk mengenal keterampilan digital.

Salah satu hal yang harus dipelajari saat mempelajari keterampilan yaitu seperti belajar menggunakan teknologi baru, belajar pengembangan website hingga memahami kecerdasan buatan. Hal ini bukan hanya tentang memahami teknologi namun juga kemampuan beradaptasi dengan perubahan teknologi yang cepat.

Keterampilan Komunikasi

Keterampilan komunikasi merupakan salah satu aset yang tidak ternilai harganya karena tidak semua orang memiliki skill komunikasi yang baik. Keterampilan komunikasi masuk ke dalam skill lifetime karena skill ini memang dibutuhkan sepanjang waktu. Salah satu keterampilan komunikasi yang baik yaitu seperti public speaking dan menulis konten berkualitas.

Keterampilan komunikasi bukan hanya berpengaruh dalam dunia pekerjaan namun lebih daripada itu. Contoh keterampilan komunikasi diluar pekerjaan yaitu seperti kemampuan menyampaikan ide dengan jelas dan persuasif sangat dihargai oleh orang-orang yang mendengarnya.

Keterampilan komunikasi yang merupakan bagian skill lifetime ini membuka pintu untuk membangun hubungan yang kuat baik di dalam ataupun lingkungan pekerjaan.

Keterampilan Bahasa

Di era saat ini, penguasaan bahasa asing merupakan sebuah aset yang sangat berharga. Menguasai bahasa asing bukan hanya dianggap sekadar suatu keahlian tambahan namun juga membuka peluang untuk menuju karir internasional.

Menguasai bahasa asing juga membuka cakrawala pemahaman yang lebih dalam terhadap ragam budaya yang melingkup dunia saat ini. Dengan menguasai bahasa asing, pemahaman kita terhadap dunia lebih luas karena kita mampu untuk menerjemahkan hal-hal yang tidak dituliskan dalam bahasa yang kita kuasai saat ini.

Keterampilan Berpikir Kreatif

Keterampilan berpikir kreatif bukan hanya sekadar kemampuan biasa namun juga termasuk seni yang dapat mengubah cara berinteraksi dengan dunia sekitar. Berpikir kreatif menjadi salah satu skill lifetime yang harus dimiliki, karena kemampuan ini diperlukan pada saat-saat yang tidak terduga untuk melihat situasi dari sudut pandang yang berbeda.

Dengan memandang berpikir kreatif menjadi sebuah skill lifetime, membuat seseorang untuk terus membuka diri terhadap proses belajar yang berkelanjutan. Berpikir kreatif merupakan investasi dalam diri dan sebuah skill yang dibutuhkan dalam waktu yang tidak dapat ditentukan. Oleh sebab itu keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu skill yang harus terus dikembangkan.

Pengelolaan Keuangan

Skill lifetime yang wajib untuk dikuasai selanjutnya adalah pengelolaan keuangan dengan bijak. Literasi soal keuangan bukan hanya mencapai stabilitas finansial namun juga mencakup keuangan di masa depan.

Pengelolaan dasar keuangan mencakup bagaimana caranya mengelola uang dengan bijak, membedakan aset dan kewajiban serta pentingnya mencapai keseimbangan antara pendapatan dan pengeluaran.

Skill pengelolaan keuangan yang bijak tidak dimiliki oleh semua orang. Pengelolaan keuangan yang kurang bijak sangat berpengaruh terhadap masa depan dimana mereka tidak bisa mencapai kestabilan dan kesejahteraan finansial yang mengakibatkan terbukanya pintu hutang dan tidak memiliki tabungan sama sekali.

Empati

Empati merupakan salah satu softskill yang memiliki peran penting dalam membangun dan memelihara hubungan pribadi dengan orang lain. Empati bukan hanya sekadar mampu merasakan perasaan orang lain namun juga termasuk memahami perspektif mereka dan memberikan dukungan yang sesuai.

Dalam konteks hubungan pribadi, memiliki tingkat empati yang tinggi menciptakan dasar kepercayaan satu sama lain yang mendalam. Seiring berjalannya waktu, empati dapat memainkan peran penting dalam situasi konflik.

Jika konflik terjadi, empati memainkan peran utama dalam menyelesaikan perselisihan dengan cara saling pengertian dan menghargai serta mampu untuk melihat situasi dari sudut pandang orang lain.

Keterampilan Menjaga Mental Health

Menjaga Mental Health merupakan salah satu skill yang tidak kalah pentingnya dari skill lain. Menjaga mental health bukan hanya menjaga kesehatan jiwa dan raga namun juga bagaimana seseorang dapat bertahan dengan situasi yang penuh tekanan.

Ketidakmampuan seseorang dalam menjaga mental health dapat menyebabkan beberapa efek negatif seperti mengalami stress dan lain sebagainya. Memiliki keterampilan menjaga mental health dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk menjaga mental health tetap stabil yaitu seperti memanjemen stress, meditasi dan lain sebagainya. Mental yang sehat berdampak signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan seperti fisik, emosional dan sosial.

Penutup

Itulah beberapa skill lifetime yang dapat dipelajari mulai dari sekarang. Skill lifetime merupakan istilah keterampilan yang dapat terus berkembang dan diperbarui sepanjang kehidupan seseorang.

Skill lifetime dapat dipelajari tanpa batas usia. Dengan mempelajari skill tersebut, kita bukan hanya mengikuti perubahan namun juga membuat diri bertahan dengan segala perubahan. memahami tidak ada kata terlambat untuk belajar merupakan salah satu langkah awal yang baik untuk mempelajari skill tersebut.

Oleh sebab itu, jangan tunda lagi dan kembangkan skill lifetime mu dari sekarang. Semakin cepat untuk memulai semakin baik.

Posting Komentar