Translate

Redakan stress Dengan Olahraga Berikut Ini

Nirwana Tunggal - Setiap hari kita dihadapkan dengan berbagai tekanan dan masalah yang dapat meningkatkan stress. Dalam menghadapi tekanan dan masalah tersebut, kita pun seringkali mencari berbagai cara untuk melepaskan diri dari ketegangan yang membebani pikiran dan tubuh kita. Salah satu metode penghilang stress yang cukup efektif yaitu dengan berolahraga.

Olahraga bukan hanya memberikan manfaat fisik namun juga memberikan manfaat bagi psikis, salah satunya yaitu mengurangi stress atau tekanan dalam tubuh. 
 
Berikut ini akan membahas beberapa jenis olahraga yang dapat menghilangkan stress dan bagaimana cara kerja olahraga dapat mengurangi stres pada manusia.

Jenis-Jenis Olahraga Penghilang Stres


Sumber: Unplash

1. Yoga

Yoga menjadi salah satu jenis olahraga yang dapat mengurangi stress pada manusia. Manfaat yoga dalam menjaga kesehatan fisik dan mental sudah tidak diragukan lagi. 

Hal ini dikarenakan gerakan yoga melibatkan kekuatan tubuh dan pikiran yang berdampak pada meredakan ketegangan otot dan fisik akibat rasa cemas yang berlebihan.

Bukan hanya itu saja, yoga juga merupakan latihan pernapasan yang dapat menstimulasi respon relaksasi tubuh. Alhasil, stres akan perlahan mereda dan tubuh akan menjadi lebih santai. Manfaat lain dari yoga yaitu dapat mengurangi tekanan darah sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung.
 

Bagi Anda yang sedang mengalami stress dapat menjadikan yoga sebagai salah satu penghilang stres, Anda dapat melakukan yoga secara rutin setidaknya 35-40 menit perhari, baik itu secara mandiri di rumah atau mengikuti kelas yoga. 

2. Berjalan Kaki

Terlihat sederhana, namun berjalan kaki juga memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu dapat mengurangi stress. Bagi Anda yang tidak punya waktu banyak berolahraga, jalan kaki adalah pilihan olahraga paling mudah yang bisa dilakukan.

Jalan kaki baik secara cepat atau santai diketahui dapat mengurangi ketegangan otot dan melatih pernapasan. Gerakan tubuh ini dapat meningkatkan endorfin atau hormon bahagia dalam tubuh.

Tidak seperti olahraga lain yang harus menyisihkan waktu, olahraga sederhana yang satu ini bisa dilakukan setiap hari, misalnya saja seperti pergi atau pulang bekerja. 

Mulailah rutin berjalan kaki minimal 10 menit per hari kemudian cobalah untuk meningkatkan frekuensi dan durasinya secara bertahap.

3. Menari

Menari juga merupakan salah satu olahraga yang dapat membantu merilekskan otot dan meningkatkan kelincahan tubuh saat bergerak. Menari bukan hanya sekadar aktivitas tubuh saja, namun sebagai salah satu ekspresi seni yang dapat memberikan kelegaan dan keceriaan di tengah kesibukan.

Ketika melangkah yang diiringi irama musik, tubuh dan pikiran secara otomatis terhubung dengan gerakan kegembiraan. Selain menyenangkan, olahraga yang satu ini juga memiliki manfaat bagi tubuh manusia.

Bagi yang ingin menari namun bingung mulai darimana, perlu diketahui bahwa tidak ada aturan baku dalam menari, yang membedakannya adalah daya tariknya saja. 

Jadi, setiap gerakan yang dilakukan dalam menari merupakan manifestasi kebebasan yang memungkinkan kita untuk merasakan keseimbangan dan kebebasan.

4. Olahraga Rekreasi

Olahraga rekreasi seperti bermain bulu tangkis atau bermain tenis meja juga menjadi salah satu olahraga yang dapat meredakan stres. Olahraga rekreasi terdiri dari berbagai jenis olahraga yang melibatkan kelompok maupun individu.

Olahraga rekreasi penghilang stress ini memerlukan gerak tubuh dan konsentrasi tinggi yang membantu menyehatkan jantung serta menjaga tekanan darah tetap normal. Sama seperti olahraga sebelumnya, olahraga rekreasi juga dapat meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh manusia.

Cara Olahraga Menghilangkan stress

Pentingnya memahami bahwa stress merupakan bagian alami dari kehidupan manusia. Setiap manusia pasti pernah mengalami stress namun yang berbeda adalah bagaimana cara mengelolanya.

Berolahraga bukan hanya sekadar rutinitas fisik, namun juga menjadi solusi yang memungkinkan kita menyelaraskan pikiran, tubuh dan emosi. Dengan berolahraga secara rutin, bukan hanya tubuh saja yang menjadi sehat dan kuat tapi juga membuat pikiran menjadi lebih tenang dan fokus.

Olahraga memiliki peran penting dalam menghilangkan stres melalui beberapa mekanisme yang saling berkaitan, salah satunya peningkatan produksi endorfin. 

Pada saat berolahraga, produksi endorfin atau yang biasa disebut dengan hormon kebahagiaan meningkat yang secara tidak langsung mengurangi tingkat stress.

Selain itu, melalui olahraga, tubuh juga mengeluarkan energi yang terakumulasi akibat stres, membantu mengurangi ketegangan otot serta memberikan rasa nyaman. Dengan berolahraga juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur yang berantakan.

Hal ini disebabkan oleh latihan fisik yang teratur membantu merilekskan tubuh dan pikiran serta memungkinkan tidur yang cukup dan berkualitas. 

Dengan demikian, korelasi antara olahraga sebagai penghilang stress bukan hanya berdampak pada fisik saja namun juga psikis atau emosional.

Penutup

Itulah beberapa jenis olahraga yang dapat mengurangi stress. Olahraga telah terbukti menjadi salah satu metode penghilang stress paling ampuh. Dengan berolahraga secara teratur dapat membantu memperbaiki berbagai gangguan kesehatan mental.

Baca juga:

Posting Komentar