Translate

13 Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan Tubuh

13 Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan Tubuh

Nirwana Tunggal
- Buah lemon sama dengan jeruk yang dikenal memiliki kandungan vitamin C tinggi. Selain itu, buah dengan warna kuning ini juga memiliki banyak kandungan lain seperti karotenoid, terpenoid, flavonoid, dan polifenol. Lantas apa saja manfaat buah lemon untuk kesehatan?

Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan Tubuh

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat konsumsi buah lemon secara rutin untuk kesehatan tubuh:

  1. Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Tingginya kandungan vitamin C pada lemon sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Jika dikonsumsi secara rutin, kulit Anda akan terasa jauh lebih lembab dan mencegah terjadinya masalah penuaan diri. Terakhir, buah lemon sangat efektif dalam membantu melindungi bahaya dari paparan sinar UV.

  1. Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Konsumsi buah lemon rupanya juga sangat bagus untuk melawan gejala flu dan selesma karena bisa meningkatkan produksi dari sel darah putih. Dimana sel inilah yang akan menjadi sel pembela dan menyerang bakteri serta virus yang masuk ke dalam tubuh kita. 

Selain itu, Vitamin C yang ada di buah lemon juga bisa menjaga sel kekebalan yang ada menjadi lebih sehat dan lebih mampu menghasilkan cukup banyak jenis antibodi yang menempel pada virus dan bakteri untuk dihancurkan.

  1. Menjaga Kesehatan Otot dan Tulang

Khasiat buah lemon untuk kesehatan yang ketiga adalah menjaga kesehatan otot dan tulang. Buah lemon tidak hanya mengandung vitamin C saja melainkan juga ada kalium dan kalsium. Dimana kedua kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tulang dan otot.

Selain itu, kalium dan kalsium juga turut berperan dalam menjaga keseimbangan tekanan darah sehingga tekanan darah Anda akan berada dalam kondisi normal. 

  1. Buah Lemon Baik Untuk Perkembangan Otak

Menurut penelitian, kalium mampu merangsang fungsi dari otak dan juga saraf. Satu buah lemon mengandung 80 miligram mineral penting untuk fungsi sel dan otot dasar dan menjaga keseimbangan pada cairan tubuh manusia. 

  1. Buah Lemon Mampu Menyeimbangkan pH Dalam Tubuh

Anda mungkin terkejut jika mengetahui fakta buah lemon bersifat asam di luar tubuh namun efeknya bersifat alkalis setelah sepenuhnya ada di dalam metabolisme tubuh manusia. Hal ini berarti dengan meminum air buah lemon hangat di pagi hari bisa meningkatkan pH dalam tubuh.

Dengan begitu Anda bisa meningkatkan fungsi dan juga struktur sel yang sehat dan juga menciptakan lingkungan yang kuat terhadap bakteri dan juga virus.

  1. Mendukung Kesehatan Jantung

Buah lemon sendiri buah yang kaya akan vitamin C, dengan mengkonsumsi satu buah lemon maka akan menyediakan sekitar 31 mg vitamin C untuk tubuh kita, yang merupakan 54% dari asupan kebutuhan harian.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan memakan buah dan juga sayuran yang kaya akan vitamin C akan mengurangi risiko dari penyakit jantung dan juga stroke. Tapi tidak hanya vitamin C saja yang dianggap baik untuk jantung.
 
Namun senyawa serat dan juga tanaman dalam lemon juga bisa secara signifikan menurunkan beberapa faktor risiko untuk penyakit jantung. Contohnya adalah dengan memakan 24 gram ekstrak serat jeruk lemon setiap hari selama sebulan akan mengurangi kadar kolesterol darah total.

Senyawa tanaman yang ditemukan dalam lemon yaitu hesperidin dan juga diosmin sudah ditemukan untuk menurunkan kolesterol.

  1. Membantu Mengontrol Berat Badan

Buah lemon sering dipromosikan sebagai makanan penurun berat badan, serat pektin yang larut di dalam buah ini mengembang di perut sehingga akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. 

Banyak sekali orang yang percaya meminum air buah lemon dengan air hangat di pagi hari akan membantu untuk menurunkan berat badan lebih cepat. 

  1. Buah lemon Melindungi Tubuh Dari Bahaya Anemia

Anemia defisiensi besi cukup umum, hal ini terjadi ketika tubuh manusia tidak mendapatkan cukup zat besi dari makanan yang di konsumsi sehari-hari. Buah lemon mengandung zat besi yang akan mencegah anemia dengan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati.

Usus Anda bisa menyerap zat besi dari daging, ayam, dan ikan yang dikenal sebagai besi heme dengan sangat mudah, sedangkan zat besi dari sumber tanaman tidak mudah untuk diserap oleh tubuh manusia.
 
Namun Anda tidak perlu khawatir karena penyerapan ini bisa dengan mudah dengan meningkatkan konsumsi vitamin C dan asam sitrat yang ada pada buah lemon. Buah lemon akan memastikan penyerapan zat besi sebanyak mungkin dari makanan yang Anda konsumsi.
  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan Manusia

Buah lemon terdiri dari sekitar 10% karbohidrat, sebagian dalam bentuk serat larut dan sebagian lagi dalam bentuk gula sederhana. Serat utama dalam buah lemon adalah pektin yang merupakan bentuk serat larut yang dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan.

Serat pektin sendiri bisa meningkatkan kesehatan usus dan juga memperlambat pencernaan gula dan juga pati. Efek dari hal ini adalah bisa menyebabkan penurunan dari kadar gula darah manusia.

  1. Buah Lemon Baik Untuk Kesehatan Hati

Senyawa yang ada pada buah lemon juga bisa membantu kinerja dari hati manusia menjadi lebih baik untuk menyaring racun keluar dari tubuh, hal ini karena flavonoid dalam buah lemon bisa melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh racun dan juga mengurangi lemak di hati.

  1. Mencegah Terjadinya Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular ini contohnya adalah penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, dan stroke. Penyakit-penyakit ini tentu sangat berbahaya, oleh karena itu sebagai bentuk pencegahan Anda bisa mulai rutin mengkonsumsi buah lemon.

Akan tetapi para peneliti masih melakukan penelitian lebih lanjut mengenai vitamin C untuk mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular. 

  1. Buah Lemon Membantu Masalah Pernafasan

Air buah lemon hangat juga bisa membantu untuk menghilangkan infeksi dada dan juga menghentikan batuk-batuk. Diperkirakan air buah lemon juga memiliki manfaat besar untuk penderita asma dan juga alergi.

Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C yang ada dalam buah lemon bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan senyawa limonena juga membantu tubuh Anda melawan pemicu dari asma.

Antioksidan yang terdapat di buah lemon bisa membantu tubuh Anda melawan alergen dan juga iritan. Sifat antiseptik dari buah lemon juga dapat membantu mencegah terjadinya penumpukan lendir.

  1. Pencegahan Kanker

Terakhir manfaat buah lemon adalah dapat mencegah terjadinya kanker dan berdasarkan penelitian yang dilakukan di National Center of Health Research lemon memiliki zat alami sehingga mampu melawan penyebab kanker lewat limonoid dan pektin jeruk.

Akan tetapi Anda sebaiknya tidak hanya mengandalkan air lemon saja, tetaplah jaga pola makan dan pola tidur agar tubuh selalu dalam kondisi yang sehat. 

Wah, ternyata ada banyak sekali ya manfaat buah lemon untuk kesehatan tubuh. Agar mendapatkan manfaat maksimal, sebaiknya imbangi dengan makanan sehat dan rutin berolahraga ya.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar