Translate

Beragam Manfaat Cumi-Cumi Bagi Ibu Hamil

Beragam Manfaat Cumi-Cumi Bagi Ibu Hamil

Nirwana Tunggal
- Kerap dikaitkan dengan berbagai mitos seputar kehamilan, ternyata cumi-cumi memiliki beragam manfaat bagi ibu hamil. Namun, tak sedikit ibu hamil yang masih khawatir serta ragu untuk mengkonsumsi cumi-cumi.

Hal ini dikarenakan cumi-cumi termasuk salah satu jenis seafood atau makanan laut yang memiliki kandungan merkuri. Dimana menurut beberapa sumber, merkuri dapat membahayakan sistem kekebalan dan kesehatan tubuh.

Kendati demikian, kandungan merkuri di dalam cumi-cumi tergolong rendah dibandingkan dengan jenis seafood lainnya. Sehingga cumi-cumi aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dengan cara pengolahan yang tepat. 

Manfaat Konsumsi Cumi-Cumi Bagi Ibu Hamil

Lalu apa saja manfaat konsumsi cumi-cumi bagi ibu hamil? Berikut kami akan ulas secara lengkap beragam manfaat dari cumi-cumi bagi ibu hamil:

  1. Protein

Satu porsi hidangan cumi-cumi memiliki sekitar 15 gram protein yang mampu memenuhi kebutuhan protein pada tubuh ibu hamil. Diketahui bahwa protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat. Selain itu, protein juga bermanfaat untuk menambah berat janin.

  1. Zat Besi

Cumi-cumi juga mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh selama masa kehamilan. Zat besi berfungsi untuk membantu meningkatkan hemoglobin dan memastikan aliran darah berjalan dengan lancar melalui dinding-dinding rahim. Semua komponen tersebut akan membantu dalam pembentukan sel darah merah janin.

  1. Vitamin A, C, dan B12

Kandungan vitamin A pada cumi-cumi dapat membantu pertumbuhan kognitif janin serta mempertajam otak pada janin. Sedangkan kandungan vitamin C dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil serta mencegah terjadinya infeksi yang tidak diinginkan.

Vitamin B12 juga memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan janin terutama di bagian sistem saraf.

  1. Asam Folat

Kandungan asam folat tidak selalu diperoleh dari konsumsi buah-buahan, kandungan asam folat juga bisa ibu hamil peroleh dari konsumsi cumi-cumi. Diketahui asam folat bermanfaat untuk memastikan anomali pada sistem saraf janin dapat dihindari.

  1. Zinc

Cumi-cumi merupakan salah satu seafood yang kaya akan kandungan zinc. Zinc sendiri merupakan mineral yang dapat membantu dalam proses produksi insulin serta enzim sebelum bayi lahir.

  1. Rendah Lemak

Sebagian orang sering beranggapan jika konsumsi cumi-cumi dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Faktanya, cumi-cumi memiliki kandungan lemak yang relatif rendah. Sehingga ibu hamil tidak perlu khawatir perihal kolesterol, sebab kolesterol akan terjaga dengan aman selama dalam porsi yang wajar.

  1. Vitamin E

Cumi-cumi juga kaya akan vitamin E yang baik untuk kesehatan tubuh. Vitamin E berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin. Vitamin E juga dikenal sebagai antioksidan yang membantu untuk melawan sel-sel penyebab kanker serta menghambat pertumbuhan sel-sel tumor di dalam tubuh.

Risiko Ibu Hamil Konsumsi Cumi Berlebih

Beragam manfaat dari cumi-cumi bisa ibu hamil dapatkan dengan jika sesuai dengan porsi yang disarankan. Namun, sebaliknya jika ibu hamil konsumsi cumi-cumi secara berlebih dapat menimbulkan beberapa risiko sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Kolesterol

Meski rendah lemak namun pengolahan cumi-cumi dengan cara yang tidak tepat seperti digoreng dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh ibu hamil.

Apalagi jika cumi-cumi digoreng dalam balutan tepung, tentu rasa nikmat yang disantap tidak akan sebanding dengan kadar kolesterol yang tinggi.

  1. Keracunan

Ibu hamil boleh konsumsi cumi-cumi asal diolah sampai benar-benar matang sempurna. Pasalnya, seafood yang dikonsumsi mentah atau kurang matang berisiko menyebabkan infeksi cacing pita.

Sehingga ibu hamil lebih rentan mengalami gangguan pencernaan serta menghambat penyerapan nutrisi tubuh. Tak hanya itu saja konsumsi cumi-cumi yang kurang matang juga dapat menyebabkan keracunan makanan, yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Cara Aman Konsumsi Cumi-Cumi Bagi Ibu Hamil

Ternyata banyak manfaat yang bisa ibu hamil peroleh dari konsumsi cumi-cumi. Lalu, bagaimana cara aman konsumsi cumi-cumi bagi ibu hamil?

Telah disinggung sebelumnya bahwa cumi-cumi aman dikonsumsi oleh ibu hamil dalam takaran dan pengolahan yang tepat. Takaran atau porsi aman bagi ibu hamil untuk konsumsi cumi-cumi adalah 5 ons per minggu.

Porsi tersebut telah diklaim aman dan bermanfaat untuk pertumbuhan serta perkembangan janin. Kandungan nutrisi, asam lemak omega 3, dan protein dalam cumi sangat bermanfaat bagi ibu hamil, asal dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Selain itu, pengolahan cumi-cumi juga harus mendapatkan perhatian khusus. Disarankan untuk tidak mengolah cumi-cumi dengan cara digoreng, karena akan mengurangi nilai gizi.

Menggoreng cumi-cumi bisa menambahkan lemak jenuh yang berdampak pada kenaikan berat badan. Anda bisa memilih untuk mengolah cumi-cumi dengan cara dikukus atau ditumis. Pengolahan tersebut dapat menjaga nutrisi dari cumi-cumi, serta  menjadikan cumi-cumi terasa lebih lezat dan nikmat.
 
Sebelum mengolah cumi-cumi, pastikan Anda telah membersihkan seluruh bagian cumi-cumi dengan bersih. Jangan lupa pilih cumi-cumi dalam kondisi yang segar, jika Anda membelinya di supermarket pastikan memeriksa tanggal kadaluarsanya.

Hindari untuk mengolah cumi-cumi yang telah berubah warna, berlendir, dan beraroma tidak sedap. Pastikan untuk konsumsi cumi-cumi diimbangi dengan jenis makanan sehat lainnya seperti sayuran, dan buah.

Hal yang tak kalah penting sebelum konsumsi cumi-cumi adalah memastikan ibu hamil tidak memiliki alergi seafood atau cumi-cumi. Sebab, jika ibu hamil memiliki riwayat alergi maka dapat memicu munculnya ruam, gatal, bahkan bengkak di area tubuh ibu hamil.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa beragam manfaat cumi-cumi untuk ibu hamil bisa diperoleh untuk kesehatan. Asalkan cumi-cumi dikonsumsi dalam jumlah dan cara pengolahan yang tepat.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar