Translate

Dicap Anti sosial, Inilah Sisi Positif Tidak Punya Banyak Teman

Nirwana Tunggal - Orang yang punya banyak teman seorang kali dicap sebagai orang yang mudah bergaul, mudah bersosialisasi dan mempunyai pikiran terbuka. Sebaliknya, orang yang punya sedikit teman atau bahkan tidak punya teman sering dicap sebagai orang yang aneh hingga anti sosial.  

Namun ternyata tidak mempunyai banyak teman juga  bukan menjadi masalah yang besar. Ada beberapa keuntungan yang didapatkan jika memiliki teman yang sedikit, berikut pembahasannya:

Apa Itu Teman?

Sumber: Unplash


Teman dapat diartikan sebagai orang yang mempunyai kesamaan dalam diri kita dan hanya sekadar mengenal serta mengetahui informasi dasar mengenai diri kita saja, misalnya saja seperti teman sekelas, teman organisasi, teman bermain dan teman bekerja.

Sedangkan sahabat adalah orang yang dulunya hanya sebatas teman biasa namun seiring berjalannya waktu kita menemukan kecocokan satu sama lain. Misalnya saja seperti mempunyai karakter, hobi, atau kesamaan lainnya. 

Sahabat biasanya saling memahami satu sama lain, baik itu dari segi karakter, kelebihan dan kekurangan. Sahabat juga adalah orang yang selalu mendukung apapun yang kita lakukan selagi itu bermanfaat dan tidak merugikan orang lain.

Namun sayangnya tidak semua orang punya teman atau sahabat dalam jumlah yang banyak. Beberapa diantara mereka hanya memiliki sedikit teman atau bahkan tidak punya teman sama sekali.

Hal ini pun sering kali dianggap tidak normal oleh sebagian kalangan bahkan menganggapnya aneh dan anti sosial. Namun ternyata hal ini sepenuhnya tidak benar, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika tidak punya banyak teman, yaitu:

Menjadi Diri Sendiri

Keuntungan yang pertama tidak punya banyak teman adalah kita bisa menjadi diri kita sendiri. Kita bisa berekspresi tanpa harus takut menyinggung perasaan orang lain. Saat seseorang mempunyai banyak teman, itu artinya mereka harus mengerti kondisi orang lain, menerima sifat baik buruknya dan lain sebagainya.

Semakin banyak orang yang dikenal maka semakin banyak pula hal-hal yang harus kita jaga dan maklumi, padahal sifat-sifat tersebut bertentangan dengan diri kita dan menjadikan diri kita sebagai diri orang lain. sebuah pepatah mengatakan “semakin banyak temanmu, maka semakin palsu lah dirimu”.

Mempunyai Banyak Waktu untuk Mengejar Minat

Setiap orang pastinya mempunyai bakat, minat dan passion masing-masing. Beberapa orang kesulitan untuk menemukan bakatnya karena lebih sering bergaul dengan orang lain dan memaksakan apa yang ada pada diri mereka juga harus ada pada dirinya.

Misalnya saja orang lain berbakat dalam bidang olahraga, sedangkan ia berbakat dalam bidang seni, namun ia tidak menyadarinya. Hal ini disebabkan mereka tidak punya waktu untuk menggali  potensi yang ada dalam dirinya sendiri. Oleh sebab itu waktu sendirian inilah yang harus kalian gunakan untuk menggali potensi yang ada.

Terhindar dari Pertemanan Toxic

Kita menemukan tidak sedikit orang yang memaksakan dirinya untuk bergabung dalam circle tertentu karena takut ditinggalkan oleh teman-temannya. Padahal pada saat bersama mereka tidak jarang ia merasa tertekan karena circle tersebut sama sekali tidak mempunyai kesamaan dengan dirinya.

Circle pertemanan seperti ini akan membuat kalian semakin tertekan dan menghabiskan waktu berharga serta menguras energi. Memaksa pertemanan seperti ini tidak akan menguntungkanmu sama sekali bahkan akan merugikan waktu dan tenaga.

Jauh dari Pengaruh Negatif

Tidak semua orang yang kita anggap sebagai teman adalah orang yang baik, sebagian diantara mereka pastinya mempunyai sisi negatif tersendiri, bisa dari kebiasan dan lain sebagainya. Kebiasaan negatif ini dapat mempengaruhi diri kalian sendiri. Oleh sebab itu tidak menutup kemungkinan kalian akan terpengaruh oleh kebiasaan negatif tersebut.

Seseorang yang tidak punya banyak teman kemungkinan besar akan jauh dari pengaruh negatif, namun disaat yang bersamaan, bisa jadi tanpa sengaja kita jauh dari orang-orang yang positif.

Persahabatan lebih Awet dan Minim Konflik

Persahabatan atau pertemanan dalam ruang lingkup kecil menjadikan seseorang lebih terbuka dan saling mengerti satu sama lain. Dengan persahabatan yang kecil membuat kita paham dengan karakter yang dimiliki oleh sahabat sendiri. Kita juga akan tahu bagaimana cara memperlakukan sahabat  tersebut sehingga persahabatan lebih awet dan tidak banyak konflik.

Hal ini sangat berbeda jauh pada saat berteman atau bersahabat dengan banyak orang, dimana kita sering kali terjadi kesalahpahaman karena kesulitan untuk memahami satu sama lain. Akhirnya terjadilah drama hingga konflik yang membuat pertemanan menjadi permusuhan.

Penutup

Itulah penjelasan keuntungan yang didapatkan jika tidak mempunyai banyak teman, mempunyai banyak teman adalah sesuatu yang bagus dan patut di banggakan. Karena orang yang mempunyai banyak teman biasanya orang yang mudah bergaul dan mudah bersosialisasi.

Namun untuk menghindari persahabatan toxic dan menjerumuskan kedalam keburukan, ada baiknya memilah dan memilih teman. Untuk kalian yang temannya sedikit, tidak perlu khawatir karena berteman dengan sedikit orang tidaklah buruk. Jika kalian memaksakan diri untuk berteman dengan orang banyak hal ini justru membuat kalian kelelahan dan sia-sia.

Posting Komentar