Translate

Alami Rasa Cemburu Berlebihan? Yuk Kenali Dampak Negatif dan Cara Mengatasinya

Nirwana Tunggal - Cemburu merupakan salah satu bentuk emosi alami yang dirasakan oleh siapapun. Cemburu bisa dirasakan siapa saja, bukan hanya pada pasangan, tapi juga pada saudara, teman dan lain sebagainya. Namun terkadang rasa cemburu yang berlebihan menjadi tantangan yang sangat sulit untuk diatasi.

Rasa cemburu seringkali diidentikkan dengan konotasi negatif, seperti iri, dengki dan lain sebagainya. Padahal cemburu merupakan sebuah tanda rasa cinta luar biasa dan menandakan seseorang takut kehilangan kasih sayang dari orang yang ia cintai.

Namun walaupun begitu, rasa cemburu yang berlebihan tentunya tidak baik dan mengakibatkan berbagai dampak negatif. Berikut ini akan membahas apa saja dampak negatif rasa cemburu berlebihan dan bagaimana cara mengatasinya.

Pengertian Rasa Cemburu


Sumber: Istock


Cemburu bisa diartikan sebagai perasaan tidak senang melihat orang lain beruntung. Cemburu juga seringkali diidentikkan dengan sifat iri yang dimana iri adalah emosi yang terjadi ketika seseorang memiliki kualitas superior, prestasi dan kita berharap orang lain tidak memilikinya.

Oleh sebab itu rasa cemburu ini bisa datang pada siapa saja, misalnya seperti seorang adik yang iri pada kakaknya, seseorang yang cemburu pada teman dekatnya sendiri dan yang paling sering cemburu pada orang lain karena kekasihnya memberikan sesuatu yang tidak ia dapatkan.

Selain itu, cemburu juga diartikan sebagai emosi kompleks yang muncul ketika seseorang merasa terancam kehilangan perhatian, kasih sayang dan pecapaian yang dimilikinya kepada orang lain. Emosi ini seringkali timbul karena memiliki atau mencapai sesuatu yang diinginkan atau dianggap penting.

Cemburu bisa muncul dari berbagai konteks, seperti dalam hubungan asmara, persaingan tempat kerja bahkan dalam lingkungan sosial sekalipun.

Rasa cemburu dapat mengakibatkan perubahan perilaku seperti curiga berlebihan, rasa khawatir yang berlebihan hingga tindakan yang ditujukkan pada orang yang menjadi sumber cemburu. Namun, walaupun rasa cemburu menjadi salah satu pengalaman emosional yang sulit, rasa cemburu juga bisa menjadi pemicu untuk melakukan intropeksi diri dan mengupgrade diri menjadi lebih baik.

Efek Negatif Cemburu Berlebihan

Merusak Hubungan dan Kepercayaan

Ada kalanya cemburu yang dirasakan seseorang terlalu berlebihan sehingga apapun hal baik yang ada pada orang lain membuatnya merasa tidak senang. Cemburu berlebihan biasanya disebabkan oleh rasa tidak percaya diri, insecure dan overthinking. Padahal mempunyai rasa cemburu berlebihan pada siapapun apalagi itu orang terdekat justru berpotensi merusak hubungan yang dijalani.

Menurunkan Harga Diri

Dampak kedua dari rasa cemburu yang berlebihan yaitu penurunan harga diri individu yang mengalaminya. Mereka merasa tidak aman dan tidak layak menciptakan kerentanan terhadap perasaan rendah diri. Perasaan negatif merasa tidak layak ini membuat individu menunrunkan harga diri untuk selalu meminta pengertian orang yang ingin memperhatikannya.

Meningkatkan Stress dan Kecemasan

Dampak cemburu yang berlebihan selanjutnya yaitu meningkatkan stress dan kecemasan. Hal ini disebabkan pemikiran yang obsesif terhadap tentang kemungkinan kehilangan atau ketidakpastian dalam sebuah hubungan.

Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Cemburu berlebihan menyebabkan berbagai masalah psikologis yang harus segera di atasi. Jika Anda mengalami rasa cemburu berlebihan, ada baiknya mengatasinya dengan cara berikut ini.

Memahami Alasan Kecemburuan

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu memahami alasan cemburu dan sumber akar cemburu itu sendiri. Hal ini bisa dimulai dengan mengintropeksi diri dan menyadari apakah kecemburuan tersebut berasal dari ketidakpastiaan pribadi, kenangan buruk di masa lalu, atau tidak mampu menerima perubahan.

Dengan mengetahui alasan dan sumber akar cemburu membuat seseorang mengarahkan perasannya pada kondisi yang lebih tepat.

Membangun kepercayaan

Hal selanjutnya yang bisa kalian lakukan dalam mengatasi rasa cemburu adalah dengan membangun kepercayaan yang lebih kuat. Kita harus berhenti berpikir berlebihan dan mencoba untuk berpikir dengan perspektif yang berbeda.

Cobalah untuk lebih percaya pada pasangan ataupun orang terdekat. Bangun rasa kepercayaan pada orang terdekat kalian tanpa harus mengekang dan mendikte apa yang mereka lakukan.

Kurangi rasa memiliki yang terlalu tinggi

Rasa memiliki yang terlalu tinggi menjadi salah satu penyebab dari rasa cemburu yang berlebihan. Terkadang kita merasa pasangan, orang tua, teman dekat adalah milik kita dan siapapun tidak boleh memilikinya selain kita, siapapun tidak boleh dekat dengan mereka selain kita.

Padahal setiap orang mempunyai kehidupan tersendiri, mereka telah memiliki kehidupan sendiri dan telah bertemu orang banyak sebelum kita.

Penutup

Itu dia penjelasan cemburu dan bagaimana cara mengatasinya, semoga dengan penjelasan ini kita terhindar dari rasa cemburu yang berlebihan yang menyebabkan berbagai masalah psikologis.

Baca juga:

Posting Komentar