Translate

Tips Aman Ibu Hamil Konsumsi Buah Durian

Tips Aman Ibu Hamil Konsumsi Buah Durian

Nirwana Tunggal
- Sebagian orang berpendapat bahwa ibu hamil tidak boleh atau dilarang mengkonsumsi buah durian karena berbahaya bagi kesehatan. Namun, faktanya tak jarang ditemukan ibu hamil masih aman dan boleh untuk mengkonsumsi buah durian.

Hal ini menimbulkan pro dan kontra di berbagai kalangan, terutama ibu hamil. Lalu, sebenarnya apakah boleh ibu hamil mengkonsumsi durian?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut kami akan ulas secara lengkap tentang beberapa tips aman untuk konsumsi buah durian bagi ibu hamil.

Apakah Ibu Hamil Boleh Konsumsi Buah Durian?

Apakah ibu hamil boleh konsumsi buah durian adalah salah satu pertanyaan umum yang sering ditanyakan ibu hamil saat ingin mengkonsumsi buah durian.

Sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah yang memberikan larangan kepada ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi buah durian. Justru ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan untuk menambah asupan gizi dan vitamin.
 
Meski tidak ada larangan khusus untuk mengkonsumsi buah durian. Ibu hamil tetap harus menjaga porsi makan buah durian yang artinya tidak boleh konsumsi secara berlebihan.

Namun, untuk ibu hamil dengan riwayat diabetes gestasional tidak boleh konsumsi buah durian. Hal ini disebabkan buah durian memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Selain itu, kondisi ibu hamil pada trimester ketiga juga tidak disarankan mengkonsumsi durian. Sebab, dapat menjadi pemicu terjadinya obesitas terhadap janin.

Tips Aman Konsumsi Durian Bagi Ibu Hamil

Ada beberapa tips aman konsumsi buah durian bagi ibu hamil yang bisa Anda lakukan, agar kondisi kehamilan tetap berjalan dengan normal tanpa mengganggu tumbuh kembang janin.

Bagi ibu hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah durian lebih dari dua potong atau secukupnya saja. Selanjutnya, hindari untuk konsumsi buah durian secara terus menerus atau terlalu sering.

Pilih buah durian dengan tingkat kematangan yang sesuai atau tidak terlalu matang. Selain itu, pilih buah durian yang dagingnya tidak terlalu tebal dan jangan lupa untuk banyak minum air putih setelah mengkonsumsi buah durian.
 
Konsumsi buah durian bagi ibu hamil bisa dilakukan pada trimester kedua. Sebab, pada trimester pertama pembentukan janin cenderung sensitif terhadap semua asupan yang masuk ke dalam tubuh.

Sedangkan konsumsi buah durian pada trimester ketiga dapat memicu terjadinya obesitas pada janin. Sehingga waktu yang paling aman untuk konsumsi buah durian bagi ibu hamil adalah pada trimester kedua.

Risiko Ibu Hamil Konsumsi Buah Durian Berlebih

Semua buah-buahan aman dikonsumsi bagi ibu hamil selama dalam batas wajar atau secukupnya. Hal ini diberlakukan juga untuk buah durian. Lalu, bagaimana jika ibu hamil konsumsi buah durian berlebih?

Konsumsi buah durian secara berlebih tentu memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan. Berikut beberapa risiko konsumsi buah durian berlebih bagi ibu hamil.

  1. Meningkatkan Gula Darah

Buah durian memiliki kandungan glukosa atau kadar gula yang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis buah lainnya. Diketahui ibu hamil yang mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak glukosa dapat meningkatkan risiko bayi lahir besar atau obesitas.

Obesitas yang terjadi pada saat bayi baru lahir sangat mempengaruhi proses tumbuh kembangnya di masa depan. Oleh sebab itu, sangat ditekankan untuk mengkonsumsi buah durian atau glukosa dalam jumlah yang tepat.

  1. Memicu Terjadinya Kelahiran Prematur

Selain mengandung glukosa dan karbohidrat yang cukup tinggi, buah durian juga mengandung sekitar 350 kalori dalam satu buah durian.

Sehingga saat ibu hamil konsumsi buah durian secara berlebih, maka akan berisiko mengalami kelebihan kalori di dalam tubuh yang berujung pada obesitas.
 
Hal ini juga akan berdampak pada kondisi kesehatan dan dapat menyebabkan terjadinya kelahiran prematur, infeksi saluran kemih dan preeklamsia.
 
Pada beberapa kasus tertentu konsumsi buah durian berlebih juga dapat mengganggu kerja dari bius epidural yang digunakan saat proses persalinan normal.
 
Jadi, sangat disarankan bagi Anda untuk memperhatikan porsi konsumsi buah durian agar tidak berlebih atau melewati batas wajar.

Manfaat Konsumsi Buah Durian untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil yang mengkonsumsi buah durian dalam batas wajar dan tidak berlebihan. Maka, terdapat beberapa manfaat mengkonsumsi durian untuk ibu hamil berikut diantaranya:

  • Perkembangan Janin

Diketahui bahwa buah durian kaya akan vitamin B, C, serta beberapa kandungan lain seperti potasium, fosfor, magnesium, iron, zinc, hingga kalsium. Selain itu, buah durian juga memiliki kandungan asam folat yang sangat baik untuk perkembangan janin untuk melindungi otak dan tulang belakang.

  • Mencegah Anemia

Buah durian memiliki kandungan mineral dan vitamin serta zat besi yang diklaim mampu menyeimbangkan produksi hemoglobin darah dan mencegah terjadinya anemia bagi ibu hamil. Sehingga ibu hamil yang konsumsi durian dalam jumlah tepat dapat mencegah terjadinya sakit kepala, kelelahan, dan insomnia. 

  • Anti Jamur

Kandungan triptofan dan organo-sulfur pada buah durian juga diklaim dapat membantu untuk melawan terjadinya infeksi bakteri serta jamur.

Mitos dan Fakta tentang Ibu Hamil Konsumsi Buah Durian

Kondisi ibu hamil memang kerap dikaitkan dengan berbagai mitos seperti tentang konsumsi buah durian. Namun, dengan berkembangnya teknologi maka Anda bisa dengan mudah mencari fakta tentang beberapa mitos tersebut.

Berikut beberapa mitos tentang bahaya ibu hamil konsumsi buah durian serta penjelasan lengkapnya:

  • Janin Akan Panas

Banyak orang yang percaya bahwa saat ibu hamil konsumsi buah durian, maka janin akan merasa kepanasan. Mitos ini berawal dari kepercayaan masyarakat Tionghoa hingga menyebar ke seluruh wilayah Indonesia.

Namun, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang bisa mempertanggung jawabkan pernyataan tersebut. Faktanya jika buah durian dikonsumsi dalam batas wajar untuk ibu hamil, maka dapat memberikan manfaat seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

  • Kolesterol Tinggi

Buah durian sering disebut sebagai penyebab kadar kolesterol yang tinggi, sehingga ibu hamil tidak boleh konsumsi buah tersebut. Faktanya secara ilmiah buah durian tidak mengandung kolesterol jahat sehingga aman untuk dikonsumsi oleh tubuh.

Kandungan kolesterol yang tinggi biasanya terdapat pada makanan yang mengandung lemak jenuh seperti makanan laut, produk turunan susu, dan daging merah. Sebaliknya justru buah durian mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Dari keseluruhan pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa konsumsi buah durian aman untuk ibu hamil selama dalam batas wajar atau tidak berlebihan. Buah durian memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar