Translate

Asuransi Rawat Jalan: Pengertian, Jenis, dan Tips Memilihnya

Outpatient Insurance: Definition, Types, Tips for Choosing It, and Company Recommendations

Nirwana Tunggal
- Rawat jalan merupakan salah satu pelayanan medis kepada pasien yang bertujuan untuk pengamatan (observasi), diagnosis, pengobatan, rehabilitasi, dan lainnya. Pasien dengan asuransi rawat jalan akan mendapatkan penggantian biaya perawatan kesehatan tanpa syarat rawat inap di rumah sakit.

Bagaimana pengertian asuransi rawat jalan lebih lanjut, manfaat, jenis-jenis, dan rekomendasi perusahaan terbaik akan kami bahas dalam artikel ini. Simak baik-baik ya!

Apa itu Asuransi Rawat Jalan?

Sesuai namanya, asuransi rawat jalan merupakan asuransi yang akan menanggung biaya perawatan kesehatan tanpa syarat rawat inap di rumah sakit rekanan. Artinya, asuransi ini hanya berlaku apabila tertanggung menjalani rawat jalan tanpa rawat inap.

Pada dasarnya, asuransi ini adalah bagian dari manfaat Asuransi Kesehatan. Manfaat atau pertanggungannya pun cenderung terbatas hanya berupa manfaat tambahan (rider). Kendati demikian, manfaatnya tidak bisa Anda anggap remeh.
 
Manfaat tambahan asuransi rawat jalan meliputi biaya pemulihan pra dan pasca rawat inap, perawatan gigi, kacamata, medical check up, hingga kunjungan ke dokter umum maupun spesialis.
 
Tidak hanya menjadi bagian dari asuransi kesehatan, ada juga asuransi rawat jalan yang stand alone (tanpa perlu membeli asuransi kesehatan). Proses klaimnya pun ada yang tersedia dalam bentuk manfaat asuransi rawat jalan cashless terbaik.

Manfaat Asuransi Rawat Jalan

Pelayanan rawat jalan kepada pasien bertujuan untuk pengamatan, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi, dan layanan kesehatan lainnya. Jika pasien diperbolehkan untuk menjalani perawatan jalan, maka mereka tidak harus menjalani rawat inap.

Jadi, manfaat asuransi rawat jalan hanya untuk mengatasi gangguan atau keluhan kesehatan ringan, termasuk membeli obat. Selengkapnya, berikut ini manfaat rawat jalan terbaik.

  • Pemeriksaan dokter umum maupun spesialis, baik pada perawatan kesehatan pra dan pasca rawat inap

  • Biaya obat-obatan dengan menyertakan resep dokter

  • Perawatan gigi, mulai dari pemeriksaan, pembersihan, tambah, hingga pencabutan gigi

  • Perawatan mata, mulai dari pemeriksaan hingga pembuatan kacamata sesuai kebutuhan pasien

  • Kehamilan, persalinan, nifas, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan setelahnya

  • Fisioterapi, berlaku bagi pasien yang menjalani pemulihan karena risiko kecelakaan.

Tidak hanya manfaat di atas, bagi pasien yang juga memiliki asuransi BPJS Kesehatan akan mendapatkan double claim. Artinya, akan mengurangi kemungkinan tertanggung harus membayar biaya rawat jalan dan obat yang tidak ditanggung karena diagnosis penyakit tertentu.

Jenis Asuransi Rawat Jalan Terbaik

Ada berbagai jenis asuransi rawat jalan yang ada di Indonesia. Secara umum, asuransi ini terbagi menjadi dua yaitu asuransi rawat jalan murni dan asuransi rawat jalan tambahan (rider). Berikut penjelasannya keduanya.

1. Asuransi Rawat Jalan Murni

Jenis asuransi ini bisa Anda beli tanpa harus memiliki Produk Asuransi Jiwa, asuransi jiwa plus investasi (Unit Link), maupun asuransi kesehatan. Jadi, asuransi ini berdiri sendiri untuk menanggung biaya rawat jalan tertanggung sesuai perjanjian dalam polis.

2. Asuransi Rawat Jalan Tambahan (rider)

Kedua, asuransi rawat jalan tambahan (rider). Sesuai namanya, asuransi ini bisa Anda peroleh sebagai manfaat tambahan. Untuk mendapatkan manfaat ini, maka tertanggung harus membeli polis dasar asuransi kesehatan dengan manfaat utamanya berupa rawat inap.

Selain kategori di atas, jenis asuransi rawat jalan juga bisa dibedakan atas dasar jumlah tertanggung. Berikut ini ulasannya.

  • Asuransi rawat jalan perorangan

Sesuai namanya, jenis asuransi ini hanya diberikan untuk satu tertanggung saja. Biasanya, jenis polis ini bisa Anda beli dalam bentuk asuransi rawat jalan murni atau sebagai tambahan (rider).

  • Asuransi rawat jalan keluarga

Selanjutnya, ada produk asuransi rawat jalan keluarga yang diperuntukkan untuk satu keluarga. Meski demikian, tetap ada ketentuan maksimal jumlah keluarga yang bisa ditanggung yaitu 5 orang. 

Selain itu, manfaat asuransi rawat jalan keluarga ini cukup luas, termasuk perawatan kesehatan tanpa harus rawat inap.

  • Asuransi rawat jalan kelompok (grup)

Ketiga, ada asuransi rawat jalan kelompok (grup). Produk ini untuk kelompok karyawan perusahaan. Manfaat yang akan diperoleh termasuk perawatan gigi, melahirkan, kacamata, dan perawatan kesehatan lain tanpa rawat inap.

Sementara, dari segi pembayaran klaim, asuransi ini terbagi menjadi dua jenis yaitu cashless dan reimbursement. Berikut penjelasan keduanya.

  • Asuransi rawat jalan cashless

Jenis asuransi ini akan memberikan jaminan biaya perawatan kesehatan tanpa uang tunai. Jadi, tertanggung hanya perlu menunjukkan kartu asuransi di fasilitas kesehatan rekanan untuk mendapatkan manfaat asuransi rawat jalan.

  • Asuransi rawat jalan reimbursement

Selanjutnya, ada asuransi rawat jalan reimbursement yang akan memberikan penggantian jaminan penggantian biaya perawatan kesehatan, setelah tertanggung membayar dulu tagihan rumah sakit. 

Perlu Anda ketahui, jenis asuransi rawat jalan cashless ini biasanya digunakan di fasilitas kesehatan yang sudah menjadi rekanan perusahaan asuransi. Sementara, asuransi reimbursement diterapkan untuk klaim yang tidak di rumah sakit rekanan atau fasilitas kesehatan luar negeri.

Harga Premi Asuransi Rawat Jalan

Besaran premi asuransi rawat jalan tentu berbeda-beda antara satu polis dengan lainnya. Namun, kisarannya mulai dari Rp 25 ribu sampai Rp 300 ribuan setiap bulan. Ada juga premi yang mencapai jutaan rupiah per bulan dengan manfaat yang lebih menguntungkan.

Nah, besaran premi rawat jalan ini ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Usia 
  • Jenis kelamin
  • Pekerjaan
  • Riwayat kesehatan
  • Jenis dan manfaat polis

Prosedur Klaim Asuransi Rawat Jalan

Klaim asuransi rawat jalan dibedakan menjadi dua kategori yaitu cashless (non tunai) dan reimbursement (tunai). Berikut ini adalah prosedur klaim asuransi rawat inap cashless dan reimbursement.

  • Prosedur klaim asuransi rawat jalan cashless

Untuk mengajukan klaim ini, nasabah harus membawa kartu asuransi saat di rumah sakit maupun klinik rekanan, lalu gesek kartu. Kemudian, pihak rumah sakit akan mengkonfirmasi ke pihak asuransi. Nasabah pun langsung mendapatkan pelayanan medis.

  • Prosedur klaim asuransi rawat jalan reimbursement

Sementara, untuk prosedur klaim reimbursement, tertanggung harus mengirim dokumen klaim terlebih dulu ke perusahaan asuransi. Setelah itu, perusahaan akan melakukan analisis klaim. Jika sudah terkonfirmasi, perusahaan melakukan pembayaran klaim.

Untuk dokumen yang dibutuhkan selama proses klaim, setiap perusahaan memiliki ketentuan yang berbeda. Secara umum, berikut ini adalah dokumen klaim yang diperlukan.

  • Formulir pengajuan klaim
  • Resume medis yang sudah terisi lengkap
  • Kwitansi pembayaran, obat-obatan, dan biaya medis lainnya
  • Fotokopi hasil pemeriksaan diagnostik, misalnya hasil rontgen, laboratorium, dan sebagainya
  • Dokumen lain sesuai kebijakan perusahaan.

Tips Memilih Perusahaan Asuransi Rawat Jalan Terbaik

Ada banyak perusahaan yang menyediakan asuransi rawat jalan. Namun, perlu berbagai pertimbangan saat membeli asuransi kesehatan yang mengcover rawat jalan dan inap atau asuransi rawat jalan murni. Lebih jelasnya, simak tips mendapatkan asuransi rawat jalan terbaik berikut ini.

  • Menyediakan metode klaim cashless dan reimbursement

Dari dua metode klaim yang tersedia, memang klaim cashless lebih praktis. Namun, lebih banyak pilihan rumah sakit yang menerima klaim reimbursement daripada cashless. Oleh karena itu, Anda perlu memilih perusahaan yang menyediakan dua metode klaim tersebut.

Contoh perusahaan asuransi dengan dua metode klaim yaitu AXA Mandiri, Cigna, Allianz, Manulife, Avrist, Lippo Insurance, Sequis, BNI Life, serta AIA.

  • Besaran premi sebanding dengan plafon asuransi

Terkait besaran premi, tentu setiap polis asuransi tidaklah sama. Oleh karena itu, Anda perlu memilih asuransi rawat jalan yang memiliki harga premi sebanding dengan plafon asuransi. Jika perlu, carilah referensi dari berbagai perusahaan asuransi terkait besaran premi dan plafonnya.

Misalnya, Uang Pertanggungan (UP) Rp 1 juta terlihat banyak. Namun, jika Anda bandingkan dengan biaya perawatan operasi gigi bungsu yang mencapai Rp 2 - Rp 4 juta, maka manfaat UP tersebut sangatlah kecil.

  • Pertanggungan biaya rawat jalan sebagai manfaat utama

Setiap calon nasabah pasti ingin mendapatkan besaran premi yang murah. Untuk itu, Anda perlu mencari polis asuransi yang menanggung biaya perawatan jalan sebagai manfaat dasarnya. Pasalnya, semakin banyak manfaat yang diperoleh, semakin besar biaya preminya.

Beberapa contoh perusahaan dengan pertanggungan biaya rawat jalan sebagai manfaat utama antara lain polis SmartCare Executive AXA Mandiri, Cigna Premium Health Protection, Allianz Smartmed Premier, dan Manulife MiUltimate HealthCare.

Rekomendasi Perusahaan Asuransi Rawat Jalan Terbaik

Nah, setelah mengetahui berbagai jenis asuransi dan tips memilih perusahaan asuransi di atas, berikut ini kami berikan rekomendasi perusahaan asuransi rawat jalan terbaik.

  1. Asuransi rawat jalan Prudential

Pertama, perusahaan asuransi Prudential dengan produknya bernama PRUPrime Healthcare Plus Prudential. Polis ini mampu memberikan biaya pertanggungan rawat jalan yang mencakup:

  • Rawat jalan karena kecelakaan dengan rentang waktu perawatan 48 jam setelah kecelakaan
  • Rawat jalan lanjutan karena kecelakaan
  • Rawat jalan sesudah dan sebelum rawat inap
  • Rawat jalan cuci darah
  • Rawat jalan tindakan bedah
  1. Asuransi rawat jalan Sinarmas

Selanjutnya, ada perusahaan asuransi Sinarmas dengan produknya bernama Simas Sehat. Polis ini memberikan manfaat kecelakaan diri sebesar Rp 10 juta. Selain itu, Simas Sehat juga memiliki banyak kelebihan, antara lain:

  • Manfaat rawat jalan dan kecelakaan diri sekaligus
  • Perawatan inap
  • Selang waktu untuk mempelajari polis selama 15 hari
  • Tiga plan asuransi yang bisa nasabah pilih sesuai kebutuhan
  1. Asuransi rawat jalan Allianz

Allianz juga turut serta memberikan pilihan produk asuransi rawat jalan bernama Allianz SmartMed Premier. Produk ini memberikan proteksi komprehensif bagi Anda dan keluarga. Bahkan, asuransi ini menjangkau berbagai negara di dunia dengan total manfaat mencapai Rp 6 miliar per tahun.

Selain total manfaat yang besar, berikut ini berbagai fasilitas yang akan Anda peroleh:

  • Fasilitas rawat jalan kelas VIP di seluruh rumah sakit jaringan Allianz

  • Untuk rawat jalan dan rawat inap, tersedia manfaat kemoterapi, hemodialisis, evakuasi medis, pemulangan darurat, HIV/AIDS, dan biaya pemakaman

  1. Asuransi rawat jalan Manulife

Rekomendasi berikutnya yaitu perusahaan Manulife. Produk yang Manulife tawarkan yaitu MiUltimate HealthCare yang memberikan limit tahunan bagi pemegang polis yang menderita sakit kritis, seperti kanker, serangan jantung, gagal ginjal, atau transplantasi organ.

Layanan klaim Manulife tersedia dalam dua sistem, yaitu cashless dan reimbursement.

  1. Asuransi rawat jalan AIA

Asuransi rawat jalan terbaik berikutnya berasal dari perusahaan AIA dengan produknya bernama Protection MediPro. Produk ini khusus untuk program kesehatan karyawan perusahaan dalam jumlah peserta banyak.

Dengan modal asuransi kesehatan AIA, maka setiap karyawan yang menjalani perawatan kesehatan akan mendapatkan banyak manfaat, seperti rider dengan premi terjangkau mulai dari Rp 50 ribuan per bulan.
 
Dengan premi ringan tersebut, nasabah akan mendapatkan berbagai manfaat, seperti:
  • Pertanggungan biaya dokter konsultasi
  • Obat-obatan
  • Perawatan gigi
  • Pemeriksaan diagnostik
  • Laboratorium, serta
  • Fisioterapi dengan batas tahunan mencapai Rp 5,2 jutaan per tahun.

Selain kelima perusahaan asuransi di atas, ada juga rekomendasi lain seperti asuransi rawat jalan dari Jagadiri, Spectra Healthcare dari BNI Life, dan Cigna Premium Health Protection dari PT Asuransi Cigna.

Nah, itulah informasi tentang asuransi rawat jalan, mulai dari pengertian, manfaat, jenis-jenis, harga premi, prosedur klaim, tips memilih perusahaan asuransi terbaik, hingga rekomendasi perusahaan asuransi rawat jalan terbaik. Semoga bermanfaat.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar