Translate

Apa Sih Manfaat Buah Alpukat?

What are the Benefits of Avocados?

Nirwana Tunggal
-  Apa sih manfaat buah alpukat? Alpukat adalah salah satu buah yang kaya akan manfaat dan sangat baik untuk kesehatan. Di dalam buah berwarna hijau ini terdapat kandungan lemak tak jenuh lutein, magnesium, folat, kalsium, vitamin E, K, A, C, dan B yang bisa membantu menjaga metabolisme tubuh.

Selain menjaga kesehatan tubuh, buah yang bernama latin persea americana (avokad) juga memiliki manfaat lain yang akan dibahas pada artikel di bawah ini. Jadi jangan skip artikelnya ya!

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

Jika dikonsumsi secara teratur dan diimbangi dengan pola hidup sehat, buah alpukat dapat memberi dampak yang baik untuk tubuh seperti;

  1. Mencegah Terjadinya Sembelit

Manfaat pertama adalah dapat mencegah terjadinya sembelit atau konstipasi. Sembelit dapat terjadi apabila seseorang mengalami kekurangan serat atau cairan tubuhnya tidak terpenuhi. Untuk memenuhi kebutuhan serat tersebut, Anda disarankan untuk konsumsi banyak buah salah satunya alpukat.

Selain itu, Anda juga bisa rutin mengkonsumsi air mineral setidaknya dua liter setiap harinya. Fungsinya adalah untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, karena ketika kekurangan cairan tubuh akan terasa lemas.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Buat Anda yang memiliki mata minus bisa rutin mengonsumsi alpukat. Alasannya karena dalam buah alpukat terdapat kandungan berupa antioksidan jenis lutein dan zeaxanthin yang berguna untuk memelihara kesehatan mata. Hal ini juga dijelaskan dalam sebuah jurnal dari Investigative Ophthalmology and Visual Science.

Menurut jurnal tersebut kedua kandungan di atas sangat tepat untuk menjaga kesehatan mata. Anda bisa rutin mengonsumsi alpukat asalkan jumlahnya tidak berlebihan dan bisa mengurangi risiko gangguan penglihatan di masa tua.
 
Tidak hanya itu fungsi buah alpukat dengan dua kandungan di atas juga mampu mencegah terjadinya katarak dan degenerasi makula. Degenerasi makula adalah sebuah penyakit yang menyebabkan kerusakan pada pusat penglihatan di bagian retina.
  1. Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Ingin menjaga berat badan tetap ideal? Selain olahraga, jangan lupa juga untuk rutin konsumsi buah alpukat. Buah ini kaya akan karbohidrat dan kandungan serat sehingga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Walaupun terdapat kandungan lemak, tetapi tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan karena lemaknya tak jenuh. Meski demikian, Anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara berlebihan karena kandungan kalorinya sangat tinggi yaitu 150 sampai 200 kalori.

  1. Mengendalikan Tekanan Darah

Buah alpukat rupanya juga bisa bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah karena mengandung kalium. Tidak hanya itu, jenis mineral kalium ini juga bisa mengatur detak jantung Anda agar tetap normal. 

  1. Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

Menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah alpukat. Ada banyak nutrisi menyehatkan di dalamnya seperti lemak sehat, serat, protein, mineral, dan vitamin. Dengan rajin mengkonsumsi buah seperti alpukat dapat menurunkan kadar LDL - Low Density Lipoprotein (Kolesterol jahatdalam tubuh.

Selain itu kadar HDL - High Density Lipoprotein (Kolesterol baik) juga akan meningkat, LDL adalah kolesterol jahat dan jika kondisinya terlalu tinggi maka bisa menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah ke jantung. Apabila tidak segera diatasi maka bisa menyebabkan gangguan pada jantung.

  1. Menurunkan Risiko Terjadinya Gangguan Metabolik

Sesuai dengan penjelasan dalam Nutrition Journal di tahun 2013, alpukat rupanya memiliki khasiat untuk menurunkan terjadinya gangguan metabolik. Gangguan metabolik ada banyak jenisnya yaitu penyakit arteri, diabetes, stroke, dan sebagainya.

Perlu Anda pahami gangguan metabolik tersebut dapat diatasi dengan kandungan lemak sehat pada alpukat. Cara kerjanya adalah dengan menghentikan resistensi insulin dalam tubuh sehingga gula darah tetap dalam kondisi normal.

  1. Dapat Mencegah Cacat Lahir Pada Bayi

Mencegah cacat lahir pada bayi merupakan salah satu manfaat buah alpukat bagi tubuh. Kandungan folat sangat cocok untuk ibu hamil yang akan membentuk jaringan dan sel baru sehingga janin tetap sehat.

Berdasarkan Nutrients Journal pada tahun 2016, folat merupakan jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh bayi sehingga tidak menyebabkan cacat tabung saraf atau lahir dalam kondisi cacat. Apabila Anda merupakan ibu hamil, bisa rutin mengkonsumsi buah alpukat tanpa campuran.

  1. Kesehatan Kulit Tetap Terjaga

Selain perawatan dari luar, mendapatkan kulit sehat juga bisa didapatkan dengan rutin konsumsi buah alpukat. Kandungan vitamin E dan C dalam buah ini, akan membantu kulit tetap lembab dan bisa membentuk lapisan pelindung kulit. Selain itu, kedua vitamin tersebut memiliki sifat antioksidan sehingga ketika berada di luar ruangan kulit akan tetap terjaga.

  1. Menyehatkan Usus

Manfaat buah alpukat bagi kesehatan adalah untuk melancarkan organ pencernaan salah satunya usus. Alpukat berukuran sedang memiliki kandungan serat sekitar 3,4 gram dan cukup untuk memenuhi nutrisi pada tubuh.

Serat pada alpukat berfungsi sebagai penghasil mikrobiota beragam yang sehat buat usus Anda. Apabila kesehatan usus terjaga maka buang air besar juga akan lancar dan terhindar dari penyakit pencernaan lainnya.

  1. Meredakan Peradangan

Manfaat terakhir, alpukat rupanya bisa meredakan peradangan karena mengandung karotenoid, vitamin E, C dan senyawa fenolik yang sifatnya anti-inflamasi. Semua kandungan tersebut terbukti mampu mencegah kerusakan oksidatif yang menyebabkan penyakit-penyakit parah.

Alpukat juga memiliki kandungan lemak omega 3 alfa-linoleat yang bisa mencegah terjadinya penyakit gastrointestinal atau peradangan parah pada organ usus besar. 

Wah, ternyata ada banyak sekali manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh kita ya. Nah, agar hasilnya bisa maksimal, jangan lupa untuk imbangi dengan pola hidup sehat seperti menjaga pola makan dan rutin olahraga ya.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar