Translate

Lakukan 5 Hal ini Untuk Tetap Sehat dan Bugar

Nirwana Tunggal - Pepatah mengatakan di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Dari sini kita memahami bahwa menjaga kesehatan adalah hal paling penting dalam hidup, dengan tubuh sehat kita bisa melakukan banyak hal yang tentunya lebih bermanfaat.

Menjaga kesehatan juga sangat penting untuk keberlangsungan hidup, semakin sehat seseorang biasanya semakin panjang juga usianya walaupun hal ini tidak sepenuhnya berlaku untuk semua orang.

Namun sayangnya kesadaran untuk menjaga kesehatan tidak disadari semua orang, setelah merasakan sakit barulah mereka sadar menjaga kesehatan merupakan hal yang sangat penting.

Untuk itu Nirwana pada kesempatan kali ini akan membahas 5 cara yang dilakukan untuk tetap sehat dan bugar. 


Sumber: Unplash

1. Makan Makanan Sehat dan Gizi Seimbang

Memulai hidup sehat harus kita awali dengan memperbaiki pola makan dan mengecek kembali makanan apa yang masuk ke dalam tubuh kita sehari-harinya. Tidak sedikit orang yang salah mengkonsumsi makanan dan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan tubuh dalam waktu singkat.

Oleh sebab itu penting memilih makanan serta menyeimbangkan kandungan gizi yang dikonsumsi sehari-harinya. 
 
Dalam budaya kita terkenal dengan istilah 4 sehat 5 sempurna, mungkin Anda bisa menggunakan istilah ini sebagai acuan dalam menyediakan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Tidak perlu mahal, Anda bisa menemukan banyak bahan makanan murah di pasaran dengan harga terjangkau namun kaya nutrisi.

2. Minum Air yang Cukup

Air putih menjadi salah satu faktor yang dapat memperlancar metabolisme dan mencegah tubuh dari dehidrasi, setiap harinya kita dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 2 liter atau setara dengan 8 gelas.

Air putih yang cukup bukan hanya dapat memperlancar metabolisme dan mencegah dehidrasi, namun juga dapat menyehatkan pencernaan, menjaga tekanan darah, meningkatkan daya otak sampai dengan mencegah penyakit jantung.

Sebaliknya, kekurangan air dapat menyebabkan kinerja otak menjadi tidak optimal yang berakibat pada otak menjadi tidak fokus, susah berfikir sampai dengan dehidrasi.

3. Olahraga

Olahraga tidak hanya soal pergi ke gym atau menghabiskan waktu pagi dan sore dengan jogging selama berjam-jam. Olahraga bisa dilakukan lebih sederhana seperti jalan santai, bersepeda santai, naik turun tangga atau jika Anda punya waktu lebih kalian bisa melakukan push up dan sit up dengan rutin, tidak perlu lama-lama olahraga ringan ini hanya dilakukan dengan durasi 30 menit saja setiap harinya.

Olahraga mungkin menjadi salah satu kegiatan yang paling banyak dihindari banyak orang dengan berbagai alasan, namun kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan paling penting dalam menjaga kesehatan. 
 
Dengan berolahraga proses metabolisme dalam tubuh jauh lebih cepat, hal ini juga sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

4. Istirahat yang Cukup

Terlalu banyak beban kerja dan kegiatan pendidikan membuat seseorang harus beraktivitas ekstra sehingga melupakan waktu istirahatnya. Dalam sehari mereka hanya beristirahat selama beberapa jam kemudian dilanjutkan dengan kegiatan ekstra lainnya.

Padahal istirahat yang cukup juga tidak kalah penting dalam menjaga kesehatan. Waktu yang dibutuhkan bagi orang dewasa untuk beristirahat adalah 7-8 jam setiap harinya. Dengan istirahat yang cukup dapat membantu Anda dalam menaikkan mood dan akan lebih fokus dalam menjalankan aktivitas selanjutnya.

Namun perlu diketahui tidur terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan. Hal ini menyebabkan sakit kepala, sakit punggung, obesitas bahkan bisa menjadi penyebab diabetes.

5. Mengelola Stress

Selain menjaga kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental juga menjadi salah satu hal yang wajib untuk diperhatikan. Namun sayangnya di masyarakat kita kesadaran akan kesehatan mental masih dihiraukan banyak orang.

Kondisi mental yang buruk sangat berpengaruh dalam kesehatan fisik, misalnya saja saat seseorang sedang stress maka ia tidak akan bersemangat dalam melakukan apa-apa. 

Salah satu penyebab kesehatan mental berawal dari memendam banyak masalah sendirian dan tidak ingin membagikannya kepada orang lain.

Jika hal ini terjadi pada kalian ada baiknya kalian berbagi pada orang atau setidaknya temuilah psikolog untuk menemukan solusi.

Jika masalah kesehatan mental seperti stress masih dalam tahap rendah, kalian bisa meminimalisirnya dengan cara meditasi ringan secara rutin, berolahrga dan juga jangan lupa melakukan hobi dan kesenangan untuk menaikkan mood dan mengurangi stres Anda.

Penutup

Itulah 5 cara yang dapat dilakukan untuk tetap sehat, dengan melakukan cara-cara di atas, dapat dipastikan Anda akan tetap sehat dan bugar.

Posting Komentar