Translate

Google AdSense: Pengertian, Cara Kerja dan Pengoptimalannya

Nirwana Tunggal - Pernahkah kamu berpikir darimana para content creator seperti Blogger atau Youtuber dapat gaji? Yup, 90% gaji mereka didapat dari Google AdSense. Pertanyaannya, apa sih yang dimaksud Google AdSense, dan bagaimana cara kerjanya? Mari kita bahas bersama.

Tentang Google AdSense


Nerd Wallet menjelaskan bahwa Google AdSense merupakan sebuah program berbasis periklanan dimana kamu bisa dapat penghasilan dari iklan baik melalui Blog, YouTube maupun situs tertentu.

Google AdSense juga diartikan sebagai bentuk advertising berbasis Cost Per Click atau CPC yang mana pendapatan akan diakumulasikan berdasarkan iklan yang dipasang dari sebuah situs, web maupun sejenisnya.

Dalam menampilkan iklan, Google AdSense dapat berupa video, gambar maupun teks. Dimana iklan ini bakal ditampilkan sesuai dengan minat dan isi konten dari situs, blog maupun YouTube tersebut.

Sejak awal kemunculannya, sudah banyak sekali pemilik website yang berlomba-lomba untuk mendaftar Google AdSense di Indonesia sebagai media penghasil uang dengan keuntungan yang menggiurkan.

Jumlah publisher AdSense pun terbukti semakin meningkat hingga mencapai sekitar 2 juta lebih. Bahkan, sampai saat ini terus bertambah setiap tahunnya dengan user yang menyebar hingga seluruh dunia.

Pada dasarnya, cara kerja Google AdSense adalah dengan memanfaatkan cache dari browser user untuk mengetahui apa yang sedang dibutuhkan. Nah, nantinya iklan yang muncul akan sesuai dengan minat atau kebutuhan user tersebut.

Misalnya, pengguna sedang mencari jasa hosting murah di mesin pencari Google. Tidak akan menunggu lama, akan muncul banyak iklan dari berbagai penyedia hosting di Indonesia yang menawarkan jasanya.

Untuk iklan yang tampil tersebut akan berubah dengan sendirinya, mengikuti cache yang tersimpan pada browser si pengguna.

Cara Kerja Google AdSense

Bagaimana cara kerja Google AdSense? Sesuai dengan penjelasan pada laman resmi Google, berikut adalah tiga cara kerja Google AdSense:

1. Menyediakan Ruang untuk Advertising

Cara kerja Google AdSense adalah dengan menyediakan ruang untuk iklan dengan menempelkan kode iklan pada sebuah situs. Meskipun iklan ini dari Google, namun kamu bisa memilih tempat dimana iklan tersebut akan diletakkan seperti di header, footer, sidebar atau artikel yang kamu buat.

Nah, iklan nantinya akan muncul sesuai dengan minat dari pengunjung situs/Youtube/Blog yang kamu kelola.

2. Iklan yang Berani Bayar Mahal Akan Sering Muncul

Dalam dunia AdSense, pengiklan biasanya akan melakukan bid pada real time supaya iklan dapat tampil pada space yang sudah kamu sediakan. Nah, agar dapat memenangkan bid, pengiklan biasanya akan menawarkan harga tinggi.

Hal tersebut umumnya mereka lakukan sebagai upaya agar iklannya dapat tampil pada situs/youtube/blog tertentu.

Nah, pada akhir sesi, pengiklan dengan harga tertinggi ini lah yang bakal tampil pada situs/blog/youtube yang kamu miliki.

3. Google AdSense Bakal Bayar Kamu

Terakhir, jika kedua proses sebelumnya sudah dipenuhi, kamu akan dapat bayaran setelah iklan yang terpasang pada situs/youtube/blog kamu mendapat respon, di klik maupun dibuka oleh pengguna. Sistem pembayaran ini biasanya akan diproses oleh Google sesuai dengan jaringan iklan yang ada pada situs kamu.

Untuk besaran fee yang bakal kamu terima ini tergantung dengan harga iklan. Semakin mahal iklan, maka akan semakin besar pula bayaran yang akan kamu dapat.

Keunggulan Google AdSense

Sebenarnya, ada banyak situs serupa dengan Google AdSense. Namun khusus untuk situs ini, ada banyak keunggulan yang mungkin tidak ada pada situs pembandingnya. Berikut keunggulannya:

1. Iklan yang Ditampilkan Tepat

Keunggulan dari Google AdSense adalah punya iklan yang memang tepat dan sesuai dengan minat dari pengunjung yang datang ke situs kamu. Contohnya jika kamu suka liburan, maka iklan yang akan ditampilkan biasanya rekomendasi hotel, promo pesawat maupun diskon hotel.

Nah, agar iklan tepat sasaran, Google AdSense bakal meninjau kualitas iklan agar benar-benar relevan ketika ditampilkan. Jika sudah demikian, maka akan berpengaruh juga dengan pendapatan yang akan kamu dapat.

2. Publisher AdSense Adalah Pemegang Kendali Iklan

Kamu, sebagai publisher merupakan pemegang kendali tentang iklan yang mau ditampilkan dalam youtube, situs, atau blog yang kamu kelola.
 
Hal ini memang merupakan kebijakan yang dibuat oleh Google AdSense sendiri, sebab kamu di sini sebagai pemberi ruang iklan.
 
Selain itu, block iklan yang tidak disukai juga bisa dilakukan. Di sini, kamu dapat menyesuaikan sendiri berdasarkan tempat dimana iklan ingin ditampilkan.
 
Bahkan, kamu juga boleh menentukan sendiri jenis iklan yang sesuai dengan situs milikmu. Intinya, silahkan atur sendiri iklan yang tampil di situs milikmu untuk dapatkan penghasilan maksimal.

3. Hanya Iklan yang Membayar Paling Tinggi yang Ditampilkan

Google AdSense menjamin para publisher untuk bisa mendapatkan pendapatan tinggi dari situs yang dikelolanya.

Mereka tidak akan membuat kamu sebagai publisher mendapatkan pendapatan yang kecil, apalagi di sini kamu adalah pemberi ruang iklan di situsmu.

Oleh sebab itu, hanya iklan dengan bayaran tinggi saja yang akan ditampilkan.

Maka, sebagai pemilik situs kamu perlu memanfaatkan jaringan terbesar pengiklan online yang menawar untuk ruang iklanmu. Memaksimalkan hasil yang mampu diperoleh dari iklan yang dibuat.

4. Mudah Digunakan

Daripada platform pengiklan online lain, Google AdSense ini terbilang paling mudah digunakan. Apalagi bagi kamu yang terbiasa menggunakan platform Google.

Untuk menjadi seorang publisher, kamu hanya perlu mendaftar ke program adSense, setelah situs disetujui kamu hanya perlu menambahkan kode iklan pada situs, dan secara otomatis iklan akan muncul di halaman situs tersebut.

5. Banyak Pilihan Iklan

Sebagai informasi, Google punya banyak rekanan pengiklan yang berpartisipasi dalam program AdSense. Artinya, kamu bisa punya banyak sekali pilihan iklan untuk dapat ditempatkan pada situs, blog, atau Youtube.

Hal tersebut dapat memudahkan kamu dalam menempatkan iklan yang relevan dengan konten situs milikmu. Dengan begitu, peluang mendapatkan ‘klik’ dapat meningkat serta bisa mampu menghasilkan banyak uang.

6. Dapat Menyesuaikan Tampilan Iklan

Selain itu, Google AdSense juga menyediakan banyak pilihan tampilan iklan mulai dari banner, teks, hingga video yang dapat ditentukan sesuai keinginan.

Artinya, kamu bisa lebih mudah menyesuaikan tampilan iklan berdasarkan desain situs yang sedang dikelola. Hal ini untuk menghindari iklan yang terlihat kurang menyatu dengan konten situs milikmu.

7. Mudah Untuk Mengikuti Hasil

Keunggulan Google AdSense lainnya adalah mereka menyediakan laporan yang bermanfaat untuk membantumu dalam memantau hasil iklan situs.

Pada laporan tersebut akan menerangkan informasi seputar berapa jumlah klik iklan, pendapatan yang dihasilkan, hingga lokasi pengunjung.

Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah memantau kinerja iklan yang dipasang pada situs milikmu sekaligus membuat keputusan terbaik demi meningkatkan pendapatan.

8. Ada Banyak Sekali Referensi Tersedia

Google AdSense ini termasuk program periklanan yang sangat populer. Besar kemungkinan, popularitasnya tersebut disebabkan karena banyaknya dokumentasi yang terbilang sangat lengkap.

Buktinya, kamu bisa menemukan banyak sekali referensi dan berbagai tips maupun trik tentang AdSense di internet. Banyaknya dokumentasi maupun sumber informasi tersebut nyatanya akan sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin mencoba program AdSense.

Misalnya jika terjadi masalah, tinggal lakukan pencarian di Google search. Beberapa referensi tentang Google AdSense sudah siap membantu keluhan para pengguna platform pengiklan online tersebut.

9. Multi Platform

Kamu mungkin tidak hanya mengelola situs atau blog saja, namun juga Youtube dan lainnya. Maka, bergabung dengan Google AdSense adalah pilihan terbaik. Pasalnya, AdSense termasuk pengiklan online multi platform.

Artinya, kamu bisa menautkan blog, website, situs, youtube dan lainnya ke akun AdSense sekaligus. Dengan begitu, tingkat pendapatanpun bisa dimaksimalkan.

10. Pengiklan yang Aman

Sebagai seorang publisher, kamu mungkin masih khawatir tentang keamanan iklan yang akan ditautkan pada situs. Namun, google AdSense selalu memastikan jika materi iklan dari pengiklan adalah aman.

Hal tersebut untuk menghindari kemungkinan adanya jenis iklan yang menyinggung atau membahayakan situs yang sedang kamu kelola.

11. Tidak Ada Pihak Ketiga yang Ikut Ambil Bagian

Google AdSense kebetulan bekerja sendiri, tidak ada pihak ketiga yang mengambil bagian agar mendapatkan keuntungan.

Ini artinya, keuntungan yang didapatkan oleh publisher dapat dimaksimalkan karena tidak harus berbagi dengan yang lain.

Bahkan, tidak ada minimum traffic yang diharuskan untuk dicapai oleh publisher. Berapapun jumlah penghasilan akan dibayarkan seluruhnya.

12. Nilai Per Klik Sangat Besar

Penghasilan yang didapatkan oleh publisher dari Google AdSense ditentukan oleh CPC atau cost per klik.

Menariknya, nilai per klik yang diberikan google Adsense terbilang paling besar jika dibandingkan dengan platform pengiklan online lainnya.

Bisa dibayangkan, berapa keuntungan yang diperoleh ketika kamu berhasil menjadi bagian dari salah satu publisher di Google AdSense tersebut.

Syarat Bergabung Google AdSense

Melihat keunggulan dari Google AdSense, kamu mungkin cukup tergiur ingin bergabung dengan mereka. Informasi seputar apa saja syarat untuk bisa gabung google AdSense adalah sebagai berikut:

1. Konten Orisinil

Pertama dan termasuk paling penting adalah kamu perlu memiliki konten yang asli dan berkualitas. Selain itu, pastikan juga konten tersebut telah mematuhi kebijakan dari Google AdSense.

Misalnya, kamu sedang mengelola blog atau seorang blogger, maka konten di dalamnya harus murni buatan sendiri. Begitu juga jika kamu adalah youtuber, konten videonya haruslah yang orisinil, bukan hasil mengambil karya orang lain.

2. Usia Situs

Apakah kamu masih baru mengembangkan situs? Nah, untuk mendaftar google AdSense ini ada ketentuan usia situs sendiri lho.

Khususnya untuk beberapa wilayah di Asia, usia situs yang mau didaftarkan Google AdSense minimal sudah 6 bulan.

Ingat-ingat dulu, sudah berapa lama kamu membangun situs yang sedang dikelola saat ini. Kalau sudah lewat 6 bulan, baru boleh daftar google AdSense. 

Namun, saat kamu sudah menggunakan domain TLD, kamu bisa langsung mencoba mendaftarkannya, meskipun kemungkinan ditolaknya masih sangat besar.

3. Usia Pendaftar

Bukan hanya usia situs saja, umur kamu sebagai pengelola situs juga dibatasi. Untuk bisa daftar bergabung dengan Google AdSense minimal kamu sudah berumur 18 tahun ke atas.

Masih belum mencapai itu? Tunggu dulu saja, supaya proses pendaftaran berjalan lancar dan tanpa hambatan.

4. Tidak Terikat Pada Program Google Sebelumnya

Apakah sebelumnya kamu sudah pernah daftar program Adsense? Lalu tiba-tiba ke ban atau dikeluarkan dari program tersebut?

Kalau itu kondisinya, kemungkinan besar pengajuan pendaftaranmu akan ditolak atau tak diterima kembali.

5. Kebijakan Konten

Perhatikan kembali isi konten yang kamu buat, pastikan tidak ada unsur yang melanggar konten AdSense. Contohnya seperti konten mengandung kebencian, pornografi, diskriminasi, atau lainnya.

Kamu juga tidak diperkenankan untuk membuat konten berbau menyesatkan serta mempromosikan aktivitas illegal.

6. Verifikasi Alamat

Nantinya, jika kamu sudah berhasil bergabung menjadi bagian dari publisher Google AdSense pasti akan menerima bayaran bukan?

Sebelum menerima fee, google AdSense akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat yang telah didaftarkan di awal. Tujuannya adalah supaya memastikan identitas dan lokasinya sudah benar-benar sesuai. 

Kode Verifikasi yang terselip di amplop putih tersebut oleh banyak orang dikenal dengan nama "Surat Cinta dari Google".

7. Satu Akun Untuk Satu Orang

Syarat lain untuk gabung google AdSense adalah pastikan kamu punya satu akun untuk satu orang saja.

Bagaimana jika kamu punya beberapa situs? Silahkan ditambahkan ke akun yang sudah ada saja.

8. Memiliki Pengunjung Aktif

Periksa ulang situs yang sedang kamu kelola dan akan didaftarkan google AdSense. Pastikan ada banyak pengunjung yang mampir ke situs tersebut.

Pasalnya, hal tersebut dapat meningkatkan kesempatan untuk diterima menjadi bagian Google AdSense.

Supaya lebih aman, sebelum mendaftar ada baiknya baca baik-baik semua kebijakan google AdSense dan pastikan situsmu mematuhi segala persyaratan yang ditetapkan.

Strategi Memaksimalkan Hasil Google AdSense

Setelah berhasil diterima menjadi salah satu publisher google AdSense, maka langkah berikutnya kamu perlu berpikir bagaimana cara untuk memaksimalkan pendapatan dari sana. Mudah saja kok, tinggal ikuti saja beberapa strategi di bawah ini:

1. Buat Konten Berkualitas

Bukan hanya sebagai syarat daftar saja, konten yang berkualitas dan orisinil juga bisa membantu kamu untuk memaksimalkan pendapatan dari Google AdSense lho.

Mudahnya adalah semakin berkualitas konten yang dibuat, maka pengunjung yang datang pun makin banyak. Otomatis, besar pula kesempatan mereka untuk melakukan klik iklan.

2. Desain Situs yang Responsif

Tidak kalah penting adalah membuat para pengunjung mudah dalam mengakses situs yang kamu buat.

Pastikan situs dapat dibuka dari banyak perangkat, mulai dari PC, tablet, maupun smartphone. Percayalah, iklan yang dapat ditampilkan dengan baik pada semua perangkat, bisa memperbesar peluang mendapatkan klik.

3. Penempatan Iklan yang Tepat

Usahakan menempatkan iklan di tempat yang strategis namun tetap tidak akan mengganggu pengunjung situs.

Kamu bisa menempatkan iklan di atas lipatan (area yang terlihat tanpa perlu discroll), pada sidebar, atau tengah artikel sangat direkomendasikan.

4. Ukuran dan Format Iklan yang Tepat

Sering-sering lakukan eksperimen ukuran iklan yang berbeda-beda dan lihat bagaimana dampaknya.

Namun, ukuran iklan 300x250, 336x280, serta 728x90 dikenal dapat memberikan kinerja terbaik.

Selain itu, kamu bisa menggunakan format iklan dalam bentuk teks atau gambar.

5. Pastikan Membuat Halaman Dengan Bounce Rate Rendah

Bounce Rate merupakan persentase pengunjung yang hanya bisa melihat satu halaman sebelum meninggalkan suatu situs.

Untuk memaksimalkan pendapatan Google AdSense, fokuslah pada halaman yang memiliki tingkat bounce rendah. Pasalnya, hal tersebut bisa berarti pengunjung lebih terlibat bahkan peluang klik iklan jauh lebih tinggi.

6. Optimasi SEO

Cara lain untuk memaksimalkan pendapatan Adsense adalah lakukan optimasi Seo dengan tujuan agar situs dapat lebih mudah ditemukan di mesin pencari.

Pengunjung yang berasal dari mesin pencari dipercaya lebih relevan dan lebih memungkinkan untuk berinteraksi dengan iklan AdSense.

7. Menggunakan Blok Iklan yang Tepat

Salah satu keunggulan AdSense adalah memungkinkan kamu sebagai publisher untuk bisa memblokir iklan dari kategori tertentu.

Jadi, jika merasa ada iklan yang tak relevan dengan audience, blok saja iklan tersebut untuk meningkatkan peluang klik.

8. Hindari Pelanggaran

Penting juga untuk selalu memastikan telah mematuhi kebijakan dari Google AdSense.

Misalnya, jangan pernah klik iklan mu sendiri atau meminta orang lain melakukannya, karena dapat menyebabkan akun AdSense milikmu di banned.

Itu dia tadi penjelasan lengkap seputar Google AdSense. Sebagai pemula, kamu dapat menggunakan informasi di atas sebagai referensi.

Posting Komentar