Translate

Mengenal Produk dan Rekomendasi Asuransi Melahirkan Terbaik

Get to know Maternity Insurance Products and Recommendations

Nirwana Tunggal
- Saat ini, masyarakat sebatas mengenal produk asuransi kesehatan dan jiwa saja. Padahal, ada lebih banyak produk asuransi yang perusahaan tawarkan untuk berbagai proteksi. Salah satunya, asuransi melahirkan atau kehamilan.

Apakah yang dimaksud asuransi melahirkan? Bagaimana manfaat, biaya premi, hingga cara pengajuan klaim produk asuransi tersebut? Semuanya, akan kami rangkum dalam artikel ini. Yuk, simak!

Pengertian Asuransi Melahirkan

Asuransi melahirkan atau kehamilan merupakan salah satu produk asuransi kesehatan yang menanggung biaya dari masa kehamilan hingga persalinan. Bentuk proteksi ini sangat bermanfaat untuk mengurangi beban biaya.

Mulai dari biaya pemeriksaan kehamilan, biaya medis saat persalinan, hingga tindakan medis karena keguguran. Berbagai perusahaan yang menawarkan produk asuransi ini yaitu Mandiri Inhealth, Cigna, dan Allianz.

Berbeda dengan produk asuransi pada umumnya, asuransi melahirkan terdapat istilah masa tunggu. Biasanya, lama masa tunggunya 12 bulan. Bagaimana maksudnya?

Artinya, apabila nasabah membeli produk asuransi ini pada bulan Juli 2022, maka harus menunggu selama 12 bulan dulu untuk bisa menggunakan manfaat pertanggungan melahirkan atau pada bulan Juli 2023.
 
Lalu, adakah asuransi melahirkan tanpa masa tunggu? Sebenarnya, ada juga perusahaan yang menawarkan produk asuransi melahirkan tanpa masa tunggu. Namun, hanya perusahaan tertentu, seperti Prudential dengan produknya bernama PRUMy Child.

Manfaat Asuransi Melahirkan dan Kehamilan

Manfaat asuransi melahirkan mencakup berbagai pertanggungan biaya perawatan medis. Mulai dari biaya perawatan selama masa kehamilan, persalinan, hingga pasca persalinan. Lebih jelasnya, berikut manfaat asuransi ini secara umum.

Selama kehamilan, manfaat yang akan Anda peroleh antara lain:

  • Risiko komplikasi janin atau calon bayi
  • Risiko komplikasi pada Ibu

Selama masa melahirkan, manfaat yang akan Anda peroleh antara lain:

  • Biaya melahirkan normal
  • Biaya melahirkan dengan alat khusus tanpa melalui pembedahan
  • Biaya pembedahan caesar

Sementara, selama masa persalinan, manfaat yang akan Anda peroleh antara lain:

  • Perawatan di inkubator atau ICU
  • Santunan atas kelainan bawaan, serta
  • Santunan meninggal dunia pada anak atau Ibu.

Jenis-jenis Asuransi Melahirkan

Nah, bagi calon nasabah yang hendak membeli produk asuransi melahirkan, ada beberapa pilihan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, antara lain:

  1. Asuransi Jiwa - Melahirkan

Pertama, ada produk asuransi jiwa-melahirkan yang akan memberikan santunan atau uang pertanggungan (UP), apabila terjadi risiko komplikasi selama persalinan. Misalnya, adanya cacat hingga bayi meninggal dunia.

  1. BPJS Kesehatan, Kebidanan, dan Neonatal

Selanjutnya, ada produk BPJS Kesehatan, Kebidanan, dan Neonatal. Produk asuransi milik negara ini, akan memberikan manfaat pertanggungan bagi Ibu hamil, berupa:

  • Biaya pemeriksaan masa kehamilan, termasuk periksa USG oleh bidan atau dokter
  • Biaya pemeriksaan selama masa nifas dan pasca melahirkan (postnatal care)
  • Layanan persalinan normal maupun operasi caesar
  • Proteksi kesehatan Ibu hamil dan bayi keseluruhan.
  1. Asuransi Kesehatan Swasta

Terakhir, ada produk asuransi kesehatan swasta yang memberikan manfaat pertanggungan bagi Ibu hamil. Diantaranya, mencakup biaya persalinan normal atau caesar, biaya keguguran, biaya NICU, serta biaya pemeriksaan untuk mencegah risiko komplikasi.

Dana Melahirkan, Lebih Baik Menabung atau Asuransi?

Banyak orang mempertimbangkan untuk menabung daripada asuransi untuk biaya kehamilan hingga persalinan. Namun, bagaimanakah pertimbangan yang benar? Jawabannya, tergantung pada kebutuhan dan kemampuan finansial calon nasabah.

Asuransi melahirkan sangat cocok bagi nasabah yang telah merencanakan kehamilan sejak jauh-jauh hari. Pasalnya, asuransi ini membutuhkan masa tunggu selama 9 hingga 12 bulan belum bisa mendapatkan manfaatnya, termasuk memperoleh uang pertanggungan (UP).
 
Namun, tidak sekedar mendapatkan UP. Pastikan, UP tersebut cukup untuk membiayai masa kehamilan hingga persalinan Anda. Apabila jumlahnya terlalu kecil, maka sebaiknya pilih menabung.
 
Contohnya, Uang Pertanggungan asuransi kesehatan melahirkan dari Manulife dengan produk asuransi MiUltimate Healthcare, akan memberikan biaya pertanggungan hingga Rp 25 juta. Artinya, biaya tersebut mampu mengcover biaya persalinan, baik secara normal maupun caesar.

Berapa Besarnya Premi Melahirkan

Biasanya, besaran premi sering menjadi pertanyaan yang calon nasabah ajukan. Terkait hal ini, maka besaran premi melahirkan berbeda-beda tergantung polisnya. Pasalnya, masing-masing polis menawarkan plafon atau limit dan profil nasabah.

Misalnya, premi asuransi melahirkan dari Manulife sekitar Rp 1 juta sampai Rp 3 jutaan setiap bulan. Nah, dengan besaran premi tersebut, nasabah akan mendapatkan Uang Pertanggungan mencapai Rp 30 juta.

Berikutnya, terkait frekuensi pembayaran premi. Biasanya, frekuensi pembayaran asuransi kesehatan menyesuaikan kesepakatan polis. Ada yang per bulan, ada juga yang per tahun. Sementara, metode pembayarannya pun bisa secara transfer bank, autodebit, virtual account, supermarket, dan sebagainya.

Tips Memilih Asuransi Melahirkan dengan Premi Murah

Tips utama saat mencari asuransi kehamilan dan melahirkan adalah pilih sesuai kebutuhan. Misalnya, Anda tidak berencana melakukan perjalanan ke luar negeri saat hamil, maka tidak perlu mencari polis yang menanggung hingga jangkauan Internasional.

Pasalnya, semakin lengkap dan manfaatnya, maka semakin besar biaya preminya. Selain itu, pastikan bahwa polis tersebut sebanding dengan biaya melahirkan di rumah sakit saat ini.

Di Indonesia, rata-rata biaya melahirkan yaitu sekitar Rp 5 juta sampai dengan Rp 17 juta untuk persalinan normal. Sementara, untuk persalinan caesar terbaru, membutuhkan biaya sekitar Rp 3 juta sampai Rp 37 juta.

Berikutnya, untuk kondisi kelahiran yang rumit atau abnormal, estimasi biayanya sekitar Rp 100 jutaan. Berikut ini biaya-biaya tak terduga selama masa kehamilan hingga persalinan:

  • Placental abruption
  • Diabetes gestational, dan
  • Operasi persalinan kompleks

Cara Klaim Asuransi Melahirkan

Selain biaya premi, cara klaim asuransi juga tidak kalah penting Anda ketahui. Nah, untuk cara klaim asuransi melahirkan ini tidak jauh berbeda dengan cara klaim asuransi kesehatan pada umumnya.

Apabila Anda memilih metode klaim reimbursement, maka yang harus Anda siapkan antara lain:

  • Dokumen pendukung
  • Mengisi formulir klaim
  • Mengirim dokumen ke perusahaan atau agen asuransi
  • Tunggu hasil pengajuan klaim, apakah diterima atau ditolak.
  • Apabila diterima, maka proses pencairan klaim membutuhkan waktu selama 7 hingga 14 hari kerja (sesuai kebijakan perusahaan asuransi).

Sementara, apabila Anda memilih metode klaim cashless, maka beberapa hal yang perlu Anda siapkan, antara lain:

  • Kartu peserta asuransi 
  • KTP untuk ditunjukkan ke administrasi rumah sakit rekanan perusahaan asuransi
  • Tagihan klaim nasabah akan langsung diproses.

Kriteria Asuransi Melahirkan yang Bagus

Ada banyak pilihan asuransi melahirkan yang bisa Anda pilih dengan manfaat dan besaran premi beragam. Namun, calon nasabah harus lebih cerdas dalam menentukan produk asuransi melahirkan terbaik.

Berikut ini adalah beberapa kriteria yang akan membantu Anda dalam memilih asuransi melahirkan yang bagus dan menguntungkan.

  • Tersedia pilihan cara klaim cashless dan reimbursement
  • Menanggung biaya rawat jalan sebelum dan sesudah persalinan
  • Plafon asuransi sebanding dengan biaya persalinan
  • Jaringan rumah sakit rekanan luas
  • Memiliki reputasi baik dan kondisi keuangan yang sehat

Perusahaan Asuransi Melahirkan Terbaik

Setelah memahami berbagai informasi penting terkait asuransi melahirkan, berikut ini kami sampaikan beberapa perusahaan asuransi melahirkan terbaik yang perlu Anda pertimbangkan.

  1. Perusahaan Asuransi Melahirkan BCA

Pertama, perusahaan asuransi BCA Life. Produk asuransi melahirkan dari BCA Life terdapat pada asuransi kesehatan karyawan BCA Life Health Protection. Produk tersebut akan memberikan manfaat biaya melahirkan atau persalinan, biaya kontrol, serta cek kehamilan.

Selengkapnya, berikut sejumlah manfaat yang polis asuransi ini tawarkan.

  • Biaya pertanggungan melahirkan tanpa operasi, baik di rumah maupun di rumah sakit
  • Biaya pertanggungan melahirkan dengan metode operasi caesar
  • Pertanggungan perawatan karena keguguran kandungan dengan indikasi medis
  • Biaya kontrol atau cek kehamilan, serta
  • Biaya pertanggungan setelah persalinan.
  1. Perusahaan Asuransi Melahirkan AXA Mandiri

Selanjutnya, ada produk asuransi melahirkan dari perusahaan AXA Mandiri. Namun, polis asuransi melahirkan yang tersedia hanya sebagai manfaat tambahan (rider) dari Asuransi Kesehatan Karyawan International Executive.

Manfaat lain asuransi melahirkan ini yaitu menanggung biaya perawatan inap dan rawat jalan di rumah sakit dalam maupun luar negeri. Polis ini sudah memiliki lebih dari 3.000 rumah sakit rekanan. Jadi, nasabah tidak perlu khawatir akan melakukan persalinan dimana.

  1. Perusahaan Asuransi Melahirkan Allianz

Ketiga, ada asuransi melahirkan dari perusahaan Allianz dengan produknya bernama SmartHealth Maxi Violet. Produk ini memiliki fungsi utama sebagai asuransi kesehatan Allianz. Namun, ada juga pilihan manfaat tambahan (rider) untuk asuransi kehamilan dan melahirkan.

Kelebihan SmartHealth Maxi Violet yaitu memberikan perlindungan lengkap terhadap Ibu melahirkan. Mulai dari proses melahirkan (persalinan) normal, pembedahan, biaya pra dan pasca melahirkan, serta keguguran.

Namun, untuk bisa mendapatkan manfaat asuransi ini, nasabah harus menunggu selama sembilan bulan. Artinya, klaim baru bisa diajukan setelah sembilan bulan atau polis aktif. 

Manfaat lain dari asuransi kehamilan Allianz, antara lain:

  • Biaya pertanggungan melahirkan normal atau caesar
  • Biaya pertanggungan keguguran
  • Pertanggungan biaya pra dan pasca melahirkan
  • Pengembalian premi 20% apabila tidak ada klaim.
  1. Asuransi Melahirkan Sinarmas

Berikutnya yaitu asuransi melahirkan dari Sinarmas. Hanya saja produk asuransi ini menjadi satu dengan jaminan kesehatan bagi karyawan bernama Simas Sehat Corporate. Artinya, manfaat jaminan melahirkan sudah tercakup dalam produk asuransi ini bersama dengan jaminan lainnya yaitu:

  • Jaminan rawat inap
  • Jaminan rawat jalan
  • Jaminan rawat gigi, serta
  • Biaya pertanggungan kacamata.
  1. Asuransi melahirkan BRI

Seperti halnya Simas Sehat Corporate, asuransi melahirkan dari BRI sudah tercakup dalam produk asuransi kesehatan BRI Life. Nasabah bisa mendapatkan manfaat ini dan mengajukan klaim secara reimbursement maupun cashless.

  1. BPJS Kesehatan

Diantara produk asuransi melahirkan di atas, BPJS Kesehatan adalah pilihan asuransi kehamilan dan melahirkan yang paling terjangkau. Pasalnya, dengan premi murah, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat pemeriksaan kesehatan, perlindungan biaya persalinan normal, hingga persalinan berisiko.

Bahkan, asuransi kesehatan pemerintah ini akan memberikan pelayanan postnatal care hingga tiga kali pemeriksaan. Hanya saja, polis ini tidak bisa mengcover kelainan pada bayi. Oleh karena itu, Anda harus segera mendaftarkan si kecil, untuk bisa mendapatkan manfaat BPJS.

Pendaftaran bayi tidak harus setelah lahir, namun juga bisa sejak di dalam kandungan yang dibuktikan dengan pemeriksaan dokter bahwa sudah ada bukti denyut jantung si bayi. Berbagai manfaat lain yang akan nasabah peroleh, antara lain:

  • Pertanggungan biaya pemeriksaan USG
  • Pertanggungan biaya melahirkan normal atau caesar, serta 
  • Biaya postnatal care maksimal 3 kali.
  1. Asuransi Melahirkan Prudential

Terakhir yaitu asuransi melahirkan dari perusahaan Prudential. Produk ini tidak hadir sebagai manfaat tambahan, melainkan stand alone atau berdiri sendiri dengan nama PRUMy Child. Artinya, Anda bisa mendapatkan produk ini tanpa harus beli polis dasar terlebih dulu.

Keunggulan PRUMy Child yaitu memberikan manfaat asuransi melahirkan tanpa masa tunggu. Jadi, polis bisa langsung aktif dan bisa menerima pengajuan klaim. Manfaat yang produk ini berikan antara lain:

  • Pertanggungan risiko janin dan Ibu meninggal
  • Santunan jika anak meninggal atau cacat total tetap
  • Manfaat asuransi kesehatan bisa diperpanjang hingga anak berusia 99 tahun.

Nah, itulah informasi terkait asuransi melahirkan dan kehamilan. Bagi Anda yang tertarik untuk membelinya, pastikan pilih perusahaan terbaik dengan premi yang sebanding dengan plafon ya!

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar