Translate

Takut Alami Penuaan Dini? Yuk Cegah Dengan Berbagai Jenis Makanan Berikut Ini

Nirwana Tunggal - Seiring bertambahanya usia, produksi kolagen dan elastin dalam tubuh manusia akan berkurang. Hal ini akan membuat kulit menjadi keriput. Namun ternyata penuaan bukan hanya berkaitan dengan faktor usia saja, hal ini juga berkaitan dengan pola hidup dan makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Mengonsumsi makanan yang tidak sehat bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya penuaan pada diri kita bahkan menyebabkan penuaan dini atau menua sebelum waktunya. Pada saat ini ada banyak generasi muda khususnya remaja yang memakan makanan sembarangan dan tidak menjalani gaya hidup pola sehat, padahal hal ini akan berdampak pada kesehatan dan kulit mereka.

Sebaliknya, beberapa jenis makanan juga bisa menjadi pencegah penuaan dini, seperti daftar makanan berikut ini: 

Sumber : Unplash


Yogurt

Jenis makanan pertama yaitu Yogurt, Yogurt kaya akan kalsium dan berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat dan bugar di usia tua nanti. Karena seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang akan semakin berkurang. Namun yogurt juga tinggi kalori, untuk menyiasatinya dari risiko lain, Anda disarankan untuk minum yogurt yang rendah lemak dan bebas gula secara rutin.

Cokelat

Selain lezat, ternyata Cokelat juga menjadi salah satu jenis makanan yang bisa menghindari proses penuaan karena di dalam cokelat terdapat antioksidan yang tinggi, namun disarankan agar Anda memakan coklat pahit atau dark coklat daripada milk cokelat atau white coklat yang biasanya mengandung banyak bahan tambahan seperti gula dan lemak.

Ikan

Ikan merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan nutrisi. Di dalam beberapa jenis ikan seperti salmon kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang mampu mencegah stroke dan penyakit jantung.

Selain itu nutrisi yang terdapat dalam ikan juga mampu menjaga keremajaan kulit karena bisa memperkuat membran-membran sel pada kulit itu sendiri. Hal ini akan membuat kulit Anda menjadi lembab dan lembut walaupun sudah berusia tua.

Bayam

Sayuran seperti bayam memang selalu memberikan banyak manfaat pada manusia, salah satunya menjaga keremajaan tubuh. Kandungan fitonutrien yang ada pada bayam dapat melindungi Anda dari sinar UV. Selain itu dalam bayam juga terdapat beta-karoten dan lutein yang efektif untuk menjaga kekenyalan serta kelembaban alami tubuh.

Jamur

Jamur memiliki berbagai mineral seperti kalium dan selenium yang dapat mencegah penuaan diri terutama pada bagian saraf otak. Selain itu jamur juga berguna sebagai anti kanker karena kemampuannya memperbaiki sel-sel yang rusak. Jamur juga mampu mendorong sistem kekebalan tubuh dan melawan berbagai jenis virus dan bakteri.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga menjadi salah satu jenis makanan yang cukup ampuh dalam mencegah penuaan dini, karena di dalam kacang-kacangan kaya akan protein, serat, dan omega 3 namun bebas dari lemak jenuh. Jenis kacang yang disarankan untuk dikonsumsi secara rutin adalah seperti kacang merah, kacang almond, kacang tanah dan kacang mete.

Semangka

Semangka mengandung vitamin A, C dan E yang tinggi sehingga menjadikan buah yang satu ini efektif untuk melawan kulit keriuput. Bukan hanya merawat kulit saja, semangka juga menjadi salah satu solusi untuk masalah seksual pasangan yang telah melalui proses penuaan. Kandungan asam amino yang terdapat dalam semangka juga mampu melancarkan peredaran darah.

Bluebelly, Raspbelly dan Blackberry

Jenis berry-berryan seperti Blueberry, Raspberry dan Blackberry mengandung antioksidan yang tinggi sehingga hal ini dapat membantu Anda meremajakan kulit. Selain rasanya yang nikmat, ketiga jenis berry ini juga mampu melawan radikal bebas yang menyerang melalui polusi, sinar matahari hingga bahan kimia berbahaya. Selain itu vitamin dan nutrisi yang terdapat dalam buah tersebut juga ampuh dalam mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

Delima Merah

Delima merah mengandung polifenol yang mampu melawan radikal bebas dan vitamin tinggi sehingga mampu melindungi kulit dari sengatan matahari. Selain itu delima merah juga mengandung senyawa punicalagin yang akan membantu tubuh menyimpan kolagen dan menjaga kesehatan jaringan kulit.

Alpukat

Jenis makanan terakhir yang dapat mencegah penuaan adalah alpukat, buah lezat ini ternyata sangat berkhasiat untuk mencegah penuaan dini. Kandungan lemak tak jenuh dan serat dalam alpukat sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung serta mencegah kanker.

Dengan rajin mengkonsumsi alpukat juga akan membantu menurunkan kolesterol ,selain itu buah ini juga kaya akan vitamin E sehingga mampu merangsang produksi kolagen agar kulit tetap kenyal dan cerah serta jauh dari keriput.

Itulah ke sepuluh daftar makanan yang bisa mencegah penuaan, selain mengkonsumsi makanan Anda juga bisa menghindari penuaan dengan menggunakan perlindungan dari luar seperti menggunakan tabir surya.

Posting Komentar