Translate

Asuransi Jiwa Syariah, Bentuk Perlindungan Sesuai Kaidah Islam

Asuransi Jiwa Syariah

Nirwana Tunggal
- Berencana menggunakan produk Asuransi Jiwa namun takut terkena riba? Jika iya, mungkin sudah saatnya Anda menggunakan asuransi jiwa syariah. Sesuai dengan namanya, produk perlindungan ini mengedepankan kaidah Islam dalam semua transaksinya. 

Artikel ini akan membahas terkait asuransi jiwa syariah secara keseluruhan mulai dari pengertian, manfaat hingga contoh produknya. Untuk pembuka, mari kita cari tahu apa pengertian dari asuransi jiwa syariah.

Apa Itu Asuransi Jiwa Syariah?

Asuransi jiwa syariah adalah produk perlindungan jiwa yang mengedepankan prinsip-prinsip syariah. Dimana prinsip ini meliputi tolong menolong, saling melindungi antar sesama anggota melalui dana tabarru'. Dana Tabarru' sendiri merupakan dana kontribusi dari para peserta asuransi untuk membantu anggota lain yang terkena musibah. 

Menggunakan prinsip-prinsip Islami, asuransi Jiwa Syariah memberikan manfaat perlindungan jiwa baik individu maupun ke seluruh keluarga. Untuk memberikan rasa aman kepada semua nasabah, produk-produk asuransi jiwa syariah diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah MUI (DPS-MUI). 

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa Syariah 

Tak jauh beda dengan asuransi pada umumnya, asuransi jiwa syariah juga terbagi dalam beberapa macam meliputi:

  1. Asuransi Jiwa Syariah Berjangka (Term Life Insurance)

Ini merupakan jenis asuransi jiwa syariah dengan manfaat berupa uang pertanggungan kepada tertanggung yang telah meninggal dunia namun masih berada di masa perlindungan. Karena merupakan asuransi berjangka, periode proteksi dari asuransi ini mulai dari satu tahun, lima tahun hingga sepuluh tahun. Namun ada juga perusahaan yang mematok periode proteksi sesuai dengan kesepakatan antar nasabah.

  1. Asuransi Jiwa Syariah Seumur Hidup (Whole Life Insurance)

Berbeda dengan sebelumnya, jenis asuransi jiwa ini bakal memberikan manfaat berupa uang pertanggungan selama seumur hidup. Dimana proteksi yang diberikan oleh asuransi ini bisa mencapai hingga usia 100 tahun. Anda sebagai pemegang polis juga berhak mendapatkan manfaat lain yaitu nilai tunai dengan jumlah yang cukup besar.

  1. Asuransi Jiwa Syariah Dwiguna (Endowment)

Ketiga ada asuransi jiwa syariah dwiguna yang merupakan bentuk penggabungan antara manfaat proteksi asuransi jiwa dengan tabungan berjangka. Dimana jika tidak ada pengajuan klaim asuransi, maka pemegang polis berhak mendapatkan nilai tunai. Lalu jika tertanggung meninggal dunia maka akan tetap mendapatkan hak uang pertanggungan yang diserahkan kepada ahli waris.

  1. Asuransi Jiwa Syariah Unit Link

Asuransi jiwa syariah unit link adalah gabungan dari manfaat asuransi jiwa dengan investasi berbasis syariah. Dengan menggunakan asuransi ini, Anda berhak atas manfaat investasi dengan jangka waktu tertentu. Untuk Anda yang ingin mendapatkan manfaat lebih dari sekedar asuransi, memilih asuransi jiwa syariah unit link adalah langkah paling tepat.

Manfaat Asuransi Jiwa Syariah yang Perlu Diketahui Calon Nasabah

Unggul karena menggunakan syariat Islam dan bebas riba, berikut beberapa manfaat asuransi jiwa syariah yang perlu Anda tahu:

  1. Biaya Premi Lebih Murah 

Ketimbang asuransi konvensional, biaya premi asuransi jiwa syariah jauh lebih terjangkau bahkan sangat murah. Namun meskipun murah, manfaat dari semua produk yang ditawarkan tidak main-main. Bahkan asuransi jiwa syariah juga sudah dijamin keamanannya karena diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah. 

  1. Bebas Riba

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, asuransi jiwa syariah berpegang pada syariat Islam sehingga tidak ada riba di dalamnya. Dana yang dikumpulkan oleh anggota asuransi dikelola dengan prinsip tabarru' atau tolong-menolong. 

Nantinya, dana yang dikumpulkan ini akan digunakan untuk membantu saudara sesama anggota yang tengah mengalami musibah. Selain itu, dana tersebut juga akan disalurkan ke dalam beberapa instrumen asuransi berbasis syariah.

  1. Jangka Waktu yang Fleksibel

Salah satu keuntungan dari memilih asuransi jiwa syariah adalah jangka waktu perlindungan yang fleksibel. Peserta bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan selama mengikuti program asuransi.

Dengan asuransi jiwa syariah Anda bisa memilih jangka perlindungan mulai dari 10 hingga 15 tahun. Selain memilih jangka waktu yang fleksibel, Anda juga berhak atas pengembalian kontribusi ketika jatuh tempo polis telah berakhir.

  1. Transparan Dalam Pengelolaan Data

Menyangkut dana para nasabah, pengelolaan dana dalam asuransi jiwa syariah dibuat sangat transparan. Anda sebagai nasabah berhak diberi penjelasan sedetail mungkin terkait produk asuransi yang akan dipilih. Semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan dana asuransi ini tidak boleh ada yang merasa dicurangi maupun dirugikan.

  1. Nominal Santunan Dalam Perlindungan Jiwa Sangat Besar

Terakhir, asuransi jiwa syariah memiliki manfaat berupa nilai santunan yang terbilang cukup besar karena berasal dari dana tabarru'. Selain itu, asuransi jiwa syariah juga menggunakan konsep wadi'ah atau titipan. Dimana semua uang yang dibayarkan sebagai premi akan tetap menjadi milik nasabah dan perusahaan hanya sebagai pengelola dana.

Produk Asuransi Jiwa Syariah Terbaik di Indonesia

Mulai tertarik menggunakan asuransi jiwa syariah namun belum menemukan produk yang tepat? Tenang, di bawah ini ada produk-produk asuransi jiwa syariah yang hadir dengan manfaat dan keunggulan masing-masing:

  1. Asuransi Jiwa Allianz Syariah

Allianz Syariah merupakan unit asuransi jiwa syariah milik perusahaan Allianz. Sudah diperkenalkan secara resmi sejak tahun 2006, Allianz Syariah hadir dengan tiga produk unggulan yaitu Allisya Protection Plus, Allisya Maxi Fund Plus, dan Allianz Tasbih. Berikut penjelasan dari masing-masing produknya:

Allisya Protection Plus merupakan produk asuransi yang memberikan manfaat berupa santunan jiwa 100% kepada nasabahnya. Selain itu, Allisya Protection Plus juga memberikan manfaat lain yaitu plus asuransi secara bersamaan.

Sementara untuk Allisya Maxi Fund Plus adalah produk asuransi jiwa syariah milik Allianz yang memberikan manfaat berupa santunan meninggal dunia hingga 350% dari premi yang dibayarkan.

Sedangkan Allianz Tasbih adalah produk ketiga dari Allianz dengan manfaat memberikan jaminan hingga 200% kepada jamaah haji atau yang dinyatakan meninggal saat di Mekkah maupun Madinah. 

  1. PRUlink Syariah Assurance Account (PAA Syariah)

Kedua ada PRUlink Syariah Assurance Account yang merupakan produk asuransi milik Prudential. Keunggulan dari produk ini adalah memberikan manfaat asuransi jiwa plus investasi yang berdasar kepada prinsip-prinsip syariah. 

Produk ini juga menerapkan sistem pembayaran yang fleksibel dimana Anda sebagai pemegang polis dapat dengan mudah mengubah cara pembayaran, jumlah pertanggungan dan kontribusi sesuai dengan kebutuhan.

Tak hanya itu saja, si pemegang polis asuransi jiwa dari PRUlink Syariah Assurance Account juga dapat menambahkan berbagai jenis asuransi tambahan kecelakaan, rawat inap hingga kondisi kritis. Bahkan dengan produk asuransi ini, Anda juga dapat memilih satu maupun kombinasi dari tiga dana investasi yang disediakan.

  1. Asuransi Jiwa Syariah Panin

Ingin mencari produk asuransi yang memberikan manfaat jaminan untuk semua anggota keluarga? Multilinked Assurance Syariah jawabannya. Ini merupakan produk asuransi miIik Bank Panin yang menjanjikan manfaat berupa perlindungan jiwa kepada lima anggota keluarga dalam satu polis. Dimana setiap pemegang polis bakal mendapatkan manfaat berupa:

  • Perlindungan hingga berusia 99 tahun
  • Investasi dana yang berbasis syariah
  • Mendapatkan berbagai macam jenis asuransi tambahan
  • Berkesempatan mendapatkan surplus underwriting
  1. Asuransi Generali Syariah

Generali Syariah adalah produk asuransi terbaik dan paling lengkap yang bisa menjawab berbagai macam kebutuhan Anda. Selain perlindungan jiwa, Anda bisa memilih bentuk perlindungan lain seperti kesehatan, wakaf hingga penyakit kritis. Generali Syariah menawarkan dua produk unggulan yaitu iPLAN Syariah dan iSALAAM dimana pembayaran premi bisa disesuaikan dengan pendapatan Anda sebagai peserta asuransi.

  1. AIA Sakinah Assurance

Kelima ada AIA Sakinah Assurance yang merupakan produk asuransi jiwa plus investasi. Menggunakan prinsip syariah, Anda sebagai peserta asuransi bakal mendapatkan manfaat berupa tenang, tentram, optimal, dan bahagia.

Tenang disini diartikan bahwa semua pengelolaan dari asuransi yang Anda ikuti sudah sesuai dengan prinsip syariah yakni saling melindungi, tolong menolong, dan bersedia menanggung risiko antar sesama anggota asuransi syariah.

Tentram diartikan bahwa asuransi ini tidak hanya memberikan perlindungan jiwa namun juga kecelakaan dan perlindungan tambahan lainnya. Sedangkan Optimal diartikan bahwa semua perencanaan keuangan telah dibuat secara maksimal lewat beragam jenis investasi syariah.

Manfaat terakhir adalah Bahagia yang artinya semua peserta asuransi berhak mendapatkan manfaat jaminan polis tetap, loyalitas, dan surplus underwriting. Dimana jaminan polis tetap akan berlaku dalam tujuh tahun dari polis pertama.

  1. Asuransi Sinarmas

Selain hadir dalam konvensional, Sinarmas juga meluncurkan produk asuransi jiwa syariah. Produk yang ditawarkan juga lumayan lengkap mulai dari: 

  • Sinarmas Power Save Syariah

Ini adalah produk asuransi jiwa yang memberikan manfaat berupa jaminan atas risiko kecelakaan. Tak hanya itu, Sinarmas Power Save Syariah juga menawarkan manfaat investasi syariah untuk semua pesertanya.

  • SMiLe Multi Invest Syariah

Kedua ada SMiLe Multi Invest Syariah yang bakal memberikan manfaat unit link hingga mencapai 400%. Dimana manfaat ini didapat dari yang kontribusi tahunan yang telah dibayarkan oleh nasabah.

  • SMiLe PA Syariah

SmiLe PA Syariah adalah produk asuransi jiwa syariah yang memberi manfaat berupa santunan 100% dari risiko cacat total karena kecelakaan ataupun meninggal dunia. 

  • SMiLe Kid Insurance Syariah

Terakhir SmiLe Kid Insurance yang merupakan produk asuransi pendidikan dengan manfaat memberikan perlindungan secara bertahap hingga anak dari tertanggung berusia 22 tahun.

  1. Asuransi Syariah Jasa Mitra Abadi (JMA)

Terakhir ada Asuransi Jasa Mitra Abadi yang merupakan solusi dalam perencanaan finansial Anda. Tidak hanya memberikan perlindungan dan juga asuransi, produk yang ditawarkan juga memiliki manfaat sebagai sambungan silaturahmi antar nasabah. Berikut beberapa produk yang ditawarkan oleh JMA Syariah:

  • JMA ILMA
  • JMA MUMTAZA
  • JMA ASYIFA
  • JMA SALAMA
  • JMA AGHNIA

Tips Memilih Asuransi Jiwa Syariah Terbaik

Selain memperhatikan terkait premi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih produk asuransi jiwa terbaik. Berikut beberapa diantaranya:
  1. Kontribusi Dari Premi yang Akan Dipilih

Kontribusi premi adalah hal paling penting untuk Anda perhatikan sebelum memilih produk asuransi jiwa syariah. Agar tidak salah pilih, sebaiknya pilih jenis asuransi jiwa yang tidak ada unsur investasi di dalamnya. Karena selain murah, semua kontribusi dari premi yang dibayarkan hanya akan diprioritaskan untuk perlindungan saja.

  1. Pilih Uang Pertanggungan yang Tinggi

Jika Anda ingin memberikan perlindungan selepas tertanggung meninggal dunia, maka bisa pilih uang tertanggung yang tinggi dan bisa mengcover semua keluarga setidaknya dalam satu tahun kedepan. 

Sedangkan jika tujuan Anda adalah untuk mengcover dana pendidikan anak, maka pilih uang pertanggungan yang memang bisa menutup biaya pendidikan hingga anak lulus perguruan tinggi. 

  1. Sudah Terdaftar Dalam Asosiasi Asuransi Jiwa Syariah Indonesia

Untuk menjamin keamanan dana Anda, pilih produk asuransi yang telah terdaftar dalam Asosiasi asuransi jiwa syariah Indonesia (AAJI). Perusahaan yang sudah terdaftar dalam AAJI dijamin memiliki kredibilitas baik karena sudah mengantongi izin resmi.

Sekian penjelasan terkait asuransi jiwa syariah mulai dari pengertian, jenis hingga contoh produknya. Dengan adanya artikel ini, semoga bisa membuka wawasan Anda dalam dunia asuransi khususnya asuransi jiwa syariah. Jangan lupa share artikel ini agar semakin banyak orang yang teredukasi tentang pentingnya menggunakan produk asuransi.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar