Translate

Ingin Terlihat Cantik? Yuk Mulai Dengan Kebiasaan Berikut Ini

Nirwana Tunggal - Cantik merupakan sebuah hal yang relatif dan setiap orang mendefenisikan cantik dengan cara yang berbeda. Namun walaupun begitu, kecantikan dapat dinilai dengan melalui beberapa kriteria tertentu, sigma research menunjukkan terdapat tiga kategori utama yang membentuk definisi kecantikan yaitu beauty, brain dan behaviour.


Sumber: Istock

Beauty mencakup penilaian secara fisik saja. Bagi banyak orang penampilan luar memainkan peran penting apakah seseorang tersebut dianggap cantik atau tidak. Aspek-aspek yang dinilai pada level beauty yaitu seperti bentuk tubuh, wajah dan penampilan umum yang menjadi faktor signifikan dalam penilaian kecantikan.

Selanjutnya yaitu brain, brain menjadi aspek penilaian kecantikan yang berfokus pada kemampuan intelektual. Brain menjadi salah satu standar kecantikan yang jarang digunakan, meskipun jarang dijadikan sebagai fokus utama, namun kecerdasan seseorang memberikan dimensi tambahan pada konsep kecantikan.

Terakhir behaviour, behaviour melibatkan penilaian perilaku seseorang sebagai bagian dari definisi kecantikan. Sikap, cara bicara dan interaksi sosial dapat mempengaruhi pandangan orang terhadap kecantikan orang lain. Dalam beberapa kasus tertentu, perilaku positif atau sikap yang baik membuat seseorang dianggap lebih cantik.

Cara Menjaga Kecantikan Fisik

Walaupun standar kecantikan ditetapkan dari ketiga kategori di atas, namun tidak dapat dipungkiri bahwa definisi cantik seringkali dikaitkan dengan penilaian tampilan fisik saja. Hal ini membuat meskipun ada berbagai aspek yang membentuk kecantikan, aspek visual masih mendominasi dalam standar kecantikan di masyarakat.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kecantikan fisik, salah satunya yaitu dengan merawat dan menjaga kesehatan kulit wajah. Untuk dapat memastikan perawatan kesehatan kulit wajah yang sesuai, Anda bisa mengetahuinya dengan mengetahui jenis kulit wajah Anda terlebih dahulu karena setiap orang memiliki tipe dan jenis kulit yang berbeda.

Melakukan perawatan dengan menggunakan skincare yang tidak sesuai pada jenis kulit dapat menyebabkan kulit menjadi lebih buruk seperti lebih berminyak, iritasi, berjerawat dan gangguan kesehatan pada kulit wajah lainnya. Bagi Anda yang ingin memulai melakukan perawatan pada kulit wajah dapat memulainya dengan cara berikut ini

Membersihkan Wajah dan Menggunakan Produk Kecantikan

Setelah mengetahui jenis kulit wajah Anda, hal pertama yang harus dilakukan yaitu dengan membersihkan wajah secara rutin setiap harinya. Tidak perlu sering, cukup dua kali sehari namun dilakukan secara konsisten.
 
Agar kulit wajah lebih optimal, ada baiknya menggunakan produk double cleansing yang sesuai dengan permasalahan kulit wajah yang Anda alami.
 
Setelah membersihkan wajah ada baiknya menggunakan produk kecantikan lain seperti serum, pelembab, dan tabir surya. Serum bermanfaat sebagai penyedia nutrisi tambahan untuk kulit, pelembab berperan penting dalam menjaga kelembapan kulit sedangkan tabir surya berguna untuk melindungi kulit dari sinar UV yang dapat menyebabkan kerusakan kulit dan penuaan dini.

Menjaga Pola Makan

Pola makan juga sangat berpengaruh terhadap kecantikan, memakan makanan tidak sehat membuat kulit wajah mengalami berbagai masalah. Untuk menghindari berbagai masalah kulit, ada baiknya mengonsumsi jenis makanan yang baik untuk kesehatan kulit seperti buah dan sayuran hijau.

Bukan hanya sampai disitu saja, sebaiknya kurangi asupan alkohol dan perbanyak mengonsumsi air putih agar membuat kulit wajah terjaga dengan baik.

Mengelola Stress

Sama seperti pola makan yang buruk, stress yang berlebihan juga berdampak memicu berbagai gangguan kesehatan pada kulit wajah. Stress yang tinggi dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang mengganggu kecantikan seperti munculnya jerawat, kulit kering dan lain sebagainya.

Stress bisa dikelola dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan olahraga. Olahraga teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah, menyuplai oksigen ke sel-sel kulit dan membantu mengurangi stres yang berdampak positif pada penampilan kulit dan kecantikan secara keseluruhan.

Menjaga Pola Tidur

Terpenuhinya kebutuhan tidur bukan hanya berpengaruh pada kesejahteraan tubuh secara keseluruhan, tetapi juga memainkan peran penting dalam menjaga kecantikan kulit. Tidur yang cukup juga bukan hanya berdampak baik pada kesehatan, melainkan menjadi kunci untuk merawat tampilan fisik.

Ketika malam tiba, kulit akan mengalami regenerasi yang pada akhirnya memberikan tampilan kulit yang segar dan sehat. Orang yang mengalami masalah tidur terlihat dari wajahnya, misalnya saja seperti terdapat tanda-tanda kelelahan seperti warna hitam di bawah mata.

Penutup

Itulah penjelasan bagaimana merawat kecantikan fisik. Merawat kecantikan fisik tidak cukup hanya dengan menggandalkan produk kecantikan saja, namun juga harrus dengan memperbaiki pola hidup untuk hasil yang lebih maksimal.

Posting Komentar