Translate

Bangun Rasa Percaya Diri Dengan Cara Berikut Ini

Nirwana Tunggal - Percaya diri merupakan sebuah penopang utama yang membawa kita melewati berbagai rintangan. Percaya diri bukan hanya sekadar sikap tapi juga sebuah fondasi pertumbuhan pribadi untuk mencapai tujuan.

Percaya diri bukanlah sebuah karakteristik bawaan, melainkan sebuah keterampilan yang dapat diperoleh dan dikembangkan. Berikut nirwana akan membahas tentang percaya diri dan bagaimana cara agar menjadi seorang yang percaya diri.

Pengertian Percaya Diri


Sumber: Unplash

Percaya diri atau yang biasa disebut dengan self confident sering kali diartikan sebagai keberanian yang muncul pada saat tampil di depan umum, contohnya seperti di atas panggung.

Selain berani tampil di depan umum, ada banyak pengertian percaya diri, orang yang percaya diri juga sering di salah artikan sebagai orang yang sombong dan show off. Dalam psychology of dictionary percaya diri atau self confident diartikan sebagai kemampuan atau keyakinan diri untuk berhasil memenuhi tuntutan tugas tertentu.

Artinya pada saat kita menentukan sebuah target, kita bisa yakin dan percaya dalam menyelesaikan target tersebut.

Sedangkan percaya diri menurut Counseling Center University of South Florida adalah sikap tentang keterampilan dan kemampuan kita dalam menerima diri sendiri, memiliki kontrol atas diri dan mempercayai bahwa kita mampu melewati masalah yang tengah kita hadapi.

Dari kedua pengertian dapat disimpulkan percaya diri atau self confidence merupakan sebuah sikap mental yang terlihat dari cara kita bersikap atau cara kita merespon sesuatu, karena kita mempunyai sudut pandang positif akan keberhasilan kita dalam mengemban tanggung jawab dan juga tugas dengan melewati tantangan atau masalah.

Syarat utama dari memiliki self confidence adalah self awareness. Seseorang tidak dapat percaya diri jika ia tidak mempunyai self awareness dalam dirinya. Self awareness diartikan sebagai kesadaran diri, kesadaran diri yang dimaksud disini adalah seperti kita mengenal siapa diri kita, apa kemampuan kita, posisi kita, darimana kita berasal dan lain sebagainya.

Cara Menjadi Percaya Diri

1. Membuat Daftar Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri

Setiap orang pastinya mempunyai kelebihan dan kekuatan dalam diri mereka. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan diri, kita bisa mengasah terus kemampuan dan mencari solusi menghilangkan kekurangan diri.

Contoh dari mengetahui kelebihan dan kekurangan diri adalah seperti kita adalah orang yang berbakat dalam menggambar namun sayangnya tidak punya keberanian untuk menunjukkan karya di depan umum.

Jadi kalian harus tetap mengasah kemampuan dan berani mengambil risiko agar kemampuan tersebut dapat diketahui orang banyak

2. Berhenti Membandingkan Diri Sendiri

Salah satu penyebab dari seseorang tidak percaya diri adalah seringkali membandingkan dirinya dengan orang lain. Namun hal ini bukan tanpa sebab, bisa saja dulunya ia juga sering dibandingkan atau bahkan di remehkah sehingga membuatnya tumbuh menjadi seorang yang minder dan tidak percaya diri.

Jadi hal ini mempengaruhi alam bawah sadarnya, saat melakukan sesuatu ia terus berpikir bahwa orang lain akan selalu lebih baik dibandingkan dengan dirinya. Membandingkan diri sendiri dengan pencapaian orang lain seringkali membuat kita menjadi iri, padahal hidup ini bukanlah sebuah kompetensi.

3. Melawan Pikiran Negatif

Cara selanjutnya agar percaya diri adalah dengan melawan pikiran negatif. Pada saat ingin melakukan sesuatu ada banyak hal yang muncul di pikiran kita, misalnya saja seperti pikiran mengenai risiko yang akan didapatkan jika melakukan hal tersebut.

Salah satu cara terbaik merespon pikiran negatif yang muncul adalah dengan melawannya. Pikiran negatif yang muncul ini dapat menurunkan rasa percaya diri dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Pada umumnya pikiran akan mempengaruhi tindakan, oleh sebab itu tidak jarang orang yang berpikiran negatif akan menghasilkan sesuatu yang negatif, sedangkan orang selalu berpikir positif selalu menghasilkan hasil yang positif.

4. Mengubah Penampilan

Tahukah kamu penampilan juga dapat meningkatkan rasa percaya diri pada seseorang, terkadang orang merasa minder dan tidak bisa mengekspresikan dirinya karena penampilannya yang terlihat lusuh, tidak bersih atau bahkan bau badan.

Untuk mengatasi hal ini kalian dapat mengubah penampilan dengan cara merawat dan menjaga diri seperti yang kalian inginkan. Semakin baik penampilan kita, maka semakin yakin pula orang lain terhadap diri dan ucapan kita.

5. Fokus Pada Hal yang Disukai dan Dikuasai

Salah satu hal yang membuat seseorang tidak percaya diri adalah ketika menyampaikan sesuatu yang tidak di sukai dan di kuasai. Oleh sebab itu saat ingin melakukan sesuatu pastikan hal tersebut kamu sukai dan kamu kuasai.

Melakukan sesuatu yang tidak kita sukai akan membuat kita merasa berat untuk melakukan hal tersebut. Selain itu kita juga tidak yakin apakah yang kita kerjakan berhasil atau tidak. Hal ini berbeda saat kita melakukan sesuatu yang kita kuasai, kita dengan senang hati melakukan semaksimal mungkin agar hasilnya terlihat sempurna.

6. Menjalani Pola Hidup Sehat

Cara selanjutnya mengembangkan rasa percaya diri adalah dengan mempunyai pola hidup yang sehat. Mulai dari makanan yang dikonsumsi hingga kegiatan sehari-hari. Jika kalian mengatur pola hidup kalian sesehat mungkin maka hal ini berpengaruh pada jiwa dan juga kesehatan. Jiwa dan raga yang sehat mampu untuk mengeluarkan ide positif dan kreatif yang jauh lebih besar.

Penutup

Itulah beberapa cara menjadi percaya diri yang dapat membawa kita menuju versi terbaik dari diri sendiri. Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, kita bukan hanya menghadirkan kepercayaan diri dari kehidupan sehari-hari, tetapi juga menciptakan fondasi yang kokoh untuk menjalani setiap fase perjalanan hidup.

Baca juga:

Posting Komentar