Translate

Hati-Hati! Kebiasaan buruk Ini Bikin Kamu Tidak Disukai Banyak Orang

Nirwana Tunggal - Menjadi pribadi yang positif sepertinya menjadi impian semua orang. Karena dengan menjadi pribadi yang positif, mereka membawa kebaikan kepada orang lain. Namun sayangnya tidak semua orang bisa menjadi pribadi yang positif, terkadang ada beberapa kebiasaan buruk di dalam diri kita yang tanpa kita sadari mengganggu orang lain sehingga membuat mereka tidak menyukai kita.

Berikut ini akan menjelaskan beberapa kebiasaan buruk yang membuat seseorang tidak disukai bahkan sampai dijauhi oleh orang lain.



Sumber: Istock

Tidak Mau Kalah

Kebiasaan pertama yang membuat seseorang sering kali menjadi penyebab dijauhi adalah tidak mau kalah atau tidak mau mengalah. Ada banyak jenis orang di dunia ini yang tidak mau kalah dengan orang lain atau bahkan tanpa kita sadari kita salah satunya.
 
Tidak mau kalah disini berarti kita berusaha menunjukkan diri kita sendiri jauh lebih baik dibandingkan dengan orang lain. Saat seseorang ingin menunjukkan hal-hal yang perlu diapresiasi dari dirinya, kita malah menimpali dengan sesuatu yang kita miliki yang nilainya lebih besar.
 
Jika pun kita lebih unggul daripada orang lain, namun ada baiknya menyisihkan ruang untuk orang lain tersebut. Cobalah untuk mengapresiasi setiap pendapat mereka tanpa harus menimpalinya. Apapun pencapaian hingga benda yang mereka miliki cobalah untuk menghargai kerja keras mereka.

Hal yang terlihat sederhana atau rendah bagi kita bisa saja sangat berarti untuk orang lain. Dan satu hal, jangan pernah merasa lebih unggul daripada orang lain tersebut, cobalah untuk saling mengapresiasi satu sama lain.

Tidak Jujur

Kejujuran merupakan sebuah hal yang sangat bernilai, bahkan dalam hal sekecil apapun. Salah satu penyebab mengapa seseorang tidak disukai bisa saja karena kebiasaan yang tidak jujur. Jika Anda mencoba untuk tidak jujur sekali saja pada orang lain dan mereka mengetahuinya, hal ini akan melukai perasaan mereka dan mereka akan lebih waspada saat berhadapan dengan Anda.

Kebiasaan tidak jujur atau berbohong ini merupakan sebuah kebiasaan yang tidak cukup dilakukan sekali saja. Biasanya kebohongan-kebohongan lain akan tercipta untuk menutupi kebohongan sebelumnya hingga akhirnya kebohongan kecil tersebut berubah menjadi sebuah kebohongan besar.

Mungkin selama ini kita merasa aman-aman saja dan merasa orang-orang disekitar tidak mengetahui hal tersebut, namun cepat atau lambat mereka akan sadar yang membuat mereka tidak akan percaya dengan semua perkataan di masa depan.

Bossy

Alasan tidak disukai selanjutnya yaitu memiliki sifat Bossy atau suka memerintah, suka mengatur ataupun mengontrol orang lain supaya segala sesuatu berjalan sesuai dengan keinginan Anda. Padahal dalam setiap hubungan pertemanan atau hubungan sosial setiap orang memiliki perannya masing-masing.

Jika Anda memiliki kebiasaan tersebut dan merasa Anda lah yang berhak memutuskan segala sesuatu, secara perlahan orang-orang disekitar Anda tidak akan tahan bahkan sampai menjauhi. Lagian siapa juga yang suka diperintah terus-menerus apalagi dengan cara yang tidak menyenangkan?

Merasa paling penting

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, setiap orang memiliki peran masing-masing dalam sebuah pertemanan atau lingkungan sosial. Namun tanpa disadari, dalam beberapa lingkungan pertemanan tertentu, ada kalanya seseorang merasa dirinya lah yang paling penting sehingga melupakan hak dan kewajiban orang lain. Merasa paling penting dalam sebuah pertemanan ini bisa saja menjadi penyebab seseorang tidak disukai orang lain.

Kasar

Bersikap kasar merupakan sebuah perbuatan yang tidak disukai oleh banyak orang, baik itu kasar dalam perbuatan maupun perkataan. Mungkin kita mengenal beberapa orang disekitar kita memiliki sifat tersebut, bukannya keren namun sikap ini malah membuat seseorang malah semakin tidak akan menyukaimu.

Kasar bukan hanya dilihat dari perbuatan atau ucapan saja, namun juga bisa saja terjadi dengan cara lain yang Anda anggap biasa saja seperti mengucapkan perkataan yang menyinggung atau mempermalukan orang lain di hadapan orang banyak.

Tidak Bisa Diandalkan

Dalam sebuah lingkungan, meminta dan memberikan bantuan adalah hal yang sangat wajar, disaat-saat tertentu Anda bisa meminta bantuan teman-teman Anda dan disaat yang lain Anda juga harus memberikan bantuan kepada mereka.

kebaikan harusnya dibalas dengan kebaikan pula, jangan sampai saat mereka membutuhkan bantuan Anda malah menghilang. Untuk beberapa saat teman atau rekan mungkin bisa memakluminya, namun jika kebiasaan tersebut terus-terus kamu lakukan dan Anda terus membebani mereka, percayalah kehadiran Anda akan membuat tidak disukai banyak orang.

Egois

Kebiasaan buruk selanjutnya yang membuat seseorang tidak disukai adalah egois atau hanya memikirkan dirinya sendiri dibandingkan orang lain.

Ciri-ciri orang egois yaitu seperti merasa dirinya paling penting dan ingin dinomorsatukan dalam segala hal, tidak merasa bersalah jika merepotkan orang lain, tidak pernah menghargai usaha dan kerja keras orang lain, selalu menganggap dirinya benar dan orang lain salah serta mengatur orang lain demi kepentingan diri sendiri.

Jika Anda merasa memiliki salah satu sifat tersebut, maka berhati-hatilah bisa saja Anda termasuk orang yang egois. Jika Anda merasa diri Anda memang egois, sepertinya sudah waktunya berubah karena tanpa disadari, kebiasaan buruk ini akan membuat orang-orang disekitar akan menjauhimu.

Negatif Thinking

Negatif thinking adalah pola atau cara berpikir yang lebih condong kepada sisi-sisi negatif dibandingkan dengan sisi positifnya, orang-orang seperti ini selalu saja memikirkan kemungkinan-kemungkinan terburuk yang akan terjadi dalam sebuah peristiwa.

Memikirkan kemungkinan terburuk bukan sesuatu yang buruk pula, namun jika kebiasaan ini selalu dilakukan bahkan saat bersama orang lain, hal ini bukan hanya mengganggu diri Anda saja namun juga mengganggu mereka.

Bayangkan saja jika setiap harinya mereka harus mendengar keluhan dan juga sikap pesimis, awalnya mereka akan mencoba untuk meyakinkan semua baik-baik saja, namun jika berlama-lama mereka akan bosan dan menjauhi Anda.

Hanya Fokus pada Penampilan

Terlihat cantik, rapi dan menarik merupakan sebuah nilai plus yang tidak dimiliki semua orang. Memiliki tampilan menarik biasanya lebih disukai dibandingkan dengan tampilan yang berantakan. Namun beda halnya jika kamu terus-terusan fokus pada penampilan sehingga melupakan hal lain disekitarmu.

Brain, beauty dan behavior seringkali dijadikan sebagai konsep yang dipakai dalam ajang kecantikan. Jika dilihat dari ketiga hal ini, kecantikan bukan hal yang paling utama, tanpa adanya kecerdasan dan perilaku yang baik, maka kecantikan tersebut tidak ada apa-apanya.

Selalu Menunjukkan Kesalahan Orang Lain

Kita semua memiliki kecenderungan untuk menemukan kekurangan dan kesalahan orang lain, namun ada baiknya jangan sampai menunjukkan kekurangan dan kesalahannya tersebut di hadapan umum. Hal ini bisa saja membuat mereka merasa tersinggung dan malu.
 
Jika ingin memberikan kritik pada orang tersebut, cobalah menegurnya pada saat ia sedang sendirian agar nasihat tersebut tidak terdengar sebagai ejekan. Niat baik ingin menegur dan memberikan nasihat bisa saja disalahartikan apalagi kamu melakukannya terlalu sering sehingga membuat orang merasa tersinggung yang akhirnya mencoba menjauhimu.

Penutup

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang membuat seseorang tidak disukai orang lain. Jika Anda merasa memiliki salah satu sifat di atas, ada baiknya segera berubah dan memperbaiki diri. Jangan sampai kebiasaan-kebiasaan yang kita anggap remeh ini menyakiti orang lain dan membuat kita tidak disukai orang lain.

Posting Komentar